Thursday, May 17, 2018

CARA PASANG SAKLAR MUTE PADA SETIAP CHANNEL MIXER

Next posting berikut adalah cara memasang atau menambahkan saklar mute pada setiap channel mixer. Berawal dari pertanyaan rekan kita di g+ dan koment blog yang menanyakan cara pasang saklar mute pada setiap channel, jalur koneksinya dapat darimana? Karena memang karena keterbatasan waktu, akhirnya baru sekarang bisa ngeposting hal ini. Apa kegunaan saklar mute ini? Dan bagaimana cara kerja saklar mute ini? Karena pada umumnya mixer rakitan yang ada dipasaran tidak disertakan fitur saklar mute, sehingga kita kadang bingung bagaimana cara menambahkan fitur saklar mute pada tiap channel mixer kita. Fitur saklar mute atau switch mute hanya ada dan pasti ada di semua console mixer built up luar negeri, misal mixer Behringer, Yamaha, Mackie, dll. Kenapa kok di mixer rakitan kita, fitur mute ini tidak ada? Ya mungkin memang karena fitur mute ini tidak banyak diperlukan dan kadang malah membuat bingung karena mixer tidak bisa bunyi gara-gara saklar mute tertekan he..he.. Tapi lepas dari semua itu, fitur saklar mute sebenarnya sangat penting dan diperlukan dalam mixer tersebut. Bagaimana jalur koneksi saklar mute ini pada mixer rakitan kita? Simak lebih lanjut.

Fungsi fitur saklar MUTE pada tiap channel mixer adalah untuk mematikan sementara pada setiap channel mixer, tanpa merubah semua settingan yang sudah disetel sebelumnya. Termasuk setelan bass, midle, treble, efek, monitor, volume channel tidak akan berubah. Jadi tinggal tekan saklar mute, maka channel tersebut akan mati, tapi tidak merubah setelannya. Sehingga setelah saklar mute ini kita OFF kan, maka fungsi channel tersebut akan berfungsi kembali seperti sebelumnya, tanpa harus menyetel kembali setalan low, mid, high dan setelan lainnya. Sehingga fitur mute ini sangat penting sekali untuk cek satu-persatu semua channel pada mixer, tanpa merubah setelannya. Sebenarnya mudah sekali cara untuk memasang atau menambahkan saklar mute ini pada mixer rakitan kita. Yaitu cukup ditambahkan saklar atau switch kecil sebagai ON-OFF mute. Untuk jalur koneksinya bisa kita konek ke bagian output terakhir penguat opamp pada mixer tersebut, dan cukup kita groundkan saja jalur outputnya, maka semua output tiap channel termasuk efek, monitor out, main output L R pada tiap channel tersebut akan mati. Tapi fungsi saklar mute ini tidak akan mempengaruhi channel lainnya. Misal channel satu kita ON kan saklar mutenya, maka yang mati adalah hanya channel satu saja dan channel lainnya akan tetap hidup. Sebelum ke jalur koneksinya, mari kita lihat dulu gambar posisi saklar mute pada mixer itu yang bagaimana? Berikut gambar saklar mute pada mixer Behringer.


Pada gambar diatas bisa Anda lihat saklar mute di setiap channel mixer Begringer. Nah fungsi saklar mute itulah yang akan mematikan sementara suara pada setiap channel mixer. Jadi cukup ditekan saklar mute tersebut, maka channel tersebut akan mati suaranya. Karena pentingnya fitur mute ini pada mixer, maka akan saya bahas di posting ini. Sebenarnya semua jenis mixer dapat kita tambahkan saklar mute. Yang penting kita tahu dulu jalur output utama pada mixer tersebut. Dan semua mixer jalurnya kebanyakan sama. Pada posting ini akan saya ambil contoh menggunakan mixer atau penguat mic merek Roland 7 potensio. Untuk jenis mixer yang lainnya hampir sama kok jalurnya. Bagaimana jalur koneksinya? Berikut gambar skema penguat mic Roland 7 potensio yang sudah ditambahkan saklar mute. Jadi tinggal Anda konek saja pada jalur itu.


Bisa kita lihat jalur koneksi warna hitam, itulah jalur koneksi saklar mutenya. Jadi intinya kita cari dulu jalur output terakhir penguat opamp yaitu pada elco C9 itulah jalur output utama pada channel tersebut, dan tinggal kita groundkan saja, maka output channel tersebut akan mati. Untuk gambar koneksi pada pcb memang tidak saya sertakan, karena gambar skema ini sudah cukup menjelaskan jalur mana yang harus dikoneksikan. Jadi tinggal cari dan urut saja pada jalur pcb, nanti pasti akan ketemu kok jalur yang dimaksud. Yang penting Anda teliti dan memahami jalur pada skema diatas, insyaalloh bisa kok memasang dan menambahkan saklar mute pada mixer rakitan kita sendiri. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment