TV Sharp Universe 21" Gambar Blank

TV Sharp universe 21" problem gambar blank. Jadi raster tidak ada. Sempat gambar muncul sebentar lalu hilang, muncul garis-garis horisontal.

Masalah kerusakan seperti ini biasanya disebabkan rusak ic chroma, atau bisa juga penyetelan screen dan focus flyback kurang pas, sehingga menyebabkan protek. Sistem protek tv jenis ini berfungsi untuk melindungi tabung crt dari kerusakan akibat tegangan screen dan fokus flyback terlalu besar. Langkah pertama solder ulang semua komponen ic, pcb rgb, hati-hati konslet antar kaki-kaki ic, bisa menyebabkan kerusakan ic chroma, dan kerusakan part yang lain. 

Jika belum ada hasil. Langkah kedua cek semua tegangan ke ic chroma, vertikal, horisontal, tegangan B+ fbt , heater, screen, semua harus ada dan tidak boleh drop atau berlebih. Jika semua tegangan keluaran normal dan belum ada hasil juga. 

Langkah ketiga setel ulang screen dan focus flyback secara perlahan. Pada kasus saya ini masalah hanya karena penyetelan screen dan focus flyback yang kurang pas dan menyebabkan layar blank alias protek. Tapi perlu diketahui, perbaikan dengan cara ini khusus untuk jenis tv yang sudah meggunakan setelan otomatis pada RGB (Red, Green, Blue), yang di kontrol oleh ic chroma. 

Tv keluaran terbaru semuanya sudah menggunakan sistem ini, tv model lama yang masih manual dan masih mengunakan variabel resistor (VR) pada setelan RGB, biasanya gambar tetap muncul, meskipun penyetelan screen dan focus flyback kurang pas. Karena tv model lama tidak ada sistem proteksi pada ic chroma-nya. Ada beberapa ic chroma yang menggunakan sistem proteksi seperti ini. Seperti keluaran tv merek samsung yang menggunakan ic TDA935X, TDA936X, TDA938X.

Sistem seperti ini biasanya sudah diterapkan pada tv yang baru dan menggunakan sirkit IK pada rangkaian RGB nya. Tapi tidak semuanya seperti itu, ada juga gambar tetap menyala meskipun penyetelan screen flyback terlalu terang, tergantung ic chroma yang dipakai, ada sistem proteksinya apa tidak?

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led