Cara Menambah Amper Power Supply Simetris TIP31 dan TIP32

Bersambung artikel yang kemarin tentang menambah daya amper power supply simetris pakai ic 7815 dan 7915. Kali ini adalah cara menambah daya amper power supply simetris transistor tip31 dan tip32. Caranya sama saja yaitu dengan cara menambah tr penguat tambahan pada outputnya. Anda bisa menggunakan jenis tr penguat TIP3055 dan TIP2955 atau jengkol 2N3055 dan MJ2955. Apa kelebihan dari power supply simetris transistor ini? Silahkan baca lebih lanjut ya. Yang belum baca cara menambah daya amper power supply simetris 78xx/79xx, silahkan baca disini.

Untuk menstabilkan dan menstep down tegangan adalah hal sangat diperlukan untuk mendapatkan tegangan supply yang benar-benar stabil dan sesuai dengan kebutuhan. Selain menggunakan ic regulator 78xx dan 79xx, kita bisa membuat rangkaian stabilizer dan step down tegangan menggunakan transistor. Untuk power supply simetris, maka jenis transistor yang digunakan adalah jenis NPN dan PNP. Jenis transistor ini yang banyak digunakan adalah seri TIP31 dan TIP32. Terus apa perbedaan power supply simetris ic 78xx/79xx dengan power supply simetris transistor? Sebenarnya tidak ada perbedaan antara kedua rangkaian ini. Kedua rangkaian ini cara kerjanya sama adalah menstabilkan dan step down tegangan. Cuma jika kita menggunakan ic regulator 78xx/79xx, maka tidak membutuhkan komponen tambahan. Berbeda jika kita pakai transistor, maka kita harus membutuhkan komponen tambahan berupa dioda zener dan resistor, agar transistor bisa bekerja untuk menstabilkan dan step down tegangan. Jadi kesimpulannya jika pakai transistor sedikit lebih ribet. Tapi power supply simetris transistor bisa menurunkan tegangan high voltage diatas 30V, tergantung voltase dioda zener yang kita pasang pada rangkaian.

fungsi dari dioda zener pada rangkaian power supply simetris transistor ini adalah sebagai step down tegangan sesuai dengan keinginan tegangan yang kita butuhkan. Jika anda membutuhkan tegangan simetris 15v, maka tinggal gunakan dioda zener 15 volt, maka outputnya otomatis akan keluar jadi 15 volt. Mudah bukan. Terus bagaimana jika ingin menurukan tegangan diatas 30 volt? Misal ada tegangan 55 volt dan kita ingin menurunkan menjadi 35 volt, maka cukup mengganti dioda zener menjadi 35 volt, maka tegangan outputnya akan menjadi 35 volt. Untuk pemasangan pada high voltage, usahakan pakai dioda zener 1 watt, agar lebih kuat dan gak gampang panas. Jika rencana mau dibuat supply tegangan power amplifier, maka gunakan transistor penguat lebih dari satu yang dihubung secara paralel. Minimal menggunakan 4 tr penguat. Untuk gambar koneksi akan saya sertakan dibawah. 

Apabila anda menggunakan transistor penguat, maka dibutuhkan heatsink atau pendingin yang cukup agar tr penguat tidak panas. Untuk jenis tr penguat, anda bisa menggunakan jenis tr TIP3055 dan TIP955 atau jenis jengkol 2N3055 dan MJ2955. Anda bisa memparalel tr penguat lebih dari satu. Tujuan memparalel tr penguat adalah untuk menambah daya amper output power supply simetris. Semakin banyak tr final yang dipasang, maka akan semakin besar daya amper yang dihasilkan. Berikut adalah gambar power supply simetris transistor tip31/32 yang sudah ditambahkan tr penguat. Dengan tegangan output 15 volt.


UPDATE! 18-03-2019
Koreksi gambar diatas atas kekeliruan polaritas elco yang terbalik pada elco 100uf/50v. Berikut gambar yang sudah saya koreksi.


Sudah jelaskan, pemasangan tr penguat sama dengan rangkaian power supply simetris 78xx/79xx. Rangkaian diatas menggunakan dioda zener 15 volt, maka output yang dihasilkan rangkaian diatas adalah 15 volt. Jika anda menginginkan output tegangan yang lain, anda cukup mengganti dioda zener sesuai dengan tegangan yang anda inginkan. Berikut adalah gambar power supply simetris dengan tegangan output 35 volt. 


UPDATE! 18-03-2019
Koreksi kekeliruan polaritas elco yang terbalik pada elco 100uf/100v. Berikut gambar yang sudah saya koreksi.


Untuk memparalel transistor penguat anda tinggal konek kaki B C E nya. Tr penguat bisa diparalel berapa pun jumlahnya. Semakin banyak tr penguat dipasang, maka akan semakin besar daya amper yang dikeluarkan. Tr penguat harus dikasih heatsink supaya tidak panas. Berikut adalah gambar cara paralel tr penguatnya. Tr penguat bisa lebih dari dua.


UPDATE! 18-03-2019
Koreksi kekeliruan polaritas elco yang terbalik pada elco 100uf/100v. Berikut gambar yang sudah dikoreksi.


Untuk keperluan supply dengan beban berat, maka dibutuhkan heatsink yang cukup agar tr penguat tidak panas. Ini juga sebagai balasan komentar rekan kita di g+ yang menanyakan bagaimana menurunkan tegangan 55v menjadi 35 volt menggunakan rangkaian power supply simetris ini. 

UPDATE!!!
Ada yang bertanya lewat g+, bagaimana skema power supply single atau tunggal DC 30V menggunakan rangkaian ini? Menggunakan trafo 10A CT 32vac. Dijadikan output 30VDC. Berikut gambar skema power supply tunggal DC 30V.


Rangkaian diatas menggunakan 2 buah diode 6A sebagai penyearahnya dan elco 10000uf/50v. Pada bagian dioda zener, gunakan zener 30V dengan daya 1 watt kalau ada. Kalau gak ada bisa pakai zener biasa, asalkan yang bertegangan 30V. Untuk transistor penguat TIP3055, pada gambar cuma ada 2 tr paralel. Anda bisa menambahkan hingga 4 tr penguat diparalel, sehinga lebih kuat. Selain Transistor TIP3055 anda bisa menggunakan tipe jengkol 2N3055. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. mas kalo pake tip 41/42 sebagai penguat nya bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, cuma kurang kuat. Tapi kalau untuk beban ringan gak masalah mas. Misal untuk supply mixer, dll, gak masalah mas.

      Delete
  2. Mas kira-kira butuh berapa set penguatnya untuk beban 4 ampere. Trims sebelumnya

    ReplyDelete
  3. Mas Bahar, maaf awal saya melihat rangkaian diatas saya senang sekali karena saya lagi membutuhkan rangkaian penurun tegangan dari 32vac ke 30vdc saya sudah mencoba dan merakit rangkaian simetrisnya dengan menggunakan tip 31, tip32, dan hanya satu set tip 3055 dan tip 2955 diatas,ternyata setelah dicoba elko 100 uf yang buat sisi negatif meletus, saya sudah cek lg jalur pcb yang saya buat, tapi sudah sesuai dengan yg mas Bahar buat, pertanyaanya apakah polaritasnya tidak terbalik itu mas,terima kasih atas jawabannya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas kebalik gambar saya mas he..he.. Untuk elco 100uf silahkan dibalik. Mohon maaf atas kesalahan pada gambar saya, nanti akan saya koreksi. Terima kasih atas koreksinya.

      Delete
    2. Elco 100uf jalur out negatif, silahkan dibalik polaritasnya mas.

      Delete
    3. Terima kasih mas atas balasan nya, alhamdulilah setelah polaritas dibalik baik baik saja tidak ada yang meletus lagi, hehe, hanya setelah dicek dengan avo digital bagian sisi positifnya 34.6 VDC dan sisi negatifnya 31.9 VDC, saya menggunakan zener 30V 1 Watt, apakah hasil tersebut masih dapat ditoleransi atau sudah melenceng jauh, faktor apa saja yg mempengaruhi hal tersebut mas apakah harus komponen berkualitas tinggi untuk mendapatkan hasil yg sama antara sisi positif dan negatif, terima kasih banyak atas jawabannya mas,,

      Delete
    4. Selisih segitu masih normal dan wajar. Mungkin pengaruh dari perbedaan karakteristik transistornya. Dan ini sulit untuk mendapatkan yang sama persis, pasti akan ada selisihnya.

      Delete
  4. Mas bahar seanadainya saya menggunakan trafo 5 Ampere dan tr 2955 & 3055 masing2 satu buah berapa Ampere otputnya.
    Dan apabila saya menggunakan tr 2955 & 3055 masing2 buah berapa Ampere outputnya.seblmnya trima kasih atas ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 set mungkin bisa sampai 2A dan kalau 2 set bisa sampai 4A.

      Delete
  5. Maksudnya klo menggunakan trafo 5A lalu mggunakn satu set berrti outputnya jadi 7A apkh sprti itu mas????
    trima kasih sblmny !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan seperti itu mas. Jika anda menggunakan trafo 5A, lalu menggunakan satu set, berarti outputnya akan jadi cuma 2A. Karena anda hanya pakai 1 set saja, maka outputnya hanya 2A saja.

      Jika anda pakai 2 set, maka outputnya akan jadi 4A.

      Lalu bagaimana jika kita pakai lebih dari 2 set, apakah Ampere akan jadi diatas 5A? Jawabnya tidak mas. Jika misal kita pakai 3 set, maka daya outputnya seharusnya adalah bisa sampai 6A. Karena trafo anda hanya pakai trafo 5A, maka daya outputnya hanya bisa keluar 5A. Meskipun anda pakai tr lebih dari 3 set, jika trafo tetap 5A, maka daya outputnya akan tetap 5A mas. Seperti itu maksudnya.

      Jadi Ampere trafo tidak akan bisa naik, walaupun kita menambah tr dalam jumlah banyak, maka Ampere akan tetap seperti Ampere trafo. Kecuali jika kita mengganti trafonya dengan yang lebih besar, baru bisa naik Ampernya. Jadi harus ada keseimbangan antara Ampere trafo dan kemampuan transistornya. Jangan lebih dari Ampere trafo, karena akan jadi mubadzir transistornya.

      Delete
    2. La trus fungsinya apa mas kalo bukan naikin ampere..apa cuma pembatas arus..

      Delete
    3. Memang benar fungsi tr penguat adalah untuk menaikkan arus amper dari output tr tip 31.

      Tapi naiknya arus ini tidak akan berarti jika amper trafo kecil. Misal kita pakai trafo 1A, kemudian pakai tr penguat, jelas gak bisa naik ampernya sampai diatas 1A. Lah amper trafonya cuma 1A. Tapi sebenarnya bisa kuat sampai 5A, jika kita pasang trafo 5A.

      Jadi bukan berarti pakai tr penguat kemudian amper jadi naik, meskipun trafo tetap kecil, ya gak bisa mas he..he..

      Delete
    4. bahasa sederhana aja, biar ngerti..
      TRAFO 5A, klo TR1 = 2A max
      TRAF0 5A, klo TR2 = 4A max
      TRAFO 5A, klo TR3 = 6A max (bergubung TRAFO 5)
      jadi output Max 5A

      dan seterus nya

      Delete
    5. Sipp, betul sekali mas he..he..

      Delete
    6. Bagaimana jika tanpa menggunakan TR? Apakah arus output sama dgn ampere trafo?

      Delete
    7. Kalau tanpa transistor penguat, maka arus output akan terbatas sampai maksimal 1A. Jadi jika pakai trafo 1 amper keatas, maka output akan tetap 1A.

      Delete
  6. mau nanya Mas ,,saya punya power ampilifier mobil saya ingin pakai di rumah saja dan saya punya traf0 bekas 10A output 24v apa cara di atas bisa jika saya kasi zener 12v??makasih Mas sebelumnya

    ReplyDelete
  7. Om bahar ,tangklet nggeh ,
    Mnurut sampean bagusan trafo atau smps

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat penggunaan dulu buat apa mas?

      Adakalanya bagusan smps dan adakalanya bagusan trafo.

      Kalau untuk supply power amplifier beserta aksesorisnya, menurut saya bagus pakai trafo.

      Tapi dari kestabilan tegangan lebih bagus smps. Cuma gampang rusak.

      Delete
  8. mas bahar mau nanya dong.. klo tip 32 pada kaki bassis di input langsung tanpa R dari kaki emitor tip 31 dg suplay daya 8v 6a aman gak? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rangkai saja sesuai skema mas he..he..

      Resistor cuma ada satu di rangkaian diatas, adalah R 220 ohm. Dirubah boleh nilainya, tapi jangan dilepas.

      Delete
  9. mas, kalau mau keluaran 33V, resistor pake ukuran berapa?
    bila trapo kita pasang 40V ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resistor tetap mas. Untuk keluaran 33v, maka ganti diode zenernya pakai zener 33v mas.

      Delete
  10. Mas, itu untuk output 15 volt (+), 15 volt (-) dan (0),kalo untuk cas aki, yang di ambil 15 (+) sama 0 atau sama 15(-)?

    ReplyDelete
  11. Mas Bahar kegunaan output + 0 - itu untuk apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu namanya output tegangan simetris. Untuk supply tegangan simetris, baik tone control atau power dan perangkat lainnya yang membutuhkan tegangan simetris.

      Delete
  12. Mas Bahar, kalau rangkaian di atas di pakai untuk output tengangan yang adjustable bisa ga, seperti LM317. Biar g panas LM317 nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Caranya sama saja kok dengan diatas, tinggak konek output dari ic LM317, masuk basis tr penguat. Kemudian emitor tr penguat sebagai outputnya. Dijamin ic LM317 bisa adem he..he..

      Tr penguat tetap harus dikasih pendingin ya, meskipun kecil. Karena nanti panasnya pindah ke tr penguat. Tapi aman, karena tr penguat lebih kuat dari pada ic LM317 he..he..

      Delete
    2. permisi mas mau tanya, apakah nanti adjust tegangannya akan memngaruhi output ampernya ya mas, misal tegangan di adjus semakin kecil output arus juga akan semakin kecil. terima kasih

      Delete
    3. Output arus akan tetap besar sesuai dari amper trafo, meskipun tegangan di adjust kecil. Karena arus tr penguat mengambil langsung dari tegangan utama, adjust tegangannya dari LM317 tersebut. Jadi sumber triggernya dari LM317 tapi arusnya sudah dari arus tegangan utama

      Delete
  13. Siang mas bahar, Klo power supply untuk mixer rakitan 8 chnel kira2 harus buat PS Symetris kayak apa yang enak n tdk drop pada saat semua chanel dgunakan...sy punya travo donat 100va 18V CT ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mixer 8 channel, pakai power supply simetris ic 7815/7915 atau yang pakai tr sudah cukup mas.

      Kalau mau yang kuat dan stabil, bisa pakai rangkaian di posting ini mas. Sudah dilengkapi tr penguat.

      Delete
  14. maaf, mas apa skema diatas sudah diperbaiku(edit) atas kesalahan polaritas elko yg 100uf itu, dan skema diatas jg berlaku untuk steep up ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf belum saya perbaiki mas. Gak berlaku untuk step up.

      Delete
  15. mas, klo tip yg 3055 nya itu diganti 2sc5200 bisa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tip 3055 ganti sc5200
      tip 2955 ganti sa1943
      betul ga mas itu ?

      Delete
    2. mau tanya lagi mas, kalo tip 31/32 diganti sama tip122/127 bisa gak ?

      Delete
    3. Sepertinya gak bisa mas. Karena tr TIP122/127 itu jenis transistor Darlington, sedangkan TIP31/32 itu jenis tr biasa.

      Delete
  16. mas kalau dikasih dioda zener wat lebih besar apahkah bagus?
    trus apakah kalau seri dioda zener watt akan turun atau tetep mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih bagus mas, kemampuan zener lebih kuat, lebih adem zenernya.

      Kalau seri diode zener, maka voltase diode akan naik sesuai jumlah voltase kedua zener tersebut. Misal Anda menseri 2 zener 12v, maka akan jadi zener 24v. Untuk wattnya akan turun mas, karena diseri.

      Delete
    2. trimakasih mas penjelasan.y, skarang sudah paham..

      Delete
  17. Mas, saya mau nurunin teg 45v 15a ke 32v 5a, pake rangkaian yg zener, tip31, tip3055 ko gosong di resistor penyaring zener, r=1k 2watt, apa ada lg rangkaiannya? Terimakasih

    ReplyDelete
  18. Skma ini kl buat trapo 10amper bisa g mas

    ReplyDelete
  19. Pak bahar mohon bantuannya saya ada pesanan dari ta'mir masjid buat ampli yg suaranya keras dan lantang...komponen apa yg harus saya pakai...trmksh ni wa saya pak....082330609425

    ReplyDelete
    Replies
    1. Power ocl 150w
      Trafo 10A ct32v
      Elco 2x 10000uf 50v
      Kit mixer
      Master mixer
      Echo dtk

      Delete
  20. Mas saya perlu tengangan nya ngak diturunin gimana ya mas??tetap 55v dari travo pengen nya keluar sesusah tr 55v atau lebih
    Apa dioda zener nya ngak usah dipake mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul, zener dilepas. Maka tegangan akan sama dengan tegangan input. Misal tegangan input 55v, maka tegangan outnya juga akan 55v. Zener berfungsi untuk membatasi tegangan output, agar keluar sesuai dengan yang diperlukan.

      Delete
    2. Kalo tanpa zener, out ampere nya gmn mas bahar?

      Delete
    3. Kalau hanya pakai trasistor tip31 dan tip32 saja, maka dayanya cuma 1A saja. Tapi jika ditambah tr penguat, maka daya amper bisa sampai 5A keatas.

      Delete
  21. mas bahar saya punya power dg spek 10a murni elco 10rb/80v 8bj. tr final 5set sanken untuk angkut 1x15".
    ketika untk memutar musik 3-5jam trafo normal tp ketika digunakan untuk mic 1jam trafo cpt panas kadang sampai keluar bau sangit. matur swon maz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok aneh. Berarti kemungkinan pada saat digunakan untuk mic vokalnya sering teriak atau lantang suara vokalnya. Sehingga kinerja power terlalu keras. Kemungkinan kedua karena ada over nada high yang mencuit kadang tidak terdengar, ini sangat bahaya akibatnya. Bisa menyebabkan tr final jebol. Jika terjadi terus, maka sama saja dengan beban berat, sehingga trafo menjadi panas. Jadi cek setingan treble, apakah tidak terlalu over pada saat dipakai untuk mic.

      Delete
    2. pa mungkin kebanyakan tr final maz shngga beban trafo besar. ni saya cb lepas satu tr finalnya tp Voltnya saya naikan dr 40v mjd 45v dan dioda sisir yg tadiny 50A sya gnti dg 15A.matur swon maz...

      Delete
  22. Mas misal 2200uf ganti dengan 4700uf gpp,..atau masih d rubah lagi??

    ReplyDelete
  23. mas mau nanya nurunin tegangan 30vdc 15A
    ke 24vdc arus tetap 15A untk TR penguatnya SC5200 minimal harus d pararel berap biji mas
    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan mas. Coba pakai 4 biji dulu diparalel. Kemudian test beban, apakah tr penguat panas? Jika dirasa tr penguat hangat saat dibeban, maka tidak perlu ditambahi lagi tr penguatnya.

      Tapi jika pakai 4 biji tr penguat, pada saat dibeban panas, maka bisa ditambah lagi tr penguat sebanyak 1 biji atau 2 biji. Agar tr penguat bisa lebih dingin.

      Delete
  24. Mas klu R ukuran 220 ohm itu ko pnas yah

    ReplyDelete
  25. Salam sejah tera mas, mas numpang nanya, kl 2travo 5A di paralel , keluar amper berapa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika trafonya 5A murni, maka bisa jadi 10A. Jika trafo tidak murni, ya tidak sampai 10A. Paling tidak jadi trafo sekitar 6A sampai 7A. Intinya jika 2 trafo 5A diparalel, maka akan jadi trafo diatas 5A.

      Delete
  26. Assalamu'alaikum
    Mas bahar
    Kalo rangkaian diatas langsung pake tr penguat tip 2955 tanpa zener dan tip 31 apa bisa?
    Saya ada travo 5a tidak murnict 32 buat beban sp 12" 1 biji. Tapi tiap nada rendah drop, lampu indikator sampai berkedip redup.... Apa bisa dengn rangkaian diatas menstabilkan arusnya supaya tidak drop... Dengan tr tip2955 tanpa zener dan tip31?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Bisa saja, tapi kemampuannya tetap rendah. Tanpa zener, maka tegangan akan sama dengan tegangan input.
      2. Gak bisa, lampu trafo sampai redup, itu tanda trafonya drop gak kuat mas. Gak bisa dikuatkan pakai tip2955. Karena dasar trafonya sendiri sudah gak kuat.

      Delete
  27. pagi mas bahar
    saya ingin bertanya misalkan kita ingin 20 ampere
    tapi di pararel dari power supplay 1 dan 2 agar menjadi 20 ampare
    apakah bahaya untuk jangka panjang mas ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak mas, asal tegangan dan amper trafonya sama.

      Delete
  28. Mas, klw misalkan kita punya trafo 5 A, tapi kita tidak memasang Tr TIP31 &32 / 78xx, ( hanya dioda kiprok dan elco saja) apakah arus yang keluar cuma 1 Ampere atau 5 Ampere mengikuti trafo? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas. Jika rangkaian psu saja tanpa rangkaian stabilizer tr TIP31 & TIP32, maka arus amper yang keluar adalah sama dengan arus trafo. Misal trafo 5A, maka arus yang keluar juga sama 5A. Jadi betul arus mengikuti amper trafo mas.

      Delete
  29. Mas..
    Ada ga transistor yang kuat buat 10ampere..
    Biar ga kebanyakan memparalel..
    Cukup 2 atau 3 set aja paralelnya
    Recomendasiin donk transistornya mas..
    Teruma kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai transistor sanken atau toshiba, yang biasa dipakai untuk tr final power amplifier

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led