Sunday, November 11, 2018

Cara BTL Power OCL 150W

Lanjut lagi artikel berikutnya cara btl power ocl 150w. Sebenarnya cara btl sama saja dengan btl power lainnya, cuma disini bedanya cuma pada jalurya saja dan nilai dari R btlnya. Sama juga ada dua cara untuk btl power ocl ini yaitu dengan dengan menggunakan Resistor dan menggunakan kit btl. Power ocl 150w adalah jenis power yang bisa dikatakan pernah trend pada jaman dulu, sebelum muncul model power lainnya. Dan masih menjadi power yang paling mudah dan gampang untuk dirakit. Makanya pemakai power ini sangat banyak, karena dari segi kemudahannya tadi. Loh kok malah ngulas power? Cara btlnya mana? Kembali ke topik he..he.. Sebenarnya semua power mungkin bisa di btl, asal kita tahu jalurnya. Bagaimana cara btl power ocl 150w ini? Simak lebih lanjut.

Dulu mungkin power btl hanya terbatas dipakai untuk power kecil yang menggunakan ic power. Misal contoh ic power yang di btl, salah satunya adalah ic TDA2030 dan TDA2050. Ic power tersebut bisa di btl menghasilkan kemampuan power  yang lumayan besar, daripada digunakan dalam versi single nya. Jadi dari fenomena ini, maka jika power di btl, maka kemampuannya akan meningkat daripada power biasa. Dilihat dari sistem jalurnya, sepertinya bisa diterapkan pula pada power besar yang pakai transistor. Yang menjadi acuan dasar bahwa power besar bisa di btl, karena sama-sama mempunyai dua input yaitu input non inverting dan input inverting. Kesamaan dasar inilah akhirnya power biasa juga bisa di btl. Berikut adalah gambar koneksi cara btl power ocl 150w pakai R btl.


Sama seperti cara sebelumnya, kita harus tahu dulu berapa nilai R btlnya? Dengan melihat resistor jalur out speaker yang menuju ke kaki basis tr input inverting. Pada pcb power ocl 150w ini, nilai R btl aslinya adalah 30K. Cuma kadang kita kesulitan cari nilai R 30K ini, maka boleh menggunakan R  33K sebagai penggantinya. Sama seperti cara sebelumnya, jalur power yang inputnya digroundkan akan jadi out negatif (-) dan input power yang tidak digroundkan akan jadi out positif (+). Pada power sebelah kiri dapat kita lihat R 33K konek ke kaki basis tr input. Kemudian jalur R 33K konek ke power sebelah kanan pada jalur out speaker. Maka dalam hal ini, power sebelah kiri akan jadi out speaker negatif (-) dan power sebelah kanan akan jadi out speaker positif (+). Untuk koneksi speaker sudah tidak lagi menggunakan ground, melainkan menggunakan kedua output power tersebut yang sudah kita tandai positif dan negatifnya. Gambar berikutnya adalah cara btl power ocl 150w pakai kit btl.


Bisa Anda lihat gambar diatas. Jalur output dari kit btl masuk ke input kedua power. Untuk mengetahui mana output positif dan negatifnya, maka harus tahu dulu jalur dari rangkaian kit btlnya. Agar bisa kita ketahui mana input non inverting dan invertingnya. Secara singkat dapat saya jelaskan bahwa dalam ic kit btl terdapat dua penguat op amp. Nah kedua penguat op amp inilah yang nantinya dijadikan output positif dan negatifnya. Setiap penguat op amp mempunyai dua input yaitu non inverting input dan inverting input. Penguat op amp yang non invertingnya dipakai akan jadi out positif (+) dan penguat op amp yang invertingnya dipakai akan jadi out negatif (-). Sehingga jika kita lihat gambar diatas, bahwa power sebelah kiri jadi out negatif (-) dan power sebelah kanan jadi out posistif (+). Untuk jalur supply tegangan kit btl bisa Anda ikutkan pada jalur tegangan supply power. Jadi perlu dipahami, bahwa meskipun power sudah di btl, tetap akan ada out positif dan negatifnya, sama seperti powernya biasa. Cuma bedanya out power btl tidak menggunakan ground sebagai out negatif, tapi menggunakan out power sebagai negatifnya.

Apa kelebihan dan kekurangan dari kedua cara diatas adalah jika pakai kit btl kemungkinan suara yang dihasilkan akan sedikit lebih keras, dibandingkan tidak pakai kit btl. Kemungkinan karena penguatan dari ic op ampnya. Kit btl butuh supply, tapi dari segi pemasangan lebih praktis dan mudah dibanding btl pakai R btl yang harus otak-atik powernya dulu. Mana yang harus dipilih? Sesuai selera masing-masing. Secara garis besar sih enak pakai kit btl, tapi dari segi ekonomis enak pakai R btl. Gak butuh biaya banyak he..he.. Semoga bermanfaat.

49 comments:

  1. itu untuk R30K YG DI PCB bawaan di lepas apa nggak gan..

    ReplyDelete
  2. Postingannya Sangat membantu, terimakasih dan salam sehat selalu lurr...

    ReplyDelete
  3. Mas saya mau btl ocl 150watt stereo dengan kit btl beli jadi, nama tulisan di kardus/boxnya "FILTER BTL Merubah mono menjadi stereo", produk dari Ranic type 591,apakah benar kitnya itu?

    2). Terus untuk jalurnya gmn mas, kan R btl konek ke R input OCl dan L btl konek ke L input OCL, nah untuk jalur speakernya (-)konek ke kmana, (+) konek kmana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul mas.

      Koneksi inputnya sudah benar. Untuk koneksi output speaker jalur speaker (-) konek ke out power L dan jalur speaker (+) konek ke out power R.

      Jadi koneksi jalur speaker tanpa gnd lagi mas.

      Delete
    2. Untuk speaker apakah aman maen di 4 ohm, katanya kalo di btl impedansi speaker 8ohm maka akan terbaca 4 ohm di power yg sudah di btl, apakah benar mas?

      Delete
    3. Aman mas.

      Kemungkinan ya mas. Karena power btl outputnya lebih besar. Jadi harus hati-hati untuk koneksi speakernya.

      Delete
    4. Sebelum di btl power amplifiernya yg chanel L 100w R 100w, nah kalo di btl kira-kira jadi berapa watt mas outputnya

      Delete
    5. Ya kurang lebih jadi 2x lipat watt aslinya. Sekitar 200w mas.

      Delete
    6. Saya udh rakit kit btl dan juga speaker protektor sesuai dengan petunjuk mas bahar, pokoknya jalur pengkabelan udh sesuai mas, tapi kenapa ga idup ya (ga ada suara sama sekali, suara kresek ke, suara dengung ke,,, ga ada sama sekali), kira-kira apanya ya mas?

      Delete
    7. Kit filternya apakah sudah diberi supply tegangan? Untuk cek input power, coba sentuh input power pada masing-masing power. Jika power normal, maka akan keluar suara dreeettt.... pada saat input disentuh. Jika tidak keluar suara, maka power belum bekerja.

      Delete
    8. Kit filter btl udh sya kasih tegangan

      Delete
    9. Coba speaker protektornya dilepas dulu. Konek out power langsung ke speaker.

      Delete
  4. Aman gak mas kalau pada input kit amplifier mono, mau saya colokin input stereo dgn cara input stereo LR saya gabung pakai R 10K 2 buah saya jadi kan 1 pada ujungnya dan saya sambung ke input mono tadi?
    Satu lagi mas, saya punya ampli 18 watt jaman dulu hehe karena sudah saya beli lebih dari 10 tahun yang lalu dan sekarang cuma saya ganti pcbnya saja untuk komponen masih sama belum saya ganti sejak saya beli jadi di tokonya, hanya elko di psu yg saya ganti dulu lupa ukuran berapa, sekarang diganti pake 4700uf/50v kalau dimatikan amplinya bunyi brebebeet ya mas. Tapi yang saya tanyakan kan di pcb kit ampli 18 watt sudah terpasang psu nya (dioda bridge dan elko) tingggal sambung ke trafo 2A pake 12v ct 12v. Tapi sekarang saya modif psunya dr trafo 2A 15v ct ke input kit psu (yg LM8715 beli jadi) 15volt ct pake ic reg LM8715 dan output ke kit ampli 15vdc aman gak mas? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Aman mas.

      2. Tegangan untuk ampli 18W, kalau gak salah pakai ic LA4440 itu pakai supply 12v. Tapi kalau dilihat di datasheet ic tersebut bisa disupply maksimal sampai 18vdc. Jadi gak masalah jika disupply tegangan 15vdc mas. Aman.

      Delete
    2. Terima kasih mas. Semoga ilmunya bermanfaat..

      Delete
  5. kalau amplifier 18watt ic LA4440 bisa di BTL gal mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya gimana mas, kitnya kan stereo jadi satu dalam pcb?

      Delete
    2. Kalau di btl, nanti powernya jadi mono mas. Silahkan download dulu gambar datasheet ic la4440. Nanti cari pin inverting inputnya antara channel L dan R nya. Kemudian rangkai sistem btl pakai resistor dengan menambah R feedback dari channel L, kemudian masuk ke inverting input channel R.

      Mungkin kalau pakai gambar lebih gampang ya, tapi dikoment belum bisa ngirim gambar he..he..

      Delete
  6. Iya tujuan saya biar mono tapi daya amplifier bertambah karena cuma speaker 1 buah merek ACR 6inc 60watt max. Seharusnya pihak google menambah fitur komen pake gambar hehe,tapi ya sudah. Saya coba dulu saran mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ada sih mas plugin untuk menambah gambar di koment, tapi saya belum bisa pasangnya di blog he..he.. Tapi kalau bawaan blogger asli memang belum bisa kirim gambar lewat koment.

      Nanti coba di compare sama postingan saya cara btl power ampli. Nanti lihat cara btl power pakai resistor. Kemudian lihat dan amati koneksi R btlnya, lalu diterapkan di ic la4440.

      Delete
  7. Kalau diizinkan bisa kirim nomor WA mas ke email saya rnshlqn@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalau ada waktu gambar bisa saya kirim lewat email. Oh ya untuk ngirim gambar bisa lewat halaman contact di blog ini mas. Nanti bisa langsung masuk ke email saya.

      Delete
  8. Yang digabung pake R BTL apakah pada pin 7 dan 12 mas di LA4440?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah dapat gambarnya mas. Coba koment di halaman contact blog ini. Nanti saya kirim gambarnya lewat email.

      Delete
    2. Belum masuk mas. Coba lagi, mungkin ada yang salah ketik.

      Delete
  9. Sudah terkirim mas..sudah saya kasih nama Rian Sholiqin, email rnshlqn@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mohon maaf mas, ternyata masuk ke folder spam. Sudah saya kirim gambarnya.

      Delete
  10. untuk -+ speaker apakah boleh terbolak balik mas..
    dan apakah tr final gak cepet panas klo di btl?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya gak boleh mas. Karena output pada power btl juga ada kutub positif dan negatifnya. Sudah saya posting untuk masalah ini.

      Kalau tr final cepat panas, tergantung powernya. Ada juga yang gak panas dan ada juga yang panas. Itu normal menurut saya. Tinggal perbesar pendingin dan tambah kipas atau fan, untuk mengurangi panas dari tr finalnya.

      Delete
  11. Apa semua driver klw pakek R btl di sambung ke transistor inverter yg jalur ke speker seperti di atas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas. Untuk memasukkan sumber suara invertingnya mas. Agar jadi output negatif di out speakernya.

      Delete
    2. Oh iya R Btl Itu R Gain ta master???

      Delete
    3. Bukan, tapi R feedback mas.

      Delete
  12. Sip gampang di mengerti makasih bang
    Salam satu solder

    ReplyDelete
  13. Mas bahar stting dco power btl gmn..?
    Sebelum di Btl apa sesudah Btl????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keduanya mas. Sebelum di btl dan sesudah di btl.

      Delete
    2. Terimakasih banyak ilmunya mas bahar.....

      Delete
    3. Saya pakek PA Tef ternyata setalah BTL dco turun sebelah

      Delete
    4. Gak masalah mas, itu wajar, karena efek di btl tersebut. Asal dco tidak naik terlalu tinggi. Tapi menurut saya tidak akan banyak mempengaruhi dco, jika power di btl. Jadi gak masalah.

      Delete
    5. Turun -0.80 sekala 200mv yg turun di out spiker + malah
      Btl pkek Ic

      Delete
    6. Gak masalah, dco masih normal mas. Memang akan sulit mendapatkan dco 0 volt. Tapi jika hasil segitu pakai skala 200mv, itu sudah bagus.

      Delete
    7. Makasih mas bahar semoga diberi kesehatan san sukses selalu amin

      Delete
  14. Saya bingung sebenernya R input R gain itu yg mana

    Tolong bikinkan Artikelnya. Klw bisa mengenal skema driver

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik mas. Nanti kalau ada waktu akan saya bahas di postingan.

      Delete