Thursday, September 21, 2017

CARA MENAMBAH AMPER IC REGULATOR 7815 DAN 7915

Next posting kali adalah bagaimana cara menambah daya amper pada ic regulator 7815 dan 7915. Beberapa waktu lalu ada komentar rekan kita di g+ menanyakan tentang hal ini. Kemudian saya jawab komentar itu dengan gambar coretan di kertas, adalah gambar koneksinya, bagaimana cara menambah daya amper tersebut. Karena banyak sekali rekan yang lain menanyakan tentang hal ini, akhirnya saya buatkan postingan tersendiri membahas masalah ini. Bagaimana caranya? Simak lebih lanjut.

IC regulator 7815 dan 7915 adalah jenis ic regulator penstabil dan penurun tegangan menjadi 15 volt. Ada banyak keluarga ic regulator 78xx dan 79xx. Kode xx adalah tanda angka untuk mengetahui tegangan output pada ic regulator tersebut. ic 78xx untuk tegangan positif (+) dan 79xx adalah untuk tegangan negatif (-). Contoh ic 7815 adalah ic regulator dengan output stabil +15 volt. Contoh lagi ic 7805 adalah ic regulator dengan  output +5 volt. Lalu untuk ic 7915 adalah ic regulator dengan output -15 volt.

Dengan kemampuan untuk menstabilkan dan menurunkan berbagai tegangan, tergantung kode dua angka pada ic regulator tersebut. Membuat ic ini banyak sekali dipakai untuk berbagai macam rangkaian elektronik yang membutuhkan tegangan stabil tertentu. Sehingga dapat dengan mudah mendapatkan tegangan yang diinginkan cukup dengan memakai ic regulator ini. Nah yang menjadi kendala adalah kemampuan daya amper ic regulator ini kecil, yaitu sekitar 1 Amper. Jika diaplikasikan untuk rangkaian dengan beban ringan, mungkin tidak akan menimbulkan masalah. Tapi jika sudah dengan beban diatas 1A, maka ic regulator ini sudah tidak mampu lagi mensupply tegangannya. Jika dipaksakan ic regulator akan cepat panas dan menyebabkan tegangan output menjadi drop. Bagaimana caranya agar ic regulator ini dapat digunakan untuk beban diatas 1A?

Caranya adalah dengan menambahkan transistor penguat tambahan pada output ic regulatornya. Tr penguat bisa menggunakan jenis NPN dan PNP. Untuk ic 7815 bisa pakai tr TIP3055 dan untuk ic 7915 bisa pakai tr TIP2955. Selain menggunakan tr penguat TIP3055 dan TIP2955, anda bisa juga menggunakan tr jengkol 2N3055 dan MJ2955. Untuk ic 7815 anda bisa pakai tr jengkol 2N3055 dan ic 7915 bisa pakai tr jengkol MJ2955. Setelah anda mengetahhui pasangannya, mari kita lihat gambar koneksinya. Berikut gambar koneksi ic regulator 7815 yang sudah ditambahkan tr penguat TIP3055.


Berikutnya adalah gambar koneksi ic 7815 dengan tr penguat jengkol 2N3055.


UPDATE!!!
Untuk gambar paralel tr penguatnya ada dibawah ini. untuk koneksi paralel tr jengkol sama saja, tinggal konek paralel kaki B C E nya. Jumlah tr paralel bisa lebih dari tiga. Semakin banyak tr penguat yang dipasang, maka semakin besar daya amper yang dikeluarkan.


Dibawah ini gambar paralel tr penguat jengkol.


Gambar diatas adalah untuk jenis rangkaian power supply tunggal, yang hanya menggunakan satu buah ic 7815 dan tr penguat TIP3055 atau 2N3055. Terus bagaimana caranya jika diaplikasikan untuk tegangan simetris 7815 dan 7915? Sebenarnya jika anda sudah paham gambar diatas, maka akan mudah untuk merakitnya. Sebelum melihat koneksi gambar jalur simetrisnya. Akan lebih baik jika anda memahami dulu fungsi kaki pin kedua ic regulator ini. Karena pada kedua ic regulator ada beda sedikit pada pin kakinya, yaitu pin kaki 1 dan kaki 2. Yang mana kaki pin 1 pada ic 7815 adalah input dan pin 2 adalah ground. Maka pin 1 untuk ic 7915 adalah Ground dan pin 2 atau kaki tengah adalah input. Karena sering kali kesalahan disebabkan karena posisi kakinya yang terbalik. Terutama pada ic 7915 ini rawan sekali terbalik koneksi pin 1 dan 2 nya. Jika kaki ic 7915 nya ini terbalik, maka tegangan outputnya tidak akan keluar. Jikalau pun bisa keluar, biasanya teganganya terukur kecil atau drop. Supaya lebih paham, tentang fungsi kaki pin 7815 dan 7915 silahkan lihat gambar dibawah ini.


Silahkan lihat letak perbedaan gambar diatas ini. Yaitu pin kaki ic 7815 dan 7915. Maka jangan sampai keliru lagi ya dalam hal pemasangannya. Setelah anda paham tentang fungsi kakinya, mari kita lihat koneksi regulator simetris 7815 dan 7915 yang sudah dilengkapi dengan tr penguat TIP3055 dan TIP2955. 


Nah sudah tahukan bagaimana cara menambah daya amper ic regulator 7815 dan 7915. Jika rangkaian ini sudah anda tambahkan tr penguat, maka daya amper output ic regulator 7815/7915 akan menjadi diatas 1A. Jika anda ingin menambahkan kekuatan dari tr penguatnya, agar tidak panas, maka tr penguat bisa diparalel lebih dari satu. Cara ini pernah saya terapkan pada supply pemancar FM daya 12watt, menggunakan trafo 10A dan ic regulator 7812 dan 4 buah tr penguat jengkol 2N3055 yang diparalel. Dengan hasil yang baik. Untuk jenis power supply simetris transistor anda bisa baca disini. Semoga bermanfaat.

109 comments:

  1. mas kl untuk mengurangi daya gmn mas apa sdh ada artikely...kalau seumpama tegangan simetrisy pengin diturunin dr 55 v ke 32 v..caranya gmn n skemay...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bisa mas. Tapi butuh komponen banyak dan heatsink yang cukup untuk tr penguatnya. Jika memang mau digunakan untuk supply power amplifier. Butuh biaya banyak untuk membuatnya, mending trafonya saja yang di ubah.

      Tapi jika anda ingin membuat rangkaiannya. Kalau ada waktu akan saya post artikelnya.

      Delete
    2. Sudah saya posting artikelnya disini mas. Menurunkan tegangan 55v ke 35 volt.
      http://www.baharelectronic.com/2017/09/cara-menambah-amper-power-supply.html?m=1

      Delete
  2. ya mgk travo y yg diganti,PA sy pake 10A tegangan CT y ada 20 25 35 45, kalau pakai 20ct diambil untuk arus ke TC n power bisa merusak trafo atau tidak mas...mas kalau sempat buat artikel seserhana tentang pemakaian avo meter kan banyak pengaturany mn buat cek tegangan hambatan n lainy n cara baca dilayary gmn kl analog/digital biar pembaca blogy bisa ngerti jg...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Selama pemasangannya benar, menurut saya gak masalah.

      2. Akan saya usahakan kalau ada waktu akan saya buatkan postingnya.

      Delete
  3. Rangkaian reverb 5 IC dah ada regulatornya dan rangkaian gigabass diinput power gak ada tulisannya cuma + G - saja. Diturunkan sama zener 12v terus diturunkan lagi dengan IC 7805. Kalau suplai dr trafo ct 22v, masalah gak mas bahar? Karena output dr sekundernya cuma 22v ct 22 v saja, bawaan alat mas. suwun

    ReplyDelete
  4. mas,kalo untuk output charger hp bisa gak mas,cuman tanpa ic regulaotor 78xx. out charger langsung solder ke transistor,out transistor langasung ke hp..soal nya out charger hp terbaca 5 volt,kalo di kasih beban cas hp isi nya lama banget, cara di atas menurut mas bahar bisa gak mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk charger hp beda mas. Karena rangkaian dalam charger menggunakan SMPS dan out dari charger itu langsung dari sekunder trafo tanpa melalui proses apapun misal stabilizer 7805. Jadi jika pakai rangkaian tr diatas gak bisa mas jika dipakai sebagai penguat out charger hp yang SMPS pada umumnya.

      Kecuali anda buat sendiri dari ic 7805, kemudian anda perkuat menggunakan tr diatas baru bisa mas. Tapi pakai trafo, bukan charger hp.

      Kesimpulan rangkaian diatas gak bisa diaplikasikan untuk penguat output charger hp.

      Delete
  5. hmmp...trus knapa ya mas charger tersebut mengisi nya bisa lama banget? padahal 5 volt,ada beban nya arus masih 5 volt,konektor kabel usb bagus,soket nya bagus kenceng gak goyang..

    aapa komponen di dlam ada yg rusak ya mass...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu memang murni dari chargernya mas. Silahkan ganti dengan charger lain.

      Kalau masih bisa ngecharge, berarti komponen normal, gak ada yang rusak.

      Sebenarnya ada cara untuk meng UP daya charger supaya lebih cepat penuh. Tapi tidak saya rekomendasikan, karena terlalu berbahaya, bisa merusak hp.

      Jadi solusi hanya satu yaitu ganti charger yang bagus.

      Delete
  6. Apakah cara ini bisa mengatasi dengung pada psu parametrik .." ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas. Rangkaian ini hanya bisa untuk menaikkan kemampuan daya amper pada outputnya. Kalau dengung bisa banyak faktor, bisa dengung karena pengkabelan dan bisa juga karena supply tegangannya.

      Untuk mengurangi dengung, bisa dicoba dengan cara mengganti elco supply tegangan dengan ukuran yang lebih besar. Misal pakai elco 6800uf/50v.

      Delete
  7. Mkasih mas sebelumnya apakah ada yang diganti lg mas selain elco, psu parametrik trafo cuman 1a mas sedangkan power sya trafo 20a mas ..klo bass digedein dengungnya makin kenceng mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu parametriknya jadi satu dengan power atau terpisah boxnya mas? Usahakan penempatan pcb parametrik tidak terlalu dekat dengan trafo, apalagi dekat dengan trafo 20A.

      Penyebab dengung bisa jadi karena terkena imbas induksi trafo. Yang paling besar adalah induksi trafo 20A. Maka jauhkan atau hindarkan pcb parametrik dari trafo 20A ini. Walaupun hanya sekedar menumpuknya, induksi trafo tetap akan tembus, walaupun terhalang box besi.

      Delete
    2. Parametrik nya terpisah sma power mas parametrik cx40 pkai trafo 1a

      Delete
    3. Wah mumet juga mas. Tapi kalau pakai power saja tanpa parametrik dengung apa gak? Selain parametrik, ada aksesoris lain gak?

      Delete
    4. Gak dengung mas kalo power saja .. Mas klo psu parametrik dc tidak imbang bermasalah gx mas .. Yang +15,20v yang - 14,98v apakah hrus pas di 15v mas

      Delete
    5. Gak masalah mas kalau beda sedikit. Sekarang coba konek satu channel saja ke power, yang L atau R saja ke power. Hasilnya dengung gak? Coba satu-satu channel L R nya.

      Delete
  8. mas kalau tegangan 20v dri travo 10amp untuk diturunin ke 12 volt komponeny apa saja mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan pakai rangkaian pada gambar no.3 atau 4. Cuma nanti ic 7815 ganti dengan ic 7812.

      Delete
  9. ok makasih mas.ini mau nanya galaxy mas knp waktu volume power dikecilin sampai mentok tapi masih keluar bunyi mas...pa volty kegedean padahal saya ambil dr travo sekundwr vct 20v trs sdh dikasih ic7812 tetap bunyi ini knp mas pa ada kompnen digalaxy yg rusak/gmn solysinya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin koneksi potensionya salah atau potensionya sendiri yang rusak. Coba ganti potensionya mas. Jika sudah, mungkin koneksi potensionya salah. Anda bisa baca caranya disini.
      http://www.baharelectronic.com/2016/08/cara-membuat-volume-power-amplifier.html?m=1

      Delete
  10. tapi saya coba pake galaxy yang satuy normal mas bunyiy tidak masuk.padahal potensioy sama...mgk ada solusiy lagi mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah iya mas, coba ganti potensionya mas.

      Delete
  11. menambah 1 transistor bisa menaikkan berapa amper mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sampai 10A mas. Cuma lihat dulu bebannya. Kalau bebannya terlalu berat, transistor bisa sangat panas. Maka dari itu jika anda berencana digunakan untuk beban berat, maka trnya perlu ditambah jadi 2 atau 4. Juga pakai pendingin atau heatsink yang memadai.

      Delete
    2. Itu max 10 ampere berarti klo nirmal dibawah 10 ampere kan??

      Delete
    3. Tergantung trafo yang dipakai mas. Kalau trafonya pakai 10A, maka output bisa sampai 10A. Tapi ya itu kalau pakai hanya 1 tr saja, maka akan panas. Maka diperlukan tambahan tr penguat lagi yang diparalel. Tujuannya agar tr final tidak panas. Dan heatsink yang cukup.

      Ya betul normalnya dibawah 10A. Paling gak lebih kuat dibanding pakai ic 7815 saja, tanpa tr penguat.

      Delete
  12. kalau tidak dikasih tr penguat nilaiy brp ampere?n 1 ampere itu menghasilkan brp watt, trs kalau ngambil dr travo 10 ampere setelah diturunin pke 7815 itu kan jd 15 v trs amperey apa ttp 10 ampere mas?kalau amperey kecil pengaruhy apa ke rangkaian yg lainy mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Detail sekali mas pertanyaannya he..he.. Kalau tidak pakai tr penguat, ic 7815 hanya mampu maks 1A.

      2. Tidak perlu dicari wattnya mas. Cukup pakai amper saja he..he..

      3. Ampernya akan jadi 1A setelah melewati ic 7815. Cuma voltase akan jadi 15volt.

      4. Amper kecil untuk perangkat berat, maka tegangan akan drop mas dan dapat menyebabkan kerusakan ic 7815. Jika ic 7815 rusak, dapat menyebabkan konslet pada tegangan supply utama. Dan jika terjadi loss voltage, akan menyebabkan kerusakan ic op amp 4558, karena over voltage.

      Delete
  13. bkany hanya untuk mensuply sperti Tone control,filter subwofer,galaxy atau yg lainy,kalau mnurut mas bahar perangkat yg berat itu sperti apa mas...trs kalau ditambah TR lagi amperey brp mas n apa volty ttp 15v? sy pernah ambil 20v dr travo stlah disearahkan jd 26v trs tak coba suply galaxy suaray g karuan trs sy terapkan seperti dblog mas bahar pakai ic 7812 ngedrop jd 12v n suaray normal g over galaxy y....emng blogy mantap mas n cepat ngasih solusi...kyky kl masalah power sdh hampir lengkap kalau tntng PA lebih byk lagi blogy mas ok...semgat trs...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perangkat berat seperti power amplifier. Ampernya akan tetap sama, cuma tr penguat lebih dingin. Tegangan akan tetap 15 volt mas.

      Terima kasih mas atas saran dan masukannya.

      Delete
  14. Nanya dong mas..

    Saya punya power class d tegangan input antara 8-32volt single bukan ct.. Rencananya mau pake trafo 5ampere ct,, kira saya pake yg berapa volt ya mas.. Apakah 18 volt atau 24 volt pake 7824 + tip3055.. Buat speaker 5.5 inch 60 watt 6 ohm

    Trims jawabannya mudah2an bisa bantu saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai tegangan 18 volt dari trafo mas. Gunakan elco 10000uf/50v dan dioda 6A.

      Coba koneksi langsung dulu, tanpa ic 7824 dan tip3055. Test hasilnya bagaimana? Jika suara sudah normal dan bersih, maka gak perlu tambahan ic 7824 dan tip3055.

      Tapi jika hasil suara ada sedikit dengung, karena tegangan kurang bersih, maka boleh ditambahkan ic 7824 dan tip3055.

      Delete
  15. Klo pake zener 12 v dan penguat tip 31 jadi brp amper kang?

    ReplyDelete
  16. bos bahar ulum.mohon invite whatsapp saya 089690697737

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas. Media komunikasi hanya bisa lewat koment blog dan g+ saja.

      Delete
  17. Malam mas bahar. Saya ada nge rakit power supply untuk menjalankan hardisk eksternal. Kebutuhannya diperlukan 5v 1A. Saya pakai ic7805 dan tip31 tapi kok voltase out jadi 4,3v ya? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan tegangan 4,3 volt tersebut apakah hardisk eksternalnya bisa berfungsi gak?

      Delete
    2. Ga berfungsi mas. Saya juga pakai elco 2200mikro 25volt di input, 100mikro 25volt di kontrol dan 1000mikro 25volt di output

      Delete
    3. Anda pakai trafo berapa amper mas? Dan pakai tegangan berapa volt dari trafo?

      Delete
    4. Pakai trafo non ct 3 ampere dan pakai tegangan yang 12v dari trafo mas

      Delete
    5. Voltase dari kapasitor mempengaruhi V out apa tidak ya mas?

      Delete
    6. Harusnya sih sudah kuat itu mas. Coba sih cek tegangan pada out ic 7805 langsung mas. Berapa tegangannya, apakah tidak sampai 5 volt? Jika tidak sampai 5 volt, bisa coba ganti ic 7805nya mas. Atau coba ganti dengan ic 7806. Biar nanti tegangan dapat 5 volt lebih sedikit he..he..

      Voltase kapasitor tidak mempengaruhi V out mas.

      Delete
    7. Iya mas ga sampai 5v besok saya coba pakai 7806

      Delete
    8. Ok siipp. Tunggu hasilnya ya he..he..

      Delete
    9. Mas bahar saya sudah coba pakai yang 7806 dan sudah berhasil cuman tip31 nya panas berlebihan. Gmn ya mas?

      Delete
    10. Coba tip31 ganti dengan tip3055. Kemudian tambah pendingin.

      Jika masih panas juga. Coba tambahkan tr penguatnya. Tr penguat bisa diparalel sampai 3-4 biji tr tip3055. Tujuannya untuk mengurangi panasnya.

      Delete
    11. Sudah berhasil mas ternyata kabel nya kekecilan...

      Delete
    12. Siipp mantap mas. Memang benar jika kabelnya kekecilan juga akan berpengaruh. Semoga menjadi pencerahan bagi rekan yang lain.

      Delete
  18. saya punya trafo 2A ct terdapat 0, 12v,24v...saya butuh trafo isolated 12v sebanyak 4....bisakah trafo saya dipecah menjadi 4 catudaya tunggal....dengan cara memutus jalur ct/0 dan 12v....trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Betul caranya seperti itu. Jadi nanti koneksi setelah diputus adalah

      (CT-12v) kiri
      (CT-12v) kanan
      (12v-24v) kiri
      (12v-24v) kanan

      Semuanya itu tegangannya 12 volt terpisah mas. Setelah diputus jalur ct/0 dan 12v(kanan-kiri). Sebelumnya cek dulu titik awal dan akhir gulungannya, setelah diputus jalurnya. Agar tidak salah konek gulungan.

      Delete
  19. Bisa menaikkan tegangan regulator switching ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menaikkan tegangan pakai rangkaian ini, gak bisa mas he..he..

      Delete
  20. Maaf gan,kalo pake tr lm317 untuk adjus,itu kan daya ampernya jg kecil,bisa gak menaikkan arusnya,sama2 punya kaki Vin sama Vout,mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide bagus sekali mas. Bisa mas. Caranya sama dengan gambar diatas. Tinggal konek Vout ke basis tr penguat jengkol.

      Delete
  21. Mas, kalo sy nambah 1x TIP3055 pada 7815 maka outputnya brapa Amphere mas? Trus kalo TIP3055 nya sy paralel 3x, brapa Amphere outputnya? Ada hitunganya kah? Trimks sebelumnya...

    ReplyDelete
  22. Mas, kalo sy nambah 1x TIP3055 pada 7815 maka outputnya brapa Amphere mas? Trus kalo TIP3055 nya sy paralel 3x, brapa Amphere outputnya? Ada hitunganya kah? Trimks sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 tr penguat 3055 bisa mampu sampai 2A mas. Kalau pakai 3x tr 3055 diparalel, maka bisa mampu sampai 6A. Tapi semua itu harus didukung dengan kemampuan trafonya.

      Hitungannya gak ada mas, cuma perkiraan saja.

      Delete
  23. SAlm kenal mas bahar..
    Mautanya. Kenpa tv tabung taampilaan nya jadi bergelombang. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tegangan listriknya tidak stabil atau drop. Atau elco tegangan tinggi 300vdc area primer regulator rusak.

      Delete
  24. harga sudah jadi piro mas, untuk merakit di tempat aku sulit bahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merakit yang mana mas? Butuh tegangan berapa volt? Simetris atau tunggal? Untuk supply rangkaian apa?

      Delete
  25. Om Bahar, sy mau tanya ni, sy kan modif vacum (penyedod debu) yg awalnya memakai batre mau sy ubah menggunakan power supply switching 12v 5a yg biasa di pake buat Cctv (sy belinya di toko Cctv), tp setelah sy cb motornya g mau muter, lalu sy cb pakai aki 12v 7a motor mau muter kenceng, analisa sy berarti amperenya kurang besar, seumpama sy terapkan rangkaian di atas kira2 bisa g Om Bahar? Mohon pencerahan detailnya, terima kasih, sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya Om klo boleh minta kontak personnya

      Delete
    2. Itu berarti smpsnya yang gak kuat mas. Gak bisa diperkuat pakai rangkaian diatas.

      Mending pakai trafo saja mas.

      Untuk komunikasi silahkan lewat koment blog dan g+ saja mas.

      Delete
    3. Klo pakai travo 5a trus Makai rangkaian diatas ampernya bisa naik 7a atau lebih ya Om Bahar???

      Delete
    4. Ya kalau trafonya pakai 5A, output maksimalnya juga tetap 5A mas he..he.. Mana bisa naik jadi 7A. Walaupun pakai rangkaian diatas.

      Kalau mau Ampernya 7A, maka pakai trafo 10A.

      Delete
    5. Oke oke Om sy baru faham, makasih share ilmunya ya, sukses selalu

      Delete
    6. Om Bahar mau tanya lg ni, umpama 3055 di campur dgn 2955 bisa g?

      Delete
    7. Gak bisa mas. Karena beda jenis. Kalau sudah pakai 3055, maka bisa ditambah dengan 3055. Begitu juga kalau sudah pakai 2955, maka bisa ditambah dengan 2955.

      Kalau 3055 untuk penguat tegangan positif. Kalau 2955 untuk penguat tegangan negatif.

      Delete
    8. Jadi tip 2955 utk penguat tegangan negatif, berarti rangkaiannya beda dgn yg diatas dong Om? Umpama beda trs skemanya gmn Om?

      Delete
    9. Betul mas. Ya beda. Memang buat apa out tegangan negatif??? Jarang mas. Kebanyakan out positif.

      Contoh skema sudah ada. Anda bisa lihat skema paling bawah. Sudah lengkap ada out negatif dan positifnya.

      Delete
  26. Mas klo ditambah 1 tr tip 3055 jadi nambah berapa ampere ya out ic 7812 nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung trafonya mas. Kalau pakai trafo 5A, maka output bisa sampai 5A. Penambahan tr penguat jika menggunakan 1 tr masih panas. Maka bisa ditambahkan tr penguat lagi, agar tidak panas.

      Dan juga disesuaikan dengan beban apa yang akan dipakai. Kan gak mungkin beban berat hanya pakai 1 tr penguat he..he..

      Jadi sebenarnya daya amper mengikuti amper trafo yang dipakai mas. Tapi ya itu, kalau bebannya berat, maka tr penguat minimal pakai 4 buah.

      Delete
  27. Tanya mas bahar.. kalo pake 3 Transistor trs pendinginya jadi satu itu konslet g mas transistornya.. mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usahakan pakai sekat mika mas pada setiap transistornya, agar tidak konslet. Karena bodi pada tr penguat itu adalah kutub positif, jika tersambung ke ground atau ic regulator, maka akan short atau konslet.

      Delete
  28. mas aku mau tanya, dalam artikel ini kan dijelasin kalo TIP3055. sebelum dan sesudah penggunaan transistor ini output daya nya berapa ya?

    contoh gini aja mas, saya ada PSU adaptor 3A 12V buat nguidupin kipas 12v sebanyak 8 pcs kayanya ampernya gakuat. soalnya bebannya ada untuk arduino, dll..

    apakah output dari PSU tersebut bisa saya naikkan arusnya pake transistor tersebut?

    makasih om. kalobisa email kontak yabiar di WA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu dijelaskan ya mas. Bahwa penguatan dengan tr tip3055 ini itu untuk menambah amper ic 7815. Karena daya amper ic 7815 itukan kecil cuma 1A, maka dikuatkanlah pakai tr tip3055 agar daya ampernya naik menjadi sekitar 2 sampai 4 amper, minimal sama dengan daya amper trafo.

      Tapi kalau diaplikasikan untuk PSU yang penggunaannya secara langsung tanpa melalui ic regulator lagi, maka itu sama halnya Anda dalam posisi Amper maksimal, karena langsung ambil dari psu.

      Jadi menurut saya akan percuma jika ditambahkan tr penguat, karena justru daya akan tambah turun. Kalau memang posisi PSU Anda saat ini gak kuat, maka ya memang daya PSU Anda segitu, gak bisa dinaikkan lagi he..he.. Walaupun pakai tr penguat. Karena Anda ambil tegangan itu langsung dari PSU tanpa ada proses step down atau semacamnya. Jadi loss langsung dari out sekunder trafo.

      Delete
    2. oh begitu gan ternyata. saya baru tau kalo IC regulator itu cuma dapet nyuplai 1 A. ato mungkin saya akalin begini aja ya PSU nya itu.

      Output PSU ane bagi jadi 2 :

      1. yang 1 untuk arduino sebesar 9V karena kalo diatas 9V regulator mikon bisa meledak. ane kan pake IC 7809 itu buat ngunci tegangan 9V dan arus yang keluar dari IC itu 1A.

      2. saya asumsikan penggunaan PSU udah 1A buat arduino. Jadinya kan masih ada 2A lagi. Nah output dari PSU itu langsung ane tembak ke kipas DC yang disusun secara paralel 12V, 0.15A dengan jumlah kipas 6 buah. Jadinya kan PSU nyuplai daya kipas 12V, 0,9A. Kondisinya output PSU tanpa tambahan regulator lagi.

      kira" dalam kondisi yang ane jelasin diatas ngangkat lah ya dan PSU ini masih bisa nyuplai beberapa kipas lagi kan? karena pemakaian dayanya masih ada yang sisa.

      total penggunaan daya arduino asumsi 1A ditambah kipas paralel 0.9A. bener ga gan itungan saya?

      Delete
    3. Siip benar sekali mas. Tapi harus Anda ketahui bahwa daya PSU itu tidak 100% 3A, jadi mungkin Amper maks PSU Anda adalah 70% dari 3A, maka PSU Anda hanya mampu mengangkat beban hanya 2,1A saja. Jangan dibuat mentok, PSU akan ngedrop.

      Jadi harus diperhitungkan juga kerugian-kerugian dari PSU tersebut. Jadi 3A PSU itu tidak murni mas. Mentok hanya 70% Amper aslinya. Yah itu menurut saya. Jadi kipasnya jangan banyak-banyak mas he..he..

      Delete
    4. waduh buset. iya juga sih pastinya ada rugi-rugi dayanya buat si adaptor itu. namanya juga elektronik ya om ya,, hahaha

      atau PSU 12V 3A nya itu saya khususin buat kipas aja kali ya. nanti pake charger HP buat suplai arduino dan komponen arduino lainnya...

      ini makasih banyak ya om udah ngasih penjelasan ngedetail :):):):)

      Delete
    5. 1. Ya betul mas.
      2. Ya betul. Pakai charger yang ampernya mencukupi.

      Tapi jika penggunaan kipasnya tidak banyak, mungkin penggunaan PSU 12v 3A masih mampu mas.

      Delete
    6. kipas ku banyak mas, hahaha...
      buat ruang maket aja ada 8 utk sistem otomatis dan sistem konvensional ada 6.

      belom lagi nanti di maket kontrollernya ada kipas 2 pcs. Mungkin kuat tapi tegangannya drop ya.

      ini mau diakalin pake PSU komputer aja, lumayan nganggur.. hahaha

      oia mas ini makasih banyak loh udah dikasih saran...

      tinggal bikin supply buat kawat nikelin aja pake trafo 10A yang bisa di adjust voltasenya.

      Delete
    7. Coba saja mas. Kalau ngedrop kan ketahuan he..he.. Memang buat apa mas, kok pakai kontrolel segala?

      PSU komputer mantep, amper besar he..he.. Dijamin jooss.

      Delete
    8. oke deh om, tinggal 1 lagi nih...

      kan output PSU komputer ane 12V ya dan kabelnya itu banyak. ceritanya mau ane modif salah satu keluaran 12V nya ane bikin 14V atau 15V...

      itu gimana ya om? dengan tidak menurunkan max output amperenya

      Delete
    9. iya pake kontroller itu jadinya ane sekarang kan lagi skripsi. lagi buat pengendali suhu dan kelembaban ruangan di ruang cell 20KV. jadinya di kontrol kipasnya pake motor shield. kan nanti penelitiannya ada buat ngitung efisiensi daya trafo PS gardu induk itu sendiri om

      Delete
    10. Bisa mas. Cuma setiap PSU komputer mempunyai sedikit perbedaan komponen dan tata letaknya. Sehingga modifikasi juga akan berbeda setiap PSU.

      Yang perlu dirubah adalah sensor tegangan kuncinya. Beberapa PSU komputer ada yang disediakan VR untuk adjust tegangan mas. Sebagian PSU yang lain langsung diset paten. Biasanya tegangan kunci ada di jalur tegangan 5V nya. Jadi jika diset tegangan 5 voltnya, maka tegangan 12 voltnya juga akan ikut naik.

      Untuk posisi letaknya gak bisa saya jelaskan disini mas. Karena perlu gambar untuk menjelaskannya. Pin control ada di ic TL494 pin 1. Silahkan Anda cari datasheetnya.

      Delete
    11. waduh hahahah, puyeng om baca rangkaiannya. masih agak awam soalnya kalo baca rangkaian yang udah jadi...

      minta tolong ini aja deh om, gimana caranya naikkin tegangan 12V jadi 13-14V dengan ampere yang sama dengan input nya. bisa minta tolong gambarin rangkaiannya ga?

      Delete

  29. KANG ARYOJune 6, 2018 at 10:17 PM
    siang mas bahar.saya punya modul mp5 yang butuh tegangan 5v.apakah bisa pake rangkaian ini dengan mengganti 7815'ny ke 7805.travo saya 5a ct.tanks

    ReplyDelete
  30. Mas Bahar saya merangkai trafo 3A ct digunakan untuk power ampli 150watt,
    Tone control 12v(dgn ic7812), modul mp3 +bluetoth 5v(dgn ic7805),
    1.ketika diaktifkan volume tone control
    0(nol) keluar suara dengung
    2.ketika volume tone control 20-30%,
    rangkaian mati (bahkan hanya dengan 1 speaker 6" 30watt)

    Mohon bagaimana cara mengatasinya?
    (Ic7805 saya seri dari ic7812)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas. Untuk mengatasinya, Anda perlu cek satu persatu.

      Silahkan coba Anda bongkar lagi dan rakit mulai dari awal secara bertahap. Mulai dari pemasangan supply simetris untuk power, pastikan tegangan sudah benar. Jika sudah benar, maka lanjut pemasangan power, disini jangan langsung dipasang TC, tapi nyalakan dulu powernya, normal gak?

      Jika power normal, lanjut pemasangan TC, test suara normal gak?

      Jika normal, lanjut pemasangan mp3, harusnya pada posisi ini, jika semuanya normal, maka mp3 akan bunyi normal.

      Jadi cek satu persatu dan rakit secara bertahap.

      Delete
    2. Terimakasih sudah dibalas, untuk saran nya joss

      Untuk ic7805 yg saya seri ke 7812 apa tidak masalah mas, ada kemungkinan amper kurang apa tidak?

      Untuk saran yg pertama joss sudah tak rakit ulang untuk amplinya saja sekalian ganti kabel yg agak besar, hasil cukup memuaskan.

      Tapi keluar dengung dan banyak berkurang ketika jack input dipegang (saya menggunakan jack input mini bahan besi) / suara dengung ini hilang ketika Ground/ct dipengang tangan.
      Sudah saya coba buatkan kabel ground ke lantai tapi masih dengung

      Delete
    3. Ya itu ic 7805 ambil tegangan sendiri, jangan di seri di ic 7812.

      Sudahkah dipasang volume power? Volume power sudahkah diground bodinya?

      Delete
    4. Alhamdulillah sudah teratasi semua mas.
      Kemaren dengung belum ada volume power, pas TC saya rangkai suara dengung hilang.

      Tes ampli+TC hasil mantab ngk ada dengung sama sekali suara mantab

      Hari ini saya pasang modul mp3 + bt keluar sedikit dengung, ini bagai mana cara mengatasimya mas?

      Delete
    5. Anda ambil supply tegangan mp3 nya dari mana? Sudah dipasang ic 7812 belum?

      Atau kalau perlu bisa coba mp3 playernya dipisah teganganya pakai trafo sendiri.

      Delete
  31. Terimakasih saran nya mas sudah dibalas,

    Untuk ic7805 yg saya seri ke 7812 apa tidak masalah mas, ada kemungkinan amper kurang apa tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah mungkin itu, harusnya ic 7805 jangan di seri ke ic 7812, tapi ambil ke supply (+) langsung, kayak ic 7812. Mungkin kurang amper. Soalnya mp3 player konsumsi dayanya agak besar, jadi lebih baik ic 7805 langsung ambil jalur supply, jangan lewat ic 7812.

      Delete
  32. Mas saya punya ampli dengan arus max 32 volt , rencana mau naikin ke 55 volt .caranya gimana y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja mas. Cuma lihat dulu tr finalnya pakai apa? Kalau pakai jengkol atau TIP, gak kuat mas. Harus pakai tr final Sanken atau Toshiba.

      Kemudian penggantian semua elco pada pcb power, khususnya elco jalur supply tegangan, ganti dengan elco bervoltase 100v.

      Resistor jalur supply juga diganti dengan R yang 1 watt atau 2 watt. Agar tidak panas.

      Delete
  33. mas kalo 2 smps aku pakai semua jalurnya jd (2ct 12-0-12__12-0-12) lalu aku naikan jadi 1ct 24-0-24 apakah bisa...?? nuwun mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas. Untuk smps tidak disarankan untuk dimodif macam-macam, karena komponen smps sangat sensitive dan rawan rusak.

      Jadi lebih baik pakai saja sesuai tegangan yang ada. Jangan dinaikkan.

      Delete
  34. Mas travo bekas UPS tegangan sekunder 19v 10 A bisa digunakan untuk charger accu ? Komponen apa yg perlu ditambahkan selain diode?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas, tegangannya kebesaran mas 19v.

      Untuk tegangan charger accu digunakan tegangan sebesar 13,8v sampai 14v DC. Maka tegangan 19v gak bisa digunakan untuk charger accu.

      Delete
  35. maaf mau nanya kang
    sy ada ps switching 12v 20amper
    mau sy turunkan tegangannya ke 7,4v 20A
    atau sy turunkan ke 7,4v 10A

    pakai apa ya kang? mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau amper gak bisa diturunkan, tapi kalau tegangan bisa. Caranya harus lewat rangkaian smps nya langsung. Biasanya ada VR penyetel tegangannya.

      Kalau gak ada, gak bisa. Mungkin bisa, tapi harus urut jalur pcbnya. Agak susah kalau belum paham jalurnya.

      Delete