Skip to main content

Cara Paralel TR Final Power Safari 400W

Lanjut artikel ringan bagaimana cara paralel tr final pada power safari 400w. Bagi yang sudah pengalaman sih mungkin gak jadi masalah untuk memparalel tr final pakai jenis power apapun. Tapi bagi yang belum tahu cara paralel tr final pada power tertentu, juga akan kebingungan bagaimana cara paralelnya? Sama dengan kasus paralel tr final pada power ocl, yaitu pemasangan paralel tr final pada pcb power 400w yang sudah dilengkapi tr final pada pcbnya. Nah disini kadang bingung cara paralelnya bagaimana? Ada dua jenis pcb power safari 400w, yaitu jenis pcb power yang tidak dilengkapi dengan tr final dan jenis pcb power yang sudah dilengkapi dengan tr final. Kedua jenis pcb ini akan saya bahas disini. Simak lebih lanjut.

Tujuan memparalel tr final adalah untuk mendapatkan daya watt power lebih besar. Sehingga mampu untuk meningkatkan kemampuan power untuk menghandle speaker dengan lebih kuat dan stabil. Sebenarnya cara paralel pada semua power caranya sama saja, cuma yang bikin bingung adalah jenis pcb dan koneksi pada tr finalnya. Ada dua jenis pcb power yaitu pcb power yang tidak dilengkapi tr final dan jenis pcb power yang sudah dilengkapi dengan tr final. Kedua jenis pcb ini sebenarnya cara paralelnya sama saja. Tapi bagi yang belum pengalaman akan bingung melihatnya he..he.. Untuk tr final Anda bisa pakai jenis tr sanken atau tr toshiba. Tapi pada contoh nanti hanya saya sertakan yang paralel tr final pakai sanken. Untuk paralel dengan tr toshiba, menurut saya sama saja, karena posisi kaki BCE nya sama. Maka jika ingin menggantinya dengan tr toshiba, tinggal ganti saja tr finalnya dengan tr toshiba tanpa ada perubahan koneksi.

Berikut adalah contoh koneksi paralel tr final menggunakan pcb power yang tidak dilengkapi dengan tempat tr final pada pcbnya. Jenis pcb ini termasuk pcb generasi awal power safari 400w. Kemudian muncul pcb versi lainnya.


Anda bisa lihat gambar diatas koneksi paralel tr final sanken sebanyak 4 set. Anda juga bisa memparalel tr final lebih dari gambar diatas. Pada pcb tidak dilengakapi dengan tempat tr final, hanya ada pin dengan kode A, B, C dan koneksi tegangan supply dan ground. Nah ini bagi orang awam akan bingung, cara koneksinya bagaimana he..he.. Gak ada keterangannya. Berikut keterangannya.

Untuk pin A = Adalah jalur input basis tr final (+), yaitu kaki basis tr sanken seri 2SC2922. Atau kalau tr toshiba kaki basis tr seri 2SC5200.

Untuk pin B = Adalah jalur output speaker dan juga jalur semua kaki emitor tr sanken, setelah melewati R kapur.

Untuk pin C = Adalah jalur input basis tr final (-) yaitu kaki basis tr sanken seri 2SA1216. Atau jika pakai tr toshiba kaki basis tr seri 2SA1943.

Gambar berikutnya adalah paralel tr final pada pcb power yang sudah dilengkapi tr final pada pcbnya. Jadi pada pcb power sudah disediakan tempat untuk tr final yang dapat dipasang langsung pada pcb, sehingga dapat lebih praktis dan tanpa kabel, jika dipasang pada pendingin atau heatshink. Nah dalam kondisi seperti ini, tr final nempel pada pcb, bisa tidak tr finalnya diparalel? Kalau bisa, caranya bagaimana? Jawab, bisa diparalel. Caranya silahkan lihat gambar dibawah ini.


Silahkan lihat gambar diatas. Caranya cukup mudah, Anda tinggal koneksi saja atau paralel kaki basis tr final pada pcb, kemudian konek pada gabungan kaki basis tr final, setelah melewati R 10 ohm. Kemudian kaki colector tinggal konek saja pada supply tegangan masing-masing. Untuk kaki colector tr sanken 2SC2922, konek ke supply tegangan positif (+). Untuk kaki colector tr sanken 2SA1216, konek ke supply tegangan negatif (-). Kemudian untuk gabungan kaki emitor setelah melewati R kapur, konek ke out speaker di pcb. Bagaimana mudah bukan?

UPDATE !
Sepertinya ada yang kurang nih he..he.. Bagaimana jika pakai tr final toshiba 2SC5200 dan 2SA1943, cara paralelnya bagaimana mas? Karena jenis tr final toshiba ini banyak juga yang pakai untuk power amplifier, maka tidak salahnya saya buatkan juga cara paralelnya. Berikut gambar koneksinya dibawah ini. Sebenarnya caranya sama saja kok dengan paralel tr final sanken. Tapi supaya lebih jelas, berikut gambar koneksi paralel tr final toshiba pada power safari 400w.


Untuk gambar koneksi no.2 yaitu jika Anda pakai pcb power yang sudah dilengkapi tempat tr final, Anda bisa memilih untuk tetap memasang tr final pada pcb atau bisa juga Anda melepasnya dan mengganti paralel tr finalnya di luar pcb. Semoga dengan sedikit gambar koneksi diatas, dapat memberikan pencerahan dan membantu Anda untuk bisa memparalel tr final pada pcb power safari 400w. Dan harapannya Anda juga bisa memparalel tr final pakai power jenis lainnya, tanpa bingung lagi he..he.. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. mas mau nanya kalau drivery di PCB elcoy tertera 35v kalau dikasih tegangan 46 v kira2 aman g, atau elcoy jebol di drivery atau final jg rusak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat dulu posisi elconya dimana? Tapi lebih baik diganti saja pakai elco yang 50v mas.

      Elco 35v, gak kuat dikasih tegangan 46v. Bisa pecah elconya. Tr final sih aman. Selama elco meletusnya gak short he..he..

      Jadi lebih ganti saja mas elconya pakai elco yang 50v semua. Agar aman.

      Delete
  2. kl power safari bisa jg di TEF mas...kl bisa di buat artikely dong biar lengkap.kl perlu yg modifan fersi mas bahar..mas kl hy power saja tanpa akcecoris suaranya memang kurang nyaring ya mas..kecuali ditambah semacam glaxy atau turbo bass...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Siap.
      Ya kurang mas. Karena suara masih asli belum ada penambahan aksesoris.

      Kalau ditambah galaxi atau turbo bass, maka nada bass dan treble akan diboost. Sehingga suara terdengar lebih jooss dan nyaring he..he..

      Delete
  3. mas kalau dikasih TC kok suaray kurang los ya pa karna dikasih resistor 10k ya...tapi kl dikasih galaxy suaray loss..kl dikasih mixer pa perlu TC lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa kok pakai R 10K mas? Dipasang dimana? Jelas kalau ditambah galaxi suara akan lebih keras.

      Mixer kan sama dengan TC. Sebenarnya bisa saja tc gak dilepas, tapi pengaturan kan jadi ribet. Ada bass tc dan ada bass mixer.

      Tapi kalau menurut Anda gak ribet, pemasangan mixer boleh digandeng sama tc. Suaranya lebih enak, karena dobel pengaturan. Tapi ingat, jangan sampai over ya suaranya.

      Kalau suaranya jadi over, maka lebih baik tc dilepas saja.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.