Skip to main content

TV SHARP UNIVERSE 21" GAMBAR BLANK

TV Sharp universe 21" problem gambar blank. Jadi raster tidak ada. Sempat gambar muncul sebentar lalu hilang, muncul garis-garis horisontal.

Masalah kerusakan seperti ini biasanya disebabkan rusak ic chroma, atau bisa juga penyetelan screen dan focus flyback kurang pas, sehingga menyebabkan protek. Sistem protek tv jenis ini berfungsi untuk melindungi tabung crt dari kerusakan akibat tegangan screen dan fokus flyback terlalu besar. Langkah pertama solder ulang semua komponen ic, pcb rgb, hati-hati konslet antar kaki-kaki ic, bisa menyebabkan kerusakan ic chroma, dan kerusakan part yang lain. 

Jika belum ada hasil. Langkah kedua cek semua tegangan ke ic chroma, vertikal, horisontal, tegangan B+ fbt , heater, screen, semua harus ada dan tidak boleh drop atau berlebih. Jika semua tegangan keluaran normal dan belum ada hasil juga. 

Langkah ketiga setel ulang screen dan focus flyback secara perlahan. Pada kasus saya ini masalah hanya karena penyetelan screen dan focus flyback yang kurang pas dan menyebabkan layar blank alias protek. Tapi perlu diketahui, perbaikan dengan cara ini khusus untuk jenis tv yang sudah meggunakan setelan otomatis pada RGB (Red, Green, Blue), yang di kontrol oleh ic chroma. 

Tv keluaran terbaru semuanya sudah menggunakan sistem ini, tv model lama yang masih manual dan masih mengunakan variabel resistor (VR) pada setelan RGB, biasanya gambar tetap muncul, meskipun penyetelan screen dan focus flyback kurang pas. Karena tv model lama tidak ada sistem proteksi pada ic chroma-nya. Ada beberapa ic chroma yang menggunakan sistem proteksi seperti ini. Seperti keluaran tv merek samsung yang menggunakan ic TDA935X, TDA936X, TDA938X.

Sistem seperti ini biasanya sudah diterapkan pada tv yang baru dan menggunakan sirkit IK pada rangkaian RGB nya. Tapi tidak semuanya seperti itu, ada juga gambar tetap menyala meskipun penyetelan screen flyback terlalu terang, tergantung ic chroma yang dipakai, ada sistem proteksinya apa tidak?

Comments

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.