Sambungan Seri dan Paralel 2 Speaker Subwoofer Double Coil

Setelah anda mengetahui sambungan seri dan paralel speaker subwoofer double coil. Kali ini akan saya tambahkan bagaimana sambungan seri dan paralel pada dua speaker dobel coil. Posting ini merupakan kelanjutan dari posting sebelumnya, yang mana pada posting pertama menjelaskan sambungan seri dan paralel pada satu speaker dobel coil, nah pada posting kedua ini menjelaskan sambungan seri dan paralel pada dua speaker double coil. Jika anda ingin menggunakan dua speaker subwoofer, maka konfigurasi koneksi di bawah ini perlu anda perhatikan.

Sebenarnya sama saja penyambungan speaker satu coil dan dobel coil. Yang membedakan pada speaker dobel coil, kita akan mendapatkan beberapa impedansi ohm yang berbeda di dalam penyambungannya nanti. Berbeda dengan speaker satu coil yang hanya mendapat dua macam koneksi yaitu sambungan 4 ohm dan 16 ohm. Pada sambungan koneksi dua speaker dobel coil akan didapat tiga macam impedansi. Yaitu impedansi 2 ohm, 4 ohm, 8 ohm. Sebenarnya dapat juga bermain di impedansi 16 ohm, tapi tidak saya sertakan gambarnya, karena impedansi 16 ohm jarang dipakai. Berikut cara penyambungan dua speaker dobel coil dibawah ini yang dapat anda coba.

Sambungan dua speaker 2 ohm jadi 4 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 4 ohm pada dua speaker 2 ohm, maka sambung dulu secara paralel kedua spul coil masing-masing speaker, kemudian kedua speaker tersebut disambung seri untuk mendapatkan impedansi 4 ohm. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar.

Sambungan dua speaker 8 ohm jadi 4 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 4 ohm pada dua speaker 8 ohm, maka sambung dulu secara seri kedua spul coil masing-masing speaker, kemudian kedua speaker tersebut disambung paralel untuk mendapatkan impedansi 4 ohm. Ini sama mendapatkan impedansi 4 ohm, perbedaan pada kedua gambar adalah dari sambungan masing-masing speaker, yang mana pada gambar pertama disambung paralel dulu kemudian diseri dan pada gambar kedua disambung seri dulu kemudian diparalel, untuk mendapatkan impedansi 4 ohm. Untuk lebih jelas lihat gambar.

Sambungan dua speaker 4 ohm jadi 2 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 2 ohm pada dua speaker 4 ohm, gunakan salah satu spul pada masing-masing speaker, kemudian kedua speaker tersebut dihubung paralel untuk mendapatkan impedansi 2 ohm. Untuk lebih jelas lihat gambar.

Sambungan dua speaker 4 ohm jadi 8 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 8 ohm pada dua speaker 4 ohm, maka gunakan salah satu spul saja pada masing-masing speaker, kemudian kedua speaker tersebut dihubung seri untuk mendapatkan impedansi 8 ohm. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar.
Jika anda ingin menggunakan dua speaker subwoofer dobel coil, maka anda sudah mengetahui cara penyambungan yang benar. Sehingga anda bisa mendapatkan impedansi speaker yang anda inginkan dari kedua speaker subwoofer tersebut. Untuk koneksi sambungan seri dan paralel pada satu speaker dobel coil anda bisa lihat disini. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. ilmu yg bermanfaat buat ane...
    mau tanya gan.. kalo empat subwoofer double coil mau jadi 4 ohm, bagaimana gambaran untuk sambungannya.
    makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari 4 speaker semua gunakan salah satu spul saja, agar bisa bermain di 4 ohm semuanya. Jadi 4ohm 4ohm 4ohm 4ohm. 4ohm dan 4ohm diparalel. Kemudian 4ohm diparalel 4ohm. Jadi 2ohm dan 2ohm. Kemudian 2ohm diseri 2ohm jadi 4ohm. Anda bagi jadi 2 dulu,(4+4) (4+4). (2)+(2)=4ohm

      Delete
  2. waaah makasih banyak gan atas responnya cepat.
    ane udah faham sekarang..
    izin bookmark blog nya gan.

    ReplyDelete
  3. Mas saya punya subwofer,2 speaker 6',dan 2 speaker cs4 10'
    Instalasi yg bagus gimana ya jika di hubungkan ke PA yg memiliki output 4chanel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau bermain di 2 channel, maka speaker bisa diparalel, channel 1 pakai 6"x2 dan channel 2 pakai 10"x2. Kalau mau bermain di 4 channel, ya langsung konek saja speaker ke masing-masing channel.

      Delete
    2. Jika main di 4chanel subwofer lebih bagus dpasang nya gimana mas?

      Delete
    3. Lah itu PA 4 channel keluarannya apa saja loh mas? Apakah hanya out biasa atau sudah dipisah? Kalau PA stereo kan L R, nah itu 4 channel maksudnya gimana? 4 keluaran speaker ya maksudnya? Kalau semua channel sama, ya dipasang di sembarang channel gak masalah, kecuali kalau 4 channel tersebut suaranya beda.

      Delete
  4. Om kalo 2 sub dvc 2ohm biar ttep di 2ohm gmna om...
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas. Bisanya jadi 4 ohm dengan dihubung seri.

      Delete
  5. Mazt, mau nanya, master mixer yg 3 potensio itu msang'y gmna,..??
    Return dan red nya utuk apa...

    ReplyDelete
  6. Mas mohon bantuanya...he...heee....saya pake 1 monoblock , 2 power 4 way, 1 eq pg gold 30 channel, 1 speaker 3 way, 1 speaker 2 way dan speaker standar bawaan mobil, gimana instalasi yg benar agar mendapatkan sq, tksh

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Speakernya beraneka ragam he..he.. Kalau menurut saya pak, karena ada out power 4 way, berarti ada 4 channel output. Gunakan 2 channel power untuk instalasi speaker bawaan mobil. Dan 2 channel lagi, 1 untuk speaker 3way dan 2way diparalel, dan 1 channel lagi khusus untuk subwoofer.

      Delete
  8. Terimakasih info & share ilmunya

    ReplyDelete
  9. Tanya mas untuk subwoofer 12 inch 4 ohm saya paralel dengan speaker acr 12 inch 8 ohm. itu impedansi jadi berapa..? dan apakah benar penggabungan secara paralel seperti yg saya lakukan itu? untuk mendapatkan suara yg bagus atau cara yg lain yang benar bagaimana... mohon pencerahaan.., tks...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Speaker 4 ohm diparalel dengan speaker 8 ohm jadi berapa ya? Mari kita hitung.

      1/4+1/8=
      8/32+4/32=
      12/32=
      32/12=
      2,66 ohm.

      Impedansi jadi 2,66 ohm mas.

      Kalau beda ohm memang lebih baik diparalel mas.

      Delete
    2. siap mas... terima kasih pencerahannya...

      Delete
  10. Tanya lagi mas menurut pengalaman mas... mana lebih bagus suara bass untuk satu subwoofer 2 coil di paralel untuk jadi 2 ohm, dibandingkan dengan dua subwoofer 4 ohm diparalel untuk jadi 2 ohm. kalau diliat dari fisik kan kelebihannya ada yang pakai dua unit subwoofer dan ada yang hanya pakai satu subwoofer untuk jadi 2 ohm dengan mengesampingkan dari segi biaya & harga subwoofernya. tks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan orang pakai koneksi 2 ohm mas. Yaitu dengan memparalel kedua spulnya. Untuk hasil suara paling mantab. Ya itu versi saya mas he..he..

      Delete
  11. Kenapa tidak ada yg main di 1 ohm kang bahar ???? padahal 1 ohm sangat sempurna bunyinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaannya adakah speaker subwoofer dobel coil berimpedansi 1 ohm????

      1 Speaker subwoofer dobel coil, hanya bisa bermain di impedansi 2 ohm, 4 ohm, dan 8 ohm. Bisakah dikoneksi dalam 1 ohm???? Kalau bisa silahkan share disini mas he..he..

      Kalau pakai 2 speaker subwoofer dobel coil, baru bisa bermain di 1 ohm.

      Delete
  12. Ngikut nimbrung ya bos.. Mau tanya nih gimana mengetahui power subwofer brrapa ohmnya.. Biar gk salah gabungin sama subwoofernya saya punya spk dobel coil 4 ohm + 4 ohm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas. Tapi umumnya power standart impedansinya 8 ohm. Tapi kebanyakan orang speaker subwoofernya di sambung paralel kedua spulnya dapat 2 ohm, gak masalah. Tujuannya agar dapat suara lebih enteng.

      Delete
  13. Mas, mau tanya, rencana saya mau ngerakit subwoofer mobil memakai :

    - MDL-049 TPA3116D2 100W Subwoofer
    - Speaker Sub Legacy Double Coil 100Watt

    setingan speaker bagusnya di seri atau paralel ya?
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekilas sudah saya lihat power tersebut. Koneksi coil lebih baik diparalel saja mas kedua coilnya. Jadi main di impedansi 2 ohm. Agar suara lebih enteng.

      Delete

  14. Mas' Ampli saya 15000 Watt . Subwoofer sya pakai 1 . 1200 wt 4 ohm. Agar suara bass keluar, amannya di brp ohm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau watt powernya besar, mending main di 8 ohm mas. Dengan cara dihubung seri kedua spullnya.

      Delete
  15. Om kalau dvc 2ohm 1 subwofer di pararel gimana tu o. Jadinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 ohm diparalel akan jadi 1 ohm. Menurut saya impedansi aman untuk power minimal 2 ohm. Jika ada dua impedansi 2 ohm maka bisa dihubung seri saja jadi 4 ohm, menurut saya ini lebih aman. Atau kalau ada dua channel power, maka boleh pakai 2 ohm per channel.

      Delete
  16. Suhu mohon bantuannya bgi pemula.😂😂😂
    Ane mau instal PA 4ch skema front untuk speaker split 3way dan rear untuk 1 subwofer uk 12inc dvc 2ohm impedance rms/max.power = 300w/600w

    Spek Pa.
    Keluaran daya @ 4ohm = 4x60w
    2ohm = 4x90w
    1ohm = -
    Impedensi speaker = 2-8ohm

    Pertanyaannya
    Instalasi seperti apa yg tepat untuk subwoofer 12inc dvc 2ohm?
    di brigde/tidak kemudian untuk subwofer di pararel/seri ataukah 1sisi saja?

    Semoga di jawab🙁🙁🙁🙁🙁



    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat dulu itu 4 channel ada out khusus subwoofernya gak? Atau cuma 4 channel 2 front dan 2rear, gak ada out sub?

      Untuk spull speaker diparalel mas.

      Kalau tidak ada out subnya, maka bisa dipasang disalah satu sisi saja. Kalau ada out subnya, maka power bisa di bridge dulu, baru konek ke speaker.

      Delete
  17. Mo tanya mas, kalau pake btl 500watt 500 watt
    Teg 32 vac 5a besar, 1 subwoofer 300 watt main di 2 ohm, amankah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya sih, jangan di btl mas. Karena powernya sendiri sudah besar 500w. Sedangkan speakernya cuma 300w.

      Kalau dipaksakan, kemungkinan bisa jebol speakernya.

      Delete
  18. Mas bok untuk speaker midrange apakah harus sesuai perhitungan seperti bok speaker woofer, atau apakah untuk midrange tidak di kasih bok jg tidak masalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk speaker midrange perhitungannya gak serumit kayak woofer. Jadi pakai box biasa pun gak masalah. Karena speaker midrange gak butuh resonansi bass, maka perhitungan box bisa pakai box sembarang.

      Speaker midrange disini adalah speaker full range loh ya. Bukan speaker midrange kecil. Kalau speaker midrange kecil, gak dikasih box, gak masalah.

      Tapi kalau speaker full range, wajib pakai box mas.

      Delete
    2. Seperti Speaker midrange acr 5 inch atau speaker midrange 3 inch

      Untuk impedansi dan watt-nya apakah di perhitungkan?

      Dan untuk pemasangannya apakah harus pake elko seperti pada tweeter?


      Jika 2 way atau tanpa crossover apakah bisa menggunakan speaker midrange?
      Jika bisa bagaimana cara perakitannya? (speaker saya Woofer 8 ohm, midrange 4 ohm, tweeter 8 ohm)

      Maaf mas pertanyaannya banyak. Hehehehehe....

      Delete
    3. Speaker midrange 3" atau 5" gak butuh box khusus. Karena speaker tersebut hanya mengeluarkan suara middle saja.

      Gak perlu diperhitungkan, karena bukan speaker besar. Yang diperhitungkan cukup yang speaker besar saja.

      Untuk speaker middle harusnya pakai elco, seperti pada tweater. Cuma ukuran elconya berbeda. Untuk speaker middle pakai elco ukuran 10uf/50v. Pemasangan elconya sama seperti pada tweater.

      Bisa mas. Kan sudah ada filter elconya pada middle dan tweaternya. Koneksinya diparalel semua speakernya.

      Delete
    4. speaker saya Woofer 8 ohm, midrange 4 ohm, tweeter 8 ohm
      "karena speaker midrange di pasang elco berarti impedansi speaker woofer tetap pada 8 ohm dong mas

      Cara pasang elco yang ada kutub (-) min (+) plusnya pada midrange gmna mas?

      Delete
    5. Ya betul mas.

      Untuk elco filter speaker sebaiknya pakai jenis elco non polar (tanpa kutup). Kalau gak ada bisa pakai elco biasa dengan kutup. Posisi kutup negatif (-) elco konek ke pin (+) speaker. Kutup (+) elco konek ke out speaker (+) power.

      Kalau pakai elco non polar, pasangnya boleh bolak-balik.

      Delete
  19. Berarti 1 speaker subwoofer double coil, yg masing2 per coil 4 ohm supaya dapat 8 ohm, negatif dan positif coil pertama dan coil kedua di gabung. Trus positif dan negatif coil pertama dan kedua sebagai in dari power ya mas...
    Kalo saya lihat dari gambar terakhir kyknya begitu...

    Soalnya saya punya speaker subwoofer double coil, bingung cara nyambung speakernya mass...

    ReplyDelete
  20. Trims ilmunya mas...
    Sudah ngadem dahh tr final saya. Sebelum baca thread ini, saya ragu nyambung kedua coil tsb. Jd saya pakai 1 coil saja (4 ohm)
    Ehhh sbentar aja putar lagu, tr final keringatnya bercucuran 🤭😁😁

    Sebenarnya sdh prnh baca sekilas thread mas ini. Tapi lupa2 ingat. Trus cari2, ketemu lagi dahh...
    5 jam saya dengar musik ttp aja ngadem ini tr final hehehehe...
    Sekali lagi, terima kasih atas ilmunya mas Bahar...

    Sukses dan sehat selalu buat mas yg super baik berbagi ilmu...

    ReplyDelete
  21. Mas mau tanya, kl 1 subwoofer tp setiap coilnya di sambung ke amplifier stereo gmna ?? Mksdnya gni, jd coil yg satu di sambung ke out left ampli, yg satu di sambung ke out right ampli
    .
    Mohon penjelasannya mas, makasih 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan mas, bisa jebol speakernya he..he.. dobel coil itu fungsinya untuk menyesuaikan impedansi speaker, mau dibuat 2, 4, 8 ohm. Bukan dibuat untuk dobel power he..he..

      Delete
    2. Berarti kl misalkan mau left right harus 2 sub y mas ??

      Delete
    3. Ow ya mas sm satu lagi 😁
      Ini kan saya pake dms 7000, trs left sm rightnya uda saya sambung ke crossover 3 way, kl mau nambah subwoofer brrti ambil arus dr kabel out dms ke crossover kan ??

      Delete
    4. Ya betul. Atau main sistem 2.1 channel. Yaitu 2 speaker L R biasa dan 1 speaker subwoofer. Kayak model speaker komputer itu loh he..he..

      Ya betul, untuk out sub.

      Delete
    5. Ow iya mas, kl subwoofer di pasang mono di pasang left atau right ??

      Delete
  22. Mas bahar bisakah 4 speaker 8ohm di jadikan 4ohm.
    Satu lagi mas bisakah TIP 2956+pasangannya di TEF pake TIP31/32
    Atur nuhun maz...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Dengan koneksi seri-paralel mas.

      Bisa mas di tef, tapi harus ada perubahan di R emitornya.

      Delete
  23. alamualaikum..
    Mf bang sy mau tanya masih awam ini..
    Sy punya power amplifier Firsclass a4000, output 4-16 ohm rms 120w x 2, 4 chanel (L/R,L/R)
    spekr :
    3 bh merk TOA ZS1030 30w, ada switnya sy stel ke 8 ohm
    1 bok speker berisi :
    - Legacy LG 8962 8” 200w double coil
    - Legacy LG 6962 6” 100w double coil
    - Woofer LG 4” 50w, 4 ohm
    Saya mau tanya bang kalo boleh
    1. Sudah memadai kh amplifier sy kalo dipasang semua spekernya
    2. Bagaimana rangkaianx untk speker bok sy yg berisi 3 speker tersebut, termasuk rangkaian doble coilx bgmn krna sy ga tau.
    3. Bagaimana sebaiknya rangkaian seluruh speker tersebut..

    Mohn penjelasannya bang .. terima kasih kalo bs membantu..
    sekali lg sy msh awam bang..jd klo bisa plus gambar..heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Spek power 120w 4 channel.

      1. Sudah cukup memadai.
      2. Dikonek paralel semua. Sebelumnya Untuk speaker yang dobel coil diset di 8 ohm, caranya dihubung seri kedua spulnya. Agar jadi 8 ohm.

      3. Karena jumlah speakernya gak genap, maka cukup sulit untuk membagi impedansinya. Cara terbaik yaitu dengan main mono 2 channel. Yaitu:

      Channel L untuk 3 speaker toa. Koneksi speaker paralel semua.

      Channel R untuk 1 box isi 3 speaker. Koneksi ketiga speakernya paralel semua.

      Delete
  24. Ok bang Trimakasi banyak ilmux.. smg berkah .. trimakasi responx cepat

    ReplyDelete
  25. asslmkm..ka bahar,saya paker 2 subwoofer 6 inch doble coil,di saya rangkai agar tetap menjadi 4ohm gmn?
    makasi ya ka sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Jika kedua speaker itu dalam satu box, maka koneksi untuk menjadi 4 ohm adalah

      1. Masing-masing speaker dobel coil, koneksi kedua spulnya dibuat paralel. Sehingga menjadi 2 ohm. Jadi masing-masing speaker akan menjadi 2 ohm.

      2. Setelah kedua speaker dibuat menjadi 2 ohm, kemudian kedua speaker tersebut dihubung seri. Sehingga 2 ohm ditambah 2 ohm akan menjadi 4 ohm.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led