Skip to main content

TV SHARP PICCOLO 21" GARIS HORISONTAL

TV Sharp piccolo problem garis horisontal. Garis horisontal pada tv biasa disebabkan karena kerusakan komponen pada bagian vertikal bermasalah terutama ic vertikal. Selain pada bagian vertikal kerusakan defleksi yoke juga bisa menyebabkan problem seperti ini.

Lakukan pengecekan semua tegangan pada bagian ini. Pastikan semua tegangan normal. Coba ganti ic vertikal jika perlu. Cek kapasitor daerah vertikal dengan mengganti total seluruh kapasitor tetap tidak ada hasil. Lakukan juga pengecekan diode zener juga resistor.

Jika dengan cara ini tetap tidak ada hasil, lakukan test uji coba penggantian defleksi yoke, untuk memastikan defleksi yoke normal. Karena kerusakan defleksi yoke juga bisa menyebabkan garis horisontal dan sulit di deteksi selain mencoba untuk menggantinya dulu. Jika diganti def yoke gambar bisa membuka berarti kerusakan pada defleksi yokenya. Silahkan diganti baru, tentunya dengan tipe yang sama. 

Setelah melakukan pengecekan total ternyata kerusakan ada di bagian defleksi yoke. Komponen ini berada tepat dibelakang tabung berbentuk seperti konde. Kerusakan defleksi yoke disebabkan air karena lembab, bisa juga karena lapisan email kawat yoke sudak lapuk, sehingga terjadi short antar kawat email. 

Jika short kawat email tidak terlalu parah, bisa kita perbaiki dengan melapisi kawat email yang terbuka dengan lem atau pernish. Tapi jika sudah parah, kita harus menggantinya dengan yang baru, tentunya dengan tipe yang sama. Tapi lebih baik ganti baru saja. Jika tipe yang sama ada. Karena sebagian tipe def yoke yang ada di toko elektronik bisa dipakai asalkan sama jenisnya. 

Jadi jangan ragu untuk mencoba ganti def yoke jika penyebab kerusakan belum ditemukan. Siapa tahu penyebab kerusakan karena defleksi yoke yang rusak.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.