Skip to main content

TV LG 21" Gambar Menyempit Atas Bawah dan Standby

Kali ini dapat kerjaan tv lg 21" dengan problem gambar menyempit atas bawah dan kadang standby. Untuk tipenya saya tidak tahu, karena gak ada tulisannya tipe apa dan no tipenya hilang. Tapi beberapa komponen sempat saya catat, mungkin ditemukan kesamaan komponen dan kerusakan, maka anda bisa memperbaikinya. Problem ini kelihatan mudah, tapi dalam pengecekannya nanti tidak semudah yang saya bayangkan. Akhirnya kerjaan tv ini menjadi molor dan tidak kunjung selesai. Bagaimana ceritanya, simak lebih lanjut.

Jika berbicara kerusakan tv dengan problem gambar menyempit atas bawah, maka kita akan langsung tertuju pada kerusakan bagian vertikal. Entah itu ic vertikal rusak, elco, diode, resistor rusak dan tegangan supply ic vertikal yang bermasalah. Pengecekan semua komponen area vertikal itu kita lakukan untuk memperbaiki kerusakan gambar vertikal yaitu menyempitnya gambar bagian atas atau bawah, dan bahkan bisa jadi menyempit atas dan bawah seperti pada kasus saya kali ini. Mari kita lihat bagian area vertikal pada gambar dibawah ini. 


Pengecekan dimulai pada bagian supply ic vertikal. Mulai dari pengecekan tegangan ic vertikal tidak ditemukan kejanggalan, tegangan ic vertikal normal. Tapi tetap saya lakukan penggantian elco supply ic vertikal yaitu elco 470uf/35v. Dan hasilnya tetap, gak ada perubahan. Lanjut pada penggantian elco area vertikal lainnya. Ditemukan elco 100uf/50v, dalam pengecekan normal, tapi tetap saya lakukan penggantian, dan hasilnya masih tetap. Pengecekan dioda dan beberapa kapasitor dan resistor area vertikal tidak menemukan kerusakan. Ini satu problem yang aneh, yaitu rusak mirip kerusakan vertikal, tapi tidak ditemukan satu kerusakan pun di area vertikal ini. Sempat mau saya lakukan penggantian ic vertikal, tapi tidak jadi. Lanjut pengecekan area regulator. Dibawah ini gambar area regulator dan komponen yang sudah saya lakukan penggantian.


Gambar diatas adalah area regulator. Dimulai pengecekan semua tegangan output regulator, tidak ditemukan kejanggalan, semua tegangan normal tidak ada yang drop. Tegangan B+ juga normal. Selain kerusakan gambar menyempit atas bawah, tv ini juga kadang standby sendiri selang beberapa menit. Saya curiga ada yang gak beres di area regulator. Akhirnya tetap saya lakukan penggantian dua elco pada area primer regulator. Kedua elco tersebut kadang juga sering rusak. Setelah penggantian kedua elco tersebut hasilnya tetap sama. Apanya lagi nih yang rusak? Bagian vertikal dan regulator sudah di cek dan tidak ditemukan kerusakan. Tapi problem masih muncul. Gambar menyempit atas bawah dan kadang standby sendiri.

Sudah mulai pusing untuk mencari titik kerusakan. Perburuan dilanjutkan esok hari. Semua area penting sudah di babat habis, tidak ditemukan kerusakan. Lanjut pengecekan area ic program. Berikut penampakan area ic program. Dan disinilah titik kerusakan ditemukan.


Dimulai dengan pengecekan semua tegangan pada pin kaki ic program. Ditemukan kejanggalan pada pin 46, tegangan terukur pada pin ini harusnya 5 volt, tapi pada pengecekan terukur hanya 3,5 volt. Curiga apa ic programnya yang rusak? Tunggu dulu, cek dulu darimana sumber tegangan 5 volt pada pin 46 ini berasal. Setelah ditelusuri ketemu elco C510 elco 100uf/10v ganti saja, dan hasilnya masih tetap. Lanjut telusuri jalur tegangan 5 volt ini, ketemu bersumber dari ic505 yaitu ic regulator 7805. Di titik out ic regulator 7805 ini terukur 3,5 volt, apakah ic ini yang rusak? Cek tegangan pada kaki input ic 7805 terukur 10 volt. Terukur normal, harusnya tegangan outputnya juga normal. Tapi pengecekan hasilnya drop. Coba ganti ic 7805, dan hasilnya tegangan 5 volt sudah muncul dan tidak drop. Cek gambar sudah normal. Berikut komponen ic 7805 yang rusak atau drop. Sekilas tidak akan tampak kerusakannya.


Setelah penggantian ic 7805 tersebut gambar tv sudah normal dan sudah tidak standby lagi. Kerusakan yang jarang sekali menurut saya, gambar menyempit seperti kerusakan vertikal, tapi kerusakan justru pada tegangan supply 5 volt ic program pada pin 46. Berikut adalah catatan komponen penting dalam tv ini.

Flyback tipe 6174V-6002G dengan jalur pin COL_180V_B+115V_GND_NC_24V_GND_ABL_HEATER_AFC.

IC Vertikal = LA7833
IC Program = TB1238BN
IC Regulator = STR F6707

Jadi pengecekan pada semua tegangan pada ic program diperlukan, seperti kerusakan pada kasus saya ini. Problem vertikal, malah ditemukan kerusakannya pada supply tegangan ic programnya he..he.. Jadi jangan menyerah. Semoga bermanfaat. 

Comments

  1. Kasus mirip, LG Black Pearl. Ic vertical LA8141, betul tidak ic regulatornya KIA 78 (kaki 4) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kan ic regulator untuk starting ic program. KIA78 berapa mas? Biasanya kan KIA78R09 atau KIA78R08.

      Memang kenapa dengan ic regulatornya mas?

      Delete
    2. Maaf om, salah lihat, ic regulatornya 7805 juga ini, sdh diganti, standby teratasi, masih tetap sempit atas bawah. Area vertical sisa dioda belum diganti nih.

      Ic starting ic nya KIA78R09, blm saya sentuh

      Delete
    3. Ya kalau sudah start sih tinggal perbaiki lebar vertikalnya saja mas.

      Coba ganti saja semua elco area vertikal, termasuk elco supply tegangan vertikal. Kalau sempit vertikalnya tidak banyak, bisa di setting di V.Size di factory mode.

      Delete
    4. Byk kurangnya nih atas bawah, 5 menit standby. Elco blok vertikal sdh habis diganti, tidak ada perubahan.

      Delete
    5. Eh, elco supply vertical yg dimaksud yg mana ya ?

      Delete
    6. Elco jalur tegangan ic vertikal mas. Selain itu, cek juga semua elco power supply bagian sekundernya.

      Delete
  2. Maaf sma tuh pnyakit nya dah pda di gti srmu yrtep lyar srmpit atas bwah ke mna ms

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas.

      Coba setting vertikal sizenya mas. Kalau gak ketemu bisa modifikasi rangkaian vertikalnya, ubah komponen bagian vertikal sizenya. Sudah pernah saya posting untuk caranya mas.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.