Saturday, April 1, 2017

CARA MEMBUAT POWER SUPPLY TUNGGAL DARI TRAFO CT

Sudah tak terasa kita sudah menginjak di bulan ke 4, bulan april tahun ini. Next posting kali ini adalah cara membuat power supply tunggal dari trafo ct. Mungkin sebagian dari rekan-rekan sudah tahu cara membuatnya, tapi tidak ada salahnya saya post lagi, mungkin masih ada yang belum tahu rangkaiannya. Saya membuat posting ini berawal dari pertanyaan rekan kita dari g+ yang menanyakan bagaimana membuat power supply tunggal (+-) dari sebuah trafo ct? Akhirnya saya buat posting ini.

Sebenarnya sebuah trafo ct digunakan untuk power supply simetris, khususnya untuk power amplifier dan rangkaian yang lain yang membutuhkan tegangan simetris. Mungkin ada yang bertanya, bisakah trafo ct ini kita buat power supply tunggal? jawabnya bisa. Kalau kita pas membutuhkan power supply tunggal, sedangkan yang ada hanya trafo ct, maka kita bisa membuatnya menjadi power supply tunggal dengan rangkaian dibawah ini. Jadi lebih mudah. Lanjut.

Hanya dibutuhkan 2 buah diode sebagai penyearah dan 1 buah elco, kita sudah bisa membuatnya. Untuk besarnya tegangan tegantung pada out tegangan trafo yang kita pakai. Misal kita pakai tegangan 12v CT dari trafo, maka tegangan keluaran kurang lebih 12v lebih. Karena sudah diserahkan dengan diode dan elco, biasanya tegangan akan naik. ini normal dan wajar.

Untuk amper diode disesuaikan dengan amper trafo. Misal trafo 2A, maka diode yang dipakai adalah diode 2A. Untuk elco gunakan minimal 2200uf/50v agar out tegangan bisa bersih dan tidak dengung. Pakai elco dengan ukuran lebih besar lebih baik, lebih bersih tegangannya. Tapi menggunakan elco 2200uf/50v itu sudah cukup.

Rangkaian ini bisa kita aplikasikan pada tegangan extra trafo yang ada di bagian belakang trafo. Misal untuk supply kipas atau fan, membutuhkan tegangan tunggal, maka kita bisa membuat rangkaian power supply tunggal ini pada tegangan extra trafo ct. Tegangan extra trafo ada yang CT ada yang tunggal atau engkel. Untuk tegangan extra trafo ct, bisa menggunakan rangkaian ini. Untuk tegangan extra trafo tunggal/engkel, bisa menggunakan rangkaian jembatan penuh atau diode Bridge.

Bagaimana jika kita membutuhkan tegangan +12v, tapi tegangan pada trafo tidak ada 12v nya, atau minimal tegangan trafo hanya 15v. bagaimana membuat tegangan out power supply tunggal ini tetap 12v? Jawabnya bisa. Kita hanya perlu menambahkan ic regulator 7812. Fungsi dari ic regulator 7812 adalah untuk menurunkan dan menstabilkan tegangan menjadi 12v. Atau jika kita ingin out tegangan jadi 9v, maka kita cukup mengganti ic regulator pakai 7809.

Akan saya sertakan 2 gambar rangkaian, yaitu rangkaian power supply tunggal saja dan gambar rangkaian yang ada tambahan ic regulator 7812. Jadi biar tambah jelas dan mudah untuk anda merakitnya he..he.. Berikut gambar rangkaian power supply tunggal menggunakan trafo CT.


Sedikit penjelasan untuk rangkaian diatas. Ada 2 buah diode ini berfungsi sebagai penyearah tegangan dari 2 out tegangan trafo. Karena trafo CT, maka tegangan out trafo ada 2. Dengan menggunakan 2 buah diode, maka tegangan akan menjadi power full atau penuh. Untuk elco menggunakan elco dengan ukuran minimal 2200uf/50v agar tegangan bisa bersih, lebih besar lebih baik. Untuk tegangan out trafo dari 15v, setelah disearahkan diode dan elco, akan mengalami peningkatan tegangan, jadi tegangan akan naik menjadi sekitar 21v menurut rumus. Tegangan 15v setelah disearahkan menjadi 15x1,414=21,21v. Jadi tegangan menjadi 21,21v menurut rumus, tapi pada prakteknya bisa berbeda. Tapi yang jelas tegangan out trafo pasti akan naik setelah disearahkan.

Bagaimana jika kita menginginkan tegangan out 12v, sedangkan tegangan trafo hanya ada minimal 15v? Anda bisa menambahkan ic regulator 7812, agar out tegangan menjadi 12v. Untuk gambar rangkaian ada dibawah ini.


Rangkaian awal sama dengan rangkaian yang pertama, cuma ada tambahan ic regulator 7812. Nah sudah ada gambarnya, anda tinggal rakit sendiri. Untuk ic regulator 7812 usahakan pemasangan kakinya tidak keliru atau terbalik. Anda bisa lihat gambar, pada posisi tulisan 7812 terbaca, posisi kaki sebelah kiri adalah input, kaki tengah adalah ground, kaki sebelah kanan adalah output. Atau jika anda menginginkan tegangan selain 12v, misal anda ingin tegangan menjadi 9v, maka anda tinggal mengganti ic regulator 7809, maka output tegangan sudah menjadi 9v. Untuk koneksi sama dengan diatas. Semoga bermanfaat.

27 comments:

  1. menurut mas bahar,jika memparalelkan elco dengan yang lain ukuran kapasitasnya bisa ga mas,dan apakah harus sama ukuran kapasitasnya.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kapasitas microfarad gak masalah berbeda. Yang penting voltase elco harus sama.

      Delete
  2. Gan saya punyk travo 5amp ct klo diode ny pake 5 amp. Trus saya punyk elco 10000uf50v apakah bisa gan..mohon penjelasanny trimakasi

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Bilang saja diode 5A. Biasanya tipe IN5401,5402, dll. Atau tipe lainnya, asalkan bisa untuk trafo 5A. Biasanya penjual toko elektronik sudah tahu diodenya, bilang untuk trafo 5A.

      Delete
  4. maaf mas banyak nanya.. 😁
    aq kan punya elco 2x10000/50v,, rencana mau aq tambah elco tapi ukuran voltase beda 2x10000/80v..
    kira2 aman nggk mas?
    .
    oh ya mas skalian 😁
    biasanya kapasitor yg paling rekomended di pasang pada power sapply itu kapasitor apa mas??
    MKP / KRAMIK / MYLAR???..
    mkasih mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Aman mas. Tapi batas maksimum tegangan tetap tidak boleh lebih dari 50volt. Mengacu ke volt elco yang paling rendah. Jika dipakai di trafo, gunakan tegangan tidak lebih dari 32vct dari trafo.

      2. Kalau untuk supply, bagusan pakai kapasitor keramik mas.

      Delete
  5. sy varu saja bongkar UPS dpt Trafo CT 15vot kl di buat tunggal bearti jd 30Volt atau 27volt yaaa, sementara itu sy perlu teganggan DC antara 12 - 15 Volt utk keperluan Radio Kpmunikasi/RIG, bisa dibantu cara membuatnya... Kl dr trafo hanya diambil satu sisi ampere gak maksimal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itukan tegangan trafonya sudah 15vct mas. Ya tinggal rakit saja kayak diatas mas. Kemudian tambahkan ic regulator 7812, tambahkan tr penguat pada out ic 7812. Biar mampu untuk RIG. Pasang 4 buah tr penguat agar aman. Cara menambah tr penguat bisa anda baca di artikel ini mas.
      http://www.baharelectronic.com/2017/09/cara-menambah-amper-ic-regulator-7815.html?m=1

      Delete
  6. Gan mau tanya. Klo misalnya pake trafo 5A diodanya 5A. Lalu dikasih ic 7812. Itu arusnya (A) tetap atau turun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas. Kalau pakai trafo 5A dan diode 5A, maka arusnya adalah 5A. Nah jika dikasih ic 7812, maka tegangan akan stabil di 12V, tapi arus Amper dibatasi hanya sampai 1A, sesuai dengan kemampuan ic 7812 tersebut. Jadi output ic 7812 hanya 1A mas. Makan arusnya akan turun jadi 1A jika melewati ic 7812 tersebut.

      Delete
  7. Gan saya ada trafo 1 ampere sama dioda 2ampere bisa gk? Trus elco pake yang berapa??

    ReplyDelete
  8. Mikum ms
    .mas aku punya power amply mobil RAYDEN RD-800 mau di pasng di rumah ,untuk suply apa aja komponennya yg hrus di sediakn dan brapa ampr smus komponennya, soalnya aku prnah nyoba bikin suply pake travo 3a dc12v ct 12v tapi pas di putar volume + lampu control redup2 kaya yg kurang strumgtu .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai trafo minimal 10A, cari yang ada tegangan CT 12v nya. Kemudian diode atau kiprok 10A. Elco 10000uf/50v satu buah.

      Anda bisa pakai rangkaian diatas.

      Delete
    2. Berarti kalo trafonya 10A diodanya 10a dua biji elko 50v satu biji ya om?

      Delete
  9. Assalamu'alaikum gan

    Tanya gan
    Travo sya 500Ma,,pke deoda brapa A trz elko brapa uf/volt..
    Mksh gan
    Wa'alaikum salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Rencana mau dibuat supply tegangan berapa volt mas? Trafonya CT atau engkel?

      Kalau seperti rangkaian diatas, cukup pakai 2 diode 1A dan elco 2200uf/25v.

      Delete
  10. Om bahar,

    Saya punya power mobil,

    Cara conek + rem ground bagaimn ya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencana mau dipasang dimana? Dipasang di mobil atau dipasang di rumahan pakai trafo?

      Kalau dipasang di mobil, maka konek positif (+) ke positig (+) accu.

      Untuk Rem bisa konek juga ke positif (+) accu. Jadi paralel saja (+)(rem) konek ke positif (+) accu.

      Untuk ground konek ke negatif (-) accu.

      Delete
  11. Buat di rumah om , pakai trafo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat saja dulu power supply tunggal 12v. Jadi nanti ada tegangan (+) dan (-).

      Tinggal konek saja (+)(rem) ke (+) supply.

      Dan (-) ke (-) supply.

      Jadi (+) dan (rem) gabung dulu, baru konek ke (+) supply.

      Delete
  12. Klo pakek trafo 2A tros deodanx 2biji 2A?

    ReplyDelete