Friday, April 14, 2017

CARA MENGECEK TRANSISTOR FINAL POWER AMPLIFIER

Artikel ringan bagaimana cara cek tr final power amplifier? Mungkin diantara rekan-rekan sudah pada paham dan tahu bagaimana cara mengeceknya. Tapi tidak ada salahnya saya angkat kembali hal ini dengan bahasa dan gambar yang mudah dipahami, karena beberapa rekan kita juga masih banyak yang belum mengetahui caranya bagaimana test tr final ini. Hal ini sangat penting untuk mengetahui rusak dan tidaknya sebuah tr final pada rangkaian PA, jika hal ini dilewatkan dan anda belum paham, maka anda akan kesulitan untuk menemukan kerusakan pada PA tersebut. Sebenarnya sama saja dengan mengukur transistor pada umumnya. Tinggal lihat pin kaki Basis, Colector, Emitor pada setiap tr final. Bagi yang sudah paham lewat ya he..he.. Bagi yang belum tahu, silahkan disimak lebih lanjut.

Ada banyak macam jenis transistor final power amplifier, dengan berbagai macam tipe dan pabrikan terkenal semisal Sanken, Toshiba, Mospec, dll. Tapi sebenarnya ada dua jenis model tr final power amplifier yaitu model jengkol atau ocl dan model transistor kotak. Sebenarnya ada istilah khusus untuk membedakan jenis model kemasan tr final ini, tapi untuk memudahkan, maka kita sebut saja jenis tr jengkol dan tr kotak. Karena konfigurasi kakinya berbeda, maka perlu dijelaskan cara mengecek kedua tr final tersebut.

Tidak semua jenis tr final akan saya bahas disini, karena pada umumnya cara mengeceknya juga sama saja. Ada tiga jenis tr final yang akan saya bahas, karena 3 jenis tr final ini yang sangat sering kita jumpai pada sebuah rangkaian power amplifier. Yaitu tr Sanken 2SC2922 dan 2SA1216, tr Mospec TIP3055 dan TIP2955, tr jengkol 2N3055 dan MJ2955. Nah ketiga tr final tersebut yang akan saya bahas cara mengeceknya bagaimana? Untuk mempermudah pengecekan menggunakan avometer atau multimeter, maka ada 4 tahap langkah pengecekan untuk setiap tr final. Jika dalam 4 tahap pengecekan ini hasilnya OK, maka tr final tersebut dalam kondisi baik. Apabila dalam 4 tahap ini, salah satu tahap ada yang berbeda atau tidak sesuai dengan gambar, maka dapat dipastikan tr final dalam kondisi rusak. Sebelum mengecek transistor, set dulu avometer atau multimeter pada posisi skala OHM 1K. Berikut cara mengeceknya. Monggo disimak

Dibawah ini adalah cara mengecek tr final Sanken 2SC2922 dan 2SA1216, untuk tipe Sanken yang lain sama saja. Yang penting posisi kaki B C E nya sama. Misal tr Sanken 2SC3858 dan 2SA1494. Kemudian tr Sanken 2SC3264 dan 2SA1295, cara ceknya sama.

Cara cek tr Sanken 2SC2922.


Cara cek tr Sanken 2SA1216.


Lanjut cara mengecek tr final TIP3055 dan TIP2955. Untuk tipe tr lain yang sejenis, caranya sama saja. Asalkan posisi kaki B C E sama. Misal 2SC5200 dan 2SA1943.

Cara cek tr TIP3055.


Cara cek tr TIP2955.


Lanjut lagi cara mengecek tr final jengkol 2N3055 dan MJ2955. Untuk jenis tr jengkol lainnya, cara ceknya sama saja. Asalkan posisi kaki B C E nya sama. Misal tr jengkol MJ15003 dan MJ15004.

Cara cek tr jengkol 2N3055.


Cara cek tr jengkol MJ2955.


Semua langkah pengecekan tr final diatas menggunakan 4 tahap pengecekan. Untuk mengetahui kondisi dari tr final ini putus, short atau bocor. Jika ditemui tr final ada yang dalam kondisi bocor, maka mending tidak usah dipakai. Transistor bocor maksudnya, pada saat pengecekan tr dalam posisi seharusnya jarum avometer tidak bergerak sama sekali, maka pada transistor bocor tersebut jika di test akan ada gerakan jarum avometer meskipun sedikit. Kondisi ini yang kadang luput dalam pengamatan. Kemudian kondisi tr putus, maka pada saat pengecekan 4 tahap tersebut, jarum avometer tidak bergerak sama sekali. Kemudian kondisi tr short, maka pada pengecekan 4 tahap tersebut, jarum avometer akan bergerak mentok semuanya. 

Dengan mengetahui kondisi tr final dengan cara mengeceknya, maka kita akan dengan mudah menemukan titik kerusakan pada rangkaian power amplifier. Karena transistor final pada PA termasuk komponen yang mudah rusak, dan kadang kita tidak mengetahuinya. Untuk pengecekan tr final menggunakan avometer, lebih baik dalam kondisi tr final terlepas dari koneksi kabel ke pcb PA atau dilepas dulu tr finalnya, agar hasil pengukuran lebih akurat. Semoga bermanfaat.

162 comments:

  1. Siang mas,, pada volume power kenapa z KL posisi nol justru keluar dengung, tp kl volume dibuka degung mlh ilang,, mohon pencerahannya mas , suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemasangan grounding kurang pas. Usahakan grounding potensio ikut grounding pcb power.

      Delete
    2. Mas mlm, saya mau tanya tr tip 2955 sma 3055 itu klo buat sanken sc dan sa yg mana

      Delete
    3. Untuk TIP2955 sama dengan sanken SA. Kemudian TIP3055 sama dengan sanken SC.

      Delete
  2. Owalah bener mas,tadine memang ikut power, trs tak kurangi kabel* ground nya/jadi satu kabel untuk semua jalur, biar rapi aja sih mas,Ok ni wes tak rubah sesuai anjuran sampean ,hasil e senyap nyap,, suwun z mas suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas sama-sama. Semoga menjadi pengalaman yang berharga he..he.. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini mas.

      Delete
  3. Mas bahar .Saya punnya spiker aktif sharp .Awalnya TR final pake tip 41/42 trus saya ganti sanken 2922/1216..Saya pasang 2922 pengganti tip 41 trus yang 1216 pengganti tip 42..APA sudah benar kalo seperti ITU...Trus waktu di nyalakan Cuman dengung aja ..Di kaki TR sanken E nya sudah saya Kasih r Kapur mas...Mohon bimbingannya mas..Oh iya trafo masih menggunakan standard bawaan pake 21 CT..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo misal konsleting ..Komponen APA aja yang kena mas

      Delete
    2. Apakah pada saat mengganti tr sanken sudah dilapisi isolator mika pada bodi belakang tr? Tr sanken sudah benar. Pemasangan kaki apakah sudah benar? Jika anda pakai kabel untuk menyambung kaki tr sanken ke pcb, ada kemungkinan terbalik kabelnya. Anda pastikan dulu jalur pengkabelan tr sanken ke pcb sudah benar. Untuk langkah awal anda lepas dulu semua tr sanken, kemudian test pakai cara diatas, normal gak? Kalau normal anda pasang kembali dengan jalur yang benar.

      Delete
    3. Owalah .Jadi harus di lapisi Mika dulu ya mas ..Makannya waktu melepas tip 41/42 kok Ada mikanya ...Mungkin dari situ problem ya mas..Kalo kabel gak Ada yang kebalik kok mas...Trus mengenai sekring Putus APA bisa merembet ke Komponen lainnya mas..Trus kalo di pasang Mika APA harus di Kasih pasta mas..Soalnya yang tip 41 pemasangannya di Kasih pasta

      Delete
    4. Untuk sekering yang putus, itu karena konslet bodi tr gak dilapisi isolator mika. Kemungkinan tidak merembet, karena sudah diputus sekering. Gak perlu pakai pasta, cukup pakai isolator mika saja. Isolator sanken dapat beli jadi, tinggal pasang.

      Delete
  4. Sore mas Bahar,TV 21" Polytron PS52um70sm dinyalakan hanya lmpu indikator berkedip saja,itu kerusakan di apanya n komponen apa saja yg harus di cek n diganti,, mohon pencerahan nya mas,pengen tau jg nih aku mas cr nya benerin TV,susun sebelumya mas

    ReplyDelete
  5. Siang mas..Saya Mau tanya lagi..
    Setelah say ganti tr sanken memang Ada perubahan suara dari sebelumnya ..Suara lebih bertenaga...Tapi bassnya kok jedug jedug ya...Pertannyan saya
    1 .Apakah Ada trik untuk menjadikan hasil suara bass jadi lebih pulen ..Mingkin pmnambahan Komponen dsb?
    2.tr final sebelumnya Kan pake tr41/42 ..Apakah TR tsb bisa di subtitusikan ke tr driver ..Kalo bisa Apakah tinggal ganti aja atau Ada konponen yang lain yang jga harus diganti(menyesuaikan)? Kan sayang mas tr 41/42 nya gak kepake (mubazir)heheh..
    Sekian pertanyaan saya ..Saya harap mas bahar gak kapok ya mas..Soalnya saya masih belajar mulai dari 0 mas..Trims mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kemarin ada yang lupa, pada saat diganti tr final, maka tr driver harus dganti juga dengan yang lebih tinggi. Bisa, tr TIP41/42 bisa dipakai untuk driver, tinggal pasang saja, gak ada perubahan komponen.

      Delete
  6. Assalamualaikum kang bahar..saya mau tanya,apa bisa tr final beda tipe di pararel?misal tr final sanken dengan tip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tapi nanti yang kalah tr TIP nya.

      Delete
  7. ohh iyaa kang..kenapa yaa pa saya kalau di buat volume kecil kok suaranya kemresek??

    ReplyDelete
  8. Makasi bgt om bahar atas infonya,,,smg tambah jaya sll...

    ReplyDelete
  9. Tnya lg kang bahar cara ngetes transistor dengan multi digital sama dengan cara di atas kah kang. Trus kaki basic colektor dan emitor apa kah sama pada yg di gambar untuk transistor tip 41 dan tip 42. Mohon pencerahanya kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sama mas. Tapi kalau pakai avometer digital, sedikit kesulitan membaca parameternya, karena setiap transistor nilainya berbeda. Jadi gampangnya jika pakai avometer digital, kalau pada avometer analog bergerak ke kanan, berarti pada avo digital akan keluar nilainya. Dan kalau pada avo analog jarum tidak bergerak, berarti pada avo digital akan nol atau tidak keluar nilainya. TIP41/42 konfigurasi kakinya sama dengan tr sanken dan TIP diatas, yaitu B C E.

      Delete
  10. Kang kalau pa ocl 4-8 ohm agar bisa di pakai buat speaker higth impedance (100 -500 ohm).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya gak bisa mas. Jika dipaksakan, maka hasil suara akan terdengar kecil atau pelan. Jika pakai speaker high impedance, maka powernya juga harus high impedance.

      Delete
  11. Mas Tanya lagi..setelah saya ganti tr final dengan sanken 1216 Dan pasangannya suara sekarang ko kayak gal bisa keluar plong gitu ya..Apakah kurang Daya soalnya saya pake trafo bawaan speaker Aktif pake 21 volt
    dari travo ..trus di speaker saya tambahkan crossover pasif saya ambil dari sound Mobil, memang suara lebih bersih tapi blom bisa plong ..kalo memang kurang Daya sebaliknya saya bisa pake trafo yang berapa amper Dan di Kasih berapa volt maksimal tegangannya..?? Rencana saya mau parallel juga TR final ya...saya tambahkan masing2 1 set lagi..Apakah perlu di Kasih giga bass atau semacam nya agar bisa bas Dan treble bisa keluar?? Trus saya juga baca di internet kalo mau bass keluar elco yang Ada di PCB bisa di besarkan nilainya misal 47nf50v di ganti yang lebih tinggi 100nf/50v Dan juga milar diganti dengan ukuran yang lebih besar ...Apakah benar mas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena pemasangan crossover pasif, coba dilepas, apakah ada perubahan? Untuk menambah nada bass dan treble sekaligus, dapat ditambahkan kit rangkaian turbo bass ic LA3600. Perubahan komponen pada power memang bisa memberikan efek tersebut, tapi jika tidak tepat dapat menyebabkan power menjadi tidak stabil dan over.

      Delete
    2. Maaf Tanya lagi Mas ,kalo trafo smps APA bisa di gunakan untuk pa..? Soalnya saya mau beli yang trafo 10 amper kok Ada pilihannya trafo smps Dan konversionall.jadi bingung ini mas..emang kekurangan Dan kelebihannya smps APA di banding yang konvensional..trus yang di hasilkan amper smps misal yang 10 amper Apakah keluarnya murni 10 amper mas?

      Delete
    3. Zaman sekarang memang sudah ada yang model SMPS. Untuk kelebihannya saya belum coba, jadi belum tahu kelebihannya mas.

      Delete
    4. Mas pngn ltian elek tronik nui hehe..bisa minta tolong kieimin cara 2 mengetes komponen g? Sory ngrepotin

      Delete
    5. Silahkan baca-baca di internet banyak mas he..he.. Saya bukan guru, jadi mohon maaf, gak bisa jelasin satu persatu.

      Delete
  12. Halo mas ..ketemu lagi mas..sebelumnya selamat menjalankan ibadah puasa mas...mas saya mau tanya jika power saya menggunakan sanken 5dy 2 set per mono Kan keluar Daya maksimal 400 watt sebaiknya speaker yang saya gunakan dayanya Apakah harus sama??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak mas. Malah harus diatasnya. Jika powernya 400w, maka speaker kalau bisa diatas 400w. Misal anda pakai speaker 2x 12" 500w. Maka speaker jadi 1000w, maka di konek dengan power 400w tidak masalah, justru harus seperti itu.

      Delete
    2. Trus Ada speaker di keterangannya 500 watt double coil..itu maksudnya per coil 500 watt kalo di sambung parallel jadi 1000 watt gt ya??

      Delete
    3. Dalam 1 box speaker biasanya Kan susunannya woofer & tweeter ..kalo misal saya menggunakan woofer double coil 500 watt 8ohm tweeter 8ohm.wofer saya sambung parallel Kan ipedensinya jadi 4omh trus tweeter ,saya sambung parallel juga me woofer .Apakah ipedensinya tetep 4 omh mas?

      Delete
    4. Impedansinya tetap 4 ohm. Untuk tweater gak perlu diperhitungkan impedansi ohmnya. Speaker yang besar saja yang dihitung mas.

      Delete
  13. Sekarang tegangan yang saya pake 32 v dari trafo..bisa gak sanken 1216 di Kasih tegangan 45 dari trafo..saya pake trafo 20amper mas ..kalo di parallel maksimal pake berapa set sanken ?kitnya stereo mas Dan semua elco yang Ada di PCB sudah saya ganti yang 100v..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah menggunakan tegangan 45v dari trafo, sanken 1216 ini jebol, ini versi saya loh pak. Bisa sampai 10 set he..he..

      Delete
  14. Volume dibesarin tapi molor jadi suaranya gak terdengar keras dari mananya ya mas.
    Mhon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin over nada treble mas. Coba setelan treble diturunkan.

      Delete
  15. Assalamu'alaikum mas. Aku punya Speaker aktif GPX + sub woofer. TR Final TGak ganti TIP 3055 dan TIP 2955, aslinya TIP 41/42. Tr driver tetep BD 139/140. Elko tetep bawaan 4700uf/35v. Pernah diganti elko 1000uf/63v bass mendem. Ganti pake elko 4700uf/50v...kebakar ( ha ha ha ha ) sekarang balik ke elko 4700uf/35v tapi bass subwoofer malah geber walaupun cuma naik 3 strip( arah jam 9 )..kira2 apanya ya mas? atau harus ada yg disesuaikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya kalau ganti tr final dengan TIP2955/3055, maka driver powernya juga harus diganti dengan ocl 150w. Jadi problemnya adalah karena driver powernya gak cocok, karena aslinya pakai TIP41/42. Solusi paling mudah adalah dengan mengganti driver powernya dengan ocl 150w, baru cocok dengan tr final TIP2955/3055.

      Delete
  16. mas, saya beli mixer 7 pot input mixer kan ada L sama R itu untuk dvd apa mic ? saya masih bingung kalau merakit mixer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Input mixer itu mono mas, cuma satu, bisa buat mic dan dvd. Kalau mau dibuat input L R, maka dibutuhkan minimal 2 channel mixer. Untuk koneksi rangkaiannya anda bisa baca disini.
      http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2016/10/cara-merakit-mixer-audio-sound-system.html?m=1

      Delete
    2. jadi input mic itu dari mixer ya mas

      Delete
  17. mas, kenapa ya aku tambahin kit echo keluar suara dengung yang sangat keras, cara menghilangkan dengungnya gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rangkaiannya sudah benar belum? In dan out echo anda konek kemana? Tegangannya sudah masuk belum?

      Delete
    2. udah benar mas in saya konek ke effect, out ke master, tegangan udah saya cek 12 volt

      Delete
    3. Ground echo sudah dikonek belum ke mixer dan master? Tapi kalau echo dilepas, suara mixernya normal gak?

      Delete
    4. ground udah saya konek, echo dilepas suara normal

      Delete
    5. udah hilang dengungnya, setelah aku lihat jalur pcb echo ternyata tegangan negatifnya nyambung ground, setelah negatif aku sambung ground dengungnya hilang

      Delete
  18. mas, mau nanya lagi, kalau dikasih kit echo kenapa volume mixer gak berfungsi, tapi jika effectnya dibuka maka suaranya mau keluar, itu hal yang wajar atau gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak wajar itu mas. Normalnya walaupun effect tertutup, maka volume mixer tetap berfungsi. Coba pasang R 22K pada input dan output echo.

      Delete
  19. Malam mas bahar
    Saya baru beli kit ocl 150 stereo ..saya modif TR final saya pasang sanken alegro c6011 pasangannya..terus tr driver pake d313 Dan pasanagnya.tr vas pake mje 340..dengan travo 5 amper kecil pake tegangan 25vac ..waktu saya nyalakan suara Joss bass Dan treble mantap ...tapi waktu saya nyalakan selama kurleb 1 jam Ada bau gosong ..saya cek ternyata yang kebakar r 330ohm pada kaki basis TR final Dan r150 ohm setelah dioda...saya ganti r yang Baru tapi tetep hasilnya..solusinya bagaimana mas..biar gak kebakar terus..trims sebelumnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh..kok bisa kebakar pak. Modifnya sudah benar. Power ocl 150w memang joss he..he.. Mungkin ada yang konslet pak. Sampeyan punya akun g+ gak pak? Kalau punya bisa kirim gambar pak di g+.

      Delete
    2. Saya curiga di dioda yang Rusak mas..bolekah semua dioda di PCB saya ganti tipe in4007 Dan r 150 om says ganti yang 2 watt mas?

      Delete
    3. Setelah saya cek ternyata tr drivernya Ada yang nyambung solderannya sudah saya ganti Dan sekarang sudah bisa berdendang lagi mas...hahahahaha...tapi r 150 Saya ganti pake 2 watt gapp ta mas??

      Delete
    4. Maaf baru balas mas he..he.. Mantap sudah ketemu penyakitnya. Pakai R 2 watt gak masalah, asal nilai tahanannya sama. Malah lebih kuat he..he..

      Delete
    5. Mas minta saran.Diantara tc,mixer Dan equalizer menurut mas bahar lebih enak Mana,biar bass.treable Dan vocal bisa keluar kalo di padukan dengan PA..soalnya saya rencana mau beli salah satu di antara itu ..mohon petunjuknya mas..

      Delete
  20. Mas mau tanya, sy pnya power sanken stereo sanken 2 set,, knpa keluar bunyi grok grok pd chanel sebelah (R) sedangkan sebelahnya (L) normal" saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Biasanya ada elco atau milar bermasalah. Coba ganti semua elco dan milar pada power channel R. Bisa juga disebabkan dari aksesorisnya, tone control, dll. Untuk memastikannya, maka coba dilepas tone controlnya, nyalakan power saja, apakah masih bunyi grok2?

      Delete
  21. Pengganti tr b187 dan d1407 apa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry keliru mas.
      Ini yang benar. Kalau saya sih kurang familier dengan kedua tr tersebut. Karena jarang ada. Menurut saya mungkin tr B187 bisa diganti dengan tr A564. Dan untuk tr D1407 bisa diganti dengan tr TIP31. Karena sama jenisnya.

      Delete
  22. mas mau nanya nie PA saya klk bassnya sember ya padahal sblumnya tidak apa TR finalnmya yang kna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tr finalnya pakai apa? Mungkin saja tr final ada yang rusak. Cek tr final dan R kapur. Dan mungkin ada jalur yang putus di pcb.

      Delete
  23. Salam Mas Bahar .
    Mohon Pencerahan nya ni Mas .
    Bgini, trus trang saya bnr2 Emg masih Awam, tp saya pengen cb2 rakit PA Sendiri, dgn brbekal Info2 yg saya liat dr Google dan Blog nya Mas juga, akhir nya PA nya slesai sy Rakit .
    Saya beli Kit Driver Blazer X8 800watt x2 yg Kosong tnp TR dan Saya Pasang Sendiri, Menggunakan Trafo Sanken 20A/52V, Dioada/Kiprok 35A x2, Elco 10000/80V x8, 4buah/Chanel .
    Saya rasa sich' saya sudah memasang semua kabel/Penyambungan secara bnr sesuai Petunjuk, tp masalh nya Suara yg keluar cm Sebelah doank, terus suara nya kecil bngt .
    Kira2 masalah nya itu dmn y Mas ???
    Mohon Bantuan dan petunjuk nya y Mas ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf sebelumya mas. Karena saya belum pernah coba power blazer, jadi belum tahu solusinya.

      Mungkin masih ada salah mas. Tapk jika anda yakin sudah benar, maka mungkin ada kesalahan komponen atau salah jalur di pcb, baik disengaja atau tidak. Untuk kasus ini perlu melihat skema dan mencocokkannya, tapi jarang kok mas, paling sering karena kesalahan pemasangan.

      Delete
    2. Mungkin jg y Mas, ini td saya cb cek & ricek lg, sy liat Transistor nya kaya ada yg aneh .
      Saya Pake TR sanken 1216/2922 4pasang/Chanel .
      Disini saya liat ada 2TR yg 1216 sata saya tester dari mur nya conek ke Heat Sink, sedangkan yg lain nya tidak sama skali .
      Apa mungkin itu Mas yg jd masalah nya ??

      Delete
    3. Menurut saya gak masalah. Yang penting ada mika isolatornya. Tapi coba saja, mungkin konek ke jalur pcbnya.

      Delete
    4. Iya Mas,... ini mo cb sy bongkar lg dr Nol .
      Kalo Emg bs bagus y Alhmdulillah,. kalo ttap Gagal, Nnti sy bw k Ahli nya aja Mas ..
      Hehehehe,....
      Makasih y Mas .

      Delete
  24. Met mlm Mas, mf mengganggu lg .
    Begini Mas, Soal Pertanyaan Saya yg Kemaren knp Suara PA yg saya rakit itu cm sebelah doank & kecil banget, trnyata itu karena ada 1set TR sanken nya Dah Konslet, itu saya ketahui jg berkat dr Info nya Mas, gmn cara cek TR msh brpungsi normal apa tdk & setelah saya ganti Alhmdulillah skrg PA nya dah jd & hidup dgn Normal .
    Skrg yg mau saya tny kan sm Mas :
    PA yg saya Rakit itu Blazer X8 800watt x2 . menggunakan 1 Trafo 20A/47V tp rangkaian nya terpisah masing2 1buah Dioda Bridge 35A & Elco 10rb/80V 4buah/Chanel .
    Apakah Menurut Mas PSU nya dah bs dikatakan cukup atau kah terlihat terlalu dipaksa ??
    Sekali lagi mohon pencerahan nya y Mas .

    ReplyDelete
  25. assalamualaikum kang bahar, syau tnya,sy pnya power ocl stereo 150 watt. Saat volume bass di naikan kenapa ad suara sperti letupan. Sy coba tanpa tone control hasilnya tetap sama, sedangkan kalo volume bass dikecilkan normal sj tp kurang enak di dengar jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tegangan supply kurang mas. Sekarang pakai tegangan berapa volt powernya. Bisa juga karena elco supply kering.

      Delete
  26. Replies
    1. Coba naikkan pakai supply 25vct dari trafo.

      Delete
  27. Keren pencerahan mas bahar
    ,penyimak setia ae

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini mas. Semoga bermanfaat.

      Delete
  28. Met Mlm Mas Bahar, Mau Nanya lg ni Mas .
    Begini Mas, Biasa nya Heat Sink Selalu dipasang dlm Posisi Tegak, gmn ya Mas Kalo Seandainya Heat Sink dipasang dlm Posisi Tidur, apakah Pungsi & Performa nya gak berpngaruh sebagai Pendingin ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya fungsinya akan tetap sama sebagai pendingin apapun posisinya, baik tegak atau tidur. Diposisikan saja sesuai kebutuhan, misal boxnya pendek, maka pendingin harus dipasang tidur. Menurut saya yang penting adalah Posisi tr final harus pas dengan pendinginnya. Jadi selama tr final dapat terpasang dengan baik, apapun posisi pendinginnya gak masalah. Tidak menurunkan performa. Selama sirkulasi udara dalam box baik.

      Delete
  29. Makasih ya Mas Buat Penjelasan nya, Emang Beruntung Banget Saya, Dari Awal nya cm Nyimak, Ngikutin, Dan Sampe bs Sharing dgn Mas Bahar ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini mas. Semoga bermanfaat.

      Delete
  30. Assalamu'alaikum,...
    Met mlm Mas Bahar, Saya butuh bimbingan lg ni Mas .
    Mengenai PA yg sy Rakit kmaren
    Blazer X8 800watt x2 mnggunakan Trafo 20A/47ct . Pada Awal Pemakian +/- 30menit pertama dgn Posisi Volume Tone Control diarah Jam 11 dan Posisi Volume PA diarah jam 12 suaranya itu emang bnr2 mnggelegar dan Bassnya bulet bngt .
    Tp setelah itu lama klamaan suara nya terdengar agak menjadi pelan & saya rasa gak sesuai dgn posisi Volume yg saya sebutkn tadi .
    Kira2 itu masalahnya dmn y Mas ??
    -
    NB : Saya cek Heat Sink & Trafo gak terlalu Panas ( Normal )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin hanya perasaan anda saja mas. Kalau terjadi penurunan suara setelah dipakai beberapa saat, sangat jarang terjadi kerusakan komponen. Mungkin memang beda di kualitas suara musicnya. Ada yang keras ada yang pelan. Coba anda setel dengan musik yang sama, apakah memang benar-benar turun suaranya?

      Delete
  31. Awalnya Saya jg menduga sperti yg Mas bilang, lantas saya meminta bbrp tmn saya utk turut serta mendengarkan & mreka jg meng iya kan apa yg mnjadi keluhan saya, tp syg nya mreka gak bs ngasih solusi krn mreka gak paham tentang perakitan PA .
    Sebagai Tambahan, Saya itu Menggunakan Mixer Black Spider 8 Chanel & Tone Control Semnic .
    Sperti yg sy bilang Awal nya Suara Oke & Suara Vokal Mic jg Oke , Namun lama klamaan Suara Musik Terdengar Mnjadi Pelan kalo org2 bilang kaya jomplang, kalo menurut saya sih kaya ngedrop, trus suara Mic pun jd ikutan kacau & jd gak enak lg didengar sperti di awal2 .
    Saya jd Punya Pemikiran Utk mnambah 1Trafo lg, tp saya nanya ke Mas trlbih dahulu, apa itu krn emg kkurangan dari daya yg cm pake 1trafo, atau krn ada ksalahan teknis yg lain .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik mas. Permasalahan harus di urut satu persatu, karena banyak kaitannya antara power, mixer, tone control.

      Sekarang coba pasang power dan mixer saja tanpa tone control. Apakah problem masih sama?

      Kedua, coba pasang power dan tone control saja, tanpa mixer, apakah problem sama?

      Ketiga, ini untuk memastikan power anda normal atau tidak. Nyalakan hanya power saja, tanpa mixer dan tone control. Apakah problem sama?

      Delete
  32. Masalahnya dah ktemu Mas, dgn mngikuti Ptunjuk & saran yg Mas anjurkan, trnyata Masalahnya ada di tone controlnya .
    Tapi Mas,.. pemakaian hny dgn mnggunakan DvD, Mixer, & PA saya rasa Panas dari Heat Sink & Trafo jd sedikit meningkat dr yg sebelumnya, emang sih Suara Vokal Mic jd jls & tratur, Suara Musik & Hentakan Bass jg terasa padat diposisi Volume yg sama sebelumnya .
    Pertanyaan Saya, apa Panas yg agak sedikit meningkat itu bkn lah soal yg serius atau gak akan mnimbulkan masalah yg lain nya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu normal mas dan aman. Itu karena pada posisi sebelumnya suaranya turun, dan sekarang suara sudah normal dan stabil. Jadi wajar kalau power jadi sedikit lebih panas. Selama heatsink pendingin cukup dan ada kipas/fan, menurut saya aman dan itu normal.

      Delete
  33. mas,cara pararel transistor saya liatkn selain resistor kapur ada jg resistor keramiknya.apa resistor keramik nilainya sama ama resistor kapur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak sama mas. Itu adalah R basis nilainya 10 ohm.

      Delete
  34. Salam kenal mas Bahar , mau tanya pa saya pakai tip dan driver BD . Jika hanya di ganti tip dan BD aja dgn Sanken dan driver tip apakah akan ada perubahan.(trafo 10a 32volt 10rbu/80v).
    Terima kasih mas Bahar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perubahan memang tidak terlalu kelihatan. Tapi akan terlihat pada saat dibeban dan volume tinggi.

      Delete
  35. Tambahan mas Bahar , kit mixer pakai 15 vdc tp suara nya hilang timbul. Apakah arusnya tdk stabil dan harus pakai regulator 7815. terima kasih mas bahar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya lebih baik pakai ic regulator 7815/7915 agar lebih stabil. Bisa juga elco supply kurang besar. Gunakan minimal elco 2200uf/50v.

      Delete
  36. Maaf mas bahar saya mau tanya..
    Kenapa tr sanken 2922 dan 2916 di power 3stage saya cepat sekali panas.
    Padahal blm habis 1 lagu panasnya bukn main..
    Dan di pendingin saya cek pake taspen kok ada arusnya ya wlpun kecil.
    Apakah karna saya pake arus 40v?
    Padahal jalurnya sdh saya cek benar smua mas.
    Saya memakai power 3stage 2
    Travo 5ampere murni
    Dioda brig 35A
    4 elco 80v 10000 uf.
    Mohon koreksinya mas bahar trma kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda turunkan tegangannya mas, pakai tegangan 32vct dari trafo. Coba test, apakah sudah normal atau masih over panasnya?

      Delete
  37. Met Mlm Mas Bahar .. Mohon Petunjuknya lg nih .
    Begini Mas,... Saya Itu Pny Speaker 12inch 4 Buah & 15inch 2 Buah Semua Impedan 8ohm . Kalo saya ingin menggunakan 3Buah Speaker Perchanel ( 12x2 & 15x1 ) sebaiknya cara penyambungannya gmn y Mas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya mas. Untuk speaker 12"x2 diseri dulu, setelah diseri baru diparalel dengan speaker 15"x1.

      Delete
  38. Ok Mas.. ternyata Penyambungan yg saya gunakan sama dgn yg Mas Sarankan ..
    Sekalian mo nanya lg ni Mas, Gmn y Mas Cara nya agar Suara Bass menjadi lbh Bulat & Makin terasa menghentak .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permainan di aksesorisnya mas. Sekarang aksesorisnya pakai apa saja?

      Delete
  39. Perlengkapan yg saya pake itu cm sederhana aja Mas .
    PA : Blazer x8 800watt x 2 dgn Trafo 20A .
    Mixer Black Spider 8chanel .
    Tone Control Stereo Bell Semnic .
    Speaker : ACR 12inch x 4 . ACR 15inch x 2
    Cuma itu aja Mas .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah jika bass dirasa kurang, maka bisa ditambahkan BBE.

      Delete
  40. Mat mlm mas Bahar..maf mengganggu ni aku mau konsul.aku punya kit blazer x8 800 watt mono trafo 20a ct 45 elco 10.000uf/80 volt=6 bh....masalahnya setelah disambung dan dites ada 2 bh resistor 120 dekat vcc+ kebakar....mohon solusi mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas. Untuk kit blazer saya belum bisa bantu. Karena belum pernah pakai. Jadi belum tahu jeroannya.

      Delete
  41. Kang mau tanya aku coba merangaki spiker aktif sendiri yg beli jadi pabrikan 400 watt. Disitu tertulis kapasitas 18v sampai 32.tapi anehnya aku pasang yg 32 v kok malah banyak komponen terbakar.akhirnya aku ganti komponen yg terbakar in putnya aku ganti yg 18 v tapi suwaranya gemresek atau sumbar kira2 apanya
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti masih ada komponen yang rusak yang belum diganti. Atau ada jalur pcb yang putus. Pastikan jalur pcb tidak ada yang putus akibat terbakar kemarin. Ganti komponen sesuai dengan aslinya. Bisa juga dari penggantian komponen yang tidak sesuai aslinya, misal nilai Resistor. Ganti semua tr drivernya. Cek tr finalnya biasanya ikutan jebol.

      Delete
  42. kang... saya buat PA dgn sanken 2922 1216 nah waktu di coba emang bunyi kalo di kasih musik... tapi kalo musik diam ada suara kreeeeeeeek.. gitu apa yg kliru ? mohon pencerahannya....jalur sudah saya benarkan ssuai urutan..driver DTK LEOPHARD'S

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah anda pakai kipas atau fan mas? Mungkin supply tegangan kipas jadi satu dengan tone control atau power, sehingga radiasi kipas masuk ke power. Atau ada tegangan yang kurang bersih, jalur tone control. Anda pakai power saja atau jadi satu sama tone controlnya?

      Delete
  43. mas gmn cara ngecek Tr TIP 31 n 32 apakah sama denagan tip 3055 n 2955 n apakah harus dilepas komponeny kl lake avometer...n lengaruhy apa kl tidak dilepas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas cara ceknya dengan tr tip3055/2955. Kalau ngecek lebih baik dilepas. Kalau tidak dilepas, hasil pengukuran tidak akurat. Kadang kayak short, padahal tidak. Jadi lebih baik dilepas supaya lebih akurat hasilnya.

      Delete
  44. mas kl PA tiba2 keluar suara dengung knp ya..padahal sebelumy normal...pa asa komponeny yg rusak biasay yang mn mas tr final atau yg lainnya..tp kl dimatikan sebentar n dinyalain lagi normal.setelah itu dengung lagi.kira2 knp ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba nyalakan hanya power saja mas, tanpa ada tone control, dll. Apakah problem masih sama?

      Delete
  45. sdh sy nyalain lgsung powรจr.tapi ll satuy normal binyiu py sy kan stereo mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya apa mas. Gak jelas. Kalau powernya stereo, ya dicoba keduanya. Jika salah satu channel bermasalah, mungkin itu penyebabnya. Perbaiki dulu channel yang bermasalah. Sampai kedua channel L R normal.

      Delete
  46. PA sy kan stereo trs yg bermasalah yg channel L yg berdengung kira2 yg bermasalah/komponen yang rusak yg mana mas...mgk bisa ngasih solusi yg perlu di cek yang mana.biar bisa bunyi normal lagi...kl yg chanel R bunyiy normal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek tr finalnya mas. Cek juga tr drivernya. Kemudian sekalian cek apa ada yang salah pasang kabel atau ada solderan kendor.

      Delete
    2. ya mas dah d cek ada komponen yg pemasangany longgar krn pemasangany krng pas..kmrn pernah dibuka soaly.tapi skrng sdh normal..๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘

      Delete
  47. Met Mlm Mas Bahar,....
    Saya Butuh Pencerahan lg ni Mas .. :)
    Begini Mas,.. Bs gak Kalo 1Trafo 20a/ 47v Ct 47v dibuat untuk 2 power yg berbeda . maksudnya yg Chanel L 800watt & Chanel R 400watt .
    Mohon Penjelasan & Pencerahan nya ya Mas ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau trafonya besar 20A, menurut saya gak masalah mas. Daya trafonya masih besar dan masih mampu menghandle 2 power tersebut.

      Delete
  48. mas knp tr final sanken panas.pa kekurangan tegangan/kelebihan,PA y 150w stereo sanken 2sc2922 n pas y..kl menurut mas bahar sanken max 32v.PA sy kasih 25v ct dari travo..kl tr finaly panas pa normal atau tidak..tapi kl pakai jengkol tidak panas mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok aneh sih mas. Mungkin tr sankennya palsu. Harusnya kalau diganti sanken lebih dingin dari pada tr jengkol.

      Delete
  49. mgk jg palsu tr sankeny jd meski dikasih tegangan yang rendah aj dah panas,apalagi kl dBTL sama hetsink y jh ikut panas...padahal sy tidak merubah komponeny...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja pakai tr sanken yang bagus atau asli mas.

      Delete
    2. Assalamualaikum mas, mau nanya kalo power 500w x 2 ,pake tr sanken adaptor 10A untuk berapa salon ya.

      Delete
    3. Bisa untuk speaker 8x 12". 4 speaker untuk channel L dan 4 speaker untuk channel R.

      Delete
  50. Malam mas bahar...apakah sanken 2sa1216 sama dengan 2sa1494 trus 2sc2922 sama denga 2sc3858...?soale pada kit tertulis pakai sanken 2sa1216 sama pSanganx...cuman aku beli sanken 2sa1494 ama pasanganx, nah..saat mau penempatanx yg saya binging...mohon bantuanx...

    ReplyDelete
  51. Berarti sanken yang kode 2sa sama 2sa (NPN) & 2sc sama 2sc(PNP) ya...?

    ReplyDelete
  52. mas sblm sya pasang tr sanken saya cek driver bunyi pelan..itu kit normal..dan saya lnjut buka r kapur nya..saya psang tr snken yg sudah sya psang r..lah kok trafoku bau gosong dan panas..apa ada yg konslet dan salah..sya cek TR nya.yg sharus nya jarum tdk brgrak.ini brgrak sdikit..ada tr saya rusak?trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan tr nya bocor itu mas. Silahkan tr nya diganti baru.

      Delete
  53. Mas pa 400 watt stereo waktu volume mono sisi satu di keraskan ndak ada masalah begitu satu sisi dinaikkan hinga jam2 dispeaker keluar agak cacat tolong pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trafonya pakai berapa amper mas? Tegangan berapa volt?

      Delete
  54. Mas klw tmbh tr final pada kit misal kit bawaan perchanel 1 pasang terus di tmbh satu pasang dngn tr yg sama apakah pasangnya di pararel terus apakah harus tmbh tahanan dngn ukuran yg sama sesuai yg di kit bawaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasangnya seperti ini mas. Konek kaki B dengan kaki B. Kemudian konek kaki C dengan kaki C. Nah untuk kaki Emitor tr final tambahan, kasih R kapur 0,5 ohm/5w dulu, baru konek ke out speaker. Bukan ke kaki emitor tr final bawaan, tapi konek ke out speaker.

      Untuk tr satunya, pasangnya juga sama. Jadi betul mas, tambah R kapur saja, untuk kaki Emitornya, kemudian konek ke out speaker.

      Delete
  55. Brarti itu sprti gambar nya kang bahar yg hitam itu + mas yang merah - ?

    ReplyDelete
  56. Ya pada probe kaki basisnya. Tapi untuk cek tr final harus pakai 4 langkah itu mas.

    ReplyDelete
  57. om boleh minta no;WA nya
    ,,oya gimna perbaiki , aq punya lospeker aktif suaranya pecah ,,,,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf hanya bisa lewat koment blog dan g+ saja mas.

      Delete
  58. Ass mas bahar.... Nanya dong. Kalo ocl pake 1set tr sanken 2sc3858 dan jodohnya. Trapo 5A besar. Berapa maksimal voltase dari trapo seblum pake dioda? Maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa maks pakai tegangan 32vct dari trafo.

      Delete
    2. Siang mas mkasih jwabanya.... Sdah saya rangkai ocl mono pake sepasang sanken dgn kode di atas. Pertama saya pake volt trapo rendah 18volt sebelum dioda kiprok. Hasilnya menurut saya lebih bagus dripada pake 2 set jengkol walaupun sankenya sedikit hangat. Apa sanken hangat itu pertanda normal? Klo sya naikan volt nya jdi 25 - 32 volt dgn elko 10000 uf/80 volt x 2, kiprok 10A itu cukup? Apa ada komponen yg harus di ganti? Sementar saya pake driver 41/42 di belakang sanken. Trimakasih mas

      Delete
    3. 1. Normal itu mas.
      2. Sudah cukup mas. Driver sudah cukup. Gak perlu diganti komponen lainnya.

      Delete
    4. Trima kasih jawwabanya. Sukses sllu buat mas bahar

      Delete
  59. bang kalau ngukurnya pakai multitester digital nilainya brp bang sbg patokan msh bagus atau rusaknya TR.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya untuk cek tr final lebih baik pakai multitester digital mas. Agar lebih mudah dalam pengecekannya.

      Untuk pengukuran menggunakan multitester digital jarang saya lakukan, karena terpaut dengan angka-angka yang berubah.

      Saya belum ada patokan untuk itu mas.

      Delete
  60. Mas, mau nanya
    Saya punya compo aiwa tp proteck, pas saya lepas tr 2SD1933 & 2SB1342 sudah g protec . Apa kemungkinan tr tsb yg short atau gmn ?? Trus seandainya Tr tsb mau saya ganti ada g persamaannya yg mudah carinya dipasaran . Dan biasanya penyebab shortnya krn apa ??
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kasus itu saya belum pernah menanganinya mas, jadi belum tahu solusinya.

      Untuk persamaan tr tersebut saya belum tahu, soalnya beda dengan jenis tr npn dan pnp biasa.

      Delete
  61. mas, kalau output r suara kresek dan kecil tertahan dan l normal, itu yang rusak apanya ya? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda pakai tone control apa gak? Aksesorisnya pakai apa saja?

      Kemungkinan ada masalah di TC atau aksesorisnya. Paling sering karena potensio bermasalah. Coba ganti potensio, terutama potensio volume.

      Delete