Problem Suara IC LV1116N TV LG Flatron

Beberapa hari yang lalu dapat kerjaan tv lg flatron dengan problem suara kadang kresek-kresek, suara tiba-tiba keras sendiri dan kemudian suara mati. Problem suara ini muncul setelah tv dinyalakan beberapa menit, sekitar 10-15 menit, baru muncul masalah suara. Problem pertama suara tiba-tiba kresek-kresek boso jowone gembrodok, kemudian suara mati sendiri. Jika tv dimatikan dan dinyalakan lagi, maka problem akan muncul berulang. Anehnya ketika tv dalam kondisi dingin dan dinyalakan pertama kali, problem ini tidak muncul. Selang beberapa menit, baru muncul. Setelah problem muncul, maka problem suara akan tetap muncul meskipun tv dimatikan dan dinyalakan kembali.

Kasus problem suara seperti ini pernah saya alami dulu, pada saat memperbaiki tv lg flatron dengan problem suara juga, tapi beda gejala. Gejala yang muncul yaitu suara langsung keras, pada saat volume hanya satu strip dan kadang juga hilang. Setelah saya browsing, ternyata problem suara seperti diatas disebabkan masalah pada ic LV1116N. Ic ini berfungsi sebagai prosessor suara, untuk mengolah suara biasa menjadi surround, kontrol bass, treble, dll. Jadi pusat pengolahan suara ada disini, sebelum masuk input power amplifier. Sayangnya ic LV1116N kadang mengalami kerusakan dengan gejala seperti diatas, tapi spare part komponennya sulit didapatkan. Dan harus lewat dealer resmi tv tersebut. Sekarang malah tambah susah, karena dealer resmi sudah tidak lagi menjual komponen spare part, kecuali dengan syarat yaitu unit tv harus dibawa ke dealer service resmi untuk diperbaiki disana. Jikalau pun ada dipasaran, kebanyakan kualitas icnya kurang bagus. Sehingga ic mudah rusak dan kadang suara tidak bunyi, bahkan kadang suara tidak bisa dikecilkan.


Ic LV1116N merupakan ic prosessor stereo yang dipakai pada perangkat tv. Tidak semua tv LG menggunakan ic ini. Jadi gejala timbul, jika memang menggunakan ic ini. Berikut fungsi dan bagian-bagian dalam ic ini adalah:
1. Audio In stereo switch untuk memilih TV-AV1-AV2 (audio input pin 2/35, 3/34, 4/33)
2. Audio Out (pin 5/32) yang disambung ke external audio out.
3. Prosessor Pseudo stereo. Fungsi untuk membuat suara mono menjadi stereo.
4. Prosessor analog surround.
5. Kontrol volume.
6. kontrol mute.
7. Semua fungsi diatas dikontrol melalui pin SDA/SCL (pin19/20) oleh mikrokontrol.
8. Mempunyai dua supply vcc. Yaitu bagian digital pin 15 (5v) dan audio analog pin 17 (9v).
9. Pin 14/23 adalah pin audio ouput yang disambung ke input ic audio amplifier.

Diantara tanda atau gejala jika ic LV1116N mengalami problem atau rusak adalah:
1. Tidak ada suara sama sekali.
2. Suara kadang hilang timbul.
3. Suara kadang pelan dan keras sendiri.

Dengan berbagai masalah diatas, maka jalan terbaik yang bisa dipakai adalah memodifikasi ic ini agar suara bisa normal kembali. Dari hasil browsing saya dapatkan ada 3 trik untuk modifikasi ic ini, yaitu:
1. TRIK PASANG POT VOLUME IC LV1116N
2. TRIK TAHAN TEGANGAN 9V IC LV116N
3. TRIK DAN JUMPER IC LV1116N

Ketiga cara diatas bisa dipakai. Silahkan disesuaikan saja dengan keadaan dan kondisi dilapangan, cara mana yang paling mudah untuk dilakukan?

1. TRIK PASANG POT VOLUME IC LV1116N
Trik pertama yaitu dengan menambahkan potensio volume untuk mengatur volume suara tv. Cara ini terbilang paling mudah dilakukan, karena kita tidak perlu masuk service mode untuk merubah pengaturan. Tinggal potong beberapa jalur dan koneksi menggunakan potensionya. Kekurangannya adalah pengaturan volume tv akan jadi manual menggunakan potensio. Sehingga potensio harus dimunculkan pada panel bagian depan tv. Sehingga membuat penampilan sedikit kurang menarik dan mirip tv jaman dulu he..he.. Tapi gak masalah, cara ini dijamin berhasil, yang penting  volume suara dapat kita atur dan problem suara hilang. Berikut gambar cara pasang potensio volume ic LV1116N.


Bisa dilihat gambar diatas. Potong dulu jalur pada pin 14 dan 23, kemudian gabungkan jadi satu masuk kaki potensio tengah. Kemudian gabung jalur pada pin 2 dan 35 masuk kaki potensio sebelah kanan. Untuk kaki potensio sebelah kiri konek ke jalur ground tv. Atau bisa konek ke pin no.1 ic LV1116N.

2. TRIK TAHAN TEGANGAN 9V IC LV1116N
Cara ini bisa dibilang kadang berhasil dan kadang tidak, tergantung tingkat kerusakan dari ic lv1116N parah atau tidak. Jika kerusakan ic tidak terlalu parah, maka cara ini bisa dilakukan dan suara akan kembali normal, problem suara juga akan hilang. Tapi ingat ya.. Cara ini kadang berhasil dan kadang tidak. Tujuan menahan tegangan vcc 9 volt pada ic ini adalah agar tegangan supply pada ic ini bisa diturunkan menjadi sekitar 5-8 volt. Dan diharapkan dengan menurunnya tegangan vcc ini, maka ic LV1116N bisa lebih dingin dan bisa kembali bekerja normal. Ya mungkin agak gak masuk akal, tapi cara ini perlu dicoba he..he.. Berikut gambar cara menahan tegangan vcc 9 volt ic LV1116N.


Silahkan lihat gambar diatas. Teknik untuk menahan tegangan  vcc ini bisa dimulai dari jalur pin no.17. Pin ini sebagai VCC untuk supply tegangan audio analog. Ya memang ada supply tegangan lainnya yaitu supply tegangan 5v untuk supply tegangan audio digital, tapi tidak kita rubah pada jalur ini. Cukup kita rubah pada jalur pin no.17 saja. Disitu kita cukup potong jalurnya, kemudian sambung kembali pakai Resistor 100 ohm. Cara ini juga cukup mudah, karena kita cukup memberi tahanan R 100 ohm pada jalur vcc ic LV1116N. Tidak perlu masuk sermod dan tambah komponen. Tapi cara ini kadang berhasil dan kadang tidak. Jika tidak berhasil, lanjut pakai trik ketiga.

3. TRIK DAN JUMPER IC LV1116N
Trik ketiga ini adalah final dan harusnya bisa menggunakan cara ini. Namun jika Anda pakai cara ketiga ini, kita harus bisa masuk servive mode dulu, setelah selesai menjumper. Untuk merubah parameter SND MODE=1 menjadi SND MODE=0. Perubahan ini untuk merubah mode stereo menjadi mono dan agar volume suara dapat diatur lewat remote dan tv. Kekurangan dari cara ini adalah semua setingan bass, treble, surround pada menu, tidak bisa digunakan lagi, karena suara sudah di baypass langsung lewat power amplifier. Tapi dari segi keuntungannya adalah pengaturan volume suara tetap bisa diatur lewat remote dan tv. Jika parameter SND MODE tidak dirubah, maka suara akan langsung keras dan tidak bisa dikecilkan lewat remote dan tv. Maka perubahan parameter ini adalah wajib, jika Anda melakukan cara ini. Berikut cara trik dan jumper ic LV1116N.


Silahkan lihat gambar diatas. Potong dahulu jalur pada pin no.14 dan 23. Kemudian gabungkan pin no.2 dan 35 dan jalur pada pin no.14 dan 23. Setelah selesai menjumper, masuk service mode dengan cara tekan tahan MENU di tv, lalu tekan tahan MENU di remote selama 3 detik. Setelah masuk sermod, tekan MENU di remote berulang-ulang sampai muncul tulisan SND MODE=1 stereo. Ubah parameter tersebut menjadi SND MODE=0 mono. Setelah selesai tekan MUTE di remote 1x dan matikan tv. Jika gak ada tombol MUTE, maka setelah merubah parameter, bisa langsung matikan tv lewat remote, kemudian nyalakan lagi. Jika hasil perubahan parameter sermod berhasil, maka suara sudah bisa bunyi normal dan bisa diatur lewat remote dan tv. Berikut tampilan sermod posisi SND MODE sebelum dan sesudah perubahan parameter.


Gambar diatas adalah posisi sermod sebelum parameter SND MODE dirubah. Terlihat posisi SND MODE masih berada posisi angka 1 AV ST. Yang harus dilakukan adalah merubah nilai angka ini menjadi 0. Berikut gambar perubahan sermodnya dibawah ini.


Gambar diatas posisi parameter SND MODE sudah dirubah nilainya menjadi 0 MONO. Setelan sermod sudah selesai. Tinggal matikan tv lewat remote dan nyalakan kembali. Maka hasil suara akan kembali normal dan volume suara dapat diatur lewat remote dan tv.

Perlu diperhatikan bahwa perubahan parameter SND MODE pada tv LG ini akan menghilangkan fungsi surround mode dan pengaturan bass, treble tidak berfungsi. Karena fungsi ic LV1116N ini sudah di off kan. Tapi fungsi pengaturan volume suara masih bisa berfungsi dengan baik. Jadi jika Anda mau melakukan perubahan diatas, harap konfirmasi dulu pada yang punya tv, apakah mau jika ada perubahan seperti diatas? Jika yang punya tv menyetujuinya, maka modifikasi pun bisa dilakukan. Mengingat komponen ic LV1116N juga sulit didapatkan, maka pertimbangan modifikasi ic LV1116N ini bisa jadi pertimbangan he..he.. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Manatap,detil sekali penjelasanya gan sangat membantu buat orang orang seperti saya yang pengetahuanya di bidang servis tv bisa di bilang amatiran.

    ReplyDelete
  2. Trmakasih gan, sya coba yang nmr 2 berhasil. Sya ga bisa beri apa2 tpi smoga Tuhan memudahkan rezkinya

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Terserah. Boleh pakai pot 10K, 20K, 50K, atau 100K juga boleh. Gak masalah.

      Delete
  4. LG Flatron 21" ..suara awal normal setelah beberapa menit mengecil dan hilang...coba trik yang kedua..TRIK TAHAN TEGANGAN 9V IC LV1116N..berhubung stok resistor yang ada tinggal 220 ohm 1/2watt..2 buah resistor 220ohm saya pasang secara paralel...tegangan yang masuk ke pin 17 terukur menjadi 4,8V yang semula dikisaran 8V ...suara normal kembali...semoga awet dan bisa bertahan lama..terimakasih informasinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sama-sama mas. Jika masih kambuh, bisa coba trik ketiga.

      Delete
  5. untuk pengguna receiver apa bisa ya min keluar suara dgn menggunakan trik yang ke 3/2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau receivernya menggunakan nomer seri ic yang sama yaitu LV1116N, maka bisa menggunakan trik 2 atau 3. Karena fungsi dari ic tersebut adalah sama mengolah suara. Menjumper ic tersebut sama saja dengan membaypas suara langsung tanpa lewat pengolah suara.

      Mungkin nanti hasilnya ada problem masalah di volomenya. Kalau di tv bisa dirubah lewat service mode. Kalau di receiver belum tahu, apakah hasilnya bisa sama dengan di tv? Dicoba saja.

      Jika tetap tidak bisa, maka jalan terakhir bisa coba pakai trik 1, yaitu dengan menambahkan potensio volume sendiri. Jika memang nanti hasilnya volume tidak bisa dikontrol lewat remote.

      Delete
  6. asalamualaikum om bahar.. saya jugak mengeluhkan TV LG Turbo.. problem suara ngorok apakah bisa di jumper seperti itu Tapi ini gak pakek IC LV1116. melainkan pake IC TDA9859 gimana solusinya om bahar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Mestinya bisa mas. Karena ic TDA9859 itu juga sama ic Audio Processor. Tinggal dilihat saja data pin ic TDA9859, kemudian jumper langsung di jalur input dan outputnya. Yang jelas beda cara jumpernya dengan ic LV1116N diatas. Karena beda data pinnya.

      Delete
  7. Tv tabung lg golden eye II suara lngsung keras ketika dhidupkan, setting factory nya angka apa ja yg perlu drubah, mohon infonya...mksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin masalah di audio di bagian processor suara. Saya belum pernah menemui kasus itu, jadi belum tahu solusinya. Menurut saya bukan karena masalah factory.

      Delete
  8. Kalo suara tb nya ada suara meledak ledak knapa ya om type LG 21FC1AG

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi ic LV1116N nya juga kena. Coba cek saja, apakah ada ic LV1116N. Jika memang ada, maka perlu dilakukan percobaan seperti diatas.

      Delete
  9. Bang saya sudah lakukan modif seperti it...tp suara tetep tidak ada...saya main jamper boss...solusinya gmna boss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dirubah dulu sermodnya mas. Ada dibagian akhir postingan.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led