Cara Paralel TR Final Power Safari 400W

Lanjut artikel ringan bagaimana cara paralel tr final pada power safari 400w. Bagi yang sudah pengalaman sih mungkin gak jadi masalah untuk memparalel tr final pakai jenis power apapun. Tapi bagi yang belum tahu cara paralel tr final pada power tertentu, juga akan kebingungan bagaimana cara paralelnya? Sama dengan kasus paralel tr final pada power ocl, yaitu pemasangan paralel tr final pada pcb power 400w yang sudah dilengkapi tr final pada pcbnya. Nah disini kadang bingung cara paralelnya bagaimana? Ada dua jenis pcb power safari 400w, yaitu jenis pcb power yang tidak dilengkapi dengan tr final dan jenis pcb power yang sudah dilengkapi dengan tr final. Kedua jenis pcb ini akan saya bahas disini. Simak lebih lanjut.

Tujuan memparalel tr final adalah untuk mendapatkan daya watt power lebih besar. Sehingga mampu untuk meningkatkan kemampuan power untuk menghandle speaker dengan lebih kuat dan stabil. Sebenarnya cara paralel pada semua power caranya sama saja, cuma yang bikin bingung adalah jenis pcb dan koneksi pada tr finalnya. Ada dua jenis pcb power yaitu pcb power yang tidak dilengkapi tr final dan jenis pcb power yang sudah dilengkapi dengan tr final. Kedua jenis pcb ini sebenarnya cara paralelnya sama saja. Tapi bagi yang belum pengalaman akan bingung melihatnya he..he.. Untuk tr final Anda bisa pakai jenis tr sanken atau tr toshiba. Tapi pada contoh nanti hanya saya sertakan yang paralel tr final pakai sanken. Untuk paralel dengan tr toshiba, menurut saya sama saja, karena posisi kaki BCE nya sama. Maka jika ingin menggantinya dengan tr toshiba, tinggal ganti saja tr finalnya dengan tr toshiba tanpa ada perubahan koneksi.

Berikut adalah contoh koneksi paralel tr final menggunakan pcb power yang tidak dilengkapi dengan tempat tr final pada pcbnya. Jenis pcb ini termasuk pcb generasi awal power safari 400w. Kemudian muncul pcb versi lainnya.


Anda bisa lihat gambar diatas koneksi paralel tr final sanken sebanyak 4 set. Anda juga bisa memparalel tr final lebih dari gambar diatas. Pada pcb tidak dilengakapi dengan tempat tr final, hanya ada pin dengan kode A, B, C dan koneksi tegangan supply dan ground. Nah ini bagi orang awam akan bingung, cara koneksinya bagaimana he..he.. Gak ada keterangannya. Berikut keterangannya.

Untuk pin A = Adalah jalur input basis tr final (+), yaitu kaki basis tr sanken seri 2SC2922. Atau kalau tr toshiba kaki basis tr seri 2SC5200.

Untuk pin B = Adalah jalur output speaker dan juga jalur semua kaki emitor tr sanken, setelah melewati R kapur.

Untuk pin C = Adalah jalur input basis tr final (-) yaitu kaki basis tr sanken seri 2SA1216. Atau jika pakai tr toshiba kaki basis tr seri 2SA1943.

Gambar berikutnya adalah paralel tr final pada pcb power yang sudah dilengkapi tr final pada pcbnya. Jadi pada pcb power sudah disediakan tempat untuk tr final yang dapat dipasang langsung pada pcb, sehingga dapat lebih praktis dan tanpa kabel, jika dipasang pada pendingin atau heatshink. Nah dalam kondisi seperti ini, tr final nempel pada pcb, bisa tidak tr finalnya diparalel? Kalau bisa, caranya bagaimana? Jawab, bisa diparalel. Caranya silahkan lihat gambar dibawah ini.


Silahkan lihat gambar diatas. Caranya cukup mudah, Anda tinggal koneksi saja atau paralel kaki basis tr final pada pcb, kemudian konek pada gabungan kaki basis tr final, setelah melewati R 10 ohm. Kemudian kaki colector tinggal konek saja pada supply tegangan masing-masing. Untuk kaki colector tr sanken 2SC2922, konek ke supply tegangan positif (+). Untuk kaki colector tr sanken 2SA1216, konek ke supply tegangan negatif (-). Kemudian untuk gabungan kaki emitor setelah melewati R kapur, konek ke out speaker di pcb. Bagaimana mudah bukan?

UPDATE !
Sepertinya ada yang kurang nih he..he.. Bagaimana jika pakai tr final toshiba 2SC5200 dan 2SA1943, cara paralelnya bagaimana mas? Karena jenis tr final toshiba ini banyak juga yang pakai untuk power amplifier, maka tidak salahnya saya buatkan juga cara paralelnya. Berikut gambar koneksinya dibawah ini. Sebenarnya caranya sama saja kok dengan paralel tr final sanken. Tapi supaya lebih jelas, berikut gambar koneksi paralel tr final toshiba pada power safari 400w.


Untuk gambar koneksi no.2 yaitu jika Anda pakai pcb power yang sudah dilengkapi tempat tr final, Anda bisa memilih untuk tetap memasang tr final pada pcb atau bisa juga Anda melepasnya dan mengganti paralel tr finalnya di luar pcb.

UPDATE!
Ada yang bertanya lewat komentar blok, cara paralel tr final pada pcb power safari 400w versi jumbo? Memang banyak sekali macam atau model pcb power safari 400w ini, salah satunya adalah pcb power safari versi jumbo. Sebenarnya sama saja dengan pcb power safari lainnya, cuma ada perbedaan di posisi peletakan komponennya saja. Berikut cara cara paralel tr final pada pcb power safari versi jumbo.


Silahkan lihat gambar koneksi paralel tr final pada pcb power safari versi jumbo. Ada beberapa titik point yang digunakan sebagai jalur tr final, jalur supply tegangan dan jalur out speaker. Dari beberapa titik point tersebut ada beberapa rekan yang belum memahami fungsinya dan koneksinya kemana? Berikut saya sertakan fungsi dan jalur titik point tersebut.

  • To B.NPN= adalah jalur yang menuju kaki basis tr final NPN atau kaki basis tr sanken 2SC2922. Anda juga bisa menggunakan tr final Toshiba C5200.
  • To B.PNP= adalah jalur yang menuju kaki basis tr final PNP atau kaki basis tr sanken 2SA1216. Anda juga bisa menggunakan tr final Toshiba A1943.
  • SP= adalah jalur yang menuju kaki emitor tr final NPN dan PNP setelah melewati R kapur. Juga sebagai jalur out (+) speaker.
  • SP GND= adalah jalur ground speaker atau jalur out (-) speaker.
  • (+)= adalah jalur tegangan supply positif (+) dan jalur yang menuju kaki colektor tr final NPN atau menuju kaki colektor tr sanken 2SC2922.
  • (-)= adalah jalur tegangan supply negatif (-) dan jalur yang menuju kaki colektor tr final PNP atau menuju kaki colektor tr sanken 2SA1216.
  • (CT)= adalah jalur yang menuju CT elco supply dan ground.

Semoga dengan sedikit gambar koneksi diatas, dapat memberikan pencerahan dan membantu Anda untuk bisa memparalel tr final pada macam-macam jenis pcb power safari 400w. Dan harapannya Anda juga bisa memparalel tr final pakai power jenis lainnya, tanpa bingung lagi he..he.. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. mas mau nanya kalau drivery di PCB elcoy tertera 35v kalau dikasih tegangan 46 v kira2 aman g, atau elcoy jebol di drivery atau final jg rusak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat dulu posisi elconya dimana? Tapi lebih baik diganti saja pakai elco yang 50v mas.

      Elco 35v, gak kuat dikasih tegangan 46v. Bisa pecah elconya. Tr final sih aman. Selama elco meletusnya gak short he..he..

      Jadi lebih ganti saja mas elconya pakai elco yang 50v semua. Agar aman.

      Delete
  2. kl power safari bisa jg di TEF mas...kl bisa di buat artikely dong biar lengkap.kl perlu yg modifan fersi mas bahar..mas kl hy power saja tanpa akcecoris suaranya memang kurang nyaring ya mas..kecuali ditambah semacam glaxy atau turbo bass...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Siap.
      Ya kurang mas. Karena suara masih asli belum ada penambahan aksesoris.

      Kalau ditambah galaxi atau turbo bass, maka nada bass dan treble akan diboost. Sehingga suara terdengar lebih jooss dan nyaring he..he..

      Delete
  3. mas kalau dikasih TC kok suaray kurang los ya pa karna dikasih resistor 10k ya...tapi kl dikasih galaxy suaray loss..kl dikasih mixer pa perlu TC lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa kok pakai R 10K mas? Dipasang dimana? Jelas kalau ditambah galaxi suara akan lebih keras.

      Mixer kan sama dengan TC. Sebenarnya bisa saja tc gak dilepas, tapi pengaturan kan jadi ribet. Ada bass tc dan ada bass mixer.

      Tapi kalau menurut Anda gak ribet, pemasangan mixer boleh digandeng sama tc. Suaranya lebih enak, karena dobel pengaturan. Tapi ingat, jangan sampai over ya suaranya.

      Kalau suaranya jadi over, maka lebih baik tc dilepas saja.

      Delete
  4. kalau driver diTEF keuntungany apa mas..pa suaray akan lebih nyaring dan enak sebelum diTEF..pa nnt suaray g over..kl drivery tip 31 32 nnt kl ditef baiky pakai tip 41 42 apa tip 3055 2955...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daya dorong tr final lebih kuat. Suara lebih anteng. Suara tetap, gak berubah.

      Ya gak over mas. Asal disesuaikan dengan kebutuhan.

      Tr driver 1 dan driver 2 harus setingkat lebih tinggi. Misal driver 1 pakai TIP31/32, maka driver 2 pakai TIP3055/2955.

      Delete
  5. Itu npn dan pnp nggak kebalik??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak mas, sudah saya cek, betul semua kok mas.

      Gambar yang nomor berapa yang kebalik mas? Nanti saya koreksi lagi.

      Delete
  6. Mas minta no WA nya donk...saya dari jakarta barat

    ReplyDelete
  7. mas kl tr driver 31/32 trs penguat 3055/2955 dan final sanken 2922/1216 ini termasuk 2 tingkat apa 3..trs kl volume kecil sktr jam 8 finaly normal tapi setelah dibesarin arah jam 9 finaly mulai hanget..itu knp mas pa kurang finaly..sebelum diTEF normal g hanget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau komposisi tr nya seperti itu, berarti itu power 3 tingkat atau TEF.

      Ya itu normal mas, kalau hangat saja. Wajar pendorongnya lebih besar.

      Delete
  8. mas kl sub 12" py mobil 1000 w itu perlu suply dan ampere brp!biar bisa buat disetel dirumah..kl speker sub itu bisa bunyi seperti woofer g kl pakai power biasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai power biasa saja, supply ct 32v trafo 10A. Bisa bunyi seperti woofer, tapi lebih empuk suaranya he..he..

      Delete
  9. Mas bahar klo kit ocl yang,, suda ada tr finalnya cma 1 set.. apa mampu kit oclnya, jika di tambah tr final. Dan di kasi tegangan besar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampu mas. Kalau disupply tegangan besar, dilihat dulu tr finalnya pakai apa? Kalau pakai jengkol TIP hanya mampu mentok pakai tegangan ct 32v dari trafo.

      Delete
  10. Di kota aq.. Kit driver ga byk pilihan.
    Disini ada ada jual kit ocl mono 1 set sanken. Klo misalkan kit ocl kecil itu aq tambahan tr final ampe 5 set. Apa bisa maksimal.

    Terus numpang tanya pengalaman mas. Kit driver yg hemat arus tp daya dorong kuat. Itu kit merek apa..

    Aq bisa inbox di fb nga mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa maksimal, asal didukung juga dengan daya Amper trafo yang mencukupi. Untuk 5 set sanken, minimal pakai trafo 10A.

      Tergantung kebutuhan untuk apa bass, atau middle. Atau seimbang. Menurut yang pernah saya coba ada 2 yang hemat arus, yaitu power safari 400w dan power gajah pakai ic 741. Ya yang namanya irit daya, tendangan bassnya biasa.

      Bisa mas.

      Delete
  11. Terimakasih mass.. Trafo memang sudah ada 10 amper.... Makanya aq mau paralel final banyk..

    Makasi mass.. Berarti semua tergantung arus.. Arus bagus suara glerr..

    Ok mas

    ReplyDelete
  12. Kalo yg versi jumbo tr final pss dmn bang. BCE atur nuwnu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya update gambarnya di posting ini, silahkan lihat kembali.

      Delete
  13. Mas driver socl 506 kan 500watt, nah kalo hanya untuk 1 set transistor toshiba kira2 gmna menurut mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak masalah mas. Cuma kemampuan daya waatnya gak sampai 500w. Kalau cuma pakai 1 set toshiba paling cuma 150w.

      Delete
    2. Kalo untuk 1set atau 2 set tr tosiba lebih bagus make yg ocl 150watt atau socl 506?

      Delete
    3. Ya kalau masalah driver, bagus yang socl 506 mas.

      Delete
  14. Mas bahar mau tanya kalau tr final sanken trdpt code 29p diganti pasangan yg 27y bisa apa tidak dan apakah bisa code 29p/27p dan 5dy di pararel dan pengaruhnya apa mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kode lot produksi mas. Kode produksi pembuatan komponen tersebut. Harusnya sih tidak masalah, karena spesifikasinya sama, cuma beda lot produksi saja. Seumpama barang itu ada yang dibuat tahun lalu dan sekarang. Ya memang mungkin saja ada perbedaan sedikit komposisi didalamnya. Tapi kita tidak tahu, yang tahu adalah pabrik pembuatnya. Jadi kesimpulannya gak masalah diganti pakai no lot 27y. Asal no seri transistornya sama. Misal tr C2922 29p diganti pakai C2922 27y ini gak masalah. Karena masih satu nomor seri, cuma beda no lot saja. Yang gak boleh jika diganti pakai beda nomer seri, misal diganti pakai C3858, ini jelas beda spesifikasi.

      Untuk kode lot produksi 5dy, biasanya toko elektronik menggolongkan tr sanken yang kualitasnya paling bawah atau murah. Untuk yang 5dy, kalau bisa tidak dicampur dengan no lot 29p dan 27y. Karena transistor no lot 5dy kebanyakan tidak kuat untuk high voltage, tegangan diatas 42vdc. Ya ini menurut saya sih he..he.. jadi golongkan yang 5dy sendiri untuk low voltage dan 29p/27y untuk high voltage.

      Delete
  15. Misi mas,pralel 2 tr,power sanken sanken 400 wat,Koksuaranya jd serak y,gmana cara memperbaikinya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah betul tidak cara paralelnya. Pastikan pemasangannya benar. Koneksinya kaki basis konek ke kaki basis, colector konek ke colector, emitor konek ke emitor

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led