Cara Membuat Power Supply Power Amplifier dari PSU Komputer

Kemarin dapat ide yang sangat menarik dari salah satu rekan kita di g+. Mungkinkah PSU komputer dimodif pada output +12v (15A) dan ground, kemudian disambung ke inverter 32v? Apakah outputnya jadi 32v? Dan rekan kita ini berencana menggunakannya untuk supply power amplifiernya. Begitulah pertanyaan dari rekan kita di g+. Kemudian saya jawab, BISA. Sungguh ide yang sangat cemerlang sekali, memanfaatkan bekas power supply komputer untuk dijadikan supply power amplifier. Saya acungkan jempol untuk ide dari rekan kita ini he..he.. Nah. Anda mau mencobanya, simak lebih lanjut ya..

Sekilas penjelasan tentang power supply komputer. PSU komputer termasuk jenis power supply SMPS yang sangat bagus dan kuat juga stabil untuk supply komputer. Mempunyai beberapa output tegangan diantaranya 3,3v, 5v, 12v dan daya amper yang berbeda. Ditandai dengan warna kabel yang berbeda-beda. Kemudian beberapa pin kontrol lainnya diantaranya adalah pin kontrol POWER ON. Sebenarnya power supply komputer hanya bisa berfungsi dan bekerja jika dipasang di motherboard PC. Terus bagaimana cara agar power supply komputer ini bisa bekerja di luar tanpa motherboard PC? Jawabnya bisa. Nanti akan saya jelaskan dibawah.

Dari banyaknya kabel output dari power supply komputer, kita hanya menggunakan hanya 3 kabel saja, yaitu kabel hitam adalah ground, kabel kuning adalah +12v, kemudian kabel hijau adalah kontrol power ON untuk menghidupkan power supply komputer ini. Untuk kabel lainnya gak perlu dipakai he..he.. Jadi lebih mudah dan simple kan. Terus warna kabelnya kan banyak yang kembar, bagaimana memilihnya? Pilih salah satu saja dari 3 warna diatas, terserah pilih kabel yang mana, yang penting cari dan pilih kabel hanya warna hitam, kuning, dan hijau. Sampai disini, sudah paham?

Ini adalah gambar power supply komputer

Nah. Supaya anda tidak keliru pasang kabel, berikut ada tabel data pin kabel power supply komputer lengkap dengan warna dan fungsinya. 


Supaya power supply komputer ini bisa dipakai untuk supply power amplifier, maka perlu ditambahkan inverter tegangan 12v to CT 32v. Karena out tegangan dari power supply komputer hanya 0 +12v, maka perlu ada tambahan kit inverter untuk merubah dan menaikkan tegangan dari 0 +12 jadi simetris (+32v CT -32v) agar bisa dipakai untuk supply power amplifier. Kit inverter ini banyak dijual dipasaran, biasanya dipakai untuk inverter di mobil, untuk merubah tegangan accu 0 +12v jadi simetris (+32v CT -32v). Nah atas dasar ini, kenapa tidak menggunakan kit inverter ini untuk merubah tegangan power supply komputer 0 +12v jadi simetris (+32v CT -32v)? Tegangannya kan sama seperti aki, berarti bisa dong he..he.. Lanjut.

Ini bentuk penampakan kit inverternya, biar gak salah beli he..he..


Setelah semuanya ada, terus diapain mas? ya dirakit dong, terus diagram koneksinya mana mas? Sabar ya nanti saya kasih dibawah ini he..he.. Untuk pendingin inverter bisa ditambah agar tidak terlalu panas, karena pendingin bawaannya terlalu kecil, kurang mampu untuk digeber seharian penuh. Terus kira-kira berapa Amper daya yang dikeluarkan power supply komputer ini? Macam-macam, tergantung jenis power supply komputernya, tapi rata-rata daya outputnya sekitar kurang lebih 15A. Wah lumayan juga yah untuk supply power amplifier, dari pada beli trafo yang mahal. 
Sudah SMPS lagi he..he.. Mantap. Berikut adalah diagram koneksi PSU to Inverter.



Sedikit penjelasan dari gambar koneksi diatas. Dari power supply komputer hanya keluar 3 kabel yaitu kabel warna hitam, kuning, hijau. Kabel Htam adalah ground, kabel kuning adalah +12v, kabel hijau adalah power ON. Kabel hijau ini harus dikonek ke ground, agar power supply komputer ini bisa menyala dan bekerja. Untuk kontrol power ON/OFF nanti kita pakai saklar yang dipasang di jalur AC IN 220VAC. Anda bisa lihat gambar. Kemudian untuk kit inverter ada pin REM adalah untuk kontrol power ON juga, harus dikonek ke +12v, agar kit inverter ini bisa menyala dan bekerja. Kemudian out tegangan dari inverter langsung konek supply power amplifier. Tanpa penambahan diode dan elco lagi. Langsung konek saja. Semua sudah ada lengkap ada digambar diatas. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. berarti klo power yg cuma + - doang bisa langsung pakai yg gan?

    ReplyDelete
  2. Kira2 berapa hrg kit inverter nya kang

    ReplyDelete
  3. klau saya lbih suka smps mas gak ribet hehe

    5 a saja hmpir setara 20 a travo tnpa drop klau drop maks 1 v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siipp... Tapi harganya mas, berapa? Siapa tahu ada yang punya psu bekas gak terpakai, kan bisa dipakai he..he.. Memang gak se enak beli SMPS jadi.

      Delete
    2. Iya betul mas, saya cek toko sebelah, harga smps 5A cuma 75rb-an he..he.. Betul juga lebih praktis dan gak ribet he..he..

      Delete
    3. May nanya kang emang SMPS 5A setar dengan trafo 20A

      Delete
    4. Ya gak lah mas. Masih besar Amper trafo 20A.

      Sebenarnya bukan setara, tapi ada kelebihannya power supply SMPS itu dibanding trafo dengan amper sama. Contoh trafo 5A dengan SMPS 5A. Power supply SMPS menang dari segi kestabilan tegangannya. Karena dilengkapi rangkaian pengontrol tegangan otomatis dari komponen OPTOCOPLER. Jadi tegangan SMPS pada saat beban tinggi otomatis tegangan akan tetap stabil tidak drop. Beda dengan trafo, jika ada beban tinggi, maka tegangan akan drop sesuai kemampuan trafo tersebut mas.

      Dari fenomena diatas, maka wajar power supply SMPS 5A setara dengan trafo 20A. Tapi bukan berarti sama dengan trafo 20A loh ya. Tetap beda.

      Setara karena dari segi kestabilan tegangannya saja.

      Delete
    5. Nek dinggo power 450x2,ngango smps sing pirang A kang

      Delete
    6. Lihat bebannya mas. Kalau bebannya sedikit, pakai SMPS 5A cukup. Tapi beban banyak, pakai smps 10A.

      Tapi kalau harganya selisih sedikit, mending pakai SMPS yang 10A mas he..he.. Sekalian gedhe.

      Delete
  4. Malem mas Bahar, mau nanya mas,, tadinya aku ada MIXER BEHRINGER pemasangan DVD-mixer-eq-power,, trs MIXER tak ganti merk TUM(edisi pengen MIXER yg ada efex nya,, tp pemasang urutan kayak td kok gak bunyi, trs tk coba DVD-eq-mixer-power baru bunyi,, itu knp z mas,,, kok aneh menurut saya,, suwun mas sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok aneh. Coba DVD-mixer-power, tanpa equalizer. Mungkin in-out equalizer terbalik mas.

      Delete
  5. Kl tanpa eq bisa nyala mas,, sudah tak cek berkali kali mas Jack nya,, bener semua kok,, aku jg heran kok mas,, padahal MIXER baru beli td siang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tanpa equalizer bisa nyala, berarti mixer ok gak masalah. Nah tinggal out dari mixer ke equalizer ini, curiga terbalik, atau jack inputnya beda koneksi. Antara mixer dan equalizer.

      Delete
    2. Owalah mas mas,, ternyata kabel Jack e ada yg putus didalam,, wes wes gawe ndasku koplak hehe,, kuduk e Kon sowan di blok nya master Bahar LG oleh solusinya hehe,, Ok suwun mas suwun

      Delete
    3. Ya sama-sama mas. Terima kasih juga sudah sowan mas he..he..

      Delete
  6. Mas saya dulu punya PSU, PSU nya buat angkat 2 HDD dan 1 VGA langsung drop gak mau nyala...akhirnya beli lagi......kalo PSU Tersebut apakah masih bisa digunakan sebagai power??

    Tolong jawab di: tegarpunanda86police.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya dilihat dulu tegangan outnya berapa volt? Dan daya ampernya berapa? Kalau terlampau kecil, ya percuma mas.

      Delete
    2. Oke....terima kasih....
      Mas kalo PSU yang 500W 80+ punya Thermaltake itu bisa atau tidak untuk Power?? Minimal berapa watt PSU untuk membuat power??

      Delete
    3. Terlalu besar tegangannya. Kalau PSU SMPS minimal 500w atau sekitar 5A sudah cukup. Dengan tegangan maks 42v-56v.

      Delete
  7. Siang mas bahar.....kalau psu pc buat psu power ampli dengan kit apex b500 (2 kit) bisa gak mas.....maksudnya bisa maksimal gak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang maksimal mas. Lebih cocok pakai SMPS asli 5A atau 19A khusus untuk power amplifier. Rangkaian diatas hanya cocok untuk PA kecil atau ocl 150w, kalau untuk power watt besar gak kuat.

      Delete
  8. Mas Bahar bagus artikelnya ini memperkaya pengetahuan tentang electrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga mas sudah berkunjung di blog ini. Semoga bermanfaat.

      Delete
  9. Mas modis tone control bsx a3 agar mantap gimana.
    Ada solusi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu dimodif. Tambah saja dengan galaxi atau turbo bass.

      Delete
  10. power supply ocl 150w, 5A jumbo elco ukuran piro mas, pirang volt trus pirang biji mas sik paling pas ki, tulung arahane mas, maklum ajar seko 0

    ReplyDelete
  11. 2 bok, ben suarane penak dirungokke wong akeh wofer,fullring,titer sik ukuran piro mas, meh tak nggo unen" nang angkringan, biasane goreng tempe ajar nyolder sopo ngerti glem muni,nwun sak durunge mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gawe speaker full range ae 12" x2 sik isok banter + tweater ACR biasa.

      Delete
  12. karepku kei wofer barang ben mak gleng je mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo gak opo-opo, kan kok ditambahi tweater gawe trebel e.

      Delete
  13. rencana ki mas seh rencana ki lho, wofere 12×2,fulring...×2 +tweter yo2, ben ketoro dok wangun mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah sip iku mas, wes kenek gawe tanggapan he..he.

      Delete
  14. Mas klo sambung ke power audio mobil perlu ga pake inverternya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau powernya pakai tegangan simetris, maka tetap pakai inverter, untuk mengubah tegangan DC 12v jadi simetris CT.

      Delete
  15. Mas bahar...ikut nimbrung ahhh...mas aq ada trafo 10A tidak murni kayaknya out max +45v ct -45v kiprok regulator kotak yg besar 4 kaki power DTK 1200PD xover activ subwofer..rencana buat subwoofer aja..pertanyaannya yg cocok pakai elco ukuran brapa?brapa biji jumlah elco?brapa set TR finalnya..thanks di tunggu jawabannya?

    ReplyDelete
  16. Skalian tanya input trafo di pakai 0-220v atau 240v soalnya listrik di indonesia naik turun

    ReplyDelete
  17. Xover activ subwoofernya BGR by bell...

    ReplyDelete
  18. Oprek aja mas lilitan trafo psu atxnya ,biar keluar +32v dan -32v
    Mungkin itu pengalaman saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap pak setio budi. Memang bisa pak dimodif kayak itu. Monggo di share caranya bagaimana pak he..he..? Untuk menstep up tegangan 12v jadi 32v. Kemudian merubah tegangan 0 +12v jadi simetris +32v ct -32v. Kalau saya pribadi belum coba cara ini pak.

      Delete
  19. Kalau untuk power sanken 800watt stereo (2x400watt) pakai smps ukuran berapa pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau pakai power supply SMPS, maka minimal gunakan SMPS 10A dengan tegangan out 32vct.

      Delete
  20. hallo om, nanya nich. wis simbah2 tp sy msh suka nguprek2.
    mas cra merangkai power amp sanken stereo biar bisa unt karaoke gimana ya,?
    bagan2nya. nwn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Audio mania juga ya pak he..he.. Ada pak Cara paling gampang, jika untuk karaoke. Yaitu dengan beli kit tone control+mic+echo. Power stereo beli sendiri.

      Ada lagi yang lebih mudah, beli kit power stereo+tone control+mic+echo jadi satu he..he.. Tinggal beli trafo, elco dan kiprok. Tinggal pasang supply, sudah tinggal pakai, input ready, mic ready, echo ready.

      Bagaimana pak, mau yang lebih mudah lagi he..he..? Semuanya ada di toko elektronik. Tinggal sebutkan bahan yang saya sebutkan diatas.

      Delete
  21. Artikel sperti ini yg saya cari,singkat padat,bisa menambah pengetahuan tentang elektro bwt pemula sprti saya.
    Makasih banyak mas bahar,semoga makin sukses.

    ReplyDelete
  22. Mau tanya mas bahar,pengkoneksian yg jalur rem di jadikan 1 dengan 12v atau gmn mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas. Jalur REM konek jadikan satu dengan supply 12v. Biar bisa nyala he..he..

      Delete
  23. Klok misalkan psu pc itu dirubah biar jd ct 45 tanpa tambahn kit inverter bisa gak mas.? Trims mas bahar.

    ReplyDelete
  24. Tanya mas bahar. Kalok seandainya psu pc di rubah jadi ct bisa gak mas. Misalkan jadi ct 45 gtu. Bisa gak mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bisa mas. Tapi jika kita mau merubah tegangan PSU, maka lilitan trafo PSU harus dirubah.

      Nah proses penambahan dan perubahan lilitan ini, tidak bisa sekali, harus dilakukan percobaan beberapa kali untuk mendapatkan tegangan yang sesuai keinginan.

      Proses itu perlu waktu yang lama dan dibutuhkan ketelitian dalam membongkar trafo PSU tersebut. Dan proses yang sulit adalah membongkar trafo PSU, karena jika tidak hati-hati, maka plastik trafo akan pecah. Jika sudah pecah, tidak akan bisa dipakai.

      Untuk meminimalisir resiko tersebut, maka dipasanglah inverter untuk merubah sekaligus menaikkan tegangan jadi besar.

      Delete
  25. Maaf pak. Saya sudah mencoba dengan menggunakan PSU 250 watt sambungkan ke inverter 12v > 32v. Driver amplifier OCL 150 watt, TR final sanken 1 set, tone control Filter Subwoofer. Hasilnya, Tidak memuaskan, karena ketika saya hidupkan, led power indikator pada inverter meredup saat volume di naikkan (belum mencapai 30%).
    Apakah PSU yang saya gunakan kurang besar watt nya?
    Atau ada yang salah dengan rangkaian saya?
    Padahal amplifier sudah saya coba dengan aki mobil hasilnya normal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin psu kurang besar mas atau bisa jadi kualitas psu nya kurang bagus.

      Rangkaian sudah benar mas, cuma psu saja kurang gedhe. Coba pakai psu lain mas.

      Delete
  26. Kalau smpsnya yg di opreg biar simetris tegangannya bisa gk ya.?? Jadi gk usah pakai inverter lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bisa mas. Sudah ada kok yang mencobanya, yaitu dengan membongkar lilitan trafo SMPS nya dan merubah lilitannya. Ada blog khusus yang membahas tentang smps, modifikasi, dll.

      Cuma memang belum sempat saya coba, karena agak sedikit rumit menurut saya. Yaitu cara membongkar trafo smspsnya. Jika tidak hati-hati, maka trafo bisa pecah.

      Jika anda ingin memodifikasi smps nya agar jadi simetris, maka silahkan cari di google, ada blog khusus yang membahas masalah tersebut.

      Delete
  27. Mas bahar mmau tnya klo pasang psu pc ke power ampli perlu di tmbah elco sma dioda gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu mas. Dari out kit inverter langsung ke power.

      Karena out tegangan dari kit inverter sudah DC, maka tidak perlu penambahan diode dan elco lagi.

      Delete
  28. Mas bahar mau tanya kalo pake SMPS masih perlu inverter apa bisa langsung mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tegangan out smps nya sudah simetris atau CT, maka gak perlu tambahan inverter. Smps bisa langsung konek ke power. Perhatikan tegangan kerja smps dan power, jangan sampai tegangan over.

      Delete
  29. mas bahar,mau tanya,saya punya smps pc, mau tak pasang di subwoofer politron seri psw600 bisa nggak....?. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subwoofernya tegangannya berapa volt? Ct atau engkel?

      Delete
  30. Kalau psu printer bisa gak mas. Soalnya aku punya banyak bekas printer ,sayang mas kalau dibuang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal lihat berapa Ampernya dan berapa voltase output tegangannya?

      Delete
    2. Cara mengetahui ampere nya gmna mas

      Delete
    3. Ya kan ada tulisannya mas. Kalau psu komputer biasanya antara 7-10A yang 12v nya.

      Delete
  31. Mas sy sudah coba pakai psu pc untuk menyalakan power mobil,tapi ketika volume saya angkat,,psu nya malah mati,,tapi klo saya on kan lagi psu nya,menyala,,kira2 apanya mas yg bermasalah...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Psunya gak kuat mas. Coba pakai psu yang lain. Jika memang tetap mati, mungkin memang gak kuat mas psu nya.

      Karena psu komputer sangat sensitif jika terkena beban berat, maka otomatis akan protek atau mati. Dan akan menyala lagi jika di restart atau dimatikan dan dinyalakan kembali.

      Delete
  32. Kalo pake inverter 18v 7Am trs ke amplifier 150 w pake psu komputer 380w bisa ga mas.. pengen nyoba tp takut salah maklum mas msh awam hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya coba mas...alhamdulillah sukses trm ksh ilmunya, maaf mo nanya lg mas . Kalo psu 12v mau dibagi lagi ke tone control 12v ct caranya gmn mas? Kan pwr psu outnya cm ground sm 12v

      Delete
    2. Kalau mau dibagi lagi, maka Anda gak boleh ambil tegangan 12v dari psu. Karena tegangan power sudah lewat inverter, maka tegangan TC juga harus ikut inverter.

      Kalau tegangannya 18v ct kebesaran, maka bisa di turunkan pakai ic 7815.

      Jadi untuk membagi tegangannya harus lewat dari out inverter. Bukan dari 12v psu. Kalau dipaksakan, bisa konslet.

      Delete
    3. Jd kalo tone controlnya 18v ct tegangan bisa diambil dr inverter jg ya mas? Atau lebih baik gmn ya mas..mumpung sy blm beli tone nya

      Delete
    4. Ya betul. Tapi harus diingat, bahwa output dari inverter ini tegangannya sudah DC, jadi jika TC Anda dilengkapi diode pada power supplynya, maka sudah tidak digunakan lagi. Koneksi tegangan bisa langsung pada kedua elco supply TC, tanpa melalui diode lagi.

      Tapi jika TC tidak ada diodenya, maka boleh konek langsung disitu.

      Delete
    5. Ok. mas term ksh pencerahannya..semoga mas Bahar sukses selalu

      Delete
  33. Mas untuk power ocl 504 kuat gak? Power suply komputer,inverter CT 32v

    ReplyDelete
  34. mas power suplly komputer +12v 15A dan-12v 0,5A.apakah bisa?

    ReplyDelete
  35. Mas saya punya power ampli 1000 watt, kira kira travo cpu 10 ampere kuat ngak, trs harus nambah apa lagi, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ampli 1000w gak kuat mas pakai psu komputer.

      Delete
  36. mas socl 506 inverter 32v kuat ga. trims

    ReplyDelete
  37. Mas mau nanya perbandingan kuat arus psu cpu sm inverter dc brp ?...mengingat kl dr aki mobil arusnya gede ( min.30amp?.).tks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk maximalnya power amplinya brp watt mas

      Delete
    2. Kalau menurut saya sih, gak ada perbandingan. Karena desain inverter sendiri bisa untuk Amper besar. Jadi gak masalah walaupun pakai aki mobil atau pakai psu komputer.

      Tergantung PSU nya. Kebanyakan mempunyai daya Amper antara 15A-20A pada tegangan 12 voltnya.

      Yang jadi masalah adalah, inverter saat ini hanya mampu output 7A-10A. Itupun daya optimalnya mungkin hanya 75%.

      Kalau untuk power, bisa pakai power 400w masih mampu. Cuma tetap hasilnya masih bagus pakai trafo biasa.

      Delete
  38. nanya mas, saya punya smps out nya 42vac ct 42vac,dan +12vdc -12vdc, gimana caranya agar saya dapat tegangan ct 12vac ct 12vac untuk hidupin tone control. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk out smps 12v itu sudah DC, gak bisa dirubah lagi menjadi tegangan AC.

      Untuk TC Anda bisa pakai trafo sendiri.

      Delete
  39. Mantap ilmunya....semoga selalu berkah biss

    ReplyDelete
  40. Assalamu'alaikum. Mas, mau bertanya, PSU komputer yang 12V kabel kuning kan ada banyak, kalau sudah masuk inverter, apakah kabel kuning sisanya bisa digunakan untuk keperluan lainnya?
    Kemudian untuk kabel orens (3,3V), kabel ungu (5V), merah (5V), apa juga bisa digunakan?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kabel kuning 12v sudah digunakan masuk inverter, maka kabel lainnya di psu sudah tidak boleh lagi digunakan untuk keperluan yang berhubungan dengan power atau tegangan yang keluar dari inverter.

      Intinya adalah tegangan output inverter ini sudah beda dengan tegangan output psu. Jadi gak bisa digabungkan. Jika dipaksa digaubungkan, maka akan terjadi konslet.

      Yang gak boleh digabung disini misal mau dipakai untuk Tone control atau aksesoris lainnya yang berhubungan dengan power. Maka tegangannya gak boleh pakai tegangan psu lagi, harus pakai tegangan output dari inverter.

      Yang boleh pakai tegangan psu lainnya adalah jika dipakai untuk keperluan yang tidak berhubungan langsung dengan power. Misal dipakai untuk supply kipas, maka boleh pakai tegangan psu lainnya.

      Delete
    2. Baik, saya paham. Terima kasih atas jawabannya mas.

      Delete
  41. malem 'om, mau tanya lagi..
    semisal saya mau mensuplay amplifier dengan daya 47-52vdc, harus beli inverter yang kaya gimana..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang saya tahu dipasaran yang ada inverter paling besar tegangan 42v.

      Jadi beli saja inverter tegangan 12v to ct 42v.

      Delete
    2. aman ya 'om pake tegangan 42v..??

      Delete
    3. siap, makasih 'om.. šŸ˜Š

      Delete
  42. Maaf mas kembali ke awal niich... Niich kan tegangan PSU 12 Volt trus menggunakan Inverter menjadi 32Volt,, tapi apakah tegangan yg 32 Volt itu nyampe 10 Amper atw 15 Amper,,,?? karena dilihat dari Lilitan kawat Emailnya jaaa ukurannya kecil...

    ReplyDelete
  43. Replies
    1. Tergantung inverternya. Biasanya sih sekitar 7A mas. Gak sampai 10A.

      Delete
  44. Salam mas,
    Rangkaian di atas bisa untuk ngankat power ampli 360watt ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Cuma kalau mau full power pakai trafo biasa.

      Delete
    2. Terimakasih mas, sangat membantu

      Delete
  45. Pagi mas..kl merubah 12v ke 24v non ct gmn mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Dari out psu 12v, masuk inverter ct 24v. Jadi nanti outputnya jadi +24v ct -24v. Untuk mendapatkan tegangan +24v non ct, maka tinggal konek ke CT dan +24v saja. Untuk -24v gak digunakan.

      Jadi tinggal Anda belikan kit inverter 12v to ct 24v. Untuk merubah tegangan 12v menjadi ct 24v. Untuk koneksi 24v non ct, tinggal gunakan pin ct dan +24v.

      Delete
  46. Mas klo pake psu 12v 30a gimana bisa ngga?

    ReplyDelete
  47. saya pny kit dvd bekas tp outputnya ada 3 mas,+ - ground,apa bisa dirangkai ke ampli yg inputnya + - aja ?
    trus caranya gmn biar output dari kit dvd mjd + - aja,biar sama kayak input ampli yg cma + - aja ?
    tolong direspon ya mas,pemula banget soale

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas. Untuk psu dvd yang outputnya ada 3 (+, -, gnd). Jika Anda mau menggunakan untuk supply rangkaian ampli yang hanya pakai supply tunggal (+, -) saja. Maka caranya adalah cukup menggunakan 2 output supply dari psu dvd, yaitu output (+, gnd) saja. Untuk output (-) gak usah dipakai.

      Jadi koneksinya adalah
      Supply psu dvd (+) konek ke (+) ampli.
      Supply psu dvd (gnd) konek ke (-) ampli.

      Supply psu dvd (-) tidak digunakan.

      Delete
  48. mas bahar mau nanya
    sy butuh power supply 12v nih dgn amper 10-15A..trus sy punya psu macam yg dijelaskan diatas, apa bisa lngsung sy pke ke pompa mini 12v gitu tanpa ada tambahan komponen???
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung dipakai mas, untuk tegangan yang 12v bisa dipakai, tanpa tambahan komponen.

      Delete
  49. maksih jwbanx mas,sy dah coba tp kok pas dikasi beban (air compresor mini 12v 15A yg pakex dicolok di colokan korek api dimobil, maaf nda tau apa nmnya tuh colokan, hehehe) itu teg. 12v drop smpe 7v mas
    apa psu cpu macam ini tdk bisa dipke tuk beban yg pake gulungan gitu atau memang amperx yg kecil krn label/sticker di psu sdh terhapus semua
    mohon pencerahanx mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya psu nya gak kuat mas, sehingga ngedrop tegangannya. Atau bisa juga psu nya bermasalah.

      Kalau ada bisa, coba pakai psu lain mas.

      Delete
    2. tdk da solusi lain mas tuk ngakalinnya???
      bgmn klo di outputx diparalel resistor yg nilaix besar???
      da yg saranin bgtu tp sy mau coba nda tau nilai R nya brp???
      mohon solusix mas

      Delete
    3. Kalau pakai resistor itu untuk beban semu, agar psu bisa stabil tegangannya.

      Tapi masalahnya ini bukan karena tidak ada beban, tapi beban dinamo mungkin terlalu berat untuk start awal, jadi psu jadi drop tegangannya.

      Solusi lain gak ada, selain coba pakai psu lainnya.

      Delete
  50. kalo psu di offkan trus dionkan lagi, teg psu normal lagi tp pas dikasi beban drop lagi n trafo psu berderik
    maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan psu nya gak kuat. Atau bisa juga psu nya bermasalah. Coba pakai psu lain.

      Delete
  51. tp memang bisakan mas psu modif diatas dibebankan peraltan yg pake gulungan sperti dinamo/motor atau pompa angin mini tsb???
    takutx beli psu baru terus memang tdk cocok dipke tuk dinamo/pompa dll
    krn dr pembahasan diats rata2 pkenya tuk amplifier atau semacamx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya psu smps kurang cocok untuk supply dinamo atau beban berat. Karena smps ada proteksinya.

      Saran saya pakai trafo biasa saja mas.

      Delete
  52. aduuuhhh kemahalan mas
    perlu trafo 15A klo gitu
    tp terima kasih nih mas atas semua pencerahanx
    semoga mas sehat n sukses selalu
    btw, kmrin sy jalan2 ke toko elektronk, nemu psu switching yg biasa dipake tuk cctv,nah mau nanya nih apa psu diats yg dibahas sma prinsipx dgn psu tsb???
    rencana sih mau pake psu switching tsb krn ada smpe 15A, apa itu mampu ngangkat dinamo yg sy mksud???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya akan tetap drop mas. Karena dinamo ada beban start awal. Smps mungkin gak mampu menahan beban ini.

      Mungkin jika pakai smps diatas 15A, misal smps 20A atau 25A, baru bisa mampu untuk dinamo 15A mas.

      Delete
  53. Saya bikin kok tiap kena hentakan basa PSU nya mati ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu psu nya protek. Kena beban lebih. Solusinya bisa pakai psu komputer yang lain, atau dengan cara memodifikasi psunya, agar tidak protek.

      Memang ada beberapa psu komputer memang seperti itu, protek. Dan akan menyala kembali, jika psu dimatikan dan dinyalakan kembali.

      Delete
    2. Kalo PSU yg bagus apakah gk protek

      Delete
    3. Tergantung kemampuan watt psu tersebut. Kemungkinan jika psunya bagus, gak protek.

      Atau bisa dengan cara menambah elco dijalur tegangan input kit inverter dan tegangan output inverter. Tujuan penambahan elco agar bisa mengurangi beban disaat kena hentakan bass atau volume tinggi. Untuk kapasitor bisa pakai ukuran 10000uf/50v.

      Delete
  54. Bang ne mau nanya nih, kalau volt nya mau dinaikkan ke 32v non CT, gimana caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dinaikkan tegangannya yang mana nih? Tegangan out psu atau tegangan out kit inverter?

      Jika yang dinaikkan tegangan psu komputer, maka harus dilakukan modifikasi komponen didalam psu tersebut. Yaitu dijalur pengatur tegangan atau sensor tegangan. Untuk detailnya, maaf gak bisa dijelaskan disini.

      Jika yang dinaikkan tegangan kit inverternya, kemungkinan bisa dengan cara menggunakan tegangan positif dan negatif tanpa menggunakan ct. Misal Anda pakai kit inverter dengan out tegangan +18v ct -18v. Jika ingin menjadikan tegangan non ct dengan volt tinggi, maka bisa dengan cara menggunakan titik +18v dan -18v, tanpa menggunakan ct. Dengan cara menggunakan tegangan -18v dan +18v, maka Anda sudah bisa mendapatkan tegangan non ct sebesar 36v.

      Delete
  55. Maaf mas, mau tanya psu PC kan watt inputnya besar, kalau di pakai buat PSU seperti di atas, apakah butuh watt yang besar juga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak mas. Pakai psu komputer biasa yang dipakai komputer pada umumnya.

      Delete
  56. Mohon pencerahan om,itu klo sdh d psang invrter apakah masih nambah diods dan elco lg g om,apa tegangan out sdh dc apa gmna om,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tegangan output dari inverter itu sudah DC mas, jadi tidak perlu penambahan diode dan elco supply lagi. Tinggal konek saja output tegangan positif, ct, dan negatifnya ke supply power amplifier.

      Delete
  57. Hallo mas.. Saya mau tnya dikit. Kan di psu ada -12 ground +12 kalo dipake untuk amplier mini tda 2050 apa bisa lngsung? Atau perlu dirubah.? Mksi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk power ic TDA2050 menggunakan tegangan simetris (+ gnd -). Bisa langsung dipakai mas. Karena tegangan PSU nya sudah simetris (+12v gnd -12v).

      Delete
    2. Ya memang benar ada tegangan -12v, tapi ampernya kecil. Gak bisa digunakan bersama dengan +12v yang amper besar. Jadi amper tegangan +12v dan -12v harus sama besarnya, barulah bisa dipakai untuk tegangan simetris tanpa inverter. Kalau beda amper ya gak bisa.

      Delete
  58. Mf om tanya lg,klo biar kluar 24 v non ct,klo tanpa inverter bisa g om,

    ReplyDelete
  59. Mff om mau tnya lagi!itu kan yg 12 sdh k inverter,trus klo kita butuh yg 5 v aja bisa langsung ambil dri psu apa tetep ambil jlur dri out inverter om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah menggunakan tegangan dari out inverter, maka semua tegangan tambahan harus ambil dari out inverter

      Delete
  60. Kalo inverter jenis ini bs gak digunakan utk suplay ampli yg ct?
    http://www.imagebam.com/image/e912f51369913580

    ReplyDelete
  61. Om klo nentuin besar elco dr mna msal ane pkek trafo 10A btuh brpa elco n uk brpa.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Relatif mas. Menurut saya gak ada patokan ukuran berapa elco yang dipakai. Pokoknya standart dan cukup untuk mensupply power amplifier. Kalau saya biasanya nentuin dari powernya pakai mono atau stereo. Kalau mono pakai 4 biji elco, kalau stereo bisa pakai 6 biji atau 8 biji elco, ukuran 10000uf. Untuk volt elco sesuaikan dengan kemampuan volt trafo.

      Delete
  62. Met mlm mas, kebetulan saya ada 1 set audio mobil, dr pada diaimpan mlh jd rusak, pengen saya rakit untuk dirumah, yg saya tanyakan : jika pakai PSU untuk angkat power amplifier Venom Vertigo yg teganganya +12v, gnd, rem apakah jg harus pakai inverter..?
    Bagaimana cara dan apa saja yg perlu dirubah atau perlu tmbh komponen, agar speaker big bazz polytron psw 500 bisa dipasang di truk.
    Kiranya cukup sekian pertanyaan dr saya, mohon bimbingan, araha, dan putunjuk.
    Matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru bisa balas. Audio mobil dengan supply tegangan 12v, jika ingin dipasang di rumah dengan power supply rumahan, maka diperlukan power supply dengan tegangan 12V minimal 10A. Jika amper kurang dari 10A, biasanya tegangan akan drop kena beban power mobil. Kalau sudah ada power supply 12V 10A, maka tidak perlu pakai inverter lagi.

      Untuk pemasangan di mobil, maka perangkat rumahan perlu dipasang inverter.

      Delete
  63. Kalo ampli 800 watt streo 2x400 hasil nya bisa maximal apa eggk mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, tapi cari inverter yang ampernya besar dengan tegangan CT 42v.

      Delete
  64. selamat malam mas bahar maaf out of ropic.
    mau nanyak nih ttg tivi merk sharp 14".
    kalau posisi nyala lihat siaran tivi kan indikator lampu berwarna hijau.kalau off berwarna merah.
    nah yg mau saya tanyakan itu ketika posisi menyala terkadang mati sendiri.
    mgkin mati protect atau lainnya.pas mati tivi lampu indikator berwarna merah.
    kadang menyala terus lalu ketika cop streker dicabut lalu di colokan lagi.kan nyala merah tuh lalu saat tombol CHANNEL (+)(-) ditekan atau nyalakan sempat nyala lampu warna hijau kemudian merah lagi.
    dan berulang2 sprti itu.
    terkadang kalau pas mujur ya dia nyala hijau lalu tivi nyala ada gambar.
    ini kerusahkan dimana yah?
    sya blm bongkar tivinya.blm cek. tapi saya curiga ke komponen STR,IC H,dan ELCO yg ada di bagian power supllay.
    nah sprti itu kang bahar kerusakannya.
    trimakasih sudah menjawab pertanyaan saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak penyebab sih, tapi coba cek dulu solderan, mungkin banyak yang kendor. Cek elco dibagian power supply. Semua elco output tegangan biasanya salah satu ada yang kering. Terutama elco supply ic program/chroma. Cek juga elco dibagian primer regulator, biasanya kering. Jika semua sudah diganti dan tetap mati maka kemungkinan terakhir bisa dari ic atau str regulator lemah. Untuk langkah awal cek dulu solderan

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led