Saturday, April 29, 2017

CARA MEMBUAT CHARGER AKI MOTOR MENGGUNAKAN TRAFO 5A

Next posting kali ini adalah cara membuat rangkaian charger aki motor menggunakan trafo 5A. Mungkin sudah banyak yang tahu caranya. Rangkaian ini adalah yang paling sederhana, karena tidak membutuhkan banyak komponen. Hanya menggunakan beberapa diode saja sebagai penyearah dan sebuah trafo 5A. Ini juga sebagai jawaban dari rekan kita yang bertanya lewat g+, menanyakan cara membuat charger aki kering motornya, yang kebetulan lagi tekor katanya he..he.. Simak lebih lanjut ya.

Jika anda kebetulan punya aki atau accu sepeda motor yang drop atau tekor, mungkin bisa dicoba di charger dulu, siapa tahu masih bisa digunakan lagi. Menurut saya alat charger aki ini penting, jika kebetulan aki kita  lagi drop atau tekor, maka kita bisa mencharge nya sendiri he..he.. Jadi lebih hematkan, daripada dibawa ketempat cas aki. Rangkaian ini menggunakan minimal trafo 5A kecil atau biasa. Lebih besar daya amper trafo, lebih bagus. Bisa pakai trafo 0 atau engkel atau pakai trafo CT. Usahakan  cari trafo yang ada tegangan 15V nya, karena kita akan pakai tegangan 15V ini untuk mencharge aki. Mungkin ada yang bertanya, kenapa kok tidak pakai tegangan 12V dari trafo? Jawabnya adalah, merupakan syarat wajib jika kita ingin mencharger aki 12V, maka arus tegangan pada trafo harus lebih besar dari 12v, agar tegangan bisa masuk ke aki dan mengisinya. Maka gunakan tegangan trafo diatas 12V, yaitu dengan menggunakan tegangan 15V.

Untuk penggunaan trafo tidak harus pakai trafo 5A, anda bisa menggunakan trafo 10A atau 15A, asalkan ada tegangan out 15V nya. Untuk diode penyearah, anda bisa menggunakan diode biasa bijian atau pakai diode kiprok. Usahakan amper diode lebih besar dari amper trafo. Misalkan anda menggunakan trafo 5A, maka gunakan diode atau kiprok 10A atau 15A. Agar diode tidak panas. Rangkaian ini tidak menggunakan elco, hanya diode saja kemudian langsung masuk aki. Tapi jika anda ingin memasang elco, juga tidak masalah. Karena yang dibutuhkan aki bukan dari rata atau tidak tegangan yang dihasilkan, melainkan besarnya tegangan out trafo harus diatas 12V. Jadi tidak dipasang elco, tidak masalah. Yang penting tegangan bisa keluar diatas 12V.

Ada dua rangkaian charger berdasarkan dari jenis atau model trafonya, yaitu rangkaian menggunakan trafo 0 atau engkel dan rangkaian menggunakan trafo CT. Kedua rangkaian ini sangat sederhana dan saya yakin anda bisa membuat dan merakitnya sendiri di rumah. Berikut adalah gambarnya.

Rangkaian charger aki menggunakan trafo 0 atau engkel.


Gambar kedua adalah rangkaian charger aki menggunakan trafo CT.


Nah mudah bukan, silahkan anda buat dan rakit sendiri dirumah. Tujuannya adalah untuk keperluan dan langkah antisipasi yang kadang mendadak, jika aki tiba-tiba drop atau tekor, anda bisa cherger sendiri. Kemudian mungkin ada yang bertanya, apakah rangkaian charger ini bisa digunakan untuk charger aki mobil? Jawabnya tentu saja bisa. Asalkan aki mobil yang 12V ya. Untuk waktu dan lamanya pengecasan, tergantung dari besar dan kecilya daya amper trafo yang digunakan dan juga tergantung dari besar dan kecilnya daya amper akinya. Jika kita mau mencharger aki mobil, jelas dibutuhkan waktu yang agak lama, dibanding mencharger aki sepeda motor. Mungkin dibutuhkan waktu kurang lebih 2-3 jam untuk mencharger aki sepeda motor sampai penuh. Semoga bermanfaat.

63 comments:

  1. Siang mas...Setelah baca baca di Blog ini Saya dapat banyak ilmu mas..sebelumnya saya ucapkan banyak terima Kasih kepada mas bahar ,postingannya keren2 Dan bermanfaat Bgt bagi Saya ..Saya tertarik dengan postingan mas bahar di atas.rencana mau experiman..Hehehhe..tapi Ada salah satu pertanyaan mas ..kalo pake 15 v setelah lewat dioda Kan voltase pasti Naik mas APA gak malah merusak Aki..sementara saya pernah baca di Google pengisian alternator dari Mobil ke Aki berkisar antara 13.00volt sd 14.80 volt..APA harus di Kasih regulator ic 7815 mas??? Ataukah mending pake tegangan 12 volt dari trafo??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas koreksinya mas. Yah ini perlu diluruskan he..he.. Memang tegangan 15v dari trafo akan mengalami kenaikan jadi lebih dari 15v, tapi jika rangkaian diatas kita tambahkan elco. Karena rangkaian diatas tidak pakai elco, maka tegangan akan tetap di 15v atau lebih sedikit, tapi kondisi itu belum ada beban mas. Nah pada saat dibeban dicharge ke aki, maka tegangan akan drop atau turun, berkisar sekitar 14-13v, nah drop tegangan sekitar itu yang kita butuhkan untuk charge aki. Jadi menurut saya aman mas. Kalau misal kita pakai tegangan 12 dari trafo juga gak masalah mas, tapi tegangan akan drop pada saat dibeban, jadi kurang dari 12v, jelas ini gak bisa buat charge aki. Solusinya jika anda ingin pakai tegangan 12v dari trafo, maka sebaiknya ditambahkan elco, agar tegangan jadi naik diatas 12v. Maka baru bisa dibuat charge aki. Kalau pakai ic 7815 gak kuat arusnya untuk charge aki. Jikalau kuat proses charge akan lama. Koreksi anda memang benar adanya he..he.. Jadi silahkan jika anda mau pakai tegangan 12v dari trafo gak masalah, tapi perlu ditambahkan elco supaya tegangan bisa naik lebih dari 12v. Kalau pakai tegangan 15v dari trafo, maka tidak perlu pakai elco.

      Delete
  2. Oke terima Kasih penjelasannya...lanjut pertanyaan berikutnya mas hehehe...Saya Ada trafo 5 amper kecil..setelah saya bongkar lilitan sekundernya 4 gulungan menghasilkan 1 volt .berarti kalo ingin mendapatkan 15 volt berarti butuh 60 gulungan ..Saya liat data di Google kalo ingin mendapatkan arus 5 amper murni kawat email yang digunakan diameter kawat yang digunakan 0.8mm sd 1mm....
    Pertanyaan saya ..Apakah kalo kawat email saya doble Dan saya gulung bersamaan sebanyak 60 gulungan Apakah amper juga ikut Naik menjadi 10 amper.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya sama mas. Jadi mendobel tembaga dalam satu gulungan akan menaikkan daya amper sekunder trafo. Cuma yang menjadi masalah adalah apakah tempat kor atau kern gulungan tembaga muat jika di isi tembaga dobel? Kalau masih muat, menurut saya tidak masalah jika tembaga sekunder di dobel. Tapi dari yang pernah saya coba itu gak muat jika di isi kawat tembaga dobel atau di isi dengan diameter kawat lebih besar 0,8-1mm. Dalam teorinya memang benar, tapi dalam prakteknya belum tentu bisa di aplikasikan mas.

      Delete
  3. Kang, ini pake dioda brpa amper.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung trafonya mas. Kalau pakai trafo 5A, maka gunakan diode 6A atau kiprok 10A.

      Delete
    2. Saya bingung mas, mau tanya.. Kalau trafo 5A, bisa nggak kita pakai 4biji dioda biasa 2A, lalu kita rangkai bridge? Maksud saya apakah keempat dioda (yang dirangkai menjadi bridge) itu menjadi 8A?

      Delete
    3. Bisa mas. Tapi dioda 2A akan tetap jadi 2A meskipun sudah dirangkai bridge.

      Menurut saya lebih baik pakai dioda 5A atau 6A yang dirangkai bridge mas. Lebih kuat. Tapi jika anda tetap pakai dioda 2A juga gak masalah, tetap akan bisa dipakai. Tapi daya mentok di 2A. Jika lebih dari 2A, maka dioda akan panas.

      Delete
  4. Mas mau tnya untuk rangkaian nya pake trafo 10a ct pemasangan diodanya seperti apa

    Maaf mah pemula jd bingung
    Di google kebanyakan 5A

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemasangan diodanya sama dengan gambar kedua diatas mas. Cuma gambar diatas pakai trafo 5A, maka sama saja rangkaiannya jika anda pakai trafo 10A, kan sama-sama trafo ct nya. Untuk diode pakai dioda paling besar, biasanya diode 6A. Diode 6A masih kuat untuk trafo 10A. Untuk dioda 6A keatas sebenarnya ada, cuma susah carinya. Kalau mau kuat bisa pakai diode 35A yang biasa dipasang di mesin las listrik, tapi cari barangnya susah, tidak semua toko jual. Pakai dioda 6A saja gak masalah mas.

      Delete
  5. Tanya mas untuk carger hp berarti sama dengan pembuatan power supply 15 volt ya mas, cuma tdk pakai elco ya, tp kalau di tambah elco gimana mas apa pengaruhnya.. tks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk charger hp, beda mas.

      Tegangan harus stabil dan pas 5 volt. Gak boleh kurang dan gak boleh lebih. Harus pas 5 volt.

      Harus pakai elco. Karena yang dicari stabilnya. Kalau gak pakai elco, jelas gak bisa.

      Jadi beda mas, charger aki dan charger hp he..he..

      Delete
  6. maaf mas maksud saya kalau bikin charger AKI berarti sama kayak bikin PSU 15 volt ya... maaf bukan charger hp, salah ketik hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. Saya kira mau bikin charger aki buat ngecharge hp he..he.. Bisa meleduk tuh hpnya.

      Ya sama mas kayak bikin psu 15 volt. Sebenarnya tegangan charger aki yang pas adalah 13,8VDC. Kenapa kok pakai tegangan 15 volt dari trafo? Ini bertujuan mengantisipasi dropnya tegangan pada saat charge. Harapannya pada saat dropnya tegangan akan nyampek 13,8VDC.

      Kenapa kok gak pakai elco? Karena jika pakai elco tegangan akan semakin naik dan Menimbulkan panas. Inilah alasan tidak pakai elco, karena proses charge cukup butuh dioda tanpa elco.

      Apakah bisa ditambahkan elco? Bisa, tapi tegangan pada trafo harus diturunkan, tidak pakai tegangan 15VAC, tapi pakai tegangan 12VAC. Diharapkan jika pakai tegangan 12VAC setelah disearahkan diode dan elco, tegangan akan naik sampai 13,8VDC.

      Untuk kecepatan charge menurut saya sama mas.

      Delete
  7. Replies
    1. Bisa mas. Cuma chargenya agak lama. Tapi masih bisa ngisi kok mas.

      Delete
    2. Brarti pake dioda berapa amper mas

      Delete
    3. Supaya kuat pakai dioda 3A atau 5A mas.

      Delete
  8. saya punya trafo tipe 0, 5 A murni, saya buat cas aki mobil 12V/50 A, dioda kiprok 35 A. outputnya saya ambil 15 V. tapi kenapa kabel output charger nya panas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu normal mas. Kabel charger panas menandakan tegangan sudah bisa masuk ke aki. Solusi pakai kabel charger yang lebih besar. Minimal pakai kabel serabut dengan diameter 1,5mm atau 2mm. Lebih besar lebih bagus, lebih adem kabelnya, lebih cepat chargernya.

      Delete
  9. Bisa cas aki basah gak mas? Lalu kl pakai aki 2a kira2 lama casnya berapa? Assalamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tergantung mas. Untuk pastinya saya belum tahu. Mungkin kurang lebih 1-2 jam sudah penuh mas.

      Delete
  10. Mas, aku ada travo ct 5a kecil.
    Pake yang 18v sama dioda kiprok, pas di tes di avo kluarnya cuma 15v ga pake elco, itu bisa ta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 15v tadi d sambung ke aki 12v 5a drop jadi 14.5, itu perkiraan penuh berapa jam mas?

      Delete
    2. Ya memang akan drop mas, jadi 14,5 volt itu sudah bisa ngecharge. Perkiraan kurang lebih 3-4 jam penuh mas.

      Delete
  11. Mas, kalau rangkaian trafo ct 2A d prarel 2 biji bsa ga?? Ingin mnjdikan arus nya 4A?? Untuk charge aki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau tanya mas. Kalau rangakaian seperti di atas kalo di pasang kipas sama lampu led indikator caranya gimana mas suwun

      Delete
    2. 1. Kalau mau dipasang kipas, tinggal konek langsung saja ke tegangan outputnya. Maksudnya paralel dengan tegangan chargernya.

      2. Kalau hanya indikator power saja, maka lampu bisa konek di output chargernya. Jika pakai lampu led, maka tambahkan R 1K sebelum konek ke tegangan charger.

      Jika yang diinginkan adalah lampu indikator full charger, maka gak bisa langsung. Harus pakai rangkaian dulu.

      Delete
  12. Mau nanya mas. Kalau rangkaian seperti di atas kalo di pasang kipas sama lampu indikator caranya gimana mas suwun 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalau mau dipasang kipas, tinggal konek langsung saja ke tegangan outputnya. Maksudnya paralel dengan tegangan chargernya.

      2. Kalau hanya indikator power saja, maka lampu bisa konek di output chargernya. Jika pakai lampu led, maka tambahkan R 1K sebelum konek ke tegangan charger.

      Jika yang diinginkan adalah lampu indikator full charger, maka gak bisa langsung. Harus pakai rangkaian dulu.

      Delete
  13. mas kalau dikasih tambahan ampere meter gmn masangnya...n lampu led trs cara kerjag amlere meter gmn ,apa tanday kalau full jarum ke nol atau sebaliknya..n kalau perbaiki aki kering apa dikasih air zuur atau yang biasa..maaf kalau kbyakan pertanyaan hee..hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Ampere meter dipasang seri dengan tegangan positif charger. Cara kerja adalah kalau full jarum ke nol. Kalau hanya lampu indikator power, maka cukup konek ke tegangan chargernya. Jika pakai lampu led, tambahkan R 1K sebelum konek ke tegangan charger. Tapi jika lampu indikator full charger, gak bisa langsung, harus ada rangkaiannya dulu.

      2. Menurut saya aki kering gak bisa diperbaiki, meskipun di isi dengan air zuur. Karena saya sudah mencobanya, aki kering tetap rusak. Jikalau pun bisa keluar tegangan, itupun lemah.

      Delete
  14. kalau aki sepeda hanya 3.5 AH baiknya pakai trafo brp ampere mas
    .

    ReplyDelete
  15. mas kalau pakai adaptor 12 v bisa untuk cass aki..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan cek dulu tegangan outputnya pakai avometer. Jika tegangan yang terbaca di avometer diatas 12v, maka bisa buat charger.

      Syarat tegangan charger aki adalah harus diatas 12v atau tegangan charger adalah 13,8volt. Agar bisa mengisi tegangan, maka tegangan charger harus diatas tegangan aki atau sekitar 13,8volt.

      Delete
  16. kalau belum dikasih beban 15 volt mas tapi setelah dibuat cass aki droop jd 7 volt,kayaky g bisa karna g nyampek 13,8, kalau seumpama buat cass n keluarnya sekitar 17 volt setelah dibebani aki masih aman g mas buat aki y apa volty kegedean n cara nuruniny apa hrs pakai lm 7815 apa,karna menurut mas bahar setelah terbebani idealy atau max volty harus brp mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda pakai trafo 5A kecil mas ya?

      Memang semua charger akan mengalami drop tegangan ketika proses charger. Tapi ini sebenarnya normal mas. Anda coba charger dulu sekitar 2-3 jam dalam kondisi tegangan drop 7 volt tadi, kemudian test lagi tegangannya setelah 3 jam pengisian. Harusnya tegangan akan naik jadi sekitar 12 volt. Jika hasilnya seperti itu, maka itu normal dan rangkaian charger bekerja normal.

      Jadi idealnya yang jadi acuan adalah tegangan sebelum terbebani. Jika tegangan tanpa beban adalah 15v, kemudian drop jadi 7 volt, biarkan dulu, coba charger terus selama 3 jam, kemudian test lagi tegangannya. Tegangan drop tersebut adalah proses pengisian. Jika aki sudah penuh, maka tegangan charger akan sama atau lebih tinggi sedikit dari tegangan aki.

      Delete
  17. mas kalau untuk cas aki volt y yg bwner sebelum dikasih beban atau setelah dikasih beban,seumpama dari vct pakai 15 trs setelah d searahkan jd 19 v tapi kalau dikasih beban aki 12 v yg masuk 15 v ,sebenary yg pas teg dari ac atau dari dc untuk caa aki?trs kalau aki full 13,8 atau 14,4 untuk aki kering

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Sebelum dikasih beban.
      2. Tegangan dari DC.
      3. 13,8v mas.

      Delete
  18. tegangan sdh saya rubah mas sesuai petunjuk mas bahar jd saya ambil yg 12vct jd klau disearahkan dah jd 15vdc,yg pengen saya tanyakan cara menaikkan ampere ditambah komponem apa mas,krn sy pakai travo 2A arusy hanya 0,20 ampere jadi pengin dinaikkan jd 1 atau 2 ampere..biàr pengisian agak cepat yg semula 8 jam mgk nanti jd 4 jam gitu mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya gak bisa mas, karena daya amper trafonya segitu. Mau gak mau ya harus diperbesar trafonya kalau mau lebih cepat.

      Delete
  19. saya pernah baca diartikel ini yg bisa nambah amper dengan TR apa g bisa kalau pada cass aki mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas. Penambahan tr penguat memang akan menambah amper, tapi tergantung juga dengan Amper trafonya. Kalau trafonya cuma 3A, ya gak mungkin bisa menaikkan jadi 5A mas he..he.. Jadi tergantung juga pada Amper trafonya.

      Delete
  20. Om,,, klo rangkaian tersebut di jadikan penggerak dinamo DC, dan diberi speed control, apakah ada komponen lain yg harus ditambahkan, dan seperti apa rangkaianya. Thx om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dibuat penggerak dinamo DC, maka tambahkan elco supply, sebesar 2200uf/50v. Untuk kontrol speed harus ada rangkaiannya mas. Dan tegantung dinamonya.

      Delete
    2. Bikin artikel lg dong om, untuk rangkaian yg seperti saya inginkan, soalnya saya cari di google informasinya masih minim bngt. ane punya motor dc bekas cordless yg bekerja dgn batre vape 18650, ane pernah coba pake aki motor 12v 5A masih bisa jalan, tp klo pake adaptor cctv 12vdc 4.5A muternya tersendat kaya org cegukan

      Delete
    3. Kok aneh. Pakai aki motor 12v/5A bisa normal jalannya. Tapi aneh pakai adaptor 12v/4,5A jalannya nyendat? Padahal Amper hanya selisih 0,5A.

      Menurut saya jenis adaptor cctv gak cocok untuk penggerak motor DC. Mungkin jenis SMPS, jadi tegangannya memang gak cocok untuk dinamo DC. Coba pakai adaptor lain yang pakai trafo mas atau rakit sendiri pakai trafo 5A.

      Jangan pakai adaptor SMPS, contoh adaptor laptop, cctv, dll. Tapi pakai adaptor yang pakai trafo mas.

      Delete
    4. Oh gitu, makasih om nanti dicoba

      Delete
  21. ya ok lah mas kalau dah g bisa nambah lagi...oh ya mas mau nanya kalau cas aki untuk ngukur amper y gmn ya, saya kan py tester digital pa mgk nnt kluary 1 ampere kalau trafo 2Ampere kl menurut mas bahar biasay brp..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya gak sampai 2 Amper. Cara ceknya set dulu multitester di range Amper 10A. Kemudian konek probe merah ke positif dan probe hitam ke negatif, sesaat saja. Nanti akan terbaca ampernya.

      Delete
  22. ya maksudy kalau trafo 2 ampere bjany jf 5 ampere,tapi hampir menyamai 1 amperee gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini maksudnya apa mas? Gak jelas tulisannya.

      Delete
  23. Pak ikut tanya juga, kalo ini ad trafo 5A tetapi output tegangan minimalnya 18vac. Apakah kalau utk charge aki msh bisa digunakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebesaran pak kalau pakai tegangan 18v. Maksimal pakai tegangan 15vac dari trafo.

      Delete
  24. Mas kalo pake trafo 2 amperebisa ga,output trafo 15 volt tapi setelah dipasang dioda cuma 13,2 volt mentok ga lebih, volt segitu bisa cas aki 12 volt 3 ah ga mas

    ReplyDelete
  25. mas bahar.. saya punya adaptor merk NISSON 12v 5A masih berfungsi, mau saya rubah jadi charger aki
    saya ambil jalur travo dan dioda kiproknya trus di tes make multimeter... koq tegangan ga bisa di cek ya? apa itu normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skala avometernya sudah benar belum? Awas keliru skala ACV dan DCV nya. Range tegangannya.

      Delete