Cara Membuat Power Supply Tunggal dari Trafo CT

Sudah tak terasa kita sudah menginjak di bulan ke 4, bulan april tahun ini. Next posting kali ini adalah cara membuat power supply tunggal dari trafo ct. Mungkin sebagian dari rekan-rekan sudah tahu cara membuatnya, tapi tidak ada salahnya saya post lagi, mungkin masih ada yang belum tahu rangkaiannya. Saya membuat posting ini berawal dari pertanyaan rekan kita dari g+ yang menanyakan bagaimana membuat power supply tunggal (+-) dari sebuah trafo ct? Akhirnya saya buat posting ini.

Sebenarnya sebuah trafo ct digunakan untuk power supply simetris, khususnya untuk power amplifier dan rangkaian yang lain yang membutuhkan tegangan simetris. Mungkin ada yang bertanya, bisakah trafo ct ini kita buat power supply tunggal? jawabnya bisa. Kalau kita pas membutuhkan power supply tunggal, sedangkan yang ada hanya trafo ct, maka kita bisa membuatnya menjadi power supply tunggal dengan rangkaian dibawah ini. Jadi lebih mudah. Lanjut.

Hanya dibutuhkan 2 buah diode sebagai penyearah dan 1 buah elco, kita sudah bisa membuatnya. Untuk besarnya tegangan tegantung pada out tegangan trafo yang kita pakai. Misal kita pakai tegangan 12v CT dari trafo, maka tegangan keluaran kurang lebih 12v lebih. Karena sudah diserahkan dengan diode dan elco, biasanya tegangan akan naik. ini normal dan wajar.

Untuk amper diode disesuaikan dengan amper trafo. Misal trafo 2A, maka diode yang dipakai adalah diode 2A. Untuk elco gunakan minimal 2200uf/50v agar out tegangan bisa bersih dan tidak dengung. Pakai elco dengan ukuran lebih besar lebih baik, lebih bersih tegangannya. Tapi menggunakan elco 2200uf/50v itu sudah cukup.

Rangkaian ini bisa kita aplikasikan pada tegangan extra trafo yang ada di bagian belakang trafo. Misal untuk supply kipas atau fan, membutuhkan tegangan tunggal, maka kita bisa membuat rangkaian power supply tunggal ini pada tegangan extra trafo ct. Tegangan extra trafo ada yang CT ada yang tunggal atau engkel. Untuk tegangan extra trafo ct, bisa menggunakan rangkaian ini. Untuk tegangan extra trafo tunggal/engkel, bisa menggunakan rangkaian jembatan penuh atau diode Bridge.

Bagaimana jika kita membutuhkan tegangan +12v, tapi tegangan pada trafo tidak ada 12v nya, atau minimal tegangan trafo hanya 15v. bagaimana membuat tegangan out power supply tunggal ini tetap 12v? Jawabnya bisa. Kita hanya perlu menambahkan ic regulator 7812. Fungsi dari ic regulator 7812 adalah untuk menurunkan dan menstabilkan tegangan menjadi 12v. Atau jika kita ingin out tegangan jadi 9v, maka kita cukup mengganti ic regulator pakai 7809.

Akan saya sertakan 2 gambar rangkaian, yaitu rangkaian power supply tunggal saja dan gambar rangkaian yang ada tambahan ic regulator 7812. Jadi biar tambah jelas dan mudah untuk anda merakitnya he..he.. Berikut gambar rangkaian power supply tunggal menggunakan trafo CT.


Sedikit penjelasan untuk rangkaian diatas. Ada 2 buah diode ini berfungsi sebagai penyearah tegangan dari 2 out tegangan trafo. Karena trafo CT, maka tegangan out trafo ada 2. Dengan menggunakan 2 buah diode, maka tegangan akan menjadi power full atau penuh. Untuk elco menggunakan elco dengan ukuran minimal 2200uf/50v agar tegangan bisa bersih, lebih besar lebih baik. Untuk tegangan out trafo dari 15v, setelah disearahkan diode dan elco, akan mengalami peningkatan tegangan, jadi tegangan akan naik menjadi sekitar 21v menurut rumus. Tegangan 15v setelah disearahkan menjadi 15x1,414=21,21v. Jadi tegangan menjadi 21,21v menurut rumus, tapi pada prakteknya bisa berbeda. Tapi yang jelas tegangan out trafo pasti akan naik setelah disearahkan.

Bagaimana jika kita menginginkan tegangan out 12v, sedangkan tegangan trafo hanya ada minimal 15v? Anda bisa menambahkan ic regulator 7812, agar out tegangan menjadi 12v. Untuk gambar rangkaian ada dibawah ini.


Rangkaian awal sama dengan rangkaian yang pertama, cuma ada tambahan ic regulator 7812. Nah sudah ada gambarnya, anda tinggal rakit sendiri. Untuk ic regulator 7812 usahakan pemasangan kakinya tidak keliru atau terbalik. Anda bisa lihat gambar, pada posisi tulisan 7812 terbaca, posisi kaki sebelah kiri adalah input, kaki tengah adalah ground, kaki sebelah kanan adalah output. Atau jika anda menginginkan tegangan selain 12v, misal anda ingin tegangan menjadi 9v, maka anda tinggal mengganti ic regulator 7809, maka output tegangan sudah menjadi 9v. Untuk koneksi sama dengan diatas. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. menurut mas bahar,jika memparalelkan elco dengan yang lain ukuran kapasitasnya bisa ga mas,dan apakah harus sama ukuran kapasitasnya.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kapasitas microfarad gak masalah berbeda. Yang penting voltase elco harus sama.

      Delete
  2. Gan saya punyk travo 5amp ct klo diode ny pake 5 amp. Trus saya punyk elco 10000uf50v apakah bisa gan..mohon penjelasanny trimakasi

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Bilang saja diode 5A. Biasanya tipe IN5401,5402, dll. Atau tipe lainnya, asalkan bisa untuk trafo 5A. Biasanya penjual toko elektronik sudah tahu diodenya, bilang untuk trafo 5A.

      Delete
    2. mas ikut tanya..saya rencana mau bikin power amplie pake casan bekas laptop.tp di power tertera +-G.sedangkan di casan hanya +- cara merubh nya casan/power nya bagqi mana.terimakasih

      Delete
    3. Tambahkan kit inverter 12V DC to simetris (+ G -).

      Delete
  4. maaf mas banyak nanya.. 😁
    aq kan punya elco 2x10000/50v,, rencana mau aq tambah elco tapi ukuran voltase beda 2x10000/80v..
    kira2 aman nggk mas?
    .
    oh ya mas skalian 😁
    biasanya kapasitor yg paling rekomended di pasang pada power sapply itu kapasitor apa mas??
    MKP / KRAMIK / MYLAR???..
    mkasih mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Aman mas. Tapi batas maksimum tegangan tetap tidak boleh lebih dari 50volt. Mengacu ke volt elco yang paling rendah. Jika dipakai di trafo, gunakan tegangan tidak lebih dari 32vct dari trafo.

      2. Kalau untuk supply, bagusan pakai kapasitor keramik mas.

      Delete
  5. sy varu saja bongkar UPS dpt Trafo CT 15vot kl di buat tunggal bearti jd 30Volt atau 27volt yaaa, sementara itu sy perlu teganggan DC antara 12 - 15 Volt utk keperluan Radio Kpmunikasi/RIG, bisa dibantu cara membuatnya... Kl dr trafo hanya diambil satu sisi ampere gak maksimal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itukan tegangan trafonya sudah 15vct mas. Ya tinggal rakit saja kayak diatas mas. Kemudian tambahkan ic regulator 7812, tambahkan tr penguat pada out ic 7812. Biar mampu untuk RIG. Pasang 4 buah tr penguat agar aman. Cara menambah tr penguat bisa anda baca di artikel ini mas.
      http://www.baharelectronic.com/2017/09/cara-menambah-amper-ic-regulator-7815.html?m=1

      Delete
  6. Gan mau tanya. Klo misalnya pake trafo 5A diodanya 5A. Lalu dikasih ic 7812. Itu arusnya (A) tetap atau turun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas. Kalau pakai trafo 5A dan diode 5A, maka arusnya adalah 5A. Nah jika dikasih ic 7812, maka tegangan akan stabil di 12V, tapi arus Amper dibatasi hanya sampai 1A, sesuai dengan kemampuan ic 7812 tersebut. Jadi output ic 7812 hanya 1A mas. Makan arusnya akan turun jadi 1A jika melewati ic 7812 tersebut.

      Delete
  7. Gan saya ada trafo 1 ampere sama dioda 2ampere bisa gk? Trus elco pake yang berapa??

    ReplyDelete
  8. Mikum ms
    .mas aku punya power amply mobil RAYDEN RD-800 mau di pasng di rumah ,untuk suply apa aja komponennya yg hrus di sediakn dan brapa ampr smus komponennya, soalnya aku prnah nyoba bikin suply pake travo 3a dc12v ct 12v tapi pas di putar volume + lampu control redup2 kaya yg kurang strumgtu .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai trafo minimal 10A, cari yang ada tegangan CT 12v nya. Kemudian diode atau kiprok 10A. Elco 10000uf/50v satu buah.

      Anda bisa pakai rangkaian diatas.

      Delete
    2. Berarti kalo trafonya 10A diodanya 10a dua biji elko 50v satu biji ya om?

      Delete
  9. Assalamu'alaikum gan

    Tanya gan
    Travo sya 500Ma,,pke deoda brapa A trz elko brapa uf/volt..
    Mksh gan
    Wa'alaikum salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Rencana mau dibuat supply tegangan berapa volt mas? Trafonya CT atau engkel?

      Kalau seperti rangkaian diatas, cukup pakai 2 diode 1A dan elco 2200uf/25v.

      Delete
  10. Om bahar,

    Saya punya power mobil,

    Cara conek + rem ground bagaimn ya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencana mau dipasang dimana? Dipasang di mobil atau dipasang di rumahan pakai trafo?

      Kalau dipasang di mobil, maka konek positif (+) ke positig (+) accu.

      Untuk Rem bisa konek juga ke positif (+) accu. Jadi paralel saja (+)(rem) konek ke positif (+) accu.

      Untuk ground konek ke negatif (-) accu.

      Delete
  11. Buat di rumah om , pakai trafo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat saja dulu power supply tunggal 12v. Jadi nanti ada tegangan (+) dan (-).

      Tinggal konek saja (+)(rem) ke (+) supply.

      Dan (-) ke (-) supply.

      Jadi (+) dan (rem) gabung dulu, baru konek ke (+) supply.

      Delete
  12. Klo pakek trafo 2A tros deodanx 2biji 2A?

    ReplyDelete
  13. Standart minimal untuk elco supply adalah pakai elco 2200uf/50v. Jika dibawah itu, biasanya kurang stabil atau dengung. Atau kalau mau lebih bagus, bisa pakai elco 4700/50v.

    Bisa mas. Cuma untuk beban apa dulu? Kalau untuk beban ringan pakai ic 7824 saja sudah cukup. Tapi kalau untuk beban berat, harus pakai tr penguat.

    Atau langsung saja tanpa ic 7824. Tapi lihat untuk beban apa dulu?

    ReplyDelete
  14. Makanya saya tanya, untuk supply apa dulu? Perlu tegangan pas 24v apa gak?

    Kalau tanpa ic 7824, maka bisa kita perkirakan kenaikan tegangan AC menjadi DC, yaitu dengan mengalikan satuan 1,414 dengan tegangan vac trafo. Memang tidak bisa dapat tegangan pas 24v, jadi bisa dapat tegangan kurang lebih 24v.

    Silahkan ambil tegangan ct 15v dari trafo, maka akan jadi 15vac x 1,414=21vdc.

    Atau ambil tegangan ct 18v dari trafo, maka akan jadi 18vac x 1,414= 25vdc.

    Nah tinggal pilih, tegangan mana yang cocok untuk power supplynya. Pakai tegangan 21v atau 25v.

    Kalau memang rangkaiannya minta tegangan pas 24v, maka bisa pakai tegangan 21v. Jika rangkaian kuat dengan tegangan diatas 24v, maka bisa pakai tegangan yang 25v.

    ReplyDelete
  15. Ya berarti bisa pakai tegangan 21vdc dari tegangan ct 15v dari trafo. Jadi gak perlu lagi pakai ic 7824.

    ReplyDelete
  16. mas kalau kit psu simetris apakah bisa di sambungkan dengan trafo 5 ampere? sementara dioda yg ada di kit simetrisnya adalah dioda 1 Ampere, terima kasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Asalkan beban untuk psu simetrisnya tidak terlalu berat. Misal dipakai untuk supply mixer, tc, gak masalah. Jangan dipakai untuk power.

      Delete
  17. Bos saya ingin ganti trafo tipe compo,tapi trafo bawaan nya bukan ct.dan saya hanya punya trafo ct bagaimana cara merubah nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama harus diketahui dulu berapa voltase out trafonya. Jika sudah diketahui tegangan out trafonya, misal 0-12v, maka koneksi ke trafo ct adalah menggunakan pin ct dan 12v.

      Karena trafo ct pin 12v nya ada dua, yaitu 12v CT 12v. maka gunakan salah satu pin 12v nya.

      Atau jika ada tegangan 6v ditrafo, maka bisa menggunakan pin 6v dan 6v, tanpa ct.

      Delete
  18. Selamat siang pak, kan saya punya trafo 1 ampere kira" bisa gak pakai elco yang 50 volt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pak. Asalkan pakai tegangan dari trafonya tidak lebih dari 32vac.

      Delete
  19. Saya punya trafo 5A...elco 2 biji 80volt 10000uf N 4 biji 50 volt 4700uf
    Driver 400 mono N 150 mono

    Bagaimana cara menggabungnya supaya maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena ada driver berbeda yaitu power 400w mono dan 150w mono. Maka lebih baik elco dibagi 2 bagian. Yaitu elco yang 2x 10000uf/80 untuk power 400w dan elco 4x 4700uf/50v untuk power 150w.

      Agar maksimal power supplynya bisa dibagi 2, pakai 2 kiprok. Silahkan cari di blog ini power supply power 2 kiprok untuk power stereo. Jadi 1 trafo untuk 2 output tegangan.

      Jika kurang jelas, silahkan bertanya lagi disini he..he..

      Delete
  20. Apa elconya harus 50v mas?saya mau rakit power suply 15v ct seperti diatas,kebetulan ada elco 4700uf/25v kira2 bisa dipake gak mas?Klo dihitung 15x1,414=21,21 masih dibawah 25v.

    Apa pengaruh voltase elco untuk power suply??kalo pengaruh microfarad kan semakin besar semakin bagus,,,matur suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak harus pakai elco dengan tegangan 50v mas. Tergantung pada tegangan yang akan dipakai pada trafo. Contoh diatas adalah pakai tegangan 15vac dari trafo, setelah dihitung ketemu tegangan DCnya 21,21vdc. Maka masih bisa pakai elco 4700uf/25v. Karena tegangan DCnya masih dibawah 25v.

      Pengaruh mas. Kalau voltase elco terlalu mepet dengan tegangan DCnya, maka elco akan cepat kering dan rusak. Karena elconya sedikit panas. Jadi lebih baik range voltase elco lebih besar dari tegangan output supplynya.

      Contoh yaitu dengan menggunakan elco 50v. Elco ini akan aman disupply pakai tegangan 25v sampai maksimal tegangan 32v dari trafo.

      Delete
  21. Met Siang kang. Mau nanya kalo dioda nya pake kiprom gmna kang..

    ReplyDelete
  22. Replies
    1. Bisa mas. Dengan cara hanya menggunakan output kiprok yang positif saja.

      Delete
  23. Mas,
    Saya mempunyai power supply simetris untuk mixer dengan tegangan input ny 15v ct 15ct dan output ny +12vac ct -12vac
    Cara menaikan tegangan output ny menjadi +15vac ct -15v ac
    Gimna mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu power supply simetrisnya pakai ic 78xx atau pakai transistor mas?

      Kalau pakai ic 78xx, maka tinggal ganti ic 7812 dan 7912, ganti dengan ic 7815 dan 7915. Maka output akan jadi 15v.

      Jika pakai transistor, maka tinggal ganti diode zener 12v dengan 15v mas.

      Delete
  24. Kita punya trafo ct 5A untuk mengangkat motor pompa air dngan besaran 48 volt,apa saja yg dibutuhkan tuk suport trafo tsb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tegangan output trafonya berapa volt? Baru nanti bisa diketahui bisa tidaknya untuk dipakai tegangan 48v.

      Delete
  25. Misi mau tanya mas, jika kita mau bikin power supply tunggal dari trafo ct dengan cara di atas, arusnya berkurang, tetap, atau nambah mas?
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arus ampernya tetap mas. Untuk rangkaian power supply tunggal menggunakan trafo ct, memang seperti itu rangkaiannya. Menggunakan sistem penyearah setengah gelombang. Tapi hasil arus ampernya akan tetap. Tidak berkurang atau bertambah.

      Tapi jika dibuat full bridge atau penyearah gelombang penuh, maka arus ampernya akan berkurang. Karena hanya pakai satu gulungan lilitan saja dan dan diameter kawat setiap gulungan sekundernya kecil, karena sudah dibagi menjadi 2 gulungan sekunder. Maka jalan satu-satunya untuk menambah atau mengembalikan arus aslinya, kedua gulungan sekunder harus dipertemukan kembali menjadi satu titik di positif elco supply.

      Delete
  26. Saya mau nanyak mas, saya punya trafo 3a, saya mau bikin power suply, biasanya elco nya ukuran berapa dan berapa biji..?
    Terus dioda nya ukuran berapa dan berapa biji....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika untuk tegangan tunggal, tegangan positif dan negatif. Jika menggunakan trafo ct seperti diatas, cukup menggunakan 1 elco 2200uf/50 dan 2 diode 3A sebagai penyearah. Untuk tegangan terserah mau pakai berapa volt, sesuai kebutuhan.

      Delete
  27. Mas saya mau tanyak saya mau bikin power suplay 15voll ct pakai trafo 5 amper deoda dan elco nya ukuran berapa ya yg pas terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk keperluan standart bisa pakai dioda 5A atau 6A dengan elco 2200uf 25v x2. Jika ingin hasil yang lebih baik dan maksimal, maka elco bisa pakai 10000uf 50v x2.

      Delete
  28. pak. guru mau tanya, gambar di atas yang menggunakan 7812 (+), apakah aman hanya menggunakan 7812 sedangka (-) tidak menggunakan 7912 juga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman mas. Ya memang gak perlu dikasih 7812 di bagian tegangan (-) negatifnya. Karena ic 7812 untuk mengatur tegangan (+) positif. Cukup menggunakan satu ic 7812 saja di jalur positif dan negatifnya langsung.

      Delete
  29. Assalamualaikum Mas Bahar,lagi saya merangkai sebuah power class d tpa3116d2 120wx2 yang dianjurkan menggunakan teg 24vdc,saya memakai trafo 5a 18v~ct~18v, diode 5a elco 4700uf/50v,hasilnya 27vdc tanpa beban dan 24.5 sampai 25.5 vdc dengan beban,apakah aman untuk amplifier saya atau saya harus membuat rangkaian tambahan ic7824 plus tr tip 3055 misalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman mas, gak masalah. Gak perlu tambahan ic 7824. Karena selisih tegangan sedikit. Itu juga belum beban pada saat bunyi. Masih aman mas.

      Delete
    2. Ok Mas Bahar...​Terima kasih atas replynya...​Semoga sukses selalu..wassalaualaikum. Wr.Wb..

      Delete
  30. Trima kasih referensi yg saya cari ada disini,pernah hobby waktu smp udah lupa

    ReplyDelete
  31. mas bahar sy mau tanya,gmn caranya menambah galaxy di tone power amplifier krn input tegangan antra tone control dan galaxy brbeda mas.tone controlnya 15+0-15 dan galaxynya15+dan 15-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Karena tegangan tone control nya adalah simetris (+15v 0 -15v), sedangkan galaxinya tegangan tunggal (+15v -15v).

      Maka untuk koneksinya adalah (+15v) galaxi konek ke (+15v) tone control. Kemudian (-15v) galaxi konek ke (0) nol tone control. Awas jangan sampai keliru konek ke -15v ya he..he..

      Delete
  32. Guru saya mau nanya saya punya trafo bekas ups computer tegangan yang keluar itu ada 3 ct ditengah klo diukur avo tegangan kabel kanan sama tengah 6,8v begitu juga kiri sama tengah 6,9v klo diukur kabel kanan sama kiri 12,8v rencana mau daya buat charger aki kira2 butuh apa aja guru dn posisi conexiontnya pakai kabel kanan sama kiri yang keluaranya 12v ya.. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diode kiprok 35A dan elco 4700uf/ 50v. Betul mas. Pakai kabel kanan sama kiri, agar dapat tegangan 12 volt lebih. Untuk charger aki

      Delete
  33. Mas bahar.... Speech less saya
    Satu kata untuk mas bahar...
    Jazakalloh khoir...semoga mas bahar & keluarga selalu dikaruniai kesehatan & rezeki barokah...

    ReplyDelete
  34. Mohon bimbingannya guru..apakah 27vdc bisa untuk power mibol

    ReplyDelete
  35. Apakah 27dc bisa untuk power mobil

    ReplyDelete
  36. Klo untuk modul mp3 biar gak dengung baiknya gmn bang? Pake elco dan dioda brapa.. apa butuh ic 7809

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai elco minimal 4700uF 25V, diode 1A, atau tergantung trafo. Gunakan tegangan 12V atau 15V dari trafo. Boleh pakai trafo CT atau non CT. Gunakan juga ic 7809 + pendingin kecil, agar tidak panas.

      Delete
  37. maaf mas mau ikut nanya...saya punya power tp untuk dc nya mengunakan R L sama G.bagai mana cara agar power tersebut mengunakan psu yg hanya - sama + z..cara merubah mengunakan tqmbahan ap lg.makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf saya koreksi ya, mungkin yang dimaksud menggunakan tegangan simetris (+ G -). Bagaimana cara merubah power dengan tegangan simetris (+ G -) menjadi tegangan Tunggal (+ dan -)? Caranya adalah dengan menggunakan kit inverter 12V DC to simetris (+ G -)

      Delete
  38. Saya ikuti skema dari Mas Bahar dengan tegangan 18v dari trafo 5a, 2 biji dioda 5401 dan 1 elco 2200uf/50v untuk supply tone control jadul 007 tapi ternyata dengung. bagaimana solusinya mas? apa harus memparallel 1 elco lagi untuk menambah kapasitasnya? atau cukup ditambah 7815?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup ditambah ic 7815 mas. Jika tetap dengung boleh dicoba ditambah elco 2200uf 50v lagi diparalel

      Delete
    2. sudah sembuh mas bahar, terima kasih. saya cari amannya saja dengan menambah lagi cap 2200 sekalian dikasih 7815 haha.
      tapi nampaknya kuping kaleng saya kurang srek sama tone control 007 ini, mohon pencerahan tips dan triks modifikasi komponen 007 untuk keluhan saya berikut mas:
      1. Meningkatkan gain. power saya coba kasih pot aja tanpa tone control, hasilnya oke. setelah pake tc 007 ini gainnya seperti berkurang. mohon pencerahan meningkatkan gain dari sisi tone control ini tanpa otak atik power.
      2. Meningkatkan bass. berdasar kuping meter saya, bass untuk 007 ini rasanya kurang menonjol dan kurang oke, atau mungkin istilah umumnya kurang "glerr" begitu. mohon pencerahannya modifikasi 007 ini agar bass menonjol atau lebih glerr begitu. jangan kasih saran "filter subwoofer, galaxy" atau semacamnya loh yah mas wkwk

      anyway speaker pakai 15inch

      Delete
    3. Mohon maaf baru balas.
      1. Meningkatkan gain tanpa otak-atik power dan TC. Sebenarnya bisa dengan cara modif dibagian tone controlnya, tapi sulit dijelaskan disini. Cara termudah untuk meningkatkan gain yaitu dengan cara menambah rangkaian pre amp pada bagian output TC. Jadi setelah output TC masuk ke rangkaian pre amp, kemudian masuk ke power.

      2. Meningkatkan bass pada TC 007. Bisa coba dengan mengganti nilai milar 393 jadi 683. Kemudian ganti potensio bass 50K menjadi potensio 100K. Cara lain banyak , tapi tidak bisa saya jelaskan disini

      Delete
    4. Iya mas, saya sudah melanglangbuana sana sini untuk hunting dan ikutin tips 'n trick buat 007 hasilnya nihil (kalaupun ada efek, betul betul not as expected lah). alhasil 007 saya ganti bifet saja. mau eksperimen iseng-iseng tapi saya rasa tidak worth it karena sudah banyak varian lain yang lebih superior wkwk

      anyway, terima kasih buat waktunya Mas Bahar, kalau nanti saya stuck pas ngoprek-ngoprek lalu nyari pencerahan disini lagi dan tanya-tanya ke Mas Bahar lagi mohon jangan bosen wkwk

      Delete
  39. Mas bahar, kalau bikin carger aki motor pakai trafo ct 2A dan 2 buah dioda 6A bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, asal di cek dulu tegangan outputnya jangan melebihi dari 15vdc.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led