Cara Menambah Output Phones pada Mixer Rakitan

Alhamdulilah puasa Ramadhan kita sudah berjalan dua minggu lebih, mudah-mudahan tetap sehat dan semangat. Next posting kali ini adalah cara menambah output phones pada mixer rakitan. Ide dari rekan kita di g+ yang menanyakan bagaimana cara menambahkan output phones pada mixer rakitannya. Setelah sukses menambah fitur switch MUTE pada mixer rakitannya, lanjut penambahan dengan fitur output phones. Katanya sih biar mirip mixer rakitan he..he.. Bagaimana caranya? Simak lebih lanjut.

Pada mixer rakitan memang tidak ada fitur untuk output phones. Berbeda dengan mixer built up misal Begringer, yang sudah dilengkapi dengan output phones. Nah bagaimana menambahkan output phones ini pada mixer rakitan kita? kalau kita bisa memahami jalur pada mixer, sebenarnya mudah untuk membuat jalur output phones ini. Fungsi phones sama dengan monitor. Tapi output phones mengambil jalur dari hasil output terakhir yang sama dengan main output utama. Cuma karena memang banyak yang belum memahami jalur pada mixer tersebut, maka penambahan output phone ini akan mengalami kesulitan, mengambil jalurnya darimana? Sebenarnya tanpa penambahan output phones ini juga tidak masalah, mixer Anda pun masih bisa dipakai. Cuma Anda tidak bisa memonitor atau mendengar output mixer lewat headphone.

Output phones berfungsi untuk memonitor atau mendengarkan output mixer lewat headphone. Fitur ini sebenarnya sama dengan monitor. Cuma perbedaannya adalah output phone sudah dilengkapi dengan power amplifier kecil sebagai penguat, sehingga bisa membunyikan headphone, agar bisa didengarkan telinga kita lewat headphone ini. Kalau tanpa power amplifier kecil, maka output phones tidak bisa didengarkan lewat headphone. Sedangkan output monitor tidak dilengkapi dengan power amplifier kecil, sehingga outputnya tidak bisa didengarkan lewat headphone. Power Amplifier kecil untuk penguat phones ini, diletakkan didalam mixer. Sehingga colokkan output phones sudah siap diumpan ke headphone, tanpa perlu menambah power kecil lagi diluar mixer.

Untuk power amplifier kecil, Anda bisa pakai power amplifier sederhana, misal power ic TDA2003 stereo yang banyak dipasaran. Power harus yang stereo, karena output phones nanti adalah stereo. Kalau tidak ada power stereo, maka Anda bisa menggunakan 2 buah power mono. Penggunaan power stereo agar lebih mudah dan praktis saja. Karena tidak perlu power daya besar, maka cukup Anda gunakan power watt kecil saja. Sebenarnya ada power khusus untuk headphone, tapi penggunaan power ic TDA2003 untuk memudahkan saja, agar Anda dapat dengan mudah mendapatkan di pasaran. Cuma Anda perlu menambahkan resistor 10 ohm pada output speaker power TDA2003 sebagai penahan agar headphone tidak jebol. Fungsinya kan juga sama saja dengan power amplifier. Yang penting suara bisa diumpan ke headphone sudah cukup he..he..

Apakah perlu penguat master pada output phones ini? jawabnya perlu. Penggunaan penguat master 4558 diperlukan sebagai penguat akhir atau sebagai volume phones. Untuk master mixer Anda bisa menggunakan master mixer ic 4558 stereo satu potensio yang banyak dipasaran. Master harus stereo, karena output phones adalah stereo. Jika tidak ada master stereo, Anda bisa menggunakan 2 buah master mixer mono. Dimana fitur output phones ini pada mixer built up? Berikut gambar output phones pada mixer built up Extreme dengan ilustrasi koneksinya.


Jadi output phones digunakan untuk headphone. Pada mixer built up output phones sudah stereo. Maka pengambilan jalur bisa kita ambil dari input master utama L R yang kita paralel. Bedanya nanti pada output master phones masuk input power dulu. Gambar diagram dibawah ini hanya contoh koneksinya saja. Saya ambil dari diagram koneksi merakit mixer yang sudah saya tambahkan jalur koneksi output phones lengkap dengan master stereo dan power stereo. Berikut gambar diagram koneksi penambahan output phones pada mixer rakitan.


Bisa Anda lihat jalur pengambilan output phones adalah sama dengan output utama. Jadi tinggal paralel saja input master phones dengan input master output utama L R. Untuk tegangan power bisa Anda paralel dengan tegangan mixer. Kalau kurang kuat, bisa Anda tambahkan trafo sendiri khusus buat supply powernya. Perlu dipahami gambar diatas adalah contoh untuk memudahkan penjelasan. Intinya adalah jalur output phones bisa Anda ambil lewat input master output utama. Terlepas dari berbagai macam jenis koneksi mixer, maka jalur output phones sama, bisa melalui atau konek di input master output utama L R. Bagaimana mudah bukan? Selamat mencoba. Semoga  bermanfaat.

Comments

  1. MANTAB mas bahar 😁😁👍👍👍

    ReplyDelete
  2. Mas bahar, kalau saya memakai pa headphone stereo(2 ic lm 386) apa bisa???
    Disitu tertulis tegangan 4-12 v, misalkan saya ikutkan ke tegangan 15v aman ndak?? soalnya travo saya diluar box
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas.
      Bisa mas. Sayangnya untuk supply tegangan ic LM386 itu 5v sampai 12v saja. Sementara tegangan mixer 15v.

      Solusinya bisa digabungkan ikut tegangan 15v, tapi ditambahkan atau dipasang dulu ic 7812 sebelum masuk ic LM386, agar tegangan bisa turun jadi 12v.

      Delete
    2. Ic 7812 dipasang sesudah rangkaian apa mas bahar?? & gimana urutan pemasangannya.
      Terima kasih

      Delete
    3. Pada kit pa LM386 kan ada supply (+) 12v nya. Nah sebelum masuk supply pa LM386, pasang dulu ic 7812.

      Jadi tegangan +15v dari mixer masuk ic 7812, kemudian out ic 7812 masuk supply +12v pa LM386.

      Untuk cara memasang dan fungsi kaki ic 7812, dapat Anda baca di blog ini atau silahkan cari di google. Power supply ic 7812.

      Jika Anda sudah tahu fungsi kaki ic 7812, maka akan mudah dalam memasangnya.

      Yang jelas kaki ic 7812 ada 3 yaitu INPUT, GND, OUTPUT.

      Delete
  3. Kalau saya Tk ambilkan dari Out Master mixer langsung mas.. tanpa tambahan ampli kecil.. Ya bisa bunyi tapi bahaya gak ya..?? Maaf Pemula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak mas, aman. Out master mixer kan juga bisa ngangkat headphone, Cuma suaranya kecil.

      Delete
  4. Mantul bang penjelasannya.. bang mohon pencerahan juga jalur atau skema Insert untuk mixer rakitan.. mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas makasih masukannya. Tinggal tunggu waktu untuk uji coba dulu.

      Delete
  5. Kalo buat amplifier bsa g y gan cra ini?misal dr ampli tda 2050 pengen denger lwat headphone

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tapi jika dipakai untuk headphone, maka output power ditahan dulu pakai resistor 10 ohm. Sebelum masuk ke headphone.

      Agar out power gak langsung loss lewat ke headphone, yang bisa menyebabkan kerusakan pada speaker headphonenya. Karena terlalu keras powernya.

      Delete
  6. Assalamualaikum mas. Kalau amplivernya di kasih yg mini cuma max 5v +-. caranya gmn mas buat suply nya. Apa buat suply sndiri dri travo, karena travo ct buat -+ nya apa pake satu 5v dr travo pakai satu deoda dan dan satu elco? Min elco dpt ct, min doeoda dpt 5v satu saja. Apa bisa mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Bisa mas. Cuma lebih baik jika pakai 2 diode. Caranya bisa dilihat disini. Tinggal ganti tegangan 15v trafo dengan 5v.
      https://www.baharelectronic.com/2017/04/cara-membuat-power-supply-tunggal-dari.html?m=1

      Delete
  7. Assalamualaikum mas. pada kit mixer saya udh ada jalur monitor nya mas, bagus mna lewat out kit mixer a atau pake jalur monitor nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lewat monitor, anda gak bisa tahu suara asli dari out master. Jadi lebih baik jalur lewat out master, bukan lewat monitor.

      Delete
  8. mixer mungil ashely .
    jack phones itu apa hanya untuk hadset saja pak ?
    itu out put phones tak kasih speaker 5" kok ndak bisa bunyi ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jack phones pada mixer hanya digunakan untuk headphone/headsheet atau perangkat kontrol lainnnya. Dengan konfigurasi socket TRS stereo. Jadi untuk menggunakan jack phones pada mixer, maka gunakanlah tipe jack mic yang stereo. Karena jalur jack phones adalah stereo L dan R dalam satu lubang tersebut. Jika salah menggunakan jack phones mono, maka output tidak akan bunyi atau bunyi hanya sebelah.

      Jack phones pada mixer memang hanya digunakan untuk headphones. Bukan untuk speaker besar. Karena output pada jack phones masih berupa sinyal power amplifier berdaya watt kecil saja. Hanya cukup untuk menggerakkan headphones. Jika dipasang speaker 5 inch, jelas tidak kuat powernya.

      Jika memang ingin digunakan untuk speaker 5 inch tersebut, maka perlu adanya power amplifier tambahan yang dipasang setelah out jack phones mixer tersebut. Sehingga output pada phones akan dikuatkan lagi wattnya untuk menggerakkan speaker yang lebih besar.

      Delete
  9. Saya buat sesuai di gambar tapi suaranya kok serak ya mas, itu kenapa mohon di jawab 🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau serak berarti pre amp atau powernya bermasalah. Coba test langsung dari pre ampnya, kasih power lain, apakah bisa normal. Atau ada kesalahan dipenyambungannya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led