Saturday, June 2, 2018

CARA MENAMBAH OUTPUT PHONES PADA MIXER RAKITAN

Alhamdulilah puasa Ramadhan kita sudah berjalan dua minggu lebih, mudah-mudahan tetap sehat dan semangat. Next posting kali ini adalah cara menambah output phones pada mixer rakitan. Ide dari rekan kita di g+ yang menanyakan bagaimana cara menambahkan output phones pada mixer rakitannya. Setelah sukses menambah fitur switch MUTE pada mixer rakitannya, lanjut penambahan dengan fitur output phones. Katanya sih biar mirip mixer rakitan he..he.. Bagaimana caranya? Simak lebih lanjut.

Pada mixer rakitan memang tidak ada fitur untuk output phones. Berbeda dengan mixer built up misal Begringer, yang sudah dilengkapi dengan output phones. Nah bagaimana menambahkan output phones ini pada mixer rakitan kita? kalau kita bisa memahami jalur pada mixer, sebenarnya mudah untuk membuat jalur output phones ini. Fungsi phones sama dengan monitor. Tapi output phones mengambil jalur dari hasil output terakhir yang sama dengan main output utama. Cuma karena memang banyak yang belum memahami jalur pada mixer tersebut, maka penambahan output phone ini akan mengalami kesulitan, mengambil jalurnya darimana? Sebenarnya tanpa penambahan output phones ini juga tidak masalah, mixer Anda pun masih bisa dipakai. Cuma Anda tidak bisa memonitor atau mendengar output mixer lewat headphone.

Output phones berfungsi untuk memonitor atau mendengarkan output mixer lewat headphone. Fitur ini sebenarnya sama dengan monitor. Cuma perbedaannya adalah output phone sudah dilengkapi dengan power amplifier kecil sebagai penguat, sehingga bisa membunyikan headphone, agar bisa didengarkan telinga kita lewat headphone ini. Kalau tanpa power amplifier kecil, maka output phones tidak bisa didengarkan lewat headphone. Sedangkan output monitor tidak dilengkapi dengan power amplifier kecil, sehingga outputnya tidak bisa didengarkan lewat headphone. Power Amplifier kecil untuk penguat phones ini, diletakkan didalam mixer. Sehingga colokkan output phones sudah siap diumpan ke headphone, tanpa perlu menambah power kecil lagi diluar mixer.

Untuk power amplifier kecil, Anda bisa pakai power amplifier sederhana, misal power ic TDA2003 stereo yang banyak dipasaran. Power harus yang stereo, karena output phones nanti adalah stereo. Kalau tidak ada power stereo, maka Anda bisa menggunakan 2 buah power mono. Penggunaan power stereo agar lebih mudah dan praktis saja. Karena tidak perlu power daya besar, maka cukup Anda gunakan power watt kecil saja. Sebenarnya ada power khusus untuk headphone, tapi penggunaan power ic TDA2003 untuk memudahkan saja, agar Anda dapat dengan mudah mendapatkan di pasaran. Cuma Anda perlu menambahkan resistor 10 ohm pada output speaker power TDA2003 sebagai penahan agar headphone tidak jebol. Fungsinya kan juga sama saja dengan power amplifier. Yang penting suara bisa diumpan ke headphone sudah cukup he..he..

Apakah perlu penguat master pada output phones ini? jawabnya perlu. Penggunaan penguat master 4558 diperlukan sebagai penguat akhir atau sebagai volume phones. Untuk master mixer Anda bisa menggunakan master mixer ic 4558 stereo satu potensio yang banyak dipasaran. Master harus stereo, karena output phones adalah stereo. Jika tidak ada master stereo, Anda bisa menggunakan 2 buah master mixer mono. Dimana fitur output phones ini pada mixer built up? Berikut gambar output phones pada mixer built up Extreme dengan ilustrasi koneksinya.


Jadi output phones digunakan untuk headphone. Pada mixer built up output phones sudah stereo. Maka pengambilan jalur bisa kita ambil dari input master utama L R yang kita paralel. Bedanya nanti pada output master phones masuk input power dulu. Gambar diagram dibawah ini hanya contoh koneksinya saja. Saya ambil dari diagram koneksi merakit mixer yang sudah saya tambahkan jalur koneksi output phones lengkap dengan master stereo dan power stereo. Berikut gambar diagram koneksi penambahan output phones pada mixer rakitan.


Bisa Anda lihat jalur pengambilan output phones adalah sama dengan output utama. Jadi tinggal paralel saja input master phones dengan input master output utama L R. Untuk tegangan power bisa Anda paralel dengan tegangan mixer. Kalau kurang kuat, bisa Anda tambahkan trafo sendiri khusus buat supply powernya. Perlu dipahami gambar diatas adalah contoh untuk memudahkan penjelasan. Intinya adalah jalur output phones bisa Anda ambil lewat input master output utama. Terlepas dari berbagai macam jenis koneksi mixer, maka jalur output phones sama, bisa melalui atau konek di input master output utama L R. Bagaimana mudah bukan? Selamat mencoba. Semoga  bermanfaat.

6 comments:

  1. MANTAB mas bahar 😁😁👍👍👍

    ReplyDelete
  2. Mas bahar, kalau saya memakai pa headphone stereo(2 ic lm 386) apa bisa???
    Disitu tertulis tegangan 4-12 v, misalkan saya ikutkan ke tegangan 15v aman ndak?? soalnya travo saya diluar box
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas.
      Bisa mas. Sayangnya untuk supply tegangan ic LM386 itu 5v sampai 12v saja. Sementara tegangan mixer 15v.

      Solusinya bisa digabungkan ikut tegangan 15v, tapi ditambahkan atau dipasang dulu ic 7812 sebelum masuk ic LM386, agar tegangan bisa turun jadi 12v.

      Delete
    2. Ic 7812 dipasang sesudah rangkaian apa mas bahar?? & gimana urutan pemasangannya.
      Terima kasih

      Delete
    3. Pada kit pa LM386 kan ada supply (+) 12v nya. Nah sebelum masuk supply pa LM386, pasang dulu ic 7812.

      Jadi tegangan +15v dari mixer masuk ic 7812, kemudian out ic 7812 masuk supply +12v pa LM386.

      Untuk cara memasang dan fungsi kaki ic 7812, dapat Anda baca di blog ini atau silahkan cari di google. Power supply ic 7812.

      Jika Anda sudah tahu fungsi kaki ic 7812, maka akan mudah dalam memasangnya.

      Yang jelas kaki ic 7812 ada 3 yaitu INPUT, GND, OUTPUT.

      Delete