Skip to main content

Problem Suara IC LV1116N TV LG Flatron

Beberapa hari yang lalu dapat kerjaan tv lg flatron dengan problem suara kadang kresek-kresek, suara tiba-tiba keras sendiri dan kemudian suara mati. Problem suara ini muncul setelah tv dinyalakan beberapa menit, sekitar 10-15 menit, baru muncul masalah suara. Problem pertama suara tiba-tiba kresek-kresek boso jowone gembrodok, kemudian suara mati sendiri. Jika tv dimatikan dan dinyalakan lagi, maka problem akan muncul berulang. Anehnya ketika tv dalam kondisi dingin dan dinyalakan pertama kali, problem ini tidak muncul. Selang beberapa menit, baru muncul. Setelah problem muncul, maka problem suara akan tetap muncul meskipun tv dimatikan dan dinyalakan kembali.

Kasus problem suara seperti ini pernah saya alami dulu, pada saat memperbaiki tv lg flatron dengan problem suara juga, tapi beda gejala. Gejala yang muncul yaitu suara langsung keras, pada saat volume hanya satu strip dan kadang juga hilang. Setelah saya browsing, ternyata problem suara seperti diatas disebabkan masalah pada ic LV1116N. Ic ini berfungsi sebagai prosessor suara, untuk mengolah suara biasa menjadi surround, kontrol bass, treble, dll. Jadi pusat pengolahan suara ada disini, sebelum masuk input power amplifier. Sayangnya ic LV1116N kadang mengalami kerusakan dengan gejala seperti diatas, tapi spare part komponennya sulit didapatkan. Dan harus lewat dealer resmi tv tersebut. Sekarang malah tambah susah, karena dealer resmi sudah tidak lagi menjual komponen spare part, kecuali dengan syarat yaitu unit tv harus dibawa ke dealer service resmi untuk diperbaiki disana. Jikalau pun ada dipasaran, kebanyakan kualitas icnya kurang bagus. Sehingga ic mudah rusak dan kadang suara tidak bunyi, bahkan kadang suara tidak bisa dikecilkan.


Ic LV1116N merupakan ic prosessor stereo yang dipakai pada perangkat tv. Tidak semua tv LG menggunakan ic ini. Jadi gejala timbul, jika memang menggunakan ic ini. Berikut fungsi dan bagian-bagian dalam ic ini adalah:
1. Audio In stereo switch untuk memilih TV-AV1-AV2 (audio input pin 2/35, 3/34, 4/33)
2. Audio Out (pin 5/32) yang disambung ke external audio out.
3. Prosessor Pseudo stereo. Fungsi untuk membuat suara mono menjadi stereo.
4. Prosessor analog surround.
5. Kontrol volume.
6. kontrol mute.
7. Semua fungsi diatas dikontrol melalui pin SDA/SCL (pin19/20) oleh mikrokontrol.
8. Mempunyai dua supply vcc. Yaitu bagian digital pin 15 (5v) dan audio analog pin 17 (9v).
9. Pin 14/23 adalah pin audio ouput yang disambung ke input ic audio amplifier.

Diantara tanda atau gejala jika ic LV1116N mengalami problem atau rusak adalah:
1. Tidak ada suara sama sekali.
2. Suara kadang hilang timbul.
3. Suara kadang pelan dan keras sendiri.

Dengan berbagai masalah diatas, maka jalan terbaik yang bisa dipakai adalah memodifikasi ic ini agar suara bisa normal kembali. Dari hasil browsing saya dapatkan ada 3 trik untuk modifikasi ic ini, yaitu:
1. TRIK PASANG POT VOLUME IC LV1116N
2. TRIK TAHAN TEGANGAN 9V IC LV116N
3. TRIK DAN JUMPER IC LV1116N

Ketiga cara diatas bisa dipakai. Silahkan disesuaikan saja dengan keadaan dan kondisi dilapangan, cara mana yang paling mudah untuk dilakukan?

1. TRIK PASANG POT VOLUME IC LV1116N
Trik pertama yaitu dengan menambahkan potensio volume untuk mengatur volume suara tv. Cara ini terbilang paling mudah dilakukan, karena kita tidak perlu masuk service mode untuk merubah pengaturan. Tinggal potong beberapa jalur dan koneksi menggunakan potensionya. Kekurangannya adalah pengaturan volume tv akan jadi manual menggunakan potensio. Sehingga potensio harus dimunculkan pada panel bagian depan tv. Sehingga membuat penampilan sedikit kurang menarik dan mirip tv jaman dulu he..he.. Tapi gak masalah, cara ini dijamin berhasil, yang penting  volume suara dapat kita atur dan problem suara hilang. Berikut gambar cara pasang potensio volume ic LV1116N.


Bisa dilihat gambar diatas. Potong dulu jalur pada pin 14 dan 23, kemudian gabungkan jadi satu masuk kaki potensio tengah. Kemudian gabung jalur pada pin 2 dan 35 masuk kaki potensio sebelah kanan. Untuk kaki potensio sebelah kiri konek ke jalur ground tv. Atau bisa konek ke pin no.1 ic LV1116N.

2. TRIK TAHAN TEGANGAN 9V IC LV1116N
Cara ini bisa dibilang kadang berhasil dan kadang tidak, tergantung tingkat kerusakan dari ic lv1116N parah atau tidak. Jika kerusakan ic tidak terlalu parah, maka cara ini bisa dilakukan dan suara akan kembali normal, problem suara juga akan hilang. Tapi ingat ya.. Cara ini kadang berhasil dan kadang tidak. Tujuan menahan tegangan vcc 9 volt pada ic ini adalah agar tegangan supply pada ic ini bisa diturunkan menjadi sekitar 5-8 volt. Dan diharapkan dengan menurunnya tegangan vcc ini, maka ic LV1116N bisa lebih dingin dan bisa kembali bekerja normal. Ya mungkin agak gak masuk akal, tapi cara ini perlu dicoba he..he.. Berikut gambar cara menahan tegangan vcc 9 volt ic LV1116N.


Silahkan lihat gambar diatas. Teknik untuk menahan tegangan  vcc ini bisa dimulai dari jalur pin no.17. Pin ini sebagai VCC untuk supply tegangan audio analog. Ya memang ada supply tegangan lainnya yaitu supply tegangan 5v untuk supply tegangan audio digital, tapi tidak kita rubah pada jalur ini. Cukup kita rubah pada jalur pin no.17 saja. Disitu kita cukup potong jalurnya, kemudian sambung kembali pakai Resistor 100 ohm. Cara ini juga cukup mudah, karena kita cukup memberi tahanan R 100 ohm pada jalur vcc ic LV1116N. Tidak perlu masuk sermod dan tambah komponen. Tapi cara ini kadang berhasil dan kadang tidak. Jika tidak berhasil, lanjut pakai trik ketiga.

3. TRIK DAN JUMPER IC LV1116N
Trik ketiga ini adalah final dan harusnya bisa menggunakan cara ini. Namun jika Anda pakai cara ketiga ini, kita harus bisa masuk servive mode dulu, setelah selesai menjumper. Untuk merubah parameter SND MODE=1 menjadi SND MODE=0. Perubahan ini untuk merubah mode stereo menjadi mono dan agar volume suara dapat diatur lewat remote dan tv. Kekurangan dari cara ini adalah semua setingan bass, treble, surround pada menu, tidak bisa digunakan lagi, karena suara sudah di baypass langsung lewat power amplifier. Tapi dari segi keuntungannya adalah pengaturan volume suara tetap bisa diatur lewat remote dan tv. Jika parameter SND MODE tidak dirubah, maka suara akan langsung keras dan tidak bisa dikecilkan lewat remote dan tv. Maka perubahan parameter ini adalah wajib, jika Anda melakukan cara ini. Berikut cara trik dan jumper ic LV1116N.


Silahkan lihat gambar diatas. Potong dahulu jalur pada pin no.14 dan 23. Kemudian gabungkan pin no.2 dan 35 dan jalur pada pin no.14 dan 23. Setelah selesai menjumper, masuk service mode dengan cara tekan tahan MENU di tv, lalu tekan tahan MENU di remote selama 3 detik. Setelah masuk sermod, tekan MENU di remote berulang-ulang sampai muncul tulisan SND MODE=1 stereo. Ubah parameter tersebut menjadi SND MODE=0 mono. Setelah selesai tekan MUTE di remote 1x dan matikan tv. Jika gak ada tombol MUTE, maka setelah merubah parameter, bisa langsung matikan tv lewat remote, kemudian nyalakan lagi. Jika hasil perubahan parameter sermod berhasil, maka suara sudah bisa bunyi normal dan bisa diatur lewat remote dan tv. Berikut tampilan sermod posisi SND MODE sebelum dan sesudah perubahan parameter.


Gambar diatas adalah posisi sermod sebelum parameter SND MODE dirubah. Terlihat posisi SND MODE masih berada posisi angka 1 AV ST. Yang harus dilakukan adalah merubah nilai angka ini menjadi 0. Berikut gambar perubahan sermodnya dibawah ini.


Gambar diatas posisi parameter SND MODE sudah dirubah nilainya menjadi 0 MONO. Setelan sermod sudah selesai. Tinggal matikan tv lewat remote dan nyalakan kembali. Maka hasil suara akan kembali normal dan volume suara dapat diatur lewat remote dan tv.

Perlu diperhatikan bahwa perubahan parameter SND MODE pada tv LG ini akan menghilangkan fungsi surround mode dan pengaturan bass, treble tidak berfungsi. Karena fungsi ic LV1116N ini sudah di off kan. Tapi fungsi pengaturan volume suara masih bisa berfungsi dengan baik. Jadi jika Anda mau melakukan perubahan diatas, harap konfirmasi dulu pada yang punya tv, apakah mau jika ada perubahan seperti diatas? Jika yang punya tv menyetujuinya, maka modifikasi pun bisa dilakukan. Mengingat komponen ic LV1116N juga sulit didapatkan, maka pertimbangan modifikasi ic LV1116N ini bisa jadi pertimbangan he..he.. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.