TV LG 21" Gambar Menyempit Atas Bawah dan Standby

Kali ini dapat kerjaan tv lg 21" dengan problem gambar menyempit atas bawah dan kadang standby. Untuk tipenya saya tidak tahu, karena gak ada tulisannya tipe apa dan no tipenya hilang. Tapi beberapa komponen sempat saya catat, mungkin ditemukan kesamaan komponen dan kerusakan, maka anda bisa memperbaikinya. Problem ini kelihatan mudah, tapi dalam pengecekannya nanti tidak semudah yang saya bayangkan. Akhirnya kerjaan tv ini menjadi molor dan tidak kunjung selesai. Bagaimana ceritanya, simak lebih lanjut.

Jika berbicara kerusakan tv dengan problem gambar menyempit atas bawah, maka kita akan langsung tertuju pada kerusakan bagian vertikal. Entah itu ic vertikal rusak, elco, diode, resistor rusak dan tegangan supply ic vertikal yang bermasalah. Pengecekan semua komponen area vertikal itu kita lakukan untuk memperbaiki kerusakan gambar vertikal yaitu menyempitnya gambar bagian atas atau bawah, dan bahkan bisa jadi menyempit atas dan bawah seperti pada kasus saya kali ini. Mari kita lihat bagian area vertikal pada gambar dibawah ini. 


Pengecekan dimulai pada bagian supply ic vertikal. Mulai dari pengecekan tegangan ic vertikal tidak ditemukan kejanggalan, tegangan ic vertikal normal. Tapi tetap saya lakukan penggantian elco supply ic vertikal yaitu elco 470uf/35v. Dan hasilnya tetap, gak ada perubahan. Lanjut pada penggantian elco area vertikal lainnya. Ditemukan elco 100uf/50v, dalam pengecekan normal, tapi tetap saya lakukan penggantian, dan hasilnya masih tetap. Pengecekan dioda dan beberapa kapasitor dan resistor area vertikal tidak menemukan kerusakan. Ini satu problem yang aneh, yaitu rusak mirip kerusakan vertikal, tapi tidak ditemukan satu kerusakan pun di area vertikal ini. Sempat mau saya lakukan penggantian ic vertikal, tapi tidak jadi. Lanjut pengecekan area regulator. Dibawah ini gambar area regulator dan komponen yang sudah saya lakukan penggantian.


Gambar diatas adalah area regulator. Dimulai pengecekan semua tegangan output regulator, tidak ditemukan kejanggalan, semua tegangan normal tidak ada yang drop. Tegangan B+ juga normal. Selain kerusakan gambar menyempit atas bawah, tv ini juga kadang standby sendiri selang beberapa menit. Saya curiga ada yang gak beres di area regulator. Akhirnya tetap saya lakukan penggantian dua elco pada area primer regulator. Kedua elco tersebut kadang juga sering rusak. Setelah penggantian kedua elco tersebut hasilnya tetap sama. Apanya lagi nih yang rusak? Bagian vertikal dan regulator sudah di cek dan tidak ditemukan kerusakan. Tapi problem masih muncul. Gambar menyempit atas bawah dan kadang standby sendiri.

Sudah mulai pusing untuk mencari titik kerusakan. Perburuan dilanjutkan esok hari. Semua area penting sudah di babat habis, tidak ditemukan kerusakan. Lanjut pengecekan area ic program. Berikut penampakan area ic program. Dan disinilah titik kerusakan ditemukan.


Dimulai dengan pengecekan semua tegangan pada pin kaki ic program. Ditemukan kejanggalan pada pin 46, tegangan terukur pada pin ini harusnya 5 volt, tapi pada pengecekan terukur hanya 3,5 volt. Curiga apa ic programnya yang rusak? Tunggu dulu, cek dulu darimana sumber tegangan 5 volt pada pin 46 ini berasal. Setelah ditelusuri ketemu elco C510 elco 100uf/10v ganti saja, dan hasilnya masih tetap. Lanjut telusuri jalur tegangan 5 volt ini, ketemu bersumber dari ic505 yaitu ic regulator 7805. Di titik out ic regulator 7805 ini terukur 3,5 volt, apakah ic ini yang rusak? Cek tegangan pada kaki input ic 7805 terukur 10 volt. Terukur normal, harusnya tegangan outputnya juga normal. Tapi pengecekan hasilnya drop. Coba ganti ic 7805, dan hasilnya tegangan 5 volt sudah muncul dan tidak drop. Cek gambar sudah normal. Berikut komponen ic 7805 yang rusak atau drop. Sekilas tidak akan tampak kerusakannya.


Setelah penggantian ic 7805 tersebut gambar tv sudah normal dan sudah tidak standby lagi. Kerusakan yang jarang sekali menurut saya, gambar menyempit seperti kerusakan vertikal, tapi kerusakan justru pada tegangan supply 5 volt ic program pada pin 46. Berikut adalah catatan komponen penting dalam tv ini.

Flyback tipe 6174V-6002G dengan jalur pin COL_180V_B+115V_GND_NC_24V_GND_ABL_HEATER_AFC.

IC Vertikal = LA7833
IC Program = TB1238BN
IC Regulator = STR F6707

Jadi pengecekan pada semua tegangan pada ic program diperlukan, seperti kerusakan pada kasus saya ini. Problem vertikal, malah ditemukan kerusakannya pada supply tegangan ic programnya he..he.. Jadi jangan menyerah. Semoga bermanfaat. 

Comments

  1. Kasus mirip, LG Black Pearl. Ic vertical LA8141, betul tidak ic regulatornya KIA 78 (kaki 4) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kan ic regulator untuk starting ic program. KIA78 berapa mas? Biasanya kan KIA78R09 atau KIA78R08.

      Memang kenapa dengan ic regulatornya mas?

      Delete
    2. Maaf om, salah lihat, ic regulatornya 7805 juga ini, sdh diganti, standby teratasi, masih tetap sempit atas bawah. Area vertical sisa dioda belum diganti nih.

      Ic starting ic nya KIA78R09, blm saya sentuh

      Delete
    3. Ya kalau sudah start sih tinggal perbaiki lebar vertikalnya saja mas.

      Coba ganti saja semua elco area vertikal, termasuk elco supply tegangan vertikal. Kalau sempit vertikalnya tidak banyak, bisa di setting di V.Size di factory mode.

      Delete
    4. Byk kurangnya nih atas bawah, 5 menit standby. Elco blok vertikal sdh habis diganti, tidak ada perubahan.

      Delete
    5. Eh, elco supply vertical yg dimaksud yg mana ya ?

      Delete
    6. Elco jalur tegangan ic vertikal mas. Selain itu, cek juga semua elco power supply bagian sekundernya.

      Delete
  2. Maaf sma tuh pnyakit nya dah pda di gti srmu yrtep lyar srmpit atas bwah ke mna ms

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas.

      Coba setting vertikal sizenya mas. Kalau gak ketemu bisa modifikasi rangkaian vertikalnya, ubah komponen bagian vertikal sizenya. Sudah pernah saya posting untuk caranya mas.

      Delete
  3. mas bahar, tv lg ultraslim gmbr atas bawh menyempit perlahan ampe 10cm, ic vertikl dan komponennya udh gnti, ic program juga gnti baru, bahkan ic memory saya flash tp gak ada perubahan, pdhal tegangn trukur normal, gmn solusinya ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada elco area vertikal kering mas. Cek lagi. Diode area vertikal.

      Delete
  4. Slmt pagi mas bahar, mau nanya nih mas tv lg ultra slim saya mengalami masalah pd papan pcb di IC vertical nya korosi mas/nglepuas bagian tembaganya... Nah bagai mana supaya saya bisa menyambung/jumper jalur kaki2 pin IC tersebut mas mohon solusinya, terima kasih mas bahar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa disambung pakai kabel kecil. Yang penting arah jalurnya masih kelihatan, maka bisa masih bisa disambung kembali.

      Kabel kecil bisa menggunakan kabel kecil yang serabut atau tunggal. Atau bisa menggunakan kabel khusus jumper. Tapi pakai kabel kecil saja, cukup.

      Delete
    2. Nah disini saya kurang mengerti arah2 nya mas bahar, saya sebenernya tidak tau betul tentang mesin tv soalnya mau service dsni jarak tempuh hampir 2.5 jam dari kota... Untuk tv LG ic tipe LA78141 dan model no 21SL3RD mas bahar, barang kali mas bahar bisa kasih masukan pin 1-7 harus saya jumper dmna aja... Terima kasih sekali lg mas bahar

      Delete
    3. Ya ini yang agak susah jelasinnya he..he.. tapi biasanya kalau jalur pcb nglupas, masih ada bekasnya mas. Apa gak bisa ditelusuri bekas jalur pcbnya yang nglupas mas?

      Atau begini mas, silahkan coba cari skema dari tv Anda tersebut di google. Kemudian cari area atau bagian vertikalnya dan telusuri jalurnya.

      Saya berharap sih bekas jalur pcbnya masih kelihatan, jadi masih bisa ditelusuri jalurnya dan disambung lagi. Tapi kalau jalur gak kelihatan sama sekali, ya susah he..he.. harus lihat skemanya dulu untuk menelusuri jalur pcbnya.

      Delete
    4. Ok mas ini masih cari2 skema di google tpi blum ada yg ketemu mas, jalur nya sih sebagian masih klihatan mas tpi yg udh nglupas takut mau nyambung nya nanti takut salah sambung jadi fatal mas... Terima kasih atas bantuannya mas

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led