Sunday, May 13, 2018

CARA MENYAMBUNG POWER SUPPLY SMPS

Artikel ringan bagaimana cara menyambung power supply smps. Mungkin masih ada yang belum tahu dan paham mengenai cara menyambung atau koneksi power supply smps ini, mudah-Mudahan posting kali ini dapat membantu anda menyambung sendiri power supply smps dan mengetahui input dan output tegangan pada power supply smps. Sehingga Anda tidak keliru menyambungnya. Bagi yang sudah tahu dan paham, lewat ya he..he.. Bagi yang belum tahu, simak lebih lanjut.

Kehadiran jenis power supply smps ini merupakan salah satu solusi bagi Anda yang ingin membuat supply power amplifier atau kebutuhan lainnya dengan harga yang lebih murah daripada trafo konvesional. Semakin hari power supply smsp semakin menggeser keberadaan trafo, sehingga lambat laun orang sudah banyak yang menggunakan teknologi power supply smps ini atau yang lebih dikenal dengan switching power supply. Dari bentuknya yang ringan dan handal dalam hal kestabilan tegangannya, menjadikan power supply smps ini patut diperhitungkan sebagai pengganti trafo. Mungkin di masa depan semua perangkat elektronik akan menggunakan teknologi ini, karena efisiennya dan kestabilan teganganya. Di era sekarang sudah terlihat contohnya penggunaan charger HP semua sudah menggunakan switching power supply, sudah tidak ada lagi terlihat charger yang menggunakan trafo, seperti pada masa dulu.

Begitu juga penggunaan power supply smps untuk power amplifier, sekarang sudah banyak beredar kit power supply smps yang siap pakai dengan harga yang relatif lebih murah dibanding trafo, dengan kemampuan Amper yang lebih besar pula. Sehingga orang sudah banyak yang berpindah menggunakan smps ini. Banyak sekali pertanyaan yang masuk lewat koment blog dan g+ yang bertanya mengenai cara menyambung power supply smps ini. Akhirnya saya buatkan posting ini agar mudah dipahami untuk rekan-rekan yang lainnya yang masih belum tahu cara penyambungannya. Ada banyak macam jenis output tegangan pada power supply smps. Tapi di posting ini akan saya bahas dua saja, jenis output tegangannya, yaitu smps single output dan smps output CT.

Smps single output adalah power supply smps yang tegangan outputnya cuma satu tegangan. Contoh smps single output DC 24V, maka hanya akan terdapat satu tegangan saja yaitu 0 +24V saja. Tidak ada tegangan yang lain. Berikut contoh gambarnya.


Anda bisa lihat gambar diatas tegangan outputnya cuma satu yaitu -V dan +V. Ada juga yang tulisannya adalah COM dan +V. Sebenarnya sama saja, cuma beda tulisannya saja. Untuk koneksinya, silahkan lihat gambar dibawah ini.



Untuk jalur L N konek ke tegangan AC 220V PLN. Kemudian ada -V dan +V adalah out tegangannya. Dilengkapi pula dengan VR adjust voltage untuk mengatur besar kecilnya tegangan outputnya.

Yang kedua adalah smps output CT adalah power supply smps yang tegangan outputnya sudah CT simetris (- ct +). Jadi cocok untuk supply tegangan power amplifier. Berikut contoh gambar power supply smps CT 36V 5A.


Dapat dilihat output tegangannya ada +36V, COM, dan -36V. COM sama dengan CT. Untuk koneksinya, silahkan lihat gambar dibawah ini.


Saya ambil contoh untuk koneksi pada power amplifier, karena tegangannya memang sudah CT. Dilengkapi juga dengan VR adjust voltage untuk mengatur besar kecilnya tegangan yang keluar. Nah jika Anda berencana menggunakan power supply smps untuk power amplifier Anda, maka gunakan jenis smps output CT ini. Karena tegangannya output pada power supply smps ini sudah DC atau searah, maka tidak diperlukan lagi diode dan elco supply seperti pemasangan pada trafo. Jadi koneksi penyambungan output tegangan power supply smps adalah langsung konek ke power amplifier, tanpa perlu dioda dan elco supply lagi. Sudah cukup jelas dan mudahkan, cara penyambungannya? Semoga Anda bisa dan dapat menyambungnya sendiri dirumah.  Semoga bermanfaat.

PERHATIAN :
UNIT POWER SUPPLY SMPS BEKERJA DITEGANGAN TINGGI AC 220V PLN. JADI HATI-HATI DALAM PEMASANGAN JALUR LINE 220V, KARENA DAPAT MENYEBABKAN KESETRUM. MAKA PERLU GROUNDING PADA BODI SMPS. HATI-HATI JANGAN SAMPAI TERSIRAM AIR PADA UNIT SMPS, KARENA BISA MENYEBABKAN KONSLETING DAN TERBAKAR PADA KOMPONEN BAGIAN DALAM SMPS. HINDARI HUBUNG SINGKAT ATAU SHORT PADA OUTPUT SMPS, KARENA DAPAT MENYEBABKAN KERUSAKAN KOMPONEN. INTINYA ANDA HARUS EXTRA HATI-HATI DALAM MENGGUNAKAN POWER SUPPLY SMPS INI DIBANDING ANDA PAKAI TRAFO BIASA.  KARENA ANDA BERHUBUNGAN LANGSUNG DENGAN RANGKAIAN TEGANGAN TINGGI.

No comments:

Post a Comment