Sunday, May 13, 2018

Cara Menyambung Power Supply SMPS

Artikel ringan bagaimana cara menyambung power supply smps. Mungkin masih ada yang belum tahu dan paham mengenai cara menyambung atau koneksi power supply smps ini, mudah-Mudahan posting kali ini dapat membantu anda menyambung sendiri power supply smps dan mengetahui input dan output tegangan pada power supply smps. Sehingga Anda tidak keliru menyambungnya. Bagi yang sudah tahu dan paham, lewat ya he..he.. Bagi yang belum tahu, simak lebih lanjut.

Kehadiran jenis power supply smps ini merupakan salah satu solusi bagi Anda yang ingin membuat supply power amplifier atau kebutuhan lainnya dengan harga yang lebih murah daripada trafo konvesional. Semakin hari power supply smsp semakin menggeser keberadaan trafo, sehingga lambat laun orang sudah banyak yang menggunakan teknologi power supply smps ini atau yang lebih dikenal dengan switching power supply. Dari bentuknya yang ringan dan handal dalam hal kestabilan tegangannya, menjadikan power supply smps ini patut diperhitungkan sebagai pengganti trafo. Mungkin di masa depan semua perangkat elektronik akan menggunakan teknologi ini, karena efisiennya dan kestabilan teganganya. Di era sekarang sudah terlihat contohnya penggunaan charger HP semua sudah menggunakan switching power supply, sudah tidak ada lagi terlihat charger yang menggunakan trafo, seperti pada masa dulu.

Begitu juga penggunaan power supply smps untuk power amplifier, sekarang sudah banyak beredar kit power supply smps yang siap pakai dengan harga yang relatif lebih murah dibanding trafo, dengan kemampuan Amper yang lebih besar pula. Sehingga orang sudah banyak yang berpindah menggunakan smps ini. Banyak sekali pertanyaan yang masuk lewat koment blog dan g+ yang bertanya mengenai cara menyambung power supply smps ini. Akhirnya saya buatkan posting ini agar mudah dipahami untuk rekan-rekan yang lainnya yang masih belum tahu cara penyambungannya. Ada banyak macam jenis output tegangan pada power supply smps. Tapi di posting ini akan saya bahas dua saja, jenis output tegangannya, yaitu smps single output dan smps output CT.

Smps single output adalah power supply smps yang tegangan outputnya cuma satu tegangan. Contoh smps single output DC 24V, maka hanya akan terdapat satu tegangan saja yaitu 0 +24V saja. Tidak ada tegangan yang lain. Berikut contoh gambarnya.


Anda bisa lihat gambar diatas tegangan outputnya cuma satu yaitu -V dan +V. Ada juga yang tulisannya adalah COM dan +V. Sebenarnya sama saja, cuma beda tulisannya saja. Untuk koneksinya, silahkan lihat gambar dibawah ini.



Untuk jalur L N konek ke tegangan AC 220V PLN. Kemudian ada -V dan +V adalah out tegangannya. Dilengkapi pula dengan VR adjust voltage untuk mengatur besar kecilnya tegangan outputnya.

Yang kedua adalah smps output CT adalah power supply smps yang tegangan outputnya sudah CT simetris (- ct +). Jadi cocok untuk supply tegangan power amplifier. Berikut contoh gambar power supply smps CT 36V 5A.


Dapat dilihat output tegangannya ada +36V, COM, dan -36V. COM sama dengan CT. Untuk koneksinya, silahkan lihat gambar dibawah ini.


Saya ambil contoh untuk koneksi pada power amplifier, karena tegangannya memang sudah CT. Dilengkapi juga dengan VR adjust voltage untuk mengatur besar kecilnya tegangan yang keluar. Nah jika Anda berencana menggunakan power supply smps untuk power amplifier Anda, maka gunakan jenis smps output CT ini. Karena tegangannya output pada power supply smps ini sudah DC atau searah, maka tidak diperlukan lagi diode dan elco supply seperti pemasangan pada trafo. Jadi koneksi penyambungan output tegangan power supply smps adalah langsung konek ke power amplifier, tanpa perlu dioda dan elco supply lagi. Sudah cukup jelas dan mudahkan, cara penyambungannya? Semoga Anda bisa dan dapat menyambungnya sendiri dirumah.  Semoga bermanfaat.

PERHATIAN :
UNIT POWER SUPPLY SMPS BEKERJA DITEGANGAN TINGGI AC 220V PLN. JADI HATI-HATI DALAM PEMASANGAN JALUR LINE 220V, KARENA DAPAT MENYEBABKAN KESETRUM. MAKA PERLU GROUNDING PADA BODI SMPS. HATI-HATI JANGAN SAMPAI TERSIRAM AIR PADA UNIT SMPS, KARENA BISA MENYEBABKAN KONSLETING DAN TERBAKAR PADA KOMPONEN BAGIAN DALAM SMPS. HINDARI HUBUNG SINGKAT ATAU SHORT PADA OUTPUT SMPS, KARENA DAPAT MENYEBABKAN KERUSAKAN KOMPONEN. INTINYA ANDA HARUS EXTRA HATI-HATI DALAM MENGGUNAKAN POWER SUPPLY SMPS INI DIBANDING ANDA PAKAI TRAFO BIASA.  KARENA ANDA BERHUBUNGAN LANGSUNG DENGAN RANGKAIAN TEGANGAN TINGGI.

22 comments:

  1. Assalamualaikum mas bahar.kebetulan pas bahas psu smps. Saya punya satu masalah setiap di colokan ke pln.selalu nyetrip pln nya.pas tak cek.elconya pakek 2x 250 v.470 micro sudah meletus.tak ganti yg 400 volt.tapi tetep nyetrip.tr nya seri D13009k.apa di cek juga.jadi urutanya .jlur N melewati sebuah kapasitor MKP.trus yg L ada fuse yg ketemu dengan jalur mkp.apa bisa mkp itu short.lalu keduanya masuk di dioda bridge(GBU 800) lalu masuk ke elko tadi.terus masuk di tr D13009k.kira2 di mana shortnya mas.
    Mohon di bantu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Ya cek juga tr D13009K nya mas, mungkin short. Cek juga diode bridgenya, mungkin juga short.

      Delete
  2. Saya baru beli smpsnya,apa di v min mengeluarkan arus(api),disini yg baru saya beli di v min v plus ada arusnya,mohon penjelasannya sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang betul, keluar tegangan di v min dan plusnya. Namanya kan tegangan simetris, berarti ada V-, CT, V+.

      Jadi V- dan V+ pasti ada arus tegangannya.

      Delete
  3. Replies
    1. Untuk bertanya dan koment silahkan lewat koment blog dan g+ saja mas.

      Delete
  4. Assalamualaikum kang mau nanya untuk smps kok gk keluar arus apanya yang perlu dicek kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Untuk perbaikan power supply smps itu agak susah mas, karena menggunakan komponen elektronik. Harus cek satu persatu komponennya.

      Untuk cek dasar, bisa coba cek diode pada out sekunder trafo, cek elconya.

      Jika masih baik, maka bisa cek area primer trafo. Biasanya ada ic atau tr regulator rusak.

      NB:TIDAK SAYA SARANKAN UNTUK MEMPERBAIKI SMPS, JIKA PELUM PAHAM TENTANG SMPS. KARENA SEMUA JALUR PADA PCB SMPS, KHUSUSNYA AREA PRIMER, BERTEGANGAN SANGAT TINGGI DAN SANGAT BERBAHAYA JIKA TERSENTUH TANGAN. JADI SANGAT BERESIKO TINGGI UNTUK DIPERBAIKI SENDIRI, JIKA BELUM PENGALAMAN.

      Saran saya lebih baik ganti baru saja smps nya, lebih aman.

      Delete
  5. Saya ada smps 30A 65v ct, untuk power blazer, suaranya bass-nya kurang nendang bila dibanding pakai trafo 45v ct elco 30000uf, ditambah bass malah fuse pada smps 10a putus, sepertinya elco akhir pada smps kurang (6x1000uf 100v), bila diganti pakai yg besar 6x10000, masalah ngga yah Mas?, mohon pencerahannya.....terima kasih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah sih gak mas. Cuma beda antara smps dan trafo. Kalau smps gak butuh elco besar, karena sudah stabilizernya. Kalau trafo perlu elco besar, karena tegangan murni dari trafo dan tidak ada stabilizernya.

      Memang beda hasil suaranya, antara pakai smps dan trafo. Kalau trafo tegangannya masih murni, tidak ada perubahan frekuensi. Kalau smps itu sudah mengalami perubahan frekuensi tegangan. Faktor inilah yang menyebabkan hasil suara smps masih kalah dengan trafo.

      Delete
  6. Terima kasih Mas...sukses selalu...!

    ReplyDelete
  7. tanya mas bahar .. apakah elco di smps bisa diganti atau ditambahkan..soalnya punya saya buat dorong 15600 suara geber.. dengan spek psu smps 10@ 45vct dengan 4 set sanken

    ReplyDelete
  8. Mas bro kalo persamaan transistor d13009k itu apa ya, soalnya nyari transistor itu susah bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai transistor D2498 mas.

      Delete
    2. transistor d2498 apa aman mas buat di aplikasikan ke power supply switching

      Delete
    3. Tr D2498 kan sama saja juga buat smps mas. Cuma regulator smps buat tv. Silahkan dilihat datasheetnya.

      Delete
  9. Oke mas terima kasih untuk infonya

    ReplyDelete
  10. Mas bahar mau tanya, saya punya PSU 12V20A sy pakai buat Subwoofer kolong. Apa boleh saya numpang catudaya buat Ampli mini 12V2A

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mas. Asal tegangannya sama 12v nya. Agar lebih aman, pasang sekering 2A pada tegangan positif (+) psu, sebelum ke ampli mini.

      Delete
  11. Sy punya smps 12v 30a..apa bisa menaikan tegangan untu sambung di power 400watt??apanya yg harus diganti??makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau merubah di smps nya saya belum bisa. Alternatif lain adalah dengan menggunakan kit inverter, untuk merubah tegangan 12vdc menjadi tegangan ct 42v.

      Delete