Fungsi Potensio dan Macam Kit Mixer Rakitan

Alhamdulilah ada waktu untuk membuat postingan lagi. Next posting berikut ini adalah Mengetahui fungsi potensio pada kit mixer rakitan yang ada dipasaran. Banyak sekali macam-macam kit mixer yang ada dipasaran, dengan desain rangkaian yang berbeda dan jumlah potensio yang berbeda pula. Banyaknya varian dan jenis mixer ini akan memudahkan kita untuk membuat mixer sendiri sesuai kebutuhan di lapangan. Tapi dengan banyaknya macam kit mixer di pasaran malah membuat kita bingung dengan fungsi pada tiap-tiap potensio pada kit mixer tersebut. Banyak rekan-rekan yang belum paham mengenai fungsi dari setiap potensio kit mixer per channel ini. Sehingga kesulitan untuk menentukan kit mixer mana yang akan dipakai? Supaya Anda tahu fungsi dari tiap-tiap potensio kit mixer yang ada dipasaran, simak lebih lanjut ya.

Kali ini saya tidak membahas masalah macam rangkaian pada kit mixer, tapi pada jumlah dan fungsi potensio pada setiap kit mixer yang ada dipasaran. Tentunya akan ada banyak sekali macam kit mixer yang ada dipasaran. Tapi akan saya ambil contoh 4 kit mixer saja, yang banyak dipakai orang dalam membuat mixer rakitan. Meskipun nanti akan ada sedikit perbedaan pada desain rangkaiannya, tapi kebanyakan fungsi dari tiap-tiap potensio sama. Berikut 4 macam kit mixer dengan fungsi potensionya.

1. Kit mixer 6 potensio
Kit mixer ini sangat mudah digunakan, karena hanya menggunakan 6 potensio pengaturan. Kit mixer atau penguat mic ini yang paling sedikit jumlah potensionya. Tapi jangan remehkan mixer ini. Meskipun potensionya sedikit, tapi hasil kualitas suaranya lumayan bagus he..he.. Dua kekurangan dari mixer ini adalah tidak adanya pengaturan potensio Gain dan Monitor. Tapi buat Anda yang tidak membutuhkan 2 fitur tersebut, menurut saya tidak masalah dipakai untuk keperluan dirumah dan acara di luar ruangan. Berikut gambar kit mixer 6 potensio dan fungsi tiap potensionya.


Bisa kita lihat gambar diatas. Terdapat pengaturan Volume, Balance, Effect, Bass, Middle, Treble dan sebuah socket input yang bisa dipakai sebagai line in dan mic. Jadi input pada mixer ini bisa dipakai untuk line in dan mic sekaligus secara bergantian, jadi lebih mudah dan praktis. Untuk hasil suara lumayan bagus dengan bass dan treble yang menonjol. Untuk potensio volume disini bukan Gain. Jadi hanya potensio volume biasa. Tidak ada penguatan gain input pada mixer ini. Hanya pengaturan volume saja. Tapi jangan kuatir, meskipun tidak ada pot Gain, suara dari mixer ini lumayan lantang dengan input yang lemah sekalipun. Buktinya bisa dipakai untuk mic.

2. Kit mixer 7 potensio
Kit mixer 7 pot ini pengaturannya sama saja dengan kit mixer diatas. Cuma ada penambahan pengaturan potensio Monitor, untuk monitoring suara tiap channel. Kekurangan dari kit mixer ini adalah tidak ada pengaturan Gainnya. Sehingga tidak ada penguatan gain pada input mixer ini. Meskipun begitu hasil suara sudah cukup lantang tanpa adanya pot gain. Berikut gambar kit mixer 7 potensio dan fungsi tiap potensionya.


Terdapat 7 pengaturan potensio yaitu Volume, Treble. Middle, Bass, Effect, Monitor, Panpot. Mungkin ada yang bertanya potensio Panpot itu apa mas? Panpot itu sama dengan Balance. Dan juga mungkin ada perbedaan tulisan potensio High dan Low. Ini sama saja dengan potensio Treble dan Bass.

3. Kit mixer 8 potensio
Pada kit mixer 8 pot ini sudah ada pengaturan Gainnya, tidak seperti pada kit mixer 6 pot dan 7 pot yang tidak dilengkapi dengan pot Gain. Sehingga pada mixer 8 potensio ini kita sudah bisa mengatur tingkat kepekaan atau gain pada inputnya. Tentu saja mixer dengan pot Gain akan lebih baik, karena sumber suara dapat kita setel tingkat gainnya, sehingga suara yang dihasilkan akan terdengar lebih bertenaga. Meskipun begitu kita tidak boleh terlalu over membuka pot gain, karena dapat menyebabkan suara menjadi over dan cacat. Setel gain secukupnya sampai dihasilkan suara yang bulat dan bertenaga. Berikut gambar kit mixer 8 pot dan fungsi tiap potensionya.


Terdapat 8 potensio pengaturan yaitu Gain, Treble, Middle, Bass, Monitor, Effect, Panpot, Volume. Kit mixer 8 pot ini yang paling banyak digunakan, karena sudah dilengkapi potensio Gain. Tentu saja akan ada banyak macam rangkaian kit mixer 8 pot ini. Tapi fungsi dari setiap potensionya sama, hanya beda rangkaian op ampnya saja.

4. Kit mixer 9 potensio
Yang terakhir adalah kit mixer 9 potensio. Pada kit mixer ini sebenarnya pengaturan potensionya sama dengan kit mixer 8 pot. Sudah ada pot Gainnya ditambah pot Monitor 2. Jadi pada kit mixer 9 pot ini pot Monitornya ada 2 yaitu Monitor 1 dan Monitor 2. Apa fungsi dari pot Monitor 2 ini? Untuk memungkinkan kita memonitor setiap channel dalam versi stereo. Apakah channel bunyi di channel L atau R. Sehingga out monitor akan ada 2 yaitu monitor L dan R sama dengan output utama mixer. Berikut gambar kit mixer 9 potensio dan fungsi tiap potensionya.


Silahkan lihat gambar diatas. Pada kit mixer 9 pot ini dilengkapi dengan 2 socket input yaitu socket untuk line in dan socket untuk mic. Dengan adanya 2 socket input ini kita tidak boleh menggunakan kedua input ini secara bersamaan. Jadi harus digunakan salah satu saja. Kalau digunakan secara bersama, akan terjadi gangguan suara pada input. Biasanya suara akan jadi ngedrop dan lemah. Kemudian juga sudah dilengkapi dengan switch Mute per channel, sehingga memudahkan kita untuk mematikan dan menghidupkan suara secara langsung, tanpa merubah settingan volume per channel.

Itulah 4 macam kit mixer yang ada di pasaran dan fungsi pada setiap potensionya. Mudah-mudahan dapat membantu Anda untuk memilih kit mixer yang dibutuhkan, dengan mengetahui dari fungsi pada setiap potensionya. Terima kasih atas ide pertanyaan dari rekan-rekan, baik lewat koment blog dan g+. Sehingga  terciptalah postingan ini dan semoga bermanfaat untuk rekan yang lainnya.

Comments

  1. mas kalau mixer sama pre amp parametix perbedaany apa ya...pa parametix itu bisa dijadikan byk chanel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sama saja sih kalau dari segi sistemnya, sama-sama mengatur nada suara. Karena mixer sendiri juga ada yang versi parametrik.

      Tapi kalau parametrik yang ada dipasaran, maka itu digunakan sebagai tambahan aksesoris biasa, seperti equalizer. Tapi kalau mixer itu memang di desain untuk digunakan banyak channel.

      Dan mixer sendiri ada 3 macam, yaitu mixer biasa, mixer semi parametrik dan mixer full parametrik.

      Mixer yang ada dan banyak dijual dipasaran itu jenis mixer biasa dengan sistem TC biasa, bukan sistem parametrik.

      Delete
  2. pernah denger parametix macintos c40 mas..itu saya lihat py temen pake itu suaray enak banget kl g salah ada 7 poyensio n ic y jg 7 kayky bkan seri jrc 4558..kl mixer kyky cm 4 ic y gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau semua parametrik itu pasti 8 potensio mas. Kalau jumlah ic itu ada dua macam, pakai 10 ic 741 atau 5 ic 4558. Ada juga yang pakai ic TL 072.

      Kalau mixer ada yang pakai 2, 3, 4 ic. Banyak macamnya.

      Delete
  3. kl dari pengaturan suara lebih bagus mana mas parametrix sama mixer...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya plus minus mas, tergantung selera juga. Karena parametrik dengan mixer itu beda sistem pengaturan nadanya. Kalau parametrik sistemnya itu seperti crossover, jadi ada low, mid, high secara terpisah yang dijadikan satu output. Kalau mixer itu sistemnya seperti tone control biasa, filter kapasitor dan resistor.

      Kalau dari segi suara, bagusan parametrik, makanya sering digunakan sebagai aksesoris tambahan. Kalau mixer itu sebagai pengaturan awal suara.

      Delete
  4. yg bagus parametrix seri brp mass..dan apa parametrix itu bentuky 8 pot semua,apa cm beda merk saja..sdngkan barangy sama..kl audio procecor mass fungsiy apa ya..apa sama dengan parametrik..oh ya di parametrix kan sdh ada super bass kl ditambahin kit sub apa bisa jg..apa super bass diparametrix itu sama gn sub..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya 8 potensio semua mas. Ya ada sih versi lain, cuma standartnya itu 8 pot mas. Ya cuma beda merek.

      Audio prosessor fungsinya sama kayak TC, cuma dia ada kelebihannya yaitu kemampuan atau ada fitur pembalik phasenya. Untuk membalik phase sinyal input yang masuk. Fungsinya beda dengan parametrik.

      Bisa. Super bass pada parametrik beda dengan kit subwoofer. Super bass diparametrik itu fungsinya untuk mengatur frekuensi nada low nya. Bukan nambah bass he..he..

      Delete
  5. Mas mau tanya kit mixer yg 8 pot itu kn gk ada Line in nya(mic/vcd/mp3/dll)...Apkah bsa dikasih..Line in..terus cra psangnya gmna...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mas, masak gak ada line in nya? Semua mixer pasti ada jalur inputnya mas.

      Delete
  6. Di gambar di atas itu gk ada gtu Lo mass socket micnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada gituloh mas inputnya dekat pot gain. Ada input high dan low.

      Kalau yang Anda maksud line in tambahan, ya memang gak ada mas. Harus buat sendiri.

      Tapi jika yang dimaksud adalah input mixer, ada kok, itu dekat pot gain. Line in kan sama dengan input he..he..

      Delete
    2. Input low untuk line in dan input high untuk mic.

      Delete
    3. Klo Input itu sya jga thu mas tpi yg sya tnyakan adalah Line in untuk nyolokin mic atau yg lain misal dari hp.. vcd.. dll...itu Lo mas...

      Terus klau hrus buat sendiri gmna cara buatnya...??

      Stu lagi untuk mixer 6 pot kok ada Line in mic-nya...sementara yg 8 pot tidak ada...

      Delete
    4. Oalah mas, socket mic ta maksudnya he...he.. Yaitu itu memang harus dpasang dipasang sendiri mas. Koneknya ya di jalur input mixer tersebut.

      Pada mixer yang 6 pot memang sudah terpasang socket micnya di pcb mas. Untuk mixer yang 8 pot, harus pasang sendiri mas socket micnya.

      Jika Anda bingung cara pasangnya, mending beli mixer yang 6 pot saja. Karena sudah terpasang socket mic di pcb, jadi tinggal colok saja he..he..

      Delete
    5. Pengennya sih bli yg 8 pot mas soalnya sdah lengkap...

      Cra koneksinya Input mic itu gmna ya..

      Delete
    6. Saya gak bisa jelasin disini mas. Soalnya gak bisa kirim gambar. Kalau mau bisa koment lewat g+, nanti saya jelaskan disana.

      Delete
  7. Mas tanya lgi itu pot volume nya bsa dgnti pot geser gk ...klo bsa gmna cara pasangnya....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Yang diganti potensio yang mana?

      Delete
    2. Volume mass ..tes cra pasangnya gmna..ya...??

      Delete
    3. Ralat:terus cra pasangnya gmna...??

      Delete
    4. Baik mas. Pot volume kan ada 3 kaki. Yaitu ground, tengah dan samping.

      Masalahnya banyak macam pot geser mas dan posisi kakinya berbeda pula. Ini yang menyebabkan pemasangan pada geser harus dilihat pakai pot geser yang mana?

      Coba Anda kasih contoh rencana pakai pot geser yang model apa? Nanti silahkan kirim di page fb bahar electronic.

      Kalau pot geser sudah ditentukan, baru kita cari fungsi kakinya mas.

      Delete
  8. Mas bahar, iki link fb ne sampean gak di pasang to.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas belum saya pasang di blog. Takutnya tambah berat loading blognya he..he..

      Delete
  9. Mas,
    Input untuk musik sperti cd,hp,kiboard knpa tidak ada ?
    Yg ada microfon smua ,

    Gmna msang musik nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Input pada mixer itu sebenarnya bisa dipakai untuk apa saja, tidak hanya untuk mic.

      Jadi input pada mixer bisa dipakai untuk music, dan alat lainnya. Tidak harus pakai mic saja.

      Delete
  10. Mas saya mau pasang ini buat karokean kira-kira bagus ngga, mixer ini khusus buat microphone, dan musik pake parametrik, dengan susunan seperti ini

    MICROPHONE>MIXER >|POWER
    MP3 >PARAMETRIK>|AMPLIFIER

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siipp, sudah bagus.
      Ya betul, cara mencampurnya seperti itu.

      Delete
  11. Terus kan power ampli inputnya cuma satu, cara membaginya gmna antara parametric dan mixernya biar sinyal seimbang,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Input power kasih 2x resistor 10K, untuk membagi inputnya.

      Delete
  12. Untuk pin monitor sama efek di Mikser 8 Chanel di sambung kemana mas fungsinya untuk apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pin monitor bisa disambung ke in master, kemudian out master bisa dipakai untuk out monitor. Atau jika tidak diperlukan, maka pin monitor bisa tidak dipakai.

      Untuk pin efek, bisa dikonek ke input echo atau reverb. Kemudian out echo di konek ke in master, gabung dengan out mixer. Penggabungan out echo dan out mixer, mungkin dibutuhkan resistor pembagi, agar suara tidak tabrakan.

      Cara lebih jelas bisa dilihat di postingan saya cara merakit mixer.

      Delete
  13. Untuk kit penguat mic yang 8 potensio paling bagus merk apa mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sebenarnya gak ada rekomendasi untuk mixer atau penguat mic, karena punya karakter suara masing-masing. Dan yang jelas cocok-cocokan, tergantung selera masing-masing orang. Tapi dari cerita pengalaman teman saya merakit mixer, ada dua yang pernah dicoba yaitu merek yamaha dan roland. Katanya sih enak yang merek yamaha daripada roland. Tapi ini jangan jadikan acuan ya, karena beda selera masing-masing orang.

      Delete
  14. mas, kit merk primer 6 potensio itu beli dimana ? saya minat 085726111628

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli di toko elektronik mas. Ya agak susah yang tipe 6 potensio Merek Primer. Saya coba di online juga jarang ada. Ada yang jual tapi agak mahal. Coba cek toko online mas

      Delete
  15. Input pada mixer 7 pot ada dua mn yg ke mik mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya untuk inputnya itu cuma satu mas. Dibagian belakang pcb, sejajar dengan gnd, yang ada tulisannya (in). Sedangkan dua lubang yang dekat dengan potensio volume, dan tidak ada keteranganya itu adalah untuk output ke vu meter atau led indikator meter. Perchannel. Jadi bukan lubang input ya he..he..

      Jadi untuk mixer 7 pot itu inputnya cuma ada satu, dibelakang pcb yang ada tulisannnya input. Bisa dipakai untuk mic langsung, atau line in langsung. Tanpa perlu tambahan resistor atau komponen lainnya.

      Delete
  16. Mas, saya mau servis UPS, apa bisa
    Saya samperin ke rumah sampeyan kalo bisa
    Oya biaya nya berapa ?

    ReplyDelete
  17. Mas, saya kan memakai kit mixer yg 6 pot, kenapa pot treble tudak berdungsi ya? Saya putar sampai full tetap gk ada pengarunhnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan pertama bisa karena ada jalur putus di jalur potensio. Kemungkinan kedua bisa karena potensio treble rusak.

      Delete
  18. Satu lagi mas, kenapa ketika saya pasang kit mixer ke power tda2050, suara jadi kecil sekali,tetapi ketika saya pasang ke ampli TIP41-42 suara normal, dua"nya saya tidak menggunakan master mixer

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk power tda2050 butuh perlakuan khusus inputnya agar tidak kecil suaranya. pertama pada jalur kaki input ic tda2050 harus dipasang elco atau kapasitor filter. Kedua setelah melewati elco filter input, maka diperlukan hubungan ke ground

      Delete
    2. Apakah yg dimaksud kapasitor filter seperti cap "audiophiler" mas? Yang besar itu

      Delete
    3. Gak mas. Pakai elco atau kapasitor biasa sudah bisa. Gak perlu pakai audiophiler.

      Delete
    4. Apakah aman mas,jika kit mixer diberi tegangan 18 v? Selama ini kit mixer saya Kasih 7815

      Delete
    5. Aman mas. Tegangan maksimal mixer adalah 24vdc. Jadi jika dikasih 18vdc masih aman. Ya idealnya pakai tegangan 15v, makanya dikasih 7815. Tapi jika dikasih 18vdc juga gak apa-apa.

      Delete
  19. Om aq pakai kit mixer 8 potensio tp kenapa suara bass gk keluar walaupun vol low sya putar mentok sedangkan untuk treble malah suara kenceng. Sya untuk in musik pakai high sedangkan yg low untuk in mic

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah ini yang salah kaprah. Dua input dipakai barengan. Itu dua input, input low dan high dipakai salah satu mas. Jangan dipakai barengan. Untuk musik pakai input low. Coba gunakan input low saja untuk musik. Ssmentara input high nya dilepas dulu. Apakah suara bisa normal bassnya

      Delete
    2. Saya cuma pakai 1 ja om, in musik nya di high, saya coba pakai yg low suara pelan bgt. Saya pakai power suplay bekas dvd apakah pengaruh?

      Delete
    3. Harusnya sih gak pengaruh. Tapi coba saja pakai rangkaian trafo biasa mas.

      Delete
    4. Trs kenapa ya om suaranya kq lebih dominan ke treble? Dan suara kyak ada serak2nya gitu kurang jernih?

      Delete
    5. Ya sepertinya dari power supplynya mas, kurang bersih. Saya juga pernah mengalami hal yang sama, ketika pakai power supply model smps. Suara serak. Tapi ketika saya rubah menggunakan power supply pada umumnya pakai trafo dan ic 7815 & 7915, suara kembali normal dan jernih. Tandanya ya itu suara kayak ada serak-seraknya, gak bisa jernih. Dicoba saja diganti pakai psu pada umumnya pakai trafo dan ic 7815 & 7915

      Delete
    6. Ok om makasih sarannya,klw untuk suara bas biar tmbh keras/tinggi gmna yaw om?

      Delete
    7. Bisa dengan cara merubah resistor gainnya, cuma saya belum tahu posisinya dimana? Atau coba ganti resistor input dengan nilai yang lebih kecil

      Delete
  20. Master Mixer yg 1pot itu ktnya nambah gain jadi sy mau psng ke power yg ad tone pasif lewati rca>mixer>tone pasif>power gitu dah benar atau gimana gan?

    ReplyDelete
  21. Coba tak bkinin skema bang blom nyatol nih pemahaman rangkai nya gmana?, klo mnurut sy dlu ni coba power tda2030 sepaket tone pasif cuma bass agk kurang bass treble serak tak kira sinyal gain yg kurang beda yg tone aktif ad penguat, jadi tak tambah kit master mixer & filter subwoofer cuma cra nyambung keduany gmana ini 1 trafo ct-15v tak ad extra mau dibagi daya ke kipas & mp3 BT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan tambah 1 trafo lagi yang kecil 1A atau 500mA untuk supply mp3 dan BT. Kalau semua dibagi dalam 1 trafo, kasian trafonya bisa drop. Kecuali ada tegangan extranya, maka gak masalah jadi satu.

      Delete
    2. Masa trafo 2A murni gk kuat wong sy kalkulasi tiap watt nya udah agk cukup mnurut perhitungan, tinggal rangkai input itu pertama lewat dari rca kemana dlu gitu ad tambah komponen ap gtu dari sini ini yg agk rancu fil-sub dlu ato mas-mixer

      Delete
    3. Kalau kuat sih kuat, tergantung selera saja sih menurut saya. Mau disatuin ya silahkan. Kalau saya pribadi pilih tambah trafo, disatuin pakai 1 trafo juga masalah. Urutan pemasangan filter sub terakhir setelah mixer

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led