Monday, May 14, 2018

SKEMA PENGUAT MIC ROLAND 7 POTENSIO

Berikut adalah skema penguat mic roland 7 potensio. Salah satu penguat mic atau mixer yang populer dikalangan audio mania. Penguat mic ini selain bisa digunakan untuk microphone, juga bisa digunakan sebagai input line in. Tapi penggunaannya gak bisa bersamaan, harus gantian. Kalau pakai mic ya mic saja, jangan dicampur dengan line in. Untuk penggunaan input yang lain, Anda bisa menggunakan channel mixer yang lain. Skema berikut adalah skema bawaan dari penguat mic roland. Simak lebih lanjut.

Karakter suara dari penguat mic roland ini bass empuk dan treble lebih menonjol, sehingga cocok dipakai sebagai mixer audio. Memang banyak sekali jenis mixer atau penguat di pasaran, tapi cuma jenis penguat mic roland ini saja yang sistem pengaturan filter nada low, mid, high nya berbeda. Berbeda disini adalah sistemnya tidak seperti biasanya, jadi hasil output suaranya pun juga berbeda. Perbedaan yang sangat menonjol adalah karakter bassnya yang empuk dan treble yang halus, lebih ngeciis he..he.. Memang beda dengan mixer atau penguat mic lainnya. Meskipun begitu bukan berarti mixer yang lain tidak enak ya he..he.. Pasti punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Satu kelemahan dari penguat mic roland ini adalah high inputnya tinggi, sehingga inputnya sangat peka. Maka gampang sekali terkena radiasi atau dengung, jika penempatannya kurang pas atau kurang ground. Penempatannya yang bagus harus terpasang pada box besi atau plat alumunium, baru suara bisa jernih dan tidak dengung. Jika kita tempatkan pada box kayu biasanya akan muncul dengung, karena ground bodinya kurang. Maka lebih baik pakailah box besi atau alumunium agar tidak dengung. Dari semua kelebihan dan kekurangan yang didapat pada penguat mic roland ini, semua kembali pada selera masing-masing orang. Jadi belum tentu penguat mic roland ini bagus menurut saya, tapi tidak menurut orang lain. Jadi selera terserah Anda. Berikut gambar skema penguat mic roland. Mungkin ada sedikit perbedaan dengan gambar kit pcbnya. Bisa dari nilai komponen atau tata letak komponennya.


Anda bisa melihat gambar diatas. Terdiri dari komponen utama yaitu tiga ic 4558 atau Anda juga bisa menggunakan ic JRC4558. Jika Anda menginginkan kualitas ic op amp yang lebih bagus, Anda bisa menggunakan seri ic op amp yang lain, misal ic TL072 atau NE5532. Kedua ic tersebut mempunyai kesamaan fungsi, tapi beda karakter suaranya. Berikut adalah gambar kit jadi penguat mic roland yang ada dipasaran.


Titik perbedaan ada di jalur out monitor. Pada pcb jadi out monitor ada dua L R dan pada skema cuma satu. Sebenarnya ini hanyalah sekedar paralel Resistor saja untuk membagi out monitornya. Setelah saya cek di skema, untuk nilai Resistor out monitor R20 tidak ada pada skema. kalau dilihat dari pcb jadi, nilai Resistor output monitor menggunakan Resistor dengan nilai 22K. Jadi Anda bisa menggunakan Resistor 22K sebagai out monitornya. Dari keseluruhan komponen sama. Semoga dengan adanya skema ini, dapat Membantu Anda memperbaiki atau memodifikasi rangkaian sesuai selera Anda. Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Mf mas bahar menyimpang...
    Mau tnya ms bahar.
    Klo speaker double coil. Speaker 1 d buat 4 ohm. Speaker 2 pkai 2 ohm.
    Kmudian 2 speaker itu d paralel...
    Apakah speaker 1 dan 2 mndpat daya yg berbeda?? Mhon bmbinganx mas bahar
    Mkasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas. Jika dua speaker beda impedansi diparalel, maka daya yang mengalir ke masing-masing speaker adalah sama mas. Yang membedakan adalah tahanan impedansinya, yang mana speaker dengan impedansi 2 ohm akan berbunyi lebih keras dibanding speaker berimpedansi 4 ohm. Tapi dalam hal ini daya yang tersalurkan ke masing-masing speaker sama. Cuma beda hasil suaranya, karena faktor beda impedansi tadi, bukan karena perbedaan daya power yang tersalurkan kemasing-masing speaker.

      Delete