Saturday, September 23, 2017

CARA MENAMBAH AMPER POWER SUPPLY SIMETRIS TRANSISTOR TIP31 DAN TIP32

Bersambung artikel yang kemarin tentang menambah daya amper power supply simetris pakai ic 7815 dan 7915. Kali ini adalah cara menambah daya amper power supply simetris transistor tip31 dan tip32. Caranya sama saja yaitu dengan cara menambah tr penguat tambahan pada outputnya. Anda bisa menggunakan jenis tr penguat TIP3055 dan TIP2955 atau jengkol 2N3055 dan MJ2955. Apa kelebihan dari power supply simetris transistor ini? Silahkan baca lebih lanjut ya. Yang belum baca cara menambah daya amper power supply simetris 78xx/79xx, silahkan baca disini.

Untuk menstabilkan dan menstep down tegangan adalah hal sangat diperlukan untuk mendapatkan tegangan supply yang benar-benar stabil dan sesuai dengan kebutuhan. Selain menggunakan ic regulator 78xx dan 79xx, kita bisa membuat rangkaian stabilizer dan step down tegangan menggunakan transistor. Untuk power supply simetris, maka jenis transistor yang digunakan adalah jenis NPN dan PNP. Jenis transistor ini yang banyak digunakan adalah seri TIP31 dan TIP32. Terus apa perbedaan power supply simetris ic 78xx/79xx dengan power supply simetris transistor? Sebenarnya tidak ada perbedaan antara kedua rangkaian ini. Kedua rangkaian ini cara kerjanya sama adalah menstabilkan dan step down tegangan. Cuma jika kita menggunakan ic regulator 78xx/79xx, maka tidak membutuhkan komponen tambahan. Berbeda jika kita pakai transistor, maka kita harus membutuhkan komponen tambahan berupa dioda zener dan resistor, agar transistor bisa bekerja untuk menstabilkan dan step down tegangan. Jadi kesimpulannya jika pakai transistor sedikit lebih ribet. Tapi power supply simetris transistor bisa menurunkan tegangan high voltage diatas 30V, tergantung voltase dioda zener yang kita pasang pada rangkaian.

fungsi dari dioda zener pada rangkaian power supply simetris transistor ini adalah sebagai step down tegangan sesuai dengan keinginan tegangan yang kita butuhkan. Jika anda membutuhkan tegangan simetris 15v, maka tinggal gunakan dioda zener 15 volt, maka outputnya otomatis akan keluar jadi 15 volt. Mudah bukan. Terus bagaimana jika ingin menurukan tegangan diatas 30 volt? Misal ada tegangan 55 volt dan kita ingin menurunkan menjadi 35 volt, maka cukup mengganti dioda zener menjadi 35 volt, maka tegangan outputnya akan menjadi 35 volt. Untuk pemasangan pada high voltage, usahakan pakai dioda zener 1 watt, agar lebih kuat dan gak gampang panas. Jika rencana mau dibuat supply tegangan power amplifier, maka gunakan transistor penguat lebih dari satu yang dihubung secara paralel. Minimal menggunakan 4 tr penguat. Untuk gambar koneksi akan saya sertakan dibawah. 

Apabila anda menggunakan transistor penguat, maka dibutuhkan heatsink atau pendingin yang cukup agar tr penguat tidak panas. Untuk jenis tr penguat, anda bisa menggunakan jenis tr TIP3055 dan TIP955 atau jenis jengkol 2N3055 dan MJ2955. Anda bisa memparalel tr penguat lebih dari satu. Tujuan memparalel tr penguat adalah untuk menambah daya amper output power supply simetris. Semakin banyak tr final yang dipasang, maka akan semakin besar daya amper yang dihasilkan. Berikut adalah gambar power supply simetris transistor tip31/32 yang sudah ditambahkan tr penguat. Dengan tegangan output 15 volt.


Sudah jelaskan, pemasangan tr penguat sama dengan rangkaian power supply simetris 78xx/79xx. Rangkaian diatas menggunakan dioda zener 15 volt, maka output yang dihasilkan rangkaian diatas adalah 15 volt. Jika anda menginginkan output tegangan yang lain, anda cukup mengganti dioda zener sesuai dengan tegangan yang anda inginkan. Berikut adalah gambar power supply simetris dengan tegangan output 35 volt. 


Untuk memparalel transistor penguat anda tinggal konek kaki B C E nya. Tr penguat bisa diparalel berapa pun jumlahnya. Semakin banyak tr penguat dipasang, maka akan semakin besar daya amper yang dikeluarkan. Tr penguat harus dikasih heatsink supaya tidak panas. Berikut adalah gambar cara paralel tr penguatnya. Tr penguat bisa lebih dari dua.


Untuk keperluan supply dengan beban berat, maka dibutuhkan heatsink yang cukup agar tr penguat tidak panas. Ini juga sebagai balasan komentar rekan kita di g+ yang menanyakan bagaimana menurunkan tegangan 55v menjadi 35 volt menggunakan rangkaian power supply simetris ini. 

UPDATE!!!
Ada yang bertanya lewat g+, bagaimana skema power supply single atau tunggal DC 30V menggunakan rangkaian ini? Menggunakan trafo 10A CT 32vac. Dijadikan output 30VDC. Berikut gambar skema power supply tunggal DC 30V.


Rangkaian diatas menggunakan 2 buah diode 6A sebagai penyearahnya dan elco 10000uf/50v. Pada bagian dioda zener, gunakan zener 30V dengan daya 1 watt kalau ada. Kalau gak ada bisa pakai zener biasa, asalkan yang bertegangan 30V. Untuk transistor penguat TIP3055, pada gambar cuma ada 2 tr paralel. Anda bisa menambahkan hingga 4 tr penguat diparalel, sehinga lebih kuat. Selain Transistor TIP3055 anda bisa menggunakan tipe jengkol 2N3055. Semoga bermanfaat.

13 comments:

  1. mas kalo pake tip 41/42 sebagai penguat nya bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, cuma kurang kuat. Tapi kalau untuk beban ringan gak masalah mas. Misal untuk supply mixer, dll, gak masalah mas.

      Delete
  2. Mas kira-kira butuh berapa set penguatnya untuk beban 4 ampere. Trims sebelumnya

    ReplyDelete
  3. Mas Bahar, maaf awal saya melihat rangkaian diatas saya senang sekali karena saya lagi membutuhkan rangkaian penurun tegangan dari 32vac ke 30vdc saya sudah mencoba dan merakit rangkaian simetrisnya dengan menggunakan tip 31, tip32, dan hanya satu set tip 3055 dan tip 2955 diatas,ternyata setelah dicoba elko 100 uf yang buat sisi negatif meletus, saya sudah cek lg jalur pcb yang saya buat, tapi sudah sesuai dengan yg mas Bahar buat, pertanyaanya apakah polaritasnya tidak terbalik itu mas,terima kasih atas jawabannya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas kebalik gambar saya mas he..he.. Untuk elco 100uf silahkan dibalik. Mohon maaf atas kesalahan pada gambar saya, nanti akan saya koreksi. Terima kasih atas koreksinya.

      Delete
    2. Elco 100uf jalur out negatif, silahkan dibalik polaritasnya mas.

      Delete
    3. Terima kasih mas atas balasan nya, alhamdulilah setelah polaritas dibalik baik baik saja tidak ada yang meletus lagi, hehe, hanya setelah dicek dengan avo digital bagian sisi positifnya 34.6 VDC dan sisi negatifnya 31.9 VDC, saya menggunakan zener 30V 1 Watt, apakah hasil tersebut masih dapat ditoleransi atau sudah melenceng jauh, faktor apa saja yg mempengaruhi hal tersebut mas apakah harus komponen berkualitas tinggi untuk mendapatkan hasil yg sama antara sisi positif dan negatif, terima kasih banyak atas jawabannya mas,,

      Delete
    4. Selisih segitu masih normal dan wajar. Mungkin pengaruh dari perbedaan karakteristik transistornya. Dan ini sulit untuk mendapatkan yang sama persis, pasti akan ada selisihnya.

      Delete
  4. Mas bahar seanadainya saya menggunakan trafo 5 Ampere dan tr 2955 & 3055 masing2 satu buah berapa Ampere otputnya.
    Dan apabila saya menggunakan tr 2955 & 3055 masing2 buah berapa Ampere outputnya.seblmnya trima kasih atas ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 set mungkin bisa sampai 2A dan kalau 2 set bisa sampai 4A.

      Delete
  5. Maksudnya klo menggunakan trafo 5A lalu mggunakn satu set berrti outputnya jadi 7A apkh sprti itu mas????
    trima kasih sblmny !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan seperti itu mas. Jika anda menggunakan trafo 5A, lalu menggunakan satu set, berarti outputnya akan jadi cuma 2A. Karena anda hanya pakai 1 set saja, maka outputnya hanya 2A saja.

      Jika anda pakai 2 set, maka outputnya akan jadi 4A.

      Lalu bagaimana jika kita pakai lebih dari 2 set, apakah Ampere akan jadi diatas 5A? Jawabnya tidak mas. Jika misal kita pakai 3 set, maka daya outputnya seharusnya adalah bisa sampai 6A. Karena trafo anda hanya pakai trafo 5A, maka daya outputnya hanya bisa keluar 5A. Meskipun anda pakai tr lebih dari 3 set, jika trafo tetap 5A, maka daya outputnya akan tetap 5A mas. Seperti itu maksudnya.

      Jadi Ampere trafo tidak akan bisa naik, walaupun kita menambah tr dalam jumlah banyak, maka Ampere akan tetap seperti Ampere trafo. Kecuali jika kita mengganti trafonya dengan yang lebih besar, baru bisa naik Ampernya. Jadi harus ada keseimbangan antara Ampere trafo dan kemampuan transistornya. Jangan lebih dari Ampere trafo, karena akan jadi mubadzir transistornya.

      Delete