Skip to main content

Perbedaan Transistor Sanken Asli dan Palsu

Beberapa waktu lalu ada pertanyaan dari rekan kita di g+, menanyakan perbedaan transistor final sanken yang asli dan palsu itu bagaimana? Akhirnya saya buat posting ini. Mungkin juga sudah banyak yang membahas masalah ini, tapi tidak ada salahnya saya posting kembali dengan lebih mudah dan jelas. Untuk mempermudah diantara rekan kita yang mungkin belum mengetahui, mana sih tr sanken yang asli? Dan mana sih tr sanken yang palsu? Agar tidak salah beli, silahkan simak lebih lanjut ya.

Karena banyaknya minat dengan transistor jenis sanken ini, maka banyak pula yang membuat duplikat palsunya di pasaran, yang membuat kita harus lebih jeli dalam memilih transistor jenis sanken ini. Kalau tidak, maka bisa jadi transistor sanken yang kita beli adalah palsu. Tentu kita tidak ingin mengalami hal ini kan? Karena selain rugi dari segi biaya, juga rugi dari segi hasilnya, jika kita pasang sebagai tr final power amplifier. Yang tentu saja hasilnya tidak sebagus dengan tr sanken asli. Maka dari itu, jangan mudah tergiur dengan harga murah, karena kita patut curiga, jangan-jangan tr ini palsu?

Kalau kebutuhan tr sanken ini digunakan untuk rumahan sih gak masalah. Tapi jika sudah di aplikasikan untuk power besar, maka bisa jadi hal yang sangat fatal. Kebanyakan power daya besar menggunakan supply tegangan diatas 32v. Jenis tr sanken palsu jelas tidak akan mampu bermain dengan tegangan supply diatas 32v, maka hal ini perlu perhatian khusus, agar tidak salah beli tr sanken palsu. Sebenarnya gampang untuk membedakan mana tr sanken asli dan palsu. dari segi harga jelas tr sanken palsu lebih murah, bahkan sampai separuh harga. Masalahnya selesai jika memang penjual tokonya jujur, memberikan mana barang yang asli dan palsu? Masalah terjadi jika kita membeli hanya satu jenis tr sanken yang baik, tapi oleh penjual diberikan tr sanken palsu. Jika kita tidak hati-hati mengetahui tr sanken asli, maka bisa jadi kita membeli tr sanken palsu dengan harga tr sanken asli. Agar tidak terjadi kejadian seperti diatas, berikut perbedaan fisik tr sanken asli dan palsu.

Pertama kila lihat dulu dari sisi depan tr sanken, ada tulisan tipe sanken dan nomer lot produksi. Nanti dapat kita lihat perbedaannya, mulai dari ketebalan teks dan posisi tulisannya.


Posisi tulisan nomer lot produksi berbeda. Pada tr sanken palsu, nomor lot produksi ada di posisi sebelah kanan atau kiri dan tidak pas ditengah. Pada tr sanken asli, tulisan lot ada tepat di tengah-tengah sejajar dengan tulisan tipe sanken.


Ketebalan teks tulisan pada tr sanken berbeda. Pada tr sanken palsu terlihat tulisan teks lebih tipis dan kurang bagus hasil cetakannya. Pada tr sanken asli tulisan terlihat lebih tebal dan cetakan teks tulisannya bagus.


Kemudian kita lihat perbedaan dari sisi belakang bodi transistor. Pada tr sanken asli bodi belakang transistor terlihat lebih buram. Pada tr sanken palsu akan terlihat lebih mengkilap bodi belakangnya.


Jika kita ingin lebih detail, maka kita bisa melihat dalamnya dari tr sanken ini. Untuk cara ini harus kita pecah bodi dari tr sanken tersebut, agar terlihat plat transistornya. Pada tr sanken palsu, plat besinya lebih kecil. Pada tr sanken asli, plat besinya lebih besar. Tapi yang jelas tidak mungkin kita melakukan ini, karena tr tidak akan dapat dipakai kembali, karena konsisi tr pasti sudah rusak, karena sudah dipecah bodinya. Berikut dibawah ini contoh gambar tr sanken asli yang jelas, buat referensi, agar tidak salah beli lagi.


Semoga dengan mengetahui perbedaan tr sanken asli dan palsu ini, kita dapat mengetahui tr sanken yang asli. Dan jika kita dikasih sama penjual toko dengan model tr sanken yang palsu, maka kita dapat mengkomplainnya dan menjelaskan dengan jelas letak perbedaannya. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. iyo mas,saiki okeh tr final yg dipalsuin,elco juga sama,dek wingi njajal tuku siji merk rubicon ,bar tuku tak belek isine jerone ditambahin aspal,ono neh merk elna,pas tak belek njerone meteng,ono anakke loro.cilik".

    jian wis,hobi elektronik wis larang regane malah ono oknum sing malsuke ngene.piye jeh mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kita harus lebih teliti mas, dalam membeli. Jika sudah diteliti, masih juga dapat yang palsu, berarti lagi apes he..he.. Saran saya carilah penjual yang jujur dengan barang dagangannya, meskipun harganya sedikit lebih mahal, tapi barang dijamin bagus. Jangan senang mencari barang murah, karena rawan palsu, apalagi ditambah penjualnya gak jujur, komplit deehh apesnya ha..ha..

      Delete
  2. Mas bahar cara merakit power amplifier mobil tu gmn supaya bas menggelegar...tolong mas bahar seumpama sya rakitkan sprti power rumahan bisa gk..pakai terafo 5amp kit power 400w 2 set trs sya ksh tone control

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih sebenarnya bukan ahlinya dalam bidang audio mobil. Karena ada sedikit perbedaan perlakuan dibanding audio rumahan. Sistem audio mobil dituntut lebih detail dalam hal tegangan, pengkabelan, dll. Tidak bisa sembarangan seperti merakit audio rumahan. Nah ilmunya itu yang saya kurang paham. Untuk audio rumahan sebenarnya bisa dipakai untuk audio mobil, karena pada dasarnya power yang dipakai pun juga sama. Letak perbedaannya adalah pada tegangan supplynya. Untuk power mobil, maka dibutuhkan inverter tegangan untuk merubah dan menaikkan tegangan 12VDC menjadi 32VCT. Maka jika audio rumahan mau dipasang di mobil, dibutuhkan alat inverter tegangan ini. Untuk masalah bass menggelegar, menurut saya tergantung aksesoris tone controlnya. Misal, bisa ditambahan kit turbo bass atau giga bass untuk membosst nada bass yang dirasa kurang. Juga tergantung dari speakernya. Kebanyakan audio mobil, jika ingin nada bass menggelegar, maka ditambahkan speaker khusus subwoofer. Jika mengandalkan pakai speaker bawaan mobil, jangan harap bass bisa lebih menggelegar.

      Delete
  3. Mas bahar sya pakek kontrol alesis 8pot klo volume di besrkan kok suwara pecah gk karu"an itu gmna mas bahar cara mengatasinya

    ReplyDelete
  4. mas rep takon mas nak elko 10000uf 50v ro 10000mfd 50v ki podo ra mas? siji neh yo mas nak aut spiker stereo dadekne siji perlu kei resistor mas, tlung dbantu mas nuwun sak durunge.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Podo ae mas. Out speaker stereo yo gak isoh mas digabung dadi siji, isoh kobong power e sampeyan he..he.. Yo digawe salah siji ae. Gak usah digabung.

      Delete
  5. Kang bahar.knpa power saya klw di hidupkan tida ada suara jeduk.tapi klw di matikan ada suara jeduk.kanpa ya kang bahar padahal udah pake protektor speker....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Time OFF protektor terlalu lama, sehingga OFF power masuk. Coba kecilkan elco supply protektor pakai elco 1000uf/50v, agar time OFF protektor lebih cepat, sehingga off power gak masuk. Atau protektor pakai supply sendiri dengan elco yang kecil. Tujuannya adalah mempercepat waktu off protektor. Sebelum keduluan dengan off power.

      Delete
  6. mas bahar mau tanta power kit 400 wat transistor 330. jebol masalahnya dari apa ya saya ganti jebol lagi. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek tr final mungkin ada yang rusak. Atau pemasangan trnya kebalik. Yang jelas ada kesalahan di area tr driver dan tr final.

      Delete
  7. ok mas makasih atas infonya mas. nti sy coba dulu mS. so'alx masih belajar mas.. hehehe

    ReplyDelete
  8. Saya mencoba merakit amplifier dengan IC stk 4192 dengan PCB lubang di rangkaian ini ada muting ini dijumper kemana biar bisa bunyi pak? Maaf melenceng dari topik diatas. Makasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih belum pernah coba power itu. Tapi untuk pin muting biasanya untuk bisa bunyi, maka cukup dibiarkan saja.

      Kalau suara mau di matikan atau mute. Maka pin mutting ini konek ke ground mas.

      Jadi jika anda ingin bunyi, maka pin mutting di biarkan saja.

      Delete
  9. Mas bahar mau tanya nih�� Kalau elcho 4700uf 35vollt 4buah saya pararelkan itu kapasitasnya bertambah apa gak ? dengan elcho 2buah 4700uf 35vollt
    Pertanyaan saya ada pengaruh nya apa tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapasitas mikrofaradnya akan bertambah mas, tapi volt tetap.

      Tidak ada pengaruh mas, justru lebih bagus.

      Delete
  10. Mas...
    Iki mau coba2 buat power baru mas..
    Tapi masih kuatir ntar jebol...
    Kira2 power stereo sanken 2922 dn psanganx 2 pasang d supply 42vac mmpu g mas...
    Trafo posisi di kaitkn 240 - 0.
    Mkasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau primer pakai 0-240v masih mampu mas, pakai tegangan 42vac.

      Delete
    2. Kn katax tegangan sekunder 0 220 sma 0 240 itu beda sekunderx nnti mas. Sbenarx kalo primer 0 240 itu real voltx brp kalo d sekunderx 42 mas bahar??
      Kira2 kalo turun itu turun brp volt mas??
      Hehhe maaf mas sering tanya..

      Delete
    3. Ya betul mas. Ini yang perlu diluruskan. Tegangan pln yang kita pakai di rumah adalah 220-240VAC. Ada range antara 220 ke 240v. Nah masalahnya tegangan di setiap tempat itu berbeda mas, ya antara 220v sampai 240v.

      Untuk realnya bisa anda cek sendiri pakai avometer. Karena mungkin gak sama tegangan di tempat saya.

      Yang jelas jika anda pakai primer trafo 0-240v, maka tegangan out sekunder akan lebih rendah sedikit dibanding pakai primer 0-220v. Anda bisa cek sendiri.

      Untuk drop down nya tegangan gak mesti, tergantung tegangan pln di tempat anda berapa? Jumlah gulungan trafonya. Tiap trafo beda.

      Jadi silahkan cek dan bandingkan sendiri,

      jika primer 0-240v, out sekundernya berapa?

      Jika primer 0-220v, out sekundernya berapa?

      Jelas nanti tegangan sekunder akan lebih rendah yang primer 0-240v.

      Delete
  11. Terima kasih atas infonya mas...

    ReplyDelete
  12. Sugeng injing mas bahar.saya ada power stereo 300 watt.pakek TIP 3055,2955.2set.lah sudah tak btl. Terus pakek travo 5a 2 buah tak gbung.
    Apa g mubadzir suplaynya mas.kalo mau di tambah tr final harus berapa lagi biar pas.seumpama di tambah mospec 3055&2955 gi mana ato harus yg estilo.pinginya tak tambahi satu set lagi.tapi bingung nyambunge.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti Anda harus tambah 2 set lagi biar imbang. 1set untuk channel L dan 1srt untuk channel R.

      Cara nyambungnya ya tinggal konek saja mas kaki Basis dengan Basis, kemudian kaki Colector dan Colector, dan kaki Emitor dan Emitor.

      Kalau tr TIP bawaannya itu yang bagus, ya tambah tr TIP nya yang MOSPEC atau ST Malaysia. Jangan yang Estilo, kualitasnya kurang bagus itu mas.

      Delete
  13. Siang mas bahar...
    Mas kemarin lusa dapat tr t****ba yg 5200 ma pasangannya, kata toko ori.
    Apa kalau ori kode produksi harus sama atau beda ya mas? Kok yg saya dapat kode produksi ga sama. S**ken yg saya pakai kok sama 5dy npn dan pnp.. piye ya mas.. tksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang beda dan ada yang sama. Kode dibawah itu menurut saya cuma nomor lot produksi. Jadi kalau tidak sama, bukan berarti tidak asli.

      Kalau asli tandanya biasanya tulisan cetakannya bagus, rapi. Harga biasanya lebih mahal. Jangan mau dikasih yang harga murah. Dan yang terakhir ini adalah ketahanan terhadap tegangan tinggi. Tr asli gak gampang jebol pada tegangan tinggi.

      Kalau harga tr finalnya diatas 20rb-30rb, maka kemungkinan besar tr tersebut asli. Jika dengan harga dibawah itu, kebanyakan tr abal-abal atau palsu. Gak bisa buat high voltage.

      Delete
  14. Mas bahar, kit mono sanken itu bisa dipasang tr sampe brpa set? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai berapa pun bisa. Cuma standart umumnya pakai antara 4 sampai 8 set.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.