Thursday, July 11, 2019

Cara Menguji MOSFET

Alhamdulilah. Next posting kali ini adalah membahas bagaimana cara cek atau menguji transistor MOSFET menggunakan multimeter analog. MOSFET juga dikenal sebagai FET adalah kependekan dari Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor. Banyak digunakan di perangkat elektronik, misal power amplifier dan perangkat elektronik lainnya. Bagaimana cara mengujinya menggunakan multimeter analog? Simak lebih lanjut.

FET juga banyak digunakan untuk mengalihkan dan memperkuat sinyal elektronik di perangkat elektronik. FET adalah komponen atau perangkat dengan tiga terminal yaitu Source, Gate dan Drain. Anda akan banyak menemukannya di catu daya dan banyak perangkat elektronik. Kegagalan atau kerusakan dan kebocoran FET dalam circuit cukup tinggi dan Anda perlu tahu cara mengujinya secara akurat.

Pertama, Anda perlu menemukan kaki mana yang merupakan Gate, Drain dan Source (G,D,S) pinout dari beberapa buku sumber referensi semiconductor atau datasheet komponen mosfet tersebut.

Contoh:


Setelah Anda memiliki beberapa referensi atau diagram setiap pin FET, maka Anda dapat menggunakan multimeter analog, yang disetel di rentang skala 10K ohm, untuk memeriksa FET. Dengan posisi Anda sedang menguji channel FET dan kemudian meletakkan probe hitam ke pin Drain.

Sentuh pin Gate dengan probe merah, untuk melepaskan kapasitansi internal apapun di FET. Sekarang pindahkan probe merah ke Source, sementara probe hitam masih menyentuh pin Drain. Gunakan jari kanan Anda dan sentuh pin Gate dan Drain bersama-sama, dan Anda akan melihat penunjuk multimeter analog akan bergerak maju ke rentang tengah skala meter.

Gunakan jari Anda untuk menyentuh pin Gate dan Drain.

Dengan mengangkat probe merah dari pin Source dan mengembalikannya ke pin Source, penunjuk akan tetap berada di tengah skala meter. Untuk melepaskan atau mengembalikan FET seperti semula,  Anda harus mengangkat probe merah dan hanya menyentuh satu kali pada pin Gate. Ini pada akhirnya akan melepaskan kapasitansi internal lagi. Dan jarum penunjuk akan kembali ke semula.

Pada saat ini, gunakan probe merah untuk menyentuh pin Source lagi, jarum penunjuk tidak akan menyimpang sama sekali, karena Anda sudah melepaskannya dengan menyentuh pin Gate. Ini adalah karakteristik FET yang baik. Anda perlu lebih banyak berlatih dengan mengambil FET di meja kerja Anda atau dari kompartemen komponen Anda. Setelah Anda tahu rahasianya, cara menguji FET lainnya semudah menguji dioda.

Jika Anda perhatikan bahwa semua hasil yang Anda ukur, jarum penunjuk menyimpang ke arah nol ohm atau jarum tidak bergerak sama sekali, maka FET dianggap konslet dan perlu diganti. Menguji transistor efek medan P channel FET sama seperti ketika Anda menguji N channel FET. Yang Anda lakukan adalah mengganti polaritas probe ketika memeriksa P channel FET.

Beberapa multimeter analog hanya mempunyai rentang skala 1K ohm, jenis multimeter ini tidak dapat benar-benar menguji FET, karena tidak adanya baterai 9 Volt didalam multimeter. Multimeter jenis ini tidak akan memiliki daya yang cukup untuk memicu FET. Pastikan Anda menggunakan multimeter yang memiliki selektor rentang kali 10K ohm dan menggunakan baterai 9 Volt. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment