Power Supply Simetris 15V Pakai Transistor TIP31 dan TIP32

Kemarin dapat ide membuat power supply simetris menggunakan transistor TIP31 dan TIP32. Setelah beberapa waktu yang lalu sudah saya posting juga cara membuat power supply simetris 15v menggunakan ic 7815 dan 7915, bisa dibaca disini. Kedua fungsi dari rangkaian diatas sama adalah menurunkan dan menstabilkan tegangan menjadi 15v. Cuma kali ini kita akan buat dari transistor he..he.. Simak lebih lanjut.

Rangkaian power supply simetris ini bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan misal tone control, echo, mixer, equalizer dll yang membutuhkan tegangan simetris 15v. Apa perbedaan dari rangkaian yang menggunakan ic 7815 dan 7915? Jawabnya, kalau pakai ic 7815 dan 7915 akan lebih mudah dan praktis dalam koneksinya, karena tidak memerlukan komponen pendukung lainnya, hanya menggunakan ic saja sudah bisa digunakan. Kalau menggunakan transistor akan sedikit lebih rumit, karena transistor tidak bisa menurunkan tegangan, maka ada tambahan diode zener 15v untuk menurunkan dan menstabilkan tegangan menjadi 15v dan beberapa komponen pendukung lainnya adalah R 220ohm sebagai penstabil tegangan transistornya.

Terus pilih yang mana dong? Jawabnya, sama saja. Kalau mau pakai ic silahkan, kalau mau pakai transistor juga silahkan. Kalau sewaktu-waktu gak punya ic 7815 dan 7915, maka rangkaian menggunakan transistor ini bisa dijadikan sebagai alternatif dalam membuat power supply simetris 15v. Untuk tipe transistor gak harus pakai TIP31 dan TIP32, anda bisa mengganti dengan transistor yang sejenis, misal TIP41 dan TIP42, D313 dan B507, BD139 dan BD140, dll yang sejenis. Jadi bisa lebih mudah dalam mendapatkan komponennya.

Terus apa kelebihan dari rangkaian menggunakan transistor ini? Jawabnya, anda bisa lebih mudah untuk adjusment tegangan output hanya dengan mengganti diode zener dan tanpa harus mengganti transistornya. Misal anda menginginkan output tegangan 12v, maka anda tinggal ganti diode zener menjadi diode zener 12, atau anda ingin output menjadi 18v, maka anda tinggal ganti diode zener menjadi diode zener 18v, tanpa harus mengganti transistor dan komponen lainnya. Hal ini berbeda jika anda menggunakan rangkaian ic 7815 dan 7915. Jika anda ingin output tegangan menjadi 12v, maka anda harus mengganti ic dari 7815 ganti dengan 7812 dan ic 7915 ganti dengan dengan 7912. Begitupun jika anda ingin tegangan menjadi 18v, maka kedua ic tersebut harus diganti menjadi 7818 dan 7918.

He..he.. pilih mana ya? Jadi bingung nih. Sama saja. Kan sudah saya jelaskan mengenai perbedaan, kelebihan serta kekurangan dari masing-masing rangkaian, maka anda bisa memilihnya mana rangkaian yang paling tepat untuk dibuat power supply simetris 15v. Jadi saya harap rekan-rekan yang lain tidak bingung lagi ya, dalam memilih rangkaian power supply simetrisnya.  Berikut skema rangkaian power supply simetris 15v menggunakan transistor TIP31 dan TIP32. Sebelumnya kita lihat dulu pin kaki transistor TIP31 dan TIP32, supaya tidak keliru pasang kakinya.


Berikut sekemanya, monggo disimak.


UPDATE! 18-03-2019
Revisi gambar diatas atas kekeliruan polaritas elco yang terbalik pada elco 100uf/50v di jalur output tegangan. Mohon maaf sebelumnya atas kekeliruan ini. Berikut gambar revisi yang sudah saya koreksi.


Untuk supaya lebih jelas dan bisa anda bandingkan antara kedua rangkaian ini, saya sertakan pula skema power supply simetris yang menggunakan ic 7815 dan 7915 dibawah ini.


Nah jadi lebih jelaskan sekarang. Menurut percobaan saya dulu, pernah dulu saya bandingkan antara regulator yang menggunakan ic dan transistor ini, tapi bukan untuk keperluan rangkaian simetris, tapi untuk supply tegangan Radio FM jaman dulu. Mungkin Radio adalah alat frekuensi tinggi yang sangat peka dan sensitif terhadap tegangan, jadi sangat terasa sekali perbedaan antara yang menggunakan ic dan transistor. Hasil percobaan untuk supply radio FM, bahwa rangkaian yang menggunakan transistor hasil suara radio FM lebih jernih dan bebas dengung dan hampir tidak ada dengungnya sama sekali. Percobaan menggunakan ic untuk supply radio FM, hasilnya suara jernih, tapi masih ada dengung meskipun kecil. Itu untuk supply radio loh ya, bukan untuk mixer atau perangkat audio lainnya. Mungkin hasil tidak begitu kelihatan.

Tapi dari kesimpulan percobaan saya diatas dapat disimpulkan, bahwa rangkaian yang menggunakan transistor hasil output tegangannya lebih bersih daripada menggunakan ic. Untuk pilihan tetap terserah anda, itu hasil percobaan saya sendiri dulu waktu masih suka otak-atik pemancar FM. Dan pernah saya bandingkan juga untuk supply pemancar FM, hasil memang masih jernih dan bebas dengung yang pakai transistor. Meskipun memang masih banyak faktor yang mempengaruhi dengung atau tidaknya sebuah rangkaian audio selain dari supply tegangannya, misal karena koneksi kabel dan grounding yang benar. Semoga bermanfaat.

NB : Untuk bodi transistor usahakan tidak konek dengan ground, misal box atau heatsink dll. Karena bodi transistor terhubung dengan kaki colector dan terkoneksi langsung dengan supply, maka jika bodi bagian besi transistor konek dengan ground akan menyebabkan konslet. Jadi hati-hati jika ingin menempatkan transistor ini ke heatsink, usahakan pasang isolator mika dulu sebelum di baut ke heatsink atau pendingin, buat jaga-jaga agar tidak konslet ke ground

Comments

  1. mas mau tanya klo mixer 15v simetris bisa gk ya dikasih 15v 5ampere.. soalnya gk punya trafo 1a.. punya trafo 1a tp 12v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja mas, tapi kegedean he..he.. Pakai trafo yang 1A 12v gak masalah mas.

      Delete
    2. Mas mau tanya klo misal menggunakan trafo 3 amper apakah r basis transistor harus d ganti jga

      Delete
  2. o gitu ya mas.. makasih mas udah jawab..

    sukses selalu buat masnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, sama-sama. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  3. mas power supply yang di skema itu bisa untuk travo 10ampere gk ya...mohon pencerahan...

    ReplyDelete
  4. Nah ini nih skema yg selama ini saya cari ,hehe :D
    Mau nanya nih om Bahar...
    1.)Apakah transistornya kuat jika dipasang pada trafo 2Amper

    2.)transistor tipe brapa yg cocok/kuat untuk 2A?

    3.)Berapa nilai Resistor pada kaki basis-kolektor? Soalnya tak zoom malah buram

    Maaf banyak nanya ,soalnya masih belajar elektro ,sebelumnya saya ucapkan terimakasih :)

    ReplyDelete
  5. Perbedaan pada arus keluaran mas...
    Kalo ic gk smp 1A..
    Kalo transistor tergantung input, sama arus kerja pada transistor tsb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, malah lebih kuat pakai tr daripada ic. Cuma agak ribet karena banyak komponen itu saja.

      Delete
    2. Gk papa Чǝлƍ penting halus...
      Dikurangin aja kapasitor nya
      Input pake 2200u ato 1000u
      Ouput pake 1000u ato 470u

      Owh iya saran ae tiap elko ϑ¡ pararel ama milar 104 ato 204
      Biar lebih simetris

      Delete
    3. Sip mas. Mantap saran dari anda betul sekali.

      Delete
  6. Izin ambil gambar om...makasi sebelumnya

    ReplyDelete
  7. Salam kenal om,,, maaf nmpang nanya apakah bsa amplifer 12volt dc tunggal gbung sma power supply simetris

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Cara koneksinya adalah (+)power konek ke (+)supply. Kemudian (-)power konek ke (ct)supply. Jadi awas jangan dikonek ke (-)supply ya, tapi konek (ct)supply. Jadi yang dipakai adalah (+)supply dan (ct)supply.

      Delete
  8. Mf mas mo tnya.. klau tip 31 n 32 d ganti BD 139 n 140 bisa g???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas mo tanyak bisakah power mobil di pakek di audio rumahan.
      Trus bikin power supply nya travonya.brapa ampr mas

      Delete
    2. Trus misale output dari power mobil di hubungkan dg input power ampli yirosi apa gk tambah enak mas suaranya

      Delete
    3. Untuk talenta dewi.

      1. Bisa. Pakai trafo engkel atau ct, 10A tegangan 12v. Pakai rangakaian power supply tunggal (0-12v). Bukan simetris loh ya.

      2. Bisa, tapi harus diberi Resistor 100K dulu pada out put power mobil L dan R, sebelum masuk input power yiroshi. Agar out power mobil gak langsung masuk in power yiroshi. Karena sistemnya ini power masuk power. Untuk suara akan mengikuti karakter power mobilnya. Jika power mobilnya bagus, maka output power yiroshi juga akan ikut bagus.

      Delete
  9. Replies
    1. Mas apakah crossover pasif dpt merusak Power ampli,atau speaker,?

      Delete
    2. Kemaren sy coba pasang trus hasil suara di subwofernya bunyinya greg greg kayak nggeber gt,mhn penjelasannya mas?

      Delete
    3. Bisa. Kalau terjadi short di elco atau lilitan kumparannya. Jadi arus bisa balik ke power, menyebabkan power short dan spul terbakar. Kalau saya jika sudah pakai power besar, maka crossover pasif saya lepas. Untuk menghindari hal tersebut. Kalau power ampli nya hanya dibawah 100w, mungkin masih aman.

      Delete
  10. Mas apa si bedax tip 31/32 dg tip41/42???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dilihat datasheetnya, berikut perbedaannya.

      TIP31/32= 3A, 40-100V, 40W
      TIP41/42= 6A, 40-100V, 65W

      Tapi itu menurut datasheet. Kenyataan dilapangan bisa berbeda. Tidak sampai batas itu. Kebanyakan batas dibawahnya. Karena banyak tr palsu dengan kualitas kurang baik. Sehingga parameter jauh dibawah normal.

      Bahkan mungkin sama saja kualitasnya antara TIP31/32 dan TIP41/42. Padahal dari segi spek masih tinggi TIP41/42.

      Delete
  11. Trus yg d maksud kit aktif filter subwoofer itu apa mas.. gmbarx sperti ini mas.. mkasih mas

    https://m.bukalapak.com/p/elektronik/elektronik-lainnya/ab8enl-jual-kit-aktif-filter-subwoofer-229?keyword=subwoofer%20kit&from=list-product

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kit aktif subwoofer adalah alat untuk memisah nada low bass yang dapat disetel sendiri. Baik volume maupun frekuensi bassnya. Sehingga anda dapat menyetel nada bass sesuai nada frekuensinya.

      Delete
  12. Lha itu untuk nada selain low tdi hilang ta mas bahar..??
    Cz d pkiranku kalo d kasih itu outputx hnya nada bass saja g ad middle atw highnya..
    Gitu ta mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kit subwoofer itu ada 2 output mas.

      -Output LOW (mono)
      -Output MAIN (stereo)

      Out Low hanya suara bass saja yang keluar.

      Out main suara normal flat.

      Jika anda ingin ambil out LOW ny saja gak masalah. Atau juga bisa di kombinasikan LOW dan MAIN. Dengan 2 power. Power LOW dan Power MAIN.

      Delete
  13. Kira2 kalo out power yg biasa tk msukin k input kit filter itu mas trus out sub filter itu tk msukin k power sub tnpa mnggunakan out mainx (out mainx rencana nganggur) bsa ta mas bahar???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Jika anda mau pakai out power sebagai input kit filter, anda kasih Resistor dulu sebelum masuk in kit filter. Pakai R 10K atau yang lain, sesuai selera.

      Delete
    2. Bila d ksih lbih kcil atw lbih besar dri 10k itu apa bedax mas??

      Delete
    3. Kalau R lebih kecil suara akan lebih keras. Kalau R lebih besar suara akan lebih pelan. Jadi nanti kalau suara terlalu keras, maka nilai R bisa diperbesar misal R 22K, 33K atau lainnya.

      Jika suara kurang keras, maka nilai R bisa diperkecil. Misal pakai R 8K2, 6K8, 5K6, 4K7 atau lainnya.

      Delete
    4. Ok mas bahar sangat mmbntu mkasih mas

      Delete
  14. Oh iya mas bahar.. skali lagi mas.. kira2 smean mnyarankan inputx itu dri vcd dll.. atw inputx d ambilkan dri output power mas??
    Hehehe dan apa klebihan kekuranganx mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya terserah mas. Tergantung kebutuhan. Memang kalau dari segi suara, lebih kuat kalau pakai output power. Tapi secara garis besar sama saja.

      Delete
  15. Tanya mas... kalau mau turunin tegangan 77 vdc (yang sudah melewati diode dan elco) dari trafo 25ampere ke tegangan 63 Vdc, apakah bisa mas n kalau bisa bagaimana caranya..?. Ini karena trafo 25 ampere saya cuma ada tegangan out 55Vac dari trafo mas..? tks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini saya belum menemukan cara untuk menurunkan tegangan 77vdc ke 63vdc. Karena terbatasnya kemampuan komponen untuk dipakai high voltage.

      Jalan satu-satunya adalah dengan mengurangi jumlah gulungan lilitan sekundernya. Otomatis harus bongkar trafo.

      Delete
  16. Tanya lagi mas Bahar... Untuk TIP 41 dan TIP 42, apakah bisa diganti dengan transistor 2SC1061 dan 2SA671...? Apakah fungsinya sama...?

    ReplyDelete
  17. Dan untuk R 220 ohm apakah bisa diganti dengan R 1K ya mas... atau harus yang ukuran 220 ohm pakainya ?.. Terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diganti pakai R 1K mas, gak harus pakai R 220 ohm. Cuma selama ini saya pakai R 220 ohm itu mas. Jadi gak masalah jika anda mau mengganti R 220 ohm dengan R 1K. Dan rangkaian diatas akan tetap bisa berfungsi dengan baik. Walaupun pakai R 220 ohm atau 1K.

      Delete
  18. Mas untuk diode zener nya bisa pakai yg 1/4 watt atau yang ukuran berapa watt...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai ukuran biasanya, 1/4 watt atau 1/2 watt gak masalah. Yang umum saja mas, asal tegangan dioda zenernya benar.

      Delete
    2. Matur nuhun mas Bahar atas pencerahannya....

      Delete
  19. mas kalau output dari mixer dikencangin sedikit sudah kencang itu apanya y mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin potensionya rusak mas. Coba ganti potensionya. Atau mungkin anda pakai high input bukan low input.

      Delete
  20. Bang mau tanya
    Itu elco yang 2200 mikro F/50v diganti elco 2200 mikro F/35v bisa nggak bang?
    Yang di rangkai pakai tip 31,32
    Mohon pencerahan nya bang, trimakasih

    ReplyDelete
  21. Mau tanya bang
    Kalau capasitor yang 2200 mf/50v diganti dengan capasitor 2200 mf/35v bisa gak bang?
    Yang di rangkai makai tip 31,32
    Cuma beda voltase nya
    Trimakasih bang

    ReplyDelete
  22. Mas power supply simetris gini bisa buat kipas 15 v dobel / 2 kipas dan buat tegangan kit subwoofer
    Mohon pencerahan nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya power supply simetris nya kuwat atau nggak?

      Delete
    2. Gak kuat mas. Kalau tegangan untuk kipas mending jangan digabung dengan komponen lain, misal kit subwoofer atau power. Karena radiasi kipas bisa masuk ke power dan menyebabkan suara storing atau suara tidak bisa bersih.

      Delete
    3. Ok makasih mas
      MMau tanya lagi mas perubah dc untuk 2 kipas masing" 15 volt pakai dioda in4004 dan capasitor 220 mf/25 volt bisa gak mas?

      Delete
    4. Bisa mas. Tapi kapasitor gunakan ukuran 2200uf/25v mas.

      Delete
    5. Makasih mas, smoga tambah sukses mas nya

      Delete
  23. Mau tanya mas . Ini saya coba buat mixer sendiri . tak kasih travo 2 ampere 15ct pakai rangkaian simetris beli di toko.Tapi dengung terus apanya ya mas apa kebesaran travo ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada kesalahan pemasangan mas. Cek dulu tegangan output dari rangkaian simetrisnya, sudah betul belum keluar 15vct?

      Kalau sudah betul keluar 15vct, baru konek ke mixer.

      Jika belum, maka perbaiki rangkaian simetrisnya, atau beli baru kit supply simetrisnya.

      Anda pakai rangkaian simetris pakai ic apa transistor?

      Jadi usahakan tegangan output rangkaian simetrisnya benar dulu mas. Baru konek ke mixer.

      Delete
  24. Mau nanya mas.pada kit tone kontrol pakai power 15 ct terus di regulator pakai 4 dioda dan 2 cap.terus pakai zener 12 v.(ct).tapi klu di hub.ke ampli masih dengung.apa masih blm murni out 12 voltx.ampli tdk dengung tanpa tone.

    ReplyDelete
  25. Mas bisa pake trafo 3a ga?
    Sama bisa ga ga pakai transistor, langsung out dr kapasitot yg milar di atas?

    ReplyDelete
  26. Replies
    1. Maksudnya tanpa menggunakan ic 7815/7915? Bisa saja mas.

      Tapi dilihat dulu mau dibuat untuk supply apa mas? Berapa volt tegangan yang dibutuhkan?

      Delete
    2. Mas dioda koiprok berapa amper?
      dioda zener sama resistornya berapa W?

      Delete
    3. Rencana mau pakai trafo berapa Amper loh mas?

      Kalau pakai trafo 5A, ya pakai kiprok 5A atau 10A. Zener dan resistornya pakai biasa 1/2 watt.

      Delete
    4. 3a mas
      kalo pengin 12v gimana mas?
      apa yg harus diganti

      Delete
    5. Pakai kiprok 5 A mas.
      Tinggal ganti diode zener pakai 12v.

      Delete
  27. Mas dioda 1n4001 bisa diganti dioda 1n4002 gak?
    Sama tr bc550 di clip indikator bisa di ganti sama tr apa mas ?
    makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bisa mas.
      2. Tr BC550 bisa diganti pakai tr C828, C945, C458, C1815. Tapi posisi kaki BCE nya beda.

      Dalam posisi tulisan menghadap kita.
      BC550-> C B E
      C828-> E C B

      Harap hati-hati dalam pemasangan kaki-kaki transistornya. Jangan sampai kebalik.

      Delete
  28. Sugeng siang mas,apakah kluaran arus rangkaian diatas = keluaran arus trafonya mas? Misal trafo 10a setelah melewati rangkaian di atas akan keluar 10a juga.suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak mas. Karena hanya menggunakan tr TIP31/32, maka setelah melewatinya, arus akan turun menjadi sekitar 1-2A.

      Jika ingin arus outputnya sama, maka bisa ditambahkan tr penguat pada output tr tersebut. Untuk tr penguat bisa pakai tr 2N3055 atau TIP3055 sebanyak 4 buah atau lebih.

      Delete
  29. Klo mau PSU buat service hape bisa ngga pake rangkaian ini mas., pertanyaanx gmn buat adjusment voltasenya nanti mas? *Kere aktif saya mas :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja mas. Belum saya posting caranya. Tapi sepertinya kalau untuk PSU service hp, kurang kuat Ampernya mas.

      Biasanya baru kuat jika ditambahkan rangkaian step down dc to dc converter. Baru nanti bisa di adjust tegangannya lewat rangkaian ini.

      Delete
  30. kalau 32 v di turunkan ke 12 v bisa gak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tinggal ganti diode zener 15v, pakai zener 12v. Komponen lain tetap.

      Jika R 220 ohm panas, bisa diganti pakai R 1K atau 3K3.

      Delete
  31. jika power socl diganti tip 31 32.itu pakah bisa master trs apa lagy yang harus diganti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas,,maaf nanya ni. Klo tanpa diida zener?,,tgangangan kluaranya berapa mas?

      Delete
    2. Kalau tanpa diode zener, maka tegangan akan loss, sama dengan tegangan input.

      Penggunaan diode zener adalah sebagai pembatas tegangan. Kalau tanpa zener, maka tegangan output akan sama dengan tegangan input.

      Delete
    3. Mas, arus yg dikeluarkan dioda zener pada rngkaian di atas,tanpa transistor akan mngikuti arus travo atw arusnya akan mngikuti arus dioda? Klau arusnya ikut dioda zener berapa arusnya mas? Soalnya sya mau buat psu buat kit protector pke travo 5 amper

      Delete
    4. Kalau hanya pakai diode zener, maka arus mengikuti arus trafo, karena tegangan langsung diambil dari trafo.

      Tapi karena efek step down tegangan oleh diode zener, maka ini juga menjadi beban trafo. Menyebabkan arus trafo berkurang. Untuk arusnya berapa, saya belum tahu.

      Delete
  32. Replies
    1. Silahkan mas, tapi untuk Anda sendiri ya he..he.. Jangan di publish ulang.

      Delete
  33. Kalau 22v ke 18v pake IC 7818 7918. Bisa gk .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalu 22v ke 18v. Pake IC 7818 7918. Trus apa aja yg d butuh kn. Mohon bantuannya...

      Delete
    2. Bisa mas. Ya cuma elco dan diode untuk power supply. Kemudian ic 7818 dan 7918 untuk menurunkan tegangan 22v menjadi 18v.

      Delete
  34. Mas Bahar kalau buat outputnya 12 volt simetris gimana skemanya mas yang pakai transistor TIP31 dan 32

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap pakai skema diatas mas, cuma nanti diode zener 15v nya diganti pakai zener 12v.

      Ada dua zener 15v pada skema diatas, silahkan ganti keduanya dengan zener 12v, maka tegangan output akan jadi 12v.

      Delete
  35. Salam kenal mas Bahar,sy sekedar hobby utak atik elektronika,kebetulan ktmu blog ini,langsung tertarik,pas banget mau bikin mixer,semua uneg2 dah diwakili teman yg lain,dah terjawab ...makasih,sukses selalu...

    ReplyDelete
  36. Output transistor tip41 brp ampere?

    ReplyDelete
  37. Maaf mas, mau tanya ni. Saya pnya power suply 15volt. Travo 1amper, untuk mensuply mixer 2 kit+ master 3 potensio 2 kit.
    Pertanyaan nya kenapa resistor nya panas sekali smpai terbakar??? Saya sdh ganti 2 kali, tp ttp aja terbaka. Apakah kelebihan beban ya??? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resistor yang 220 ohm ya? Harusnya gak panas mas. Coba nyalakan power supply tanpa beban, panas gak R nya? Jika panas, ada yang gak beres rangkaiannya. Atau salah nilai R nya mas.

      Jika masih panas, bisa coba R 220 ohm diganti pakai R 1K mas.

      Delete
  38. Klo tanpa beban aman mas, gk panas. Ini coba saya ganti 220ohm 2 watt. Ttp panas sih tp gk smpai terbakar.
    Klo misal diganti 1k gk pengaruh sama volt output ya mas???

    ReplyDelete
  39. Ok mas makasih, sdh saya coba dan mmg agak dingin.

    ReplyDelete
  40. Mf mas mau tanya lagi, saya punya power yiroshi pakai 3set sanken 1295 dan pasangannya, power satunya socl 504 tef dg 4set toshiba,travo 15a ct45 +p 3set mlh elko 10.000/100volt. Pertanyaannya kok mlah keras socl.nya???
    Apa karena yiroshi kurang maksimal dg travo segitu????
    Trus saya coba cek dco yiroshi,tp tk pernah ketemu 0 volt dg tripot 1k/102.kira gmn cara setel dco.nya? Apa harus ganti tripot dg ukuran yg lebih kecil??? Klo diganti tripot yg kecil masalah apa gk pada powernya??
    Makasih sebelumnya, salam sukses selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalah kerasnya suara, itu masalah perbedaan karakter power saja. Perbedaan di R gain dan feedbacknya. Itu wajar dan normal.

      Tidak, power yiroshi maksimal dengan trafo 15A.

      Jangan, VR trimpot 1K jangan diganti dengan nilai lain. Akan lebih susah ketemunya.

      Masalahnya bukan dari dconya, tapi perbedaan R gain dan Feedback saja.

      Delete
  41. Trus gmn cara setel dc0.nya mas.... Klo gk diset takutnya gk aman buat spiker...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dconya berapa mas? Kan ada ambang batasnya. Kalau hanya sedikit ya gak masalah. Setting dco nol lumayan susah mas.

      Delete
  42. Replies
    1. Standartnya sih harusnya 0 volt. Tapi biasanya dco dapat 0,7-0,8 mv mas.

      Delete
  43. Replies
    1. Harusnya sih masih bisa di setel lagi mas, lewat vr dconya. Usahakan bisa di set paling minim 0,1-0,5 mv mas.

      Delete
  44. Sdh saya coba set mas, sampai mentok kanan vr.nya.... klo diputar kekiri malah tambah besar volt.nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketemu berapa mentoknya mas dco nya minimal?

      Delete
  45. Replies
    1. Ya itu sudah bagus mas. Memang susah untuk dapat dco 0 volt.

      Karena butuh perubahan komponen untuk setting dco 0 volt. Dan caranya tidak mudah. Karena nilai dco akan tetap turun-naik pada saat setting komponen. Kemarin ada rekan di fb berhasil setting dco 0 volt pada powernya dengan metode saya ini. Tanpa merubah komponen dco. Karena powernya gak ada VR dco nya.

      Dco awal keluar 0,87 mv. Setelah setting komponen, alhamdulilah dco bisa jadi 0,01mv.

      Delete
  46. Kalau power yiroshi kira2 apanya yg dirubah mas biar bs dcO 0volt, dan suaranya bs jernih????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk setting dco 0 volt, gak bisa saya jelaskan disini mas. Karena ada langkah step by stepnya. Dan berbeda pada setiap power. Kalau mau silahkan lewat fb.

      Untuk masalah suara kurang jernih, tolong dijelaskan kurang jernihnya bagaimana? Apakah serak, atau apa? Diposisi vol min atau max? Dan ini juga berhubungan dengan pemakaian aksesoris juga.

      Delete
  47. Iya mas,
    Suara serak mksd saya. Pada vol min,
    Sya gk pakai aksesoris mas, cm mixer rakitan 3 chanel+2 master mixer 4 potensio dan pakai efect reverb 3 potensio.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suara serak pada posisi vol min, tapi dalam kondisi vol maks normal ya?

      Sebenarnya gak masalah untuk kasus ini. Karena suara serak timbul di posisi vol min. Tapi posisi vol maks normal. Kan yang dipakai vol maksnya. Kalau masalah ini, memang karakter bawaan powernya mas. Bisa juga karena setelan Bias terlalu kecil.

      Karena power yiroshi kebanyakan dipakai untuk ngedrive suara sub low. Jadi gak masalah adanya suara serak ini. Karena yang dibutuhkan adalah kekuatan tendangan bassnya pada posisi vol maks.

      Delete
    2. Untuk bias bisa set berapa volt mas... Sekarang saya set 0.38

      Delete
    3. Apakah sudah imbang bias positif dan negatifnya mas, 0,38?

      Bisa coba dinaikkan bias-nya jadi 0,5. Tapi awasi terus panas tr finalnya. Karena dengan naiknya bias, maka tr final akan semakin panas.

      Usahakan bias seimbang, ini penting.

      Delete
    4. Ok mas ku coba, klo gk sma bias kanan kiri, ada cara nyamain gk mas...

      Delete
    5. Ya itu yang susah. Tapi biasanya sama.

      Delete
    6. Mas ini mau lagi, saya punya tv Led dan ada flashdisk output output.nya. pertanyaan.nya pas saya konek ke mixer dan pwer suaranya berisik dan gk bersih. Pnilaian sya itu harus dikasi resistor, tp gk tau ukuranya... Kira2 dikasi apa mas biar suara bs bersih??? Mkasi sblmnya...

      Delete
    7. Coba pasang Resistor 10K mas. Dengan tambahan milar 104.

      Jadi resistor 10K diseri dengan milar 104 sebagai filter mas. Sebelum masuk ke mixer.

      Delete
    8. Ok mas terima kasih bnyak untuk semua ilmunya... Semoga sukses sll

      Delete
  48. Replies
    1. Untuk FB sama dengan nama saya di sini mas. Awas jangan keliru, yang benar nama sama dan gambar foto juga juga sama dengan disini.

      Untuk fans page, sama dengan nama blog ini.

      Delete
  49. Mas mau tanya lagi, satu travo 1a untuk suplay
    3 kit mixer,
    2 master mixer 4 potensio,
    1 kit efect reverb 3 potensio, dan
    1 kit vu display. K
    travo bs panas sekali ya mas, apakah travo kurang besar???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lepas supply tegangan yang ke kit reverb 3 potensio mas. Jadi coba gak pakai reverb dulu. Test lagi, apakah masih panas?

      Jika tidak panas. Berarti trafo kurang besar. Coba pakai trafo 2A mas.

      Jika masih panas, bisa juga trafonya memang bermasalah. Atau ada kesalahan di rangkaian psu nya.

      Delete
  50. Ini coba ku kasih travo sendiri mas untuk reverb dan led vu.nya, pakai travo bekas CD. Jd ada 2 travo, tp trnyata ttp panas mas travo bekas dvd yg barusan ku ganti. Padahal cm untuk suplay reverb sama Led vu display. Bnr2 bikin pusing mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trafo bekas cd nya berapa amper? Memang beban yang agak berat adalah kit reverbnya mas. Coba lepas dulu kit reverbnya, apakah masih panas?

      Delete
  51. Rangkaian psunya saya beli kit jadi mas,ditoko. Dan rangkaiannya persis dg gmbar mas bahar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti gak masalah psunya. Mungkin memang trafo kurang gede, untuk kit reverbnya.

      Delete
  52. Maaf mas, mau tanya lagi. Sya punya power socl 504, baru beli saya coba driver aja dg psu 20volt kok bisa gk bunyi, padahal psu sdah benar, malah r330 terasa panas. Saya coba ganti tr 5401 yg 3 buah itu,ttp aja gk bunyi, tr 4793 sama jg dh tk ganti, trmasuk tr vas saya gnti.ttp aja, cm ada bunyi dengung dikit di spiker, sama r330 bagian (+) psu panas. Kira2 apanya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ada masalah di tr final. Anda pakai tr final apa?

      Mungkin tr final ada masalah, pemasangan kaki salah atau terbalik NPN dan PNP.

      Delete
  53. Awalnya tak tr final mas, tp skrg sdh tk lepas, jd tingal driver aja. Dn gejalanya spti diatas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heemm. Kok aneh ya he..he.. padahal jalur R330 ohm itu hanya konek ke emitor tr driver. Dan gak ada hubungan ke jalur lainnya. Jadi masalah cuma di tr driver dan tr final.

      Kalau tr final sudah dicopot, tetap panas. Ya tinggal tr driver saja. Saya kuatir ada yang gak beres di jalur pcbnya. Sekarang kemungkinan cuma ada 3.

      1. Tr driver bermasalah, atau salah NPN PNPnya.

      2. Tegangan supply (+)(-) kebalik.

      3. Tegangan psu gak bener.

      Satu lagi, mungkin juga jalur pcb ada yang salah. Kalau ini kesalahan dari si pembuat pcb nya.

      Delete
  54. Saya jg mikir gitu mas, ada kesalahan di jalur pcbnya, padahal sya beli baru. 1 kit socl 504, satu lagi kit driver yiroshi. Driver yiroshi malah langsung aman, lha ini kok mlh gk bunyi.mgkin mmg slh pada jalur pcb pas. Jd mmg gk bs diperbaiki. Dan sya sdh beli lg langsung aman.
    Tanya satu lg mas, untk kit yiroshi klo buat angkat 2x15" kok daun spiker getarannya terlalu kuat ya,kaya gk teratur gitu.pdhl cm pake 3set sanken 1295 dan pasangannya, psu 45volt ac 15a. Apakh krn dc0 gk bs 0 volt? Atau ada cara untuk mengatasi nya mas??? Makasih bnyak sblmnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sudah karakternya driver yiroshi ya he..he.. Tapi bisa juga dari dco belum 0 volt.

      Dco keluar berapa volt?

      Delete
  55. Skala 200mv keluar 43,3mv mas.
    Saya jg bingung knp bs sebesar itu. Dan gk bs sya kecilkn lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok besar sekali ya? Input power sudah ditutup belum?

      Oh ya, pernah coba gak, ukur dco driver power socl 504 yang normal, keluar berapa dconya? Dengan skala yang sama.

      Untuk perbandingan dco power yiroshi dan socl 504? Benarkah dco socl 504 hasilnya 43,3mv? Sama dengan yiroshi.

      Delete
  56. Sdh sya turup mas volumenya, gk tau kok bs sebesar itu. Klo socl 504 mlh bs nol vol mas, walaupun kdg berubah sendiri.
    Kira2 apanya ya mas, takutnya spiker hangus lama2 ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu driver yiroshinya bermasalah DCO nya. Terlalu tinggi dconya. Bahaya bagi speaker.

      Saya curiga juga dari jalur atau komponen bermasalah/salah di driver yiroshinya.

      Delete
    2. Normalnya dco adalah 0 volt atau maks 0,5mv. Berubah sedikit diantara itu, masih aman.

      Delete
    3. Coba sya cek semua komponen sama dg di pcb mas, itu kn saya beli baru, merk t*ners.

      Delete
    4. Coba Anda cari pcb atau skema di internet dan bandingkan. Soalnya pernah terjadi seperti itu, jalur pcb ada yang salah. Lalu jalur dikerik dan dipotong, baru normal.

      Jadi harus ada perbandingan layout pcb yang lain. Keliru satu jalur saja, jadi masalah he..he..

      Delete
  57. mas dioda mau tanya, dioda zenernya yg saya pake mudah putus?, saya pake 12V setengah Watt, R pake 220 ohm setengah watt, in4007 x4, 2200uf/50v x 2, 220uf/50x2, 100uf/50v x2,
    tiap dioda in4007 saya paralel kapasitor 104.
    Mksh Sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tegangan inputnya pakai berapa volt?

      Delete
    2. Input tegangan 18v, harusnya masih kuat mas zenernya. Coba sih ukur tegangan di dikedua elco 2200uf/50v, keluar berapa volt?

      Apa gak kebalik posisi diode zenernya?

      Untuk elco 100uf/50v coba lepas dulu.

      Delete
    3. dikedua elco 2200uf/50v keluar jadi 20v
      siap mas, saya coba periksa lagi rangkaian sama kondisi TRnya, kl ga salah udah diupload ya mas di youtube cara cek TR 31/32C.
      Trima Kasih Mas Informasinya. Sangat Bermanfaat

      Delete
    4. Elco supply sudah keluar 20V, sudah bagus itu. Harusnya zener gak bakalan putus, nahan tegangan segitu.

      Apa mungkin beban terlalu berat ya. Coba sih nanti nyalakan power supply simetris saja, tanpa beban. Kemudian ukur tegangan output psu simetrisnya, keluar berapa volt?

      Delete
    5. bener mas ternyata beban terlalu berat,, setelah saya kurangi beban ternyata dioda zenermya aman. Sudah di test pake vu led. Dinyalain semaleman vu led masih nyala normal sampe pagi.
      Sebelumnya Power supply simetris saya pake buat angkat 1 tone parametric sama 1 filter subwoofer aktif.
      Terima KAsih Mas, Jadi Pengalaman yg berguna

      Delete
  58. Mas saya mau nanya. Kebetulan saya ada tugas, saya ngebuat power supply dengan output +/- 15 V sama 12 V. Trafo yg saya pakai ct 3 ampere. Tapi setelah dicoba ternyata dioda kepanasan (padahal saya sudah make dioda 3 ampere)sedangkan komponen lain tidak panas dan output tidak keluar sama sekali. Kira2 apa yg salah ya mas? Mohon bantuannya mas. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya ini tegangan tunggal ya, bukan ct simetris ( + ct -). Tapi hanya tegangan tunggal positif (+) dan negatif (-) saja.

      Ada dua tegangan output 15v dan 12v. Anda pakai rangkaian yang bagaimana untuk membagi 2 output 15v dan 12v?

      Rangkaian Anda bagaimana dulu mas? Nanti akan coba saya koreksi.

      Delete
    2. Bisa minta email ny ga mas? Biar saya kirim gambar rangkaian nya kesana

      Delete
    3. Silahkan lewat halaman contact diatas mas. Kalau lewat hp, scrol tulisan home diatas halaman ini. Nanti ada pilihan contact, Anda bisa kirim pesan disana. Setelah itu bisa kirim gambar lewat gmail nya. Lewat repply di gmail.

      Atau bisa lewat facebook mas.

      Delete
  59. Mas mau Tanya, Psu pake Tegangan 22v
    Tapi yg keluar Di kaki emitor TR Dan r220 nilainya 30v
    Bagaimana mas

    ReplyDelete
  60. Saya punya mixer 24 canel tegangan 15 volt simetris pas buat live ternyata drop jeduk dan mati, setelah saya saya buka ternyata ic nya panas kemudian saya tambah komponen tip 3055 dan 2955, nyalanya bagus tapi masih panas pada tip nya apakah masih bermasalah mohon jawabanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai tegangan input berapa volt dari trafo?

      Kalau pakai tegangan dari trafo terlalu besar, maka ic regulator akan bekerja keras dan panas. Misal pakai tegangan 25v dari trafo, kemudian di turunkan menjadi 15v pakai ic 7815 dan 7915. Maka dalam hal ini, tegangan dari trafo bisa coba diturunkan menjadi 18v atau 15v. Sehingga kerja ic bisa lebih ringan dan lebih dingin.

      Delete
  61. Penyebab ic pada adaptor drop dan cara mengatasinya bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba dipasang tr penguat pada output ic adaptor. Tr penguat bisa pakai 2N3055 atau TIP3055.

      Delete
  62. Mas kalau elko akhir itu 100uf/50v ya...kalau tak buat 100uf/35v gk masalah ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah mas, aman. Karena tegangan outputnya cuma 15v, maka pakai elco 35v gak masalah.

      Delete
  63. Om saya mananayak om kalau tip 41 dan 42 di ganti tip 3055 dan tip 2955 apa bisa buwat mixer 15 v ct apa bisa mohom info ya om

    ReplyDelete
  64. mas mau tanya..kit mono profotex sya pake 3 amper besar tr nya 31&32 mau di ganti sama tr 41&42..elco 2200uf 25v mau di ganti sama elco 4700uf 50v..apa ada kmponen tambahan kalau diganti gitu ??

    ReplyDelete
  65. Mas misal 2200u di ganti 4700u gpp?

    ReplyDelete
  66. Power supply mikser saya kok panas ya mas pakai tip 41 sama 42 trafo 2 amp dioda udah tk ganti masih panas padahal semua rakitan normal bunyi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya berarti rangkaian psu normal, tinggal ditambahkan pendingin saja dibagian tr tip41 dan tip42 nya. Jika masih saja panas, bisa ditambahkan tr penguat TIP3055 dan TIP2955 setelah TIP41 dan TIP42

      Delete
  67. Mas mau tanya, kalau tegangan PSU utama setelah elco sekitar 45V mau diturunkan ke 15V itu cukup ganti R nya saja biar gk panas atau perlu ganti komponen lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup diganti R nya saja dengan nilai yang lebih besar. Bisa pakai resistor 1K, 2K2 atau 3K3. Kemudian untuk zener 15V usahakan pakai zener yang 1 watt, yang bodinya agak besar. Komponen zener ini akan panas, jika tidak kuat bisa short.

      Jadi yang perlu diganti adalah Resistor dan zener pakai yang 1 watt.

      Delete
  68. Mas ane bikin kayak di skema tapi di bagian elco 220uf sama TR panas kira" knapa yah...

    Ane bikin untuk psu mixer rakitan 4 chanel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek lagi skema, mungkin ada yang terbalik posisi elconya. Coba pakai elco yang 50V mas. Untuk TR panas itu normal, karena ada beban. Coba pasang heatsink kecil untuk TR nya

      Delete
  69. Saya cek tanpa beban zener sama r 220 panas mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tegangan pakai berapa volt dari trafo? Pakai zener berapa volt?

      Delete
    2. Pake 18v trafo bekas speaker aktif 18ct kisaran 3A

      Delete
    3. Ya harusnya sih gak masalah kalau pakai tegangan segitu. Coba sih cek dulu tegangannya keluar berapa volt, tegangan dari elco supply langsung keluar berapa volt? Antara titik CT dengan positif dan titik ct dengan negatif, keluar berapa volt?

      Kemudian cek juga tegangan di outputnya yang menuju ke mixer, keluar berapa volt.

      Delete
  70. salam solder panas om Bahar
    ijin tanya om, sy beli kit psu spt diatas tertulis utk 1 A, klo mau pke trafo 10A selain diode bridge diganti yg 10A+, apa saja yg perlu diganti om?
    mau dipake utk suply parametric tc, kebetulan ada tegangan tambahan pd trafo yg sy beli 15-ct-15

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menggunakan tegangan extra trafo, maka dioda psu tidak perlu diganti 10A. Cukup pakai dioda 1A atau 2A. Tidak ada yang perlu diganti jika menggunakan tegangan extra trafo

      Delete
    2. ok makasih om. Krn di kardus kemasannya gk ada spek nya utk yg tegangan tambahan, takutnya amper nya jg besar

      Delete
    3. Gak mas. Untuk tegangan extra trafo biasanya 1A atau 2A saja.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led