Cara Menguji MOSFET

Alhamdulilah. Next posting kali ini adalah membahas bagaimana cara cek atau menguji transistor MOSFET menggunakan multimeter analog. MOSFET juga dikenal sebagai FET adalah kependekan dari Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor. Banyak digunakan di perangkat elektronik, misal power amplifier dan perangkat elektronik lainnya. Bagaimana cara mengujinya menggunakan multimeter analog? Simak lebih lanjut.

FET juga banyak digunakan untuk mengalihkan dan memperkuat sinyal elektronik di perangkat elektronik. FET adalah komponen atau perangkat dengan tiga terminal yaitu Source, Gate dan Drain. Anda akan banyak menemukannya di catu daya dan banyak perangkat elektronik. Kegagalan atau kerusakan dan kebocoran FET dalam circuit cukup tinggi dan Anda perlu tahu cara mengujinya secara akurat.

Pertama, Anda perlu menemukan kaki mana yang merupakan Gate, Drain dan Source (G,D,S) pinout dari beberapa buku sumber referensi semiconductor atau datasheet komponen mosfet tersebut.

Contoh:


Setelah Anda memiliki beberapa referensi atau diagram setiap pin FET, maka Anda dapat menggunakan multimeter analog, yang disetel di rentang skala 10K ohm, untuk memeriksa FET. Dengan posisi Anda sedang menguji channel FET dan kemudian meletakkan probe hitam ke pin Drain.

Sentuh pin Gate dengan probe merah, untuk melepaskan kapasitansi internal apapun di FET. Sekarang pindahkan probe merah ke Source, sementara probe hitam masih menyentuh pin Drain. Gunakan jari kanan Anda dan sentuh pin Gate dan Drain bersama-sama, dan Anda akan melihat penunjuk multimeter analog akan bergerak maju ke rentang tengah skala meter.

Gunakan jari Anda untuk menyentuh pin Gate dan Drain.

Dengan mengangkat probe merah dari pin Source dan mengembalikannya ke pin Source, penunjuk akan tetap berada di tengah skala meter. Untuk melepaskan atau mengembalikan FET seperti semula,  Anda harus mengangkat probe merah dan hanya menyentuh satu kali pada pin Gate. Ini pada akhirnya akan melepaskan kapasitansi internal lagi. Dan jarum penunjuk akan kembali ke semula.

Pada saat ini, gunakan probe merah untuk menyentuh pin Source lagi, jarum penunjuk tidak akan menyimpang sama sekali, karena Anda sudah melepaskannya dengan menyentuh pin Gate. Ini adalah karakteristik FET yang baik. Anda perlu lebih banyak berlatih dengan mengambil FET di meja kerja Anda atau dari kompartemen komponen Anda. Setelah Anda tahu rahasianya, cara menguji FET lainnya semudah menguji dioda.

Jika Anda perhatikan bahwa semua hasil yang Anda ukur, jarum penunjuk menyimpang ke arah nol ohm atau jarum tidak bergerak sama sekali, maka FET dianggap konslet dan perlu diganti. Menguji transistor efek medan P channel FET sama seperti ketika Anda menguji N channel FET. Yang Anda lakukan adalah mengganti polaritas probe ketika memeriksa P channel FET.

Beberapa multimeter analog hanya mempunyai rentang skala 1K ohm, jenis multimeter ini tidak dapat benar-benar menguji FET, karena tidak adanya baterai 9 Volt didalam multimeter. Multimeter jenis ini tidak akan memiliki daya yang cukup untuk memicu FET. Pastikan Anda menggunakan multimeter yang memiliki selektor rentang kali 10K ohm dan menggunakan baterai 9 Volt. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Assalamualaikum mas. Mau nyak gimana caranya untuk merakit 2trafo 10A 10A 4bji elco 2kit driver mono. Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Dua trafo 10A itu trafo CT atau engkel?

      Karena ada 2 trafo dan 2 driver power mono, maka bisa dengan cara merakit 2 power supply untuk masing-masing power.

      Psu 1:
      1 trafo 10A
      2 elco supply
      1 diode kiprok
      1 driver mono

      Psu 2:
      1 trafo 10A
      2 elco supply
      1 diode kiprok
      1 driver mono

      Jadi satu trafo untuk satu driver mono.

      Delete
  2. Tnya lgi mas..
    Kmrin sya memasang tone control plus subwoofer mono ke power stereo..tpi kk aneh mas suaranya itu tetap ada wlaupun..pot.volume ..sudah..mntok..dan..suara..subnya..agak..pecah..
    Trus..ada suara ..nggrreng..juga..
    Apa ada yg salah sambung y mas..
    IP dan OP nya TC sya bgi menggunakan..resistor..kemudian IP..nya sya konek..ke..OP..Turbo Bass..IP..Turbo Bass..sya Konek..ke..Input Audio..kemudian
    .OP TC..sya konek.ke power..l/r

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sudah benar sih koneksinya. Tapi kalau dipasang turbo bass jadi over suaranya mas. Coba lepas dulu deh turbo bassnya. Coba pakai TC dan subwoofer saja.

      Delete
  3. Mas ad msalah lgi..nih...awalnya..kan..potnya..nempel..dpcb..trus..sya..copot..dan..sya.ksih..kbel..untuk..menyesuaikan..Box.. amplinya...tpi..suaranya..kok..jdi..gereng..sja..ya..awalnya..muncul..sih..tpi..plan..Skali..

    Saat saklar dhidupin..awalnya..kras..tpi..stelah.. beberapa detik jdi plan...dan kras kembali..saat saklar dimatiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan kabel yang benar, usakan gunakan kabel sependek mungkin. Dan koneksi ke lubang pcb tidak salah.

      Satu lagi yang penting adalah meng groundkan bodi potensio dengan ground pcb. Jadi konek bodi potensio dengan kabel, kemudian konek ke gnd pcb.

      Delete
    2. Mksdnya mnggroundkan. Gmna..mas..Maaf .gk ..ngerti

      Delete
    3. Ya itukan bodi potensio sudah pakai kabel, maka akan timbul radiasi yang kadang menyebabkan dengung. Nah tujuan bodi potensio di ground adalah menghilangkan radiasi ini, agar dengung potensio bisa hilang.

      Delete
    4. Brarti btuh kbel lgi buat groundya itu

      Oh..ya..pasang.nya..dpcb..smnarnya..ya..gk..Pham..sya

      Delete
    5. Ya butuh 1 kabel lagi mas, untuk disambung di bodi potensio dan ground pcb. Ya pasangnya di pcb mas, jalur gnd.

      Jika bingung, Anda bisa lihat jalur input atau output di pcb, nanti akan ada jalur in (+) dan gnd. Nah Anda bisa konek gndnya di gnd input di pcb.

      Delete
  4. Yg dksih.. ground.itu..potensinya volume mas ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalau bisa semua potensio yang menempel di panel depan mas.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led