TV Toshiba Dramatic-V 21" Garis Horisontal

TV Toshiba Dramatic-V problem garis horisontal. Gejala kerusakan garis horisontal seperti ini bisa disebabkan karena defleksi yoke rusak, atau gejala kerusakan ic vertikal. Bisa juga hanya karena solderan lepas pada komponen bagian vertikal.

Maka perlu disolder ulang dulu biar ketahuan kerusakannya. Karena bakalan tidak ketemu penyakitnya jika masih ada solderan yang kendor atau korosif. Langsung saja sob buka casing tv. Bersihkan debu di pcb dengan kuas. Terlihat banyak solderan yang retak. Saya coba untuk solder ulang semua bagian, dengan harapan supaya lebih awet. Setelah solder ulang semua bagian, saya cek lagi, bila ada bagian yang lolos tidak tersolder. Setelah yakin semuanya sudah tersolder dengan baik, saatnya dicoba. Mak byaaar, tv sudah keluar gambarnya lagi. 

Ternyata kerusakan hanya karena solderan yang kendor atau retak. Setelah disoder ulang semuanya, gambar pun sudah normal kembali. Kerusakan ini mirip dengan kerusakan ic vertikal. Saran saya, anda coba dulu untuk solder ulang semua komponen yang menurut anda mencurigakan, terutama komponen bagian vertikal. Jika masih tetap tidak ada perubahan, baru dilanjutkan pemeriksaan komponen, terutama komponen di bagian vertikal, ic vertikal, elco disekitar ic vertikal, diode zener, resistor. 

Tegangan untuk ic vertikal harus ada. Karena jika tegangan tidak ada atau ic vertikal mengalami short, akan menyebabkan kerusakan garis horisontal. Penyebab tegangan untuk ic vertikal hilang, bisa disebabkan elco tegangan rusak, atau tegangan vertikal dari flyback tidak keluar karena diode rusak atau flyback rusak. Bisa juga karena tegangan vertikal kurang karena pemasangan flyback yang tidak sesuai.

Comments

  1. Selamat siang pak, saya lagi kebingungan nyari IC verticalnya nich, bisa bantu ga? just info, merk TV nya sama Toshiba Dramatic-V dan kerusakannya juga sama seperti yang bpk jelaskan diatas. Thx.

    ReplyDelete
  2. Untuk mas khair. Nomer serinya berapa mas ic vertikalnya? Setiap tipe beda mas meskipun sama dramatic-v nya. Kalo gak salah nomer serinya TA8403. Silahkan dicek dulu semua elco sekitar bagian vertikal atau ganti saja semua dengan yang baru. Jika problem masih sama silahkan ganti ic vertikalnya. Cek juga resistor dan diode. Jika penggantian semua komponen sudah dilakukan dan hasilnya tetap sama. Coba ganti defleksi yokenya. Atau coba di tabung crt lain yang normal defleksinya.

    ReplyDelete
  3. Untuk persamaan ic vertikal TA8403K(1.8A) =KIA8403K(1.8A) =TA8427K=2.2A(TOSHIBA)

    ReplyDelete
  4. Mas kasus tv toshiba jadul garis horisontal trus stanby.waktu tampil garis travo swit ngk ada suara derik tapi waktu stanby travo ada suara derik..ic vertikal AN5515 persamaan yg banyak dipasaran seri brapa ya mas sebelumnya trimakasih atas jawabanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ic vertikal rusak. Tapi sebelum mengganti ic vertikal, pastikan cek tegangan vertikal harus ada dan normal. Kalau tegangan supply ic vertikal tidak ada, bisa juga menyebabkan garis.

      Untuk persaamaan ic vertikal AN5515 yang cocok tinggal pasang adalah AN5521. Ada satu lagi persamaannya adalah ic vertikal UPC1498, cuma butuh perubahan jalur supply kaki ic nya.

      Delete
  5. Kode resistor R818 nilainya brp ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led