Speaker Simbadda CST 5000N Subwoofer Mati

Speaker simbadda cst 5000n dari teman dengan kerusakan subwoofernya mati. Tapi speaker kecil kanan kirinya masih bunyi. Jika anda kebetulan pernah mengalami kerusakan speaker simbadda seperti ini bisa anda coba untuk memperbaiki sendiri. Berikut sedikit pengalaman yang bisa anda coba dirumah.

Siapa yang tidak kenal speaker yang satu ini, kualitas suara bass-nya memang bisa dikatakan lumayan mantap jika dibandingkan dengan speaker merk lain yang sejenis, tapi jika speaker subwoofernya mati, suaranya jadi tidak bisa menggelegar lagi, karena yang bunyi hanya mengandalkan speaker kanan kiri saja yang memang fungsinya hanya untuk memproduksi suara vokal bukan bass.

Suara bass dihasilkan sendiri secara terpisah menggunakan speaker subwoofer dan box sendiri. Begitu juga penguat power amplifiernya juga terpisah. Power amplifier untuk bass sendiri dan power amplifier untuk vokal sendiri. Langsung buka box subwoofernya. Cek speaker pakai avometer set di X10 ada suara kresek-kresek dan jarum avometer bergerak berarti kondisi speaker ok. Cek kabel jika ada yang putus. Cek solderan bila ada yang lepas atau retak.

Speaker simbadda seri CST 5000N ini menggunakan 2 buah ic power TEA2025 untuk subwoofer dan speaker kanan kirinya. Lanjut ke pengecekan komponen. Ternyata kerusakan disebabkan ic power TEA2025 bagian subwoofer rusak. Silahkan ganti saja ic TEA2025 dengan yang baru. Jika anda ragu ganti saja kedua icnya. Coba speaker subwoofer sudah bunyi kembali.

Comments

  1. Kalo yang Mati, Salah satu Speakernya gimana itu

    ReplyDelete
  2. Untuk mas jumadriansyah. Kalo seperti itu biasanya yang rusak speakernya. Coba cek speakernya siapa tahu cuma putus kabelnya aja. Bisa juga konektornya yang sudah rusak.

    ReplyDelete
  3. itu ic yg rusaknya dua-duanya atau salah satu z,kalau cuma salah satu yg mananya yg musti di ganti?mkasih gan sblmx.

    ReplyDelete
  4. Untuk mas imam saefudin. Urut saja jalur kabel speaker bass nya. Akan menuju salah satu ic. Yaitu ic yang harus diganti. Jika ragu ganti aja dua-duanya gak masalah.

    ReplyDelete
  5. Mas, saya udah ke tukang servis ganti IC malah 2 x mati Subwoffer nya.
    Yg ketiga kalinya jadi males ke tukang service lagi.
    Kira2 kenapa ya kok doyan bgt rusak2 lagi? Padah baru aja beberapa hari.
    Mohon pencerahannya ya mas

    ReplyDelete
  6. Untuk nakano okada. Simbadda nya tipe berapa? Jika sama cst5000 ic rusak lagi bisa disebabkan panas berlebih. Penyebabnya bisa dari tegangan trafo terlalu besar atau pendingin heatsink kurang. Kalo cst5000 tegangan maks 9 volt. Jika lebih dari itu pasti ic menjadi panas dan cepat jebol. Solusi paling mudah dengan menambah pendingin/heatsink pada ic. Kemudian cek panasnya. Jika panasnya normal dijamin ic akan awet.

    ReplyDelete
  7. Gan kenapa uah speaker ane bas nya kresek kresek?
    Volume bass ane kecilkan sampai min ttp aja bunyi kresek nya kluar.. Tp ane lepas kabel bas nya ilang tuh suara speaker nya masih aman aja... Mohon pencerahanny gan..

    ReplyDelete
  8. Untuk ahya. Suara kresek- kresek bisa disebabkan ada solderan yang kendor pada pcb rangkaian. Kemungkinan kedua bisa disebabkan karena kapasitor atau elco kering.

    ReplyDelete
  9. mau tanya, speaker aktif saya merk GMC kalo dinyalain walaupun blm ada input tapi bunyi kaya geluduk kadang jarang2, kadang terus2an, kira2 kenapa ya? kalo basnya dikecilin sih suara geluduknya ilang, tapi kan nggak enak dengerin musik cempreng nggak ada basnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mas admin. Silahkan coba ganti semua potensio nya. Penyebab suara geluduk atau gemuruh bisa disebabkan potensiometer nya sudah rusak.

      Delete
  10. Kang bahar, simbadda ane cst5100. Sdah ganti IC sbelah aj karna bassnya hilang. Stelah itu speaker LH suaranya kecil/hilang vocalx. Solusi nya apa ya kang? Knp IC subwofer nya gampang jebol n knp suara speaker LH/RH nya jadi kecil/hilang?

    ReplyDelete
  11. Untuk kang bidin. Simbadda CST5100 memang gampang jebol karena pendingin ic nya kurang. Untuk speaker kecil kanan-kiri suara kecil bisa disebabkan kabel atau konektor input bermasalah. Bisa juga ic nya juga bermasalah.

    ReplyDelete
  12. mas bahar mau tany ne speaker saya cst 5000 merk advance. udah di pke skitar 2th, belakangan ini swra basny ilang,,kmudian udah tk ganti ic pwrny yg TEA 2025. tp hasilny ko basny jd gk kerasa ya mas, alias kecil,, mohon solusiny

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yuli purniyanto. bisa jadi potensionya sudah rusak mas. atau ada komponen elco yang kering.

      Delete
  13. Permisi mas . Subwoofer milik saya juga mati . Namun punya saya cst 4600 n . Apakah sama penyebabnya seperti cst 5000 n ? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk dimas. Cek dulu speakernya nyala apa gak?

      Delete
  14. Mas bahar bisa minta tolong skemanya ga mas?...
    Saya mau coba bikin sendiri? ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk skema saya gak punya mas. Tapi kalo mas edi ingin buat bisa download saja datasheet ic TEA2025 nanti ada skema rangkaiannya.

      Delete
  15. Sama ni punya saya cst 1500n subwovernya mati..sudah dganti icnya masih blum ada basnya gmn ya??tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sigit. Sudah dicek belum mas speakernya? Problem biasanya kalau gak ic TEA2025 yaa speaker subwoofernya yang rusak. Cek juga kabel dan solderan area ic subwoofer.

      Delete
  16. gan, CST5000 itu trafo nya 12v bukan ya? Apa bisa misal board nya diganti dengan BELL BSX-A1 biar bs buat karaoke mic? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk rudigenesis. CST5000 itu pakai trafo 1 Amper 9 volt tunggal bukan ct. Untuk rangkaian bell bsx-a1 saya belum pernah bongkar mas. Jadi belum tahu rangkaiannya.

      Delete
  17. mas mau nnya subwofer simbada model cst x-218n..mempunyai 2 buah ic..yg jdi pertanyaan subwofer ini mati total...trus input ac ke pcb panas x klau tersambung arus listrik...sudah saya cek elco ..diodanya semuanya aman tolong dong mas kash solusinya...trafo bagus...tpi diinput acnya panas x..tolong infonya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk hengky. Berarti salah satu ic ada yang rusak short. Silahkan anda coba ganti salah satu icnya. Jika kesulitan ganti saja keduanya. Panas yang timbul disebabkan tegangan konslet.

      Delete
  18. Salam mas Bahar!!!saya punya subwoofer simbadda pkai ic tda 2030 tiga biji terus ada lagi 1 ic yg duduk lupa serinya.pas dinyalain suara cuma ndengung.apa ic nya mati??kalau mati yg mana?yg berdiri apa yg duduk?ada tdk gantinya di pasaran trims!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mas wandi. Suara dengung berarti salah satu ic power ada yang rusak seri TDA2030, ic yang berdiri. Coba ganti salah satu atau ganti ke tiga icnya. Ic yang duduk itu ic pre amp seri 4558 jarang rusak. Ic TDA2030 banyak dijual di pasaran harga +- 5rb.

      Delete
  19. Trimakasih mas bahar.nanti tak coba.satu lagi mas bahar,midal mau di taruh di mobil dengan catu daya -,+ bisa tdk???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa mas jika dipasang langsung. Harus diberi converter dulu untuk merubah tegangan +-12v menjadi 18v-CT-18v.

      Delete
  20. Speaker aktif simbadda cst1600. Suaranya kecil bgt mas kana kiri. Ic power tda 2030 3 biji. 1 Ic jrc 4558. Kira kira apanya mas?

    ReplyDelete
  21. Untuk ardi kurniawan. Apakah sudah dicek kabel inputnya mas, mulai dari kabel juga jack input 3,5 apakah ada yang putus di dalam? Jika perlu ganti saja satu set kable input 3,5 baru. Cek juga potensio volume ini juga sering rusak. Cek ic power TDA2030 dengan cara menyentuh kaki ic tersebut dengan tangan. Jika ic normal, akan keluar suara trettt... agak keras. Jika suara pelan bisa dipastikan ic itu rusak.

    ReplyDelete
  22. sudah ganti ic tda bassnya... masih aja bassnya bunyi gemrudug gak jelas apanya yah bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk opick hartawan. Silahkan ganti potensio nya mas. Jika masih problem, ganti juga elco input ic tda nya.

      Delete
  23. Mas untuk simbada Ic tea 2025
    bas nya kluar mengecil kurang gler..
    Padahal sudah ganti Ic dua2 nya...
    Kira2 apanya lagi y mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti elco regulator dan elco input kedua ic TEA2025 tersebut.

      Delete
  24. Untuk seri cst 4600 saya belum pernah bongkar jadi belum tahu cara bongkarnya.

    ReplyDelete
  25. mas saya mau nanya, speaker saya simbadda CST 5000N, udah ganti IC TEA2025 nya skarang malah gak ada suaranya, mohon bimbingannya mas bahar, saya masih pemula.. terimakasih dan salam sukses selalu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk agung. Pastikan tegangan ada mas. Posisi pemasangan ic apakah sudah benar? Jika tidak ada suara, penyebabnya bisa jadi tegangan tidak ada karena trafo rusak.

      Delete
  26. Assalamualaikum.. Mas bahar, punya saya sama kaya punya mas agung CST 5000N ic udah bener tegangan trafo bagus, yg jadi kendala suply arus tegangan ke kedua ic TEA nya gak ada, kira" apanya ya mas, saya udah bingung. Kira kira apanya yg diganti, mohon bantuannya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk diaz. Coba ganti 4 diode IN4002 dan elco 1000uf/16v biasanya sering rusak

      Delete
    2. Itu posisinya yg sejalur sama arus dari trafo ya mas? Oke saya coba mas bahar, makasih banyak mau bantuin saya yg masih blank soal elektro.. Semoga dibalas lebih kebaikannya.. :)

      Delete
    3. Ya benar posisinya sejalur dari trafo. Terima kasih juga mas atas kunjungannya. Semoga bisa membantu.

      Delete
  27. pagi mas bahar, ini speaker aktif punya gw simbadda CST 5100N subwoofernya kadang ilang2 bunyi nya dan makin parah skrng, paling bass nya bunyi sbntr trs ilang lagi. IC 2025 nya udh gw ganti yg utk bass sm elco2 yg ada di jalur bass msh aja gk smbuh2, kira2 knp ya? trma ksh sblm nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya spul speaker subwoofernya bermasalah. Kadang konek kadang tidak.

      Delete
  28. Bang punya gw salah 1 speakernya ga nyala , apa kabelnya ya ?? soalnya kalo kabel yg masuk ke subwoffernya d goyang2 dia nyala tpi skrg udah ga nyala lagi . itu gimna ya ?? simbadda cst 8000n

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk dede. Bisa disebabkan kabelnya mas. Tapi yang sering saya temui problem ada di soket 3,5 yang ada di subwoofer jalur speaker L-R. Problem biasanya soket berkarat atau kurang bagus koneknya. Bisa coba dibersihkan menggunakan contact cleaner khusus elektronik, kemudian disemprotkan pada lubang soket yang bermasalah. Biasanya dengan cara ini problem sudah bisa teratasi. Atau dengan cara mengganti soket yang rusak dengan soket yang baru.

      Delete
  29. Speaker gmc 8000q saya kalo abis dimatiin powernya. Entah dicabut atau dicetekin tombol on off ketika dinyalakan kembali mengapa volume selalu di posisi full ya. Bikin kaget. Ni apa salah ngrakitnya atau gimana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yudi isti. Maaf mas saya belum pernah bongkar speaker jenis ini. Jadi belum tahu jerohannya seperti apa. Tapi menurut saya, kalau dilihat speaker ini menggunakan remote, berarti control volume diatur di didalam ic. Jika ic control ini rusak/error maka control volume juga ikut kacau. Masalahnya ada gak ic ini dijual dipasaran?

      Delete
  30. potensio meter untuk cst 5000 jenis apa ya yang buat volume?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak salah pakai potensio stereo 50K. Silahkan dibongkar dulu speakernya, kemudian ambil potensionya untuk contoh saat beli potensio baru, biar pas ukurannya.

      Delete
  31. Kalau suara basnya yg hilang, apanya yg harus di ganti mas, untuk speker simbadda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan cek speakernya dulu, apakah masih ok? Jika ok, silahkan ganti ic powernya. Untuk ic power setiap tipe simbadda beda. Jadi silahkan urut jalur dari speaker bass menuju ic yang mana? Nah ic itulah yang diganti.

      Delete
  32. kalau di service ke tukangnya kena berapa ya?? cz ga ngerti elektronik.. hhe
    suara bassnya ada dikit tapi ga kaya awal awal terus pengaturan suara bassnya juga jadi ga berfungsi.. apakah itu suara bassnya rusak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung tukang servicenya, kurang lebih 50rb. Kalau dilihat problemnya, sepertinya potensio bassnya rusak.

      Delete
    2. mf kang mao tanya nih spikeur simbada ko basnya kecil..padagal ic 2025 udah di ganti semua tapi ttp kecil basnya ga keluar...kira2 apanya kang...

      Delete
    3. Coba ganti potensio bassnya mas.

      Delete
  33. udah di ganti masih kang...jadi bingung..kira2 toko sperpak jual ga ya kang..satu set mesin nya..jadi tinggal pasang aja...

    ReplyDelete
  34. mas mau tanya saya punya speaker simbadda cst 5100n suara woofernya mengecil dan kemresek kalau speaker kanan kiri masih oke... sudah saya coba ganti ic TEA2025 sama potensionya... tapi ttep aja pelan... kira2 apanya yah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti elco supply 1000uf/16v. Jika masih tetap, cek konektornya, biasanya kendor atau kurang pas.

      Delete
  35. kalo speaker simbadda siara bassnya kresek-kresek knp mas ?

    ReplyDelete
  36. Mau tanya mas, misalkan speaker simbada cst5100n dikasih arus dari aki 40ampere dikasih rangkaian apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dulu ic powernya pakai tipe berapa? Kalau pakai ic seri TEA2025, maka bisa dikonek lansung ke accu, tapi trafo harus dilepas dulu, kemudian ambil teganganya konek ke elco 1000uf/16v, jangan keliru pasang plus minusnya, jika sekali keliru pasang, ic power akan lansung jebol, jadi hati-hati.

      Delete
  37. Mas biar Ic tea2025 awet harus gmn yah.
    Ini speaker simbadda sering gonta-ganti Ic.

    ReplyDelete
  38. Om ini saya barusan beli Simbadda CST 5000N tapoi suara Bass kalah sama suara speker kanan kiri? Apakah memang segitu suaranya? Minta solusi dunk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang seperti itu. Tergantung posisi speakernya juga. Kadang ditaruh di pojok kamar/ruangan, bass lebih mantap. Kalau di area terbuka bass kalah.

      Delete
  39. om sy punya simbadda cst x218... suara kecil bass maupun yg double speaker. sudah sy ganti ic 2025B, elco 10 mikro 50v, 2200mikro 16v. speaker sudah sy tes pake avometer masih hidup.... kira2 apanya itu om... mohon penjelasannaya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Coba ganti potensionya, ganti elco input masing-masing ic.

      Delete
  40. mas spiker sy cst 6000, subwoofernya kluar suara gemuruh wlaupun potensio posisi off semua, apanya yg rusak ya? Oiya rangkaian pke ic tda2030a 3buah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti semua elco area ic TDA2030. Kalau perlu ganti semua elconya, kecuali elco supply tegangan.

      Delete
  41. mas bahar, blognya rame, dari tahun 2013 sampe sekarang sudah 2017. dan selalu bersedia melayani komentar. salut..

    mas bahar, speaker saya cst5100n, kresekkresek bass dan satelitnya. apakah ada yg jual rangkaian preampnya ya? saya gak paham soal elektro soalnya. kalau bongkar pasangnya sih bisa.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa saja mas he..he.. Coba cek dan ganti potensio dan socket 3,5mm, biasanya kedua komponen tersebut gampang rusak dan aus.

      Delete
  42. Mas speaker saya type cst 6100n. Kemarin begitu colok listrik, sempet nyala terua mati sendiri woofernya. Ga nyala sama sekali. Knp ya? Saya liat kabelnya masih oke. Apa mungkin trafo jebol?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada solderan kendor mas, coba solder ulang semuanya. Kemungkinan terakhir, adalah spul speaker subwoofer putus nyambung, bisa dicek menggunakan avometer.

      Delete
  43. sore mas
    saya ada speaker cst 5300N, pertama suara bas kresek kresek, sudah saya ganti elconya yg 2200uf 16V, tp masih kresek kresek suara bas nya (suara kresek kresek sudah mendingan, tp masih terdengar), kira2 apanya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti semua elconya, termasuk elco yang kecil-kecil. Solder ulang semua area pcb.

      Delete
  44. kalo ganti speaker vokalnya ama speaker beli sendiri . tapi tetep make subwofer simbadda cst bisa ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tinggal konek saja ke out speaker vokalnya.

      Delete
  45. mau tanya mas saya ada simbadda cst 5000 yang subwoofernya sama sekali tidak bisa nyala. dulunya itu sempet bisa nyala tapi pelaaaan banget,. btw saya pastikan subwoofer nya normal karena sudah dicoba di speaker lain. saya sudah ganti IC tda2030 nya, saya sudah ganti juga elco yang 2200uF/ 25V, potensionya juga sudah ganti, tapi masih no hope. sekarang malah mati total subwoofernya,,. saya tes rangkaiannya nyambung semua itu mas,, saya harus cek mana lagi ya?? ini langkah terakhir saya mau ganti semua elco siapa tahu kalau ada saran dari njenengan sebelum saya melakukan itu. terima kasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kasus seperti itu memang gampang-gampang susah. Hal pertama jika sudah diganti ic baru, tetap. Maka perlu dicek jalur pcbnya, sering terjadi jalur putus. Silahkan ganti lagi ic TDA2030, pastikan semua jalur tidak ada yang putus dan konslet.

      Delete
  46. mas ini saya sudah ganti lagi , ternyata pakae TEA2025b.
    dan beberapa jalur putus dan sudah saya sambungkan kembali. nah masalahnya sekarang itu gak bunyi , tapi kalau potensionya saya putar ada dikit dikit suara bass khas subwoofer ,.
    kemudian saya sempat sentuh IC tea nya yang mengarah ke subwoofer, subwoofernya berdengung kencang sekali, tapi tetep tidak mengeluarkan suara.. nah ada saran mas untuk langkah saya selanjutnya?

    ReplyDelete
  47. mas,,punya saya cst 5000 woofer nya mati gara gara salah masukan soket,ketuker antara soket ac in dan soket buat speaker woofer.
    kira kira apa nya yg harus diganti.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek speakernya masih hidup gak? Cek kabelnya mungkin putus. Bisa juga karena konektornya rusak. Bisa juga ic powernya rusak. Coba cek satu-satu.

      Delete
  48. Mas Bahar mau tanya. Aku punya simbadda cst 5100 masalahnya subwoofer nya ga ada suaranya. Tag ganti ic tea2025 tetep nol. Tag cek teg. Ada di kaki 16 dikaki 10 terdengar suara dutt yg jdi maslh di kaki 7 tidak terdengar suara dutt. Keruskn apa yha mas.? Elco yg 100 mf 16 v sudah diganti juga.
    Pencerahan nya mas. Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok aneh ya.. Mungkin ada jalur yang putus mas. Kalau memang penyebabnya ic tea2025 rusak, maka tinggal ganti ic yang baru, harusnya bisa langsung nyala. Kerusakan komponen lain jarang terjadi.

      Bisa juga disebabkan speaker subwoofernya sendiri yang mati. Potensio rusak. Cek speakernya apakah masih nyala?

      Delete
  49. Mas.klau subwofernya mati...hanya lampu aja yg nyala...gara"lupa nggak cabut stopkontak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek speakernya. Jika speaker normal, coba ganti ic power subwoofernya. Cek juga kabel speaker subwoofernya, terutama koneksi jack 3,5 mm nya sering gak konek.

      Delete
  50. Subwoofer cst5100 saya kemaren suara bassnya kadang ilang kadang bunyi, trs dibawa ke tukang servis suaranya keluar cuman kurang lepas, udah diputer pol suaranya cuman pelan, kira2 kenapa ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah kemarin kata tukang servicenya rusak apanya mas?

      Bisa jadi potensio bassnya rusak. Jadi gak bisa maks suaranya.

      Delete
    2. Kemaren katanya solderan IC bassnya retak yg bikin suaranya ilang2, tapi setelah dibenerin suaranya ada, cuman bassnya kayak ketahan gitu, ga bisa lepas.

      Delete
    3. Mungkin ic bassnya lemah mas. Jadi gak bisa full suaranya.

      Kemungkinan ada 2 yaitu kerusakan potensio bassnya atau ic bassnya lemah.

      Delete
  51. Mas Bahar Ulum..kalo dh ganti ic tp suara speaker masih kecil sebelah...kira2 apa lagi ya...trus buat ngecek pake multitester gimana ya...kalo bisa pake gambar/foto cara ngeceknya...maklum pemula banget,Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti kabel inputnya mas. Bisa juga potensionya sudah rusak, coba ganti potensionya.

      Delete
  52. Wah membantu sekali...pertanyaan saya sudah terjawab di atas..thx

    ReplyDelete
  53. saya baru mengganti ic nomor 1 simbadda cst 1100N+ ,tetapi malah panas sekali ic nya ,, dan makin lama makin kecil suara bass nya . . Kalo suara speker kecil kanan kiri sih oke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ic nya nomer serinya berapa? Apakah ic TEA2025 atau TDA2003, atau lainnya?

      Kalau ic panas, berarti ada yang gak beres, bisa dari penyolderan ic yang kurang baik atau ada komponen sekitarnya yang rusak, bisa elco atau lainnya.

      Cek dulu deh solderan ic nya, sudah bersih belum dan gak ada yang konslet?

      Delete
  54. Mas bahar Kira" selain tea2025b,ada gak seri lain yang lbih ngebbass thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada sih, tapi trafonya nanti yang gak kuat. Dan juga pcbnya gak sesuai.

      Mending pasang ic aslinya saja.

      Delete
  55. Mas bos, mau tanya ini 'SIMBADDA CST Z100' udah ganti ic sesuai asli, nyala... tapi kok buat nyetel musik mp3 dari hape suaranya pelan..? Tapi klo buat radio hape kenceng suaranya.. Kira" permasalahannya apa ya bos... Mohon pencerahannya.. 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu sudah normal mas. Memang kalau dari hp biasanya pelan, khususnya pas nyetel mp3. Kalau nyetel radio hp bisa kenceng, karena ada penguatnya dari radionya.

      Kadang beda hp, beda keras suaranya. Solusinya adalah jika ingin agar lebih keras suaranya, harus dirubah Resistor inputnya di pcb.

      Jadi ini bukan masalah sebenarnya, tapi memang setelan volumenya cuma segitu.

      Delete
    2. DIrubah jadi berapa resistornya bos.. Mohon pencerahannya... Terimakasih banyak bos, sangat membantu infonya...🙏

      Delete
    3. Wah saya belum tahu mas R inputnya nilainya berapa di pcb? Harus cek di pcb dulu mas.

      Atau kalau mau kirim gambar bisa lewat g+. Nanti akan saya lihat disana pcbnya.

      Delete
  56. Mas saya juga pnya merk simbadda cst 5000 ic input nya kebakar kenapa iyh mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi karena over panas, karena pemakaian yang terlalu keras. Atau memang icnya sendiri yang short. Bisa juga karena tegangan supply bermasalah. Sehingga tegangan tinggi masuk ke ic.

      Delete
  57. udah ganti ic tapi suara jadi pelan... volume pol baru agak keras ini dari potensionya atau elconya mas???? seri speaker sama simbada cst5000n

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti potensionya mas. Memang untuk seri itu, ic power gampang sekali jebol. Kalau gak jebol, ya lemah, suara pelan. Bisa jadi juga kualitas ic nya kurang bagus mas.

      Delete
    2. Siap mas... makasih banyak ilmunya...

      Delete
  58. Mas bahar, simbadda saya X-218 ic TEA 2025B, baru diganti langsung over head padahal sudah pakai heatsink, trus saya ganti lg baru 5 menit panas lg ic nya dan suara hilang, apa karna ic nya KW? Soalnya susah cari ic yg ori, mohon pencerahan nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ya icnya kw. Kemarin kasus kayak itu, coba beberapa kali ganti, suara jadi pelan. Tapi coba cek lagi, mungkin ada jalur ic yang konslet.

      Delete
  59. Speaker saya simbada cst 5100n,trafo nya rusak.mau ganti trafo,bagus nya di kasih trafo berapa volt sama berapa amp biar bass mantap??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai trafo 1A CT mas. Cari trafo CT 1A yang ada tegangan 9 volt nya. Gunakan tegangan 9v CT 9v dari trafo.

      Delete
  60. Mas kl simbadda cst 6700 bassnya mati,udah ganti ic tda 2030 tp masih tetap.apa perlu ganti elconya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek speakernya, mungkin putus. Pemasangan ic nya apakah sudah benar dan tidak ada jalur yang putus. Pastikan posisi ic benar dijalur bass. Nanti salah ganti yang speaker front.

      Delete
  61. Mas bahar saya mau tanya untuk speker simbada 2 dazumba 1 dan semua menggunakan ic BT2025BL BOOMTEC 2 SPEKER 1 SPEKER PAKAI TEA2025B nah untuk yg dazumba/simbada walau sudah ganti ic bas dan treble tetapi masih blm ada swaranya itu karna apa ya mas...? Seblm saya ganti itu swaranya ada jls... bas saja yg hilang tetapi setelah diganti diganti2,nya suara malh ga ada sama sekaliki! Speker bagus,kira2 apanya ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ic pengganti palsu atau kualitasnya jelek.

      Delete
  62. Mas, speaker saya simbabda 4600n bas.a nggak keluar... itu masalah.a apa yaa mass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa disebabkan ic power rusak. Silahkan coba ganti ic powernya. Kemungkiann kedua adslah disebabkan potensio rusak dibagian potensio bass. Silahkan coba ganti potensio bassnya. Cek juga kabel atau solderan jika ada yang putus.

      Delete
  63. mas kalo cst 5000 kit amplinya diganti sama tpa 3110/ 3118 untuk subwofer dan pam8610 untuk woofer, power ganti pake adaptor 12 volt 3A.. kira2 bisa ga?
    soalnya subwofernya mati dah ganti ic suaranya jadi sember dan ga kuat lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, gak masalah. Malah tambah joss he..he.. asal penyambungannya benar.

      Delete
  64. Simbada saya cst 5100n juga rusak gak ada suaranya, tp pas sya pegang bagian ic bassnya bunyi normal, bagian jalur volume normal..tp bagian ic satunya treble kanan kiri gak ada bunyinya, tp ada suaranya kresek2..dan sya pegang bagian input gak ada suaranya..untuk speaker semua normal..ic baru saya ganti ke2 nya tea2025..

    ReplyDelete
  65. Salam kenal mas,
    Saya mau tanya, saya punya simbadda cst 5000, kasus awal speaker bassnya mormal, speaker satelitnya pelan keluarannya suaranya, jadi saya coba ganti ic tea2025nya.. Pas coba tetap kecil suara speker satelitnya, baru beberapa detik coba malah subwoofernya jadi mati.. Sy coba ganti ic tea2025 bagian subwoofer, tetap aja woofer bass gak bunyi, speker satelit tetap kecil suaranya..

    Solusinya gimana mas? Masalah ada dimana
    Terima kasih banyak sebelumnya..


    Oh iya, boleh minta nomer kontak WAnya gak mas? Biar mudah konsultasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti semua potensionya. Cek juga socket inputnya.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led