Skip to main content

TV PANASONIC 21" GAMBAR TIDAK FOKUS

TV Panasonic problem gambar tidak fokus. Gejala kerusakan seperti ini biasanya disebabkan socket crt sudah rusak atau berkarat bagian conektornya. Bisa juga karena penyetelan fokus flyback berubah.

Pada kasus saya ini, kerusakan hanya karena socket crt yang sudah aus atau berkarat karena pemakaian yang sudah lama, saya hanya mengganti socket crt dengan yang baru, gambar sudah bisa fokus lagi, saran saya solder ulang dulu bagian pcb RGB supaya lebih maksimal hasilnya. 

Ada kemungkinan juga disebabkan tabung crt yang sudah tua atau lemah, masalah ini kadang bisa disembuhkan dengan menggunakan crt restorer. Ada juga tabung crt yang sudah ditembak menggunakan crt restorer hasilnya bisa bagus tapi tidak bisa bertahan lama, gambar kembali tidak fokus lagi (blur). Ciri yang kedua ini berarti tabung tidak bisa diperbaiki lagi selain mengganti tabung crt yang baru.

Socket crt, silahkan dicoba diganti dulu, sebelum memutuskan merestore tabung atau ganti tabung baru. Kerusakan tabung crt bisa saja terjadi tapi sangat jarang. Jika penggantian socket crt sudah dilakukan dan hasilnya masih tidak bisa fokus. Coba lakukan penyetelan fokus flyback.

Putar fokus flyback perlahan sambil amati gambar. Cari setelan gambar yang paling fokus. Hati-hati keliru dengan penyetelan potensio screen flyback karena flyback ada dua penyetelan fokus dan screen. Ada tulisannya di sekitar potensio flyback. Biasanya dengan menggunakan dua cara ini masalah sudah bisa diatasi.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.