Friday, June 22, 2018

CARA MENAMBAH OUTPUT REC PADA MIXER RAKITAN

Next posting kali ini adalah cara menambah output rec pada mixer rakitan. Janji saya pada rekan kita di g+ yang menanyakan bagaimana sih menambah out rec pada mixer rakitan itu? Alhamdulilah baru ada waktu kali ini saya bisa membuatkan postingan membahas hal tersebut. Semoga tidak kecewa ya, karena menunggu lama postingannya muncul he..he.. Output Rec pada mixer sebenarnya sangat penting untuk proses recording atau merekam suara audio hasil mixing, baik berupa MP3 atau proses editing video. Untuk memasukkan atau mencampur audio dan video menjadi satu, agar kualitas audio yang dihasilkan bisa maksimal dan bagus. Apa sih out rec itu? Bagaimana diagram koneksi out rec itu? Dan bagaimana cara menambahkan out rec pada mixer rakitan kita? Simak lebih lanjut.

Dalam dunia audio profesional proses audio recording merupakan syarat wajib untuk merekam dan menghasilkan kualitas audio yang bagus. Makanya wajar pada perangkat mixer built up, fitur out rec selalu ada dan disediakan untuk proses recording. Tapi anehnya pada mixer rakitan kita kok tidak disertai fitur out rec ini ya he..he.. Bagaimana caranya menambahkan out rec ini? Sebelum melangkah kesana mari kita pelajari apa sih output rec itu pada mixer. Output rec pada mixer adalah salah satu fitur output tambahan selain output utama yang khusus digunakan untuk proses recording. Sebenarnya output rec ini sama saja dengan output utama pada mixer, cuma bedanya kalau output rec masuk ke perangkat recording, misal komputer laptop atau perangkat merekam audio lainnya. Jalur koneksinya sebenarnya sama dengan jalur output utama, karena memang mengambil jalur audio yang sama dan tinggal paralel saja, cuma penguatnya saja yang dipisah.

Hampir kebanyakan mixer rakitan dipasaran tidak disertai fitur out rec ini. Karena memang jarang digunakan. Kebanyakan  fitur out rec hanya ada di mixer built up luar negeri atau rakitan pabrik. Padahal jika kita bisa menambahkan fitur out rec ini pada mixer rakitan kita, pasti akan menambah keren dan tambah terlihat profesional he..he.. Dimana sih letak socket out rec ini pada mixer built up itu? Berikut adalah gambar contoh posisi socket out rec pada mixer built up. Posisi socket out rec bisa berbeda-beda pada setiap mixer.


Anda bisa lihat socket out rec pada mixer diatas. Itulah salah satu fungsi dari mixer yang perlu kita ketahui. Out rec tersebut dapat langsung kita sambungkan ke perangkat recording misal komputer laptop lewat jalur audio in. Untuk proses recording atau software recording tidak saya bahas, Anda bisa pelajari sendiri. Disini saya hanya menjelaskan untuk jalur koneksi dan cara penambahan komponen untuk membuat fitur out rec ini ada di mixer rakitan kita. Bagaimana cara menambahkan fitur out rec ini pada mixer rakitan kita? Pada gambar dibawah ini saya mengambil contoh diagram koneksi merakit mixer dengan penambahan out rec didalamnya. Berikut diagram jalur koneksi output rec pada mixer rakitan. Sudah saya lengkapi juga dengan jalur output monitor.


Anda bisa lihat gambar diatas. Inti dari gambar diatas adalah kita ambil jalur output rec nya saja. Yaitu ambil input dari input master utama L R, kemudian kita paralel masuk input master stereo untuk proses penguatan, kemudian output master stereo jadi output rec L R. Sama halnya kita ambil jalur untuk membuat atau menambahkan fitur output Phones. Bagaimana diagram koneksi out rec untuk proses recordingnya? Berikut jalur koneksi out rec untuk proses recording.


Anda bisa lihat jalur out rec masuk ke laptop lewat audio in. Kemudian proses recording bisa kita lakukan. Untuk mengatur besar kecilnya suara yang masuk ke audio in laptop, Anda bisa mengaturnya lewat Vol. Rec pada mixer, Anda bisa lihat pada gambar kedua posisi vol. rec nya ada dimana? Nah lengkap sudah fitur output pada mixer rakitan kita he..he.. Mulai dari out monitor, output Rec, output Phones, output apa lagi ya he..he..? Semoga bermanfaat.

15 comments:

  1. Terima kasih mas bahar, ilmu yang bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. Pagi mas Bahar, aksesoris MIXER,EQUALIZER,AUDIO PROSESOR, semua itu susunan yang benar gimana z mas? suwun mas sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya sih, untuk EQ pasang di terakhir mas. Jadi urutannya adalah mixer->audio prosessor->Equalizer->power.

      Delete
  3. Out tone kontrol bisa ga di jadikan output rekaman???
    Maaf pemula��

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum mas, saya punya mixer di bagian balance line input kalau di putar ke L penuh suara masih normal, tapi kalau diputar posisi 0 atau R penuh suara jadi overload/clip ditambah ada bunyi ngosoos.itu gimana mas, trim kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahan, ngososnya ini seperti suara gemuruh. Kebetulan jenis mixer saya soundcard behringer xenyx 302usb. Kemarin baru service di service resmi behringer di bandung tapi setelah saya terima hasilnya masih seperti itu. Masalah awalnya memang karena ganti potensio line in vol nya malah jadi seperti itu

      Delete
    2. Kalau saya sih belum tahu jerohan mixer tetsebut. Tapi kalau dilihat problemnya, sepertinya mungkin ada salah satu ic op amp bermasalah atau ada komponen bagian gain rusak.

      Kalau memang hanya sekedar mengganti potensio, harusnya tidak menyebabkan masalah seperti itu. Jika setelah diganti, baru ada masalah, berarti ada kesalahan. Mungkin potensio pengganti tidak cocok, atau ada jalur yang putus. Penggantian potensio yang tidak cocok, juga bisa menyebabkan problem seperti itu, karena beda fungsi kakinya.

      Delete
    3. Apa ada jalur yg putus pcbnya soalnya 2 layer?

      Delete
    4. Wah pcb 2 layer agak susah mas. Mungkin jenis potensionya gak sama atau gak cocok.

      Delete
  5. potensionya ini sudah sama mas, bentuknya potensio plastik,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau potensio sudah sama, harusnya gak masalah. Tinggal lihat jalur pcbnya, ada yang putus gak, pada saat penyolderan kemarin?

      Delete
    2. Kalau jalur pada pcb 2 layer putus apakah masih bisa diperbaiki mas. Mungkin salah saya kurang hati2 pas nyolder potensio tsb

      Delete
    3. Mestinya bisa mas. Tinggal lihat dan urut saja pada jalur potensio tersebut. Biasanya jalurnya agak kecil. Test pakai avometer. Nyambung gak jalurnya.

      Jika putus, maka bisa disambung kembali pakai serat kabel kecil.

      Delete