TV Sanyo Flat Slim 21' Suara Gembrodok

Alhamdulilah. Next posting kali ini adalah memperbaiki tv sanyo 21' flat slim dengan problem suara gembrodok. Masih tetap di blog baharelectronic.com, mari coba kita perbaiki he..he.. Kasus suara gembrodok seperti ini juga pernah saya jumpai pada tv LG Flatron. Mungkin Anda beranggapan kerusakan pada bagian power audionya, ternyata tidak he..he.. Lalu disebabkan kerusakan komponen apa loh mas? Simak lebih lanjut.

Problem suara gembrodok ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena problem permasalahan kadang muncul dan kadang hilang. Nah repotnya jika pada saat kita memperbakinya, tv dalam kondisi normal. Jadi sangat sulit mendeteksi kerusakannya darimana? Lah wong suaranya normal, apanya yang mau di cek he..he.. Karena saya mengalaminya sendiri mengerjakan servisan tv dengan suara gembrodok ini. Jadi yang punya tv bilang, mas tvnya iniloh kadang suaranya gembrodok, jadi sangat menganggu jika tv dinyalakan pada malam hari. Ketika saya datang dan cek tv, pada saat itu anehnya suara tv normal dan saya tunggu sampai beberapa jam, juga tidak kunjung muncul suara problem suara gembrosoknya. Akhirnya pengerjaan tv saya batalkan, karena memang tidak ada problem masalah pada tv tersebut dan saya belum tahu juga yang dimaksud suara gembrodok itu yang bagaimana? Karena jika problem muncul, barulah kita bisa mengetahui apa penyebab dari masalah tersebut. Akhirnya servisan kali ini batal. Mungkin belum rejekinya he..he..

Selang beberapa waktu, yang punya tv ini menghubungi saya lagi untuk memperbaiki tvnya yang lain dengan kasus sering jeglek, kemarin sudah saya bahas he..he.. Setelah saya selesai mengerjakan tv yang sering jeglek, saya disuruh untuk mengganti kabel listrik tv satunya yang putus. Kebetulan tv yang kabelnya putus ini adalah tv yang dulu pernah problem suara gembrodok itu dan tidak berhasil di deteksi pada waktu itu. Setelah kabel listrik tv saya ganti, tv coba saya nyalakan dan akhirnya problem suara gembrodoknya ini muncul dan yang punya tv meminta saya untuk memperbaikinya juga. Karena problem sudah mucul dan ketahuan, maka saya sudah mengtahui kemungkinan kerusakannya apa saja? Karena yang namanya servisan harus ada problem dan problem harus diperbaiki he..he.. Jadi enak, problem hilang kita bisa bayaran he..he.. Berikut gambar tv sanyo yang bermasalah tersebut.


Tv sanyo ini jenis flat slim, termasuk generasi tv yang baru dengan tabung crt slim. Setelah saya nyalakan kembali tv sanyo ini, ternyata suara gembrodok ini masih tetap muncul. Dengan segera saya bongkar dan cek permasalahannya darimana? Sebelum problem hilang sendiri. Setelah saya bongkar dan cek solderan, ternyata banyak juga solderan yang kendor. Saya coba untuk solder ulang semua bagian yang solderannya terlihat rapuh. Setelah semua bagian saya solder ulang, tv saya nyalakan kembali, ternyata problem suara gembrodok masih muncul. Lanjut pengecekan bagian audio powernya. Perlu diketahui bahwa tv sanyo ini power audionya menggunakan sistem stereo, jadi powernya stereo. Cek bagian power audionya, ternyata suara normal bagian input L R nya. Saya teringat kasus suara gembrosok ini dari problem tv lg flatron yang pernah saya kerjakan dulu. Akar permasalahannya ada di ic prosesor audionya bermasalah, yaitu ic seri LV1116N. Apakah kasus tv sanyo kali ini sama dengan kasus tv lg flatron? Setelah saya coba cek dan melihat seluruh bagian komponen bagian yang menuju power audio, ternyata saya temukan ic prosesor audio yang sama dengan tv lg flatron yaitu ic LV1116N, tapi dalam bentuk ic SMD. Yaitu ic tipis yang menempel pada bagian bawah pcb tv. Jadi ic SMD tersolder langsung pada jalur pcb bagian bawah. Sempat gak kelihatan, setelah saya amati lebih teliti ic SMD ini, ternyata benar ic dengan tipe LV1116N. Saya sudah menduga problem masalahnya mungkin dari sini juga. Berikut posisi ic smd LV1116N.


Bentuk ic-nya beda dengan tv LG flatron pada waktu itu. Pada tv lg flatron bentuk ic LV1116N nya besar seperti ic pada umumnya, tapi jumlah kakinya sama, ini yang penting. Ada 3 cara untuk memodifikasi ic ini. Untuk penjelasan lebih lengkap bisa Anda  baca disini. Disana Anda bisa melihat cara trik jumper dan melihat datapin dari ic LV1116N ini.

Kasus kali ini saya akan mencoba cara no.2 yaitu trik cara menahan tegangan Vcc 9v pada pin no.17. Cara ini bisa dibilang kadang berhasil kadang juga tidak. Keuntungan menggunakan trik no.2 ini, kita tidak perlu memotong jalur dan mengganti ic tersebut. Dan proses suara akan kembali normal seperti sediakala. Tujuan menahan tegangan Vcc 9v ini, mungkin agar tegangan kontrol pada ic LV1116N bisa diturunkan dan mungkin juga ic bisa lebih dingin, sehingga proses suara tidak terganggu. Untuk menahan tegangan 9v ic ini, saya menggunakan tahanan resistor 100 ohm 1/2 watt. Karena stok resistor 100 ohm habis, akhirnya saya menggunakan 2 buah resistor 220 ohm yang diparalel agar jadi R 110 ohm. Sebelumnya Anda harus memotong dulu jalur tegangan 9v yang menuju pin 17, kemudian tahan dan pasang R 100 ohm pada jalur tegangan 9v yang menuju pin 17 tersebut. Berikut gambar posisi pemasangan R 100 ohm pada jalur tegangan Vcc 9v iv LV1116N.


Setelah dipasang Resistor 100 ohm pada jalur tegangan 9v ini, lakukan pengukuran tegangan kembali pada pin 17. Pastikan hasil tegangan pada pin17 berkisar antara minimal 4,5v dan maksimal 5v. Jangan sampai dibawah 4v, karena suara akan menjadi ngeprek. Caranya ukur tegangan pakai avometer pada jalur ground dan pin 17 ic LV1116N ini, sehingga didapatkan tegangan antara 4,5v-5v. Berikut gambar hasil pengecekan tegangan yang saya lakukan setelah menambah R 100 ohm pada jalur Vcc 9v.


Pengecekan tegangan yang saya lakukan mendapatkan hasil tegangan sebesar 4,5v, karena saya menggunakan 2 resistor 220 ohm yang diparalel. Sehingga R yang saya pasang adalah 110 ohm. Mungkin jika pakai R 100 ohm akan dihasilkan tegangan sebesar 5v. Tapi dengan tegangan 4,5v tersebut dan tv saya coba, alhamdulilah suara sudah bersih dan tidak gembrodok lagi. Saya coba sampai beberapa menit juga sudah gak masalah, berarti sudah aman he..he.. Percobaan kali ini berhasil. Karena takut nanti problem suara gembrodok muncul lagi setelah pemberian tahanan 100 ohm, maka yang punya tv saya berikan garansi. Jika nanti problem muncul kembali, maka saya suruh untuk menghubungi saya lagi. Berarti trik no.2 gagal. Jika gagal maka trik no.3 bisa dilakukan, dan ini sudah final. Jika sudah dilakukan trik no.3 harusnya suara sudah bisa normal. Trik no.3 adalah trik dengan cara memotong jalur audio dari ic LV1116N dan membaypass-nya langsung ke ic power audio. Semoga bermanfaat.

UPDATE:
Setelah beberapa hari, ternyata setelah melakukan trik no.2 yaitu dengan menahan tegangan Vcc 9v, problem masih saja keluar. Suara tetap gembrodok dan hasil suara menjadi tidak jelas (ngeprek). Saya mengambil kesimpulan bahwa ic LV1116N memang sudah rusak. Maka cara terakhir adalah dengan melakukan trik no.3 yaitu jumper ic LV1116N seperti yang pernah saya lakukan pada tv LG flatron. Tapi hasil suara langsung keras. Kemungkinan beda cara jumper ic LV1116N pada tv Sanyo ini dengan tv LG flatron. Apa perbedaan dan bagaimana cara jumper ic LV1116N agar bisa berfungsi normal? Karena butuh penjelasan yang agak panjang, maka pembahasan saya posting tersendiri, biar lebih jelas. Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan baca di sini.

Comments

  1. mau tanya mas, blog ideresep.blogspot.com kira2 mau mas jual nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. Gak mas. Itu blog untuk percobaan mas.

      Delete
  2. slamaT pagi mas bahar,mau tanya tentang tv mesin cina? klw resistor yang menuju b+ panasnya berlebihan bahkan sampai meleleh solderanya,itu kira kira apanya mas, b+ saya ukur hanya 70volt tp klw saya buka solderan yg m3nuju b+ saya ukur dapat 110 volt mas, elco smua bagus. trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek tr horisontalnya mas, jika tr horisontal normal, maka kemungkinan flybacknya rusak atau short.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led