Cara Menambah Lampu Peak per Channel pada Mixer Rakitan

Berikut adalah cara menambah lampu peak per channel pada mixer rakitan. Setelah saya bahas mengenai skema rangkaian lampu peak mixer per channel, sekarang giliran cara penyambungannya atau koneksi rangkaian lampu peak ini pada mixer rakitan. Ini juga adalah ide dari pertanyaan lewat koment blog dan g+ dari rekan-rekan yang sudah lama saya janjikan untuk membuatkan rangkaian lampu peak mixer ini beserta cara pemasangannya. Mohon maaf, karena keterbatasn waktu dan baru sekarang baru bisa selesai pembuatan postingnya. Semoga tidak membuat kecewa ya, karena menunggu lama sekali, baru postingan keluar he..he.. Tapi tenang, semua ide dan pertanyaan dari Anda tetap akan saya tampung dan saya pelajari. Tinggal tunggu waktu saja untuk membuat postingannya. Kembali ke topik. Nah bagiamana cara memasang rangkaian lampu peak mixer per channel ini pada mixer rakitan kita? Simak lanjut.

Akan saya singgung kembali sedikit tentang fungsi dan kegunaan lampu peak ini pada mixer rakitan. Lampu peak mixer ini berfungsi untuk mendeteksi over tidaknya suara yang masuk pada rangkaian audio. Sumber suara dikatakan over jika hasil suara yang dihasilkan sudah mulai muncul cacat-cacat suara misal suara terdengar serak dan pecah. Ini menandakan kalau posisi suara audio kita dalam posisi over atau berlebihan. Nah dengan keberadaan lampu peak mixer per channel ini, maka over tidaknya suara akan terdeteksi lebih awal. Sehingga memudahkan kita untuk memantau hasil suara yang dihasilkan oleh mixer audio rakitan kita. 

Karena pada umumnya kebanyakan kit rangkaian penguat mic atau mixer yang ada dipasaran tidak dilengkapi dengan fitur lampu peak ini, maka perlu penambahan atau pemasangan sendiri lampu peak ini pada mixer rakitan kita. Sehingga dapat menambah dan memudahkan Anda dalam mengoperasikan atau menyetel mixer rakitan sendiri. Jadi akan lebih terlihat profesional he..he.. 

Cara keja rangkaian lampu peak mixer ini adalah sinyal suara hasil output mixer setiap channel akan diproses dan dikuatkan oleh penguat transistor, kemudian dipsoses lagi agar sinyal suara yang ditangkap hanya suara dengan level suara paling tinggi saja yang diteruskan ke lampu led. Sehingga nyala lampu led hanya akan dapat menyala pada saat volume maksimal. Sebelum kita mengarah ke pemasangan atau jalur koneksi, kita lihat dulu dimana sih letak lampu peak mixer per cahnnel ini berada? Berikut gambar letak lampu peak per channel pada mixer built up.


Nah Anda bisa lihat dua lampu led merah yang berjejer di setiap channel mixer tersebut. Lampu led yang atas berfungsi sebagai indikator MUTE, yaitu jika saklar mute kita tekan, maka lampu MUTE ini akan menyala. Menandakan posisi channel tersebut dibisukan atau dimatikan sementara suaranya. Jadi fungsi lampu mute itu untuk memberitahu bahwa posisi channel tersebut dalam posisi mute atau tidak. Lampu led merah yang bawah itulah lampu peak mixer, yang akan menyala jika terjadi over suara. Apa yang harus kita lakukan jika lampu led peak mixer ini menyala? Yaitu dengan menurunkan penguatan suara atau gain dan juga menurunkan setelan bass, mid, treble jika dirasa berlebihan sampai batas lampu peak mixer ini padam atau tidak menyala lagi. Inilah yang akan jadi tolak ukur normal tidaknya suara yang keluar dari output mixer rakitan kita. Jika lampu peak mixer ini sudah tidak menyala lagi, berarti kondisi suara normal dan tidak over.

Berikut gambar skema rangkaian lampu peak mixer per channel yang juga sudah saya posting sebelumya. Silahkan dilihat dulu kembali skema rangkaian lampu peak mixer per channel ini. 


Lanjut ke cara pemasanganya pada mixer rakitannya bagaimana? Perlu diketahu bahwa pemasangan rangkaian lampu peak ini adalah dipasang pada setiap channel mixer. Jika jumlah channel pada mixer Anda adalah 4 buah, berarti Anda harus membuat rangkaian lampu peak mixer ini sebanyak 4 buah juga. Untuk jalur penyambungan atau koneksi rangkaian lampu peak ini, Anda dapat konek pada jalur output utama ic op amp, sebelum dibagi lagi untuk monitor dan effect. Untuk contoh gambar diagram koneksi lampu peak ini, saya menggunakan contoh gambar skema penguat mic rolland. Karena banyak dari rekan kita sering menambah fitur misal saklar mute, penambahan volume, dan sekarang penambahan fitur lampu peak mixer per channel. Berikut adalah diagram penyambungan atau koneksi lampu peak mixer per cahnnel menggunakan skema penguat mic roland yang juga sudah ditambahkan fitur saklar mute dan penambahan potensio volume. 


Anda bisa lihat gambar diatas, bahwa ada tiga jalur penting yang akan kita sambung pada mixer rakitan kita, yaitu jalur tegangan positif (+), jalur input dan jalur ground. Maka disini yang perlu dijelaskan bahwa penggunaan tegangan tunggal pada rangkaian lampu peak ini masih bisa digabung menjadi satu ikut supply tegangan mixer yang menggunakan tegangan ct atau simetris. Bahwa koneksi gnd pada lampu peak ini adalah konek ke gnd mixer, bukan konek ke tegangan negatif (-) mixer. Awas hati-hati keliru ya he..he.. Koneksi tegangan positif (+) tetap konek ke tegangan positif (+) mixer. Untuk koneksi input lampu peak ini adalah konek ke output utama ic opamp sebelum dibagi ke monitor dan efek. Ingat cara kerja lampu peak mixer ini hanya akan bisa menyala pada saat volume puncak saja atau pada saat suara sudah mulai cacat. Dan lampu peak akan kembali padam tidak menyala, ketika volume suara mixer rakitan kita dalam batas normal dan tidak cacat. Jadi lampu peak ini tidak akan nyala terus, cuma sekali-sekali saja menyala jika ada over suara. semoga dengan adanya diagram koneksi ini, dapat membantu Anda memasang sendiri lampu peak mixer ini pada mixer rakitan Anda. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. kalau dipasang di PA caranya gmn mas...apa bisa juga n jalurnya gmn..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rangkaian diatas khusus buat mixer mas. Karena setelannya buat mixer. Kalau untuk power sebenarnya bisa, tapi perlu penyesuaian komponen lagi.

      Kalau untuk digunakan di power amplifier, ada rangkaiannya sendiri mas. Namanya clip indikator power. Bisa Anda baca disini.
      https://www.baharelectronic.com/2017/04/cara-membuat-clip-indicator-power.html?m=1

      Delete
  2. Mas bahar sy mw tanya neh...sya mau sdkit blh ya mas krn sy jg msh awam, sy ada ampli 1000 watt pke box CA10..Nah yg sy tnyakan gmn sih untuk membuat lampu led x ada AKTIV,PROTEK,SIGNAL dan CLIP...TLg mas bahar untuk tutorial x di tggu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya hanya bisa buat 3 lampu yaitu, Aktif, Signal, Clip. Rangkaiannya ada disini
      https://www.baharelectronic.com/2017/04/cara-membuat-clip-indicator-power.html?m=1

      Untuk lampu Protek, menurut saya dapat diambil melalui kit rangkaian protektor speaker. Pada protektor biasanya sudah dilengkapi dengan lampu protek. Jadi lampu protek dapat diambil dari sini.

      Delete
  3. Malem mas bahar, maaf melenceng dikit, sekedar mau tanya, cara menambah Tr driver agar jadi 2tingkat bagaimana ya ??? Trims,

    ReplyDelete
  4. Berarti setiap kit mixser diberi penguat mic ya kang? Sambungan urutanya gimana kang? Output efek mixser masuk ke in penguat mic, output penguat mic masuk ke in eco efek output eco efek masuk ke in master mixser gitu ya kang? Maaf saya belum paham🙏🙏🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penguat mic buat apa mas? Kok dipasang di effect he..he..

      Delete
  5. Hehe aq gak tlaten akirnya masuk lagi di G+ cepat sampei disini hihihi dah paham mas itu sekema conek lampu peak cuman contoh menggunakan sekema penguat mic rolen kan? Sebenarnya harus dipasang di kit mixser di out opamp mixser begitu kan kang bahar

    ReplyDelete
  6. 👍👍👍👍 trimakasih bantak kang penjelasanya

    ReplyDelete
  7. klw di penguat mic 8 potensio kek gmna mas bahar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja mas. Urut saja jalur output dari out ic terakhir atau jalur out sebelum masuk jalur pot balance. Disitu akan ada jalur sejalur yang dibagi ke pot efek, mon, balance. Nah dijalur inilah out utamanya mas.

      Delete
  8. Mas buatin sekema lengkap mixer MONITOR, OUT LR,REKAMAN,SEND, RETURN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ada mas. Silahkan di cek lagi di postingan. Atau cari di kontak pencarian dibawah blog. Ketik cara merakit mixer.

      Delete
    2. Mas bisa dibantu merakit equalizer bell 20chanel..

      Delete
  9. Mas lampu display mixer saya koq wa hidup ya padahal waktu baru beli hidup mas kira kira knp ya mas mohon solusinya makadih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mixernya rakitan atau beli jadi atau built up? Kemungkinan pertama bisa jadi ada kebel putus atau ada jalur yang lepas didalam rangkain mixer. Bisa jalur tegangan atau jalur input lampu display. Kemungkinan kedua karena ic nya rusak. Kemungkinan ketiga bisa jadi lampunya yang mati.

      Delete
  10. Mas🙏 klo mau nambah indikator sinyal per chanel bisa gak ? Klo boleh saya minta skemanya mas
    Terimakasih sebelumnya🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tinggal tambahkan rangkaian indikator sinyal pada setiap channel. Saya ada rangkaiannya, tapi belum saya posting. Kalau ada waktu nanti akan saya posting.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led