Wednesday, June 6, 2018

CARA MENAMBAH POTENSIO VOLUME PADA PENGUAT MIC ROLAND

Next posting berikut adalah cara menambah potensio volume pada penguat mic roland. Banyak sekali komentar yang masuk dari rekan-rekan lewat koment blog dan g+ yang menanyakan mengenai hal tersebut. Karena keterbatasan waktu, alhamduliah akhirnya posting tentang hal ini selesai. Sebagai janji saya kepada rekan yang lain yang ingin memodifikasi atau menambah fitur potensio volume pada penguat mic atau mixer roland, maka nanti akan saya berikan skema lengkap dengan fitur potensio volume akhir. Bagaimana caranya? Simak lebih lanjut.

Fitur dan kegunaan potensio volume per channel pada mixer adalah untuk mengatur besar dan kecilnya suara per channel, setelah melalui proses penguatan dan pengaturan suara oleh mixer. Baik penguatan suara gain dan juga proses pengaturan atau penyetelan bass, midle, treble nya. Fungsi potensio volume mixer ini berbeda dengan gain. Jadi jangan salah kaprah memahami fungsi gain dan potensio volume mixer ini adalah sama. Yang benar adalah fungsi Gain dan pot volume ini berbeda, walaupun memang terlihat sama dalam prosesnya yaitu memperbesar dan memperkecil suara. 

Terus apa perbedaan fungsi potensio gain dan potensio volume ini pada mixer? Fungsi pot gain adalah untuk mengatur tingkat kepekaan pada input mixer. Disini terjadi proses penguatan suara oleh ic op amp. Posisinya biasanya berada diatas atau sebagai proses pertama sumber suara. Sedangkan pot volume fungsinya adalah sebagai pengatur besar kecilnya suara hasil proses mixer atau sebagai portal terakhir. Disini tidak terjadi penguatan seperti halnya terjadi pada pot gain. Tapi hanya proses pengaturan besar kecilnya suara saja pada potensio dan posisinya berada dibawah atau sebagai proses terakhir sumber suara. 

Pada umumnya sebenarnya keberadaan potensio volume ini wajib ada pada setiap mixer. Tapi sebagian kit penguat mic atau mixer tidak disediakan potensio volume ini. Salah satu contohnya adalah penguat mic roland. Pada kit pcb penguat mic roland ini tidak disediakan potensio volume, yang ada hanya potensio gain. Kebanyakan orang juga bingung, bagaimana menambahkan atau memasang potensio volume pada penguat mic roland ini. Sehingga menyulitkan bagi yang mau merakit mixer tersebut. Sebenarnya tanpa penambahan pot volume tersebut tidak jadi masalah, karena penguat mic roland ini masih dapat bekerja normal. 

Terus kenapa kok ditambahkan pot volume? kan sudah ada pot gain. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa penguat mic roland ini tidak ada portal terakhinya atau potensio volume pada proses akhirnya. Sehingga terlihat output pada penguat mic roland ini dibiarkan loss, yang dapat menyebabkan timbulnya noise atau desah berlebihan pada penguat mic ini. Jika penggunaan channel penguat micnya tidak banyak sih tidak masalah, misal cuma pakai 2 channel atau 4 channel, maka noise atau desah yang ditimbulkan pun tidak begitu besar. Tapi jika penggunaan channel penguat micnya banyak lebih dari 4 channel, maka noise atau desah yang ditimbulkannya pun juga tambah besar. Maka dari itu penambahan potensio volume sebagai portal terakhir setiap channel mixer atau penguat mic perlu ditambahkan, agar dapat menutup output secara total setiap channel penguat mic yang ada. Sehingga noise atau desah dapat ditekan.

Selain untuk fungsi diatas, keberadaan potensio volume dapat membantu dan memudahkan Anda dalam mengatur suara, layaknya mixer profesional he..he.. Dimana sih letak keberadaan potensio volume per channel pada mixer tersebut? Berikut gambarnya. Potensio volume menggunakan potensio geser.


Nah Anda bisa lihat kan potensio volume mixer itu bagaimana bentuknya dan posisinya dimana. Penggunaan pot volume dapat menggunakan jenis potensio geser ataupun juga bisa menggunakan jenis potensio biasa. Untuk pemasangan atau koneksi pakai pot geser nanti akan saya update lebih lanjut. Yang penting Anda tahu dulu jalur penyambungan atau koneksi potensio volume pada penguat mic roland ini bagaimana. Untuk koneksi atau penyambungan pada potensio tinggal lihat jalurnya saja. Untuk melakukan penambahan potensio volume ini, mungkin ada beberapa jalur yang harus dipotong, agar jalur pot volume ini dapat dipasang. Karena jalur output aslinya itu kan loos, maka harus dipotong dulu. Berikut gambar diagram koneksi penambahan potensio volume pada penguat mic roland.


Bisa Anda lihat jalur diatas. Jalur yang diputus adalah jalur output utama ic op amp yaitu setelah melewati elco C9. Setelah jalur diputus, barulah output masuk pot volume dulu agar bisa diatur outputnya. Kemudian output dari potensio volume di distribusikan lagi ke effect dan Main output L R. Untuk jalur Monitor out memang tidak perlu di ikutkan pot volume, karena fungsi dari pot monitor ini adalah berdiri sendiri tanpa terpengaruh oleh pot volume. Jadi meskipun pot volume dalam posisi tertutup, maka output Monitor akan tetap bunyi. Dan memang seperti itulah fungsi sebenarnya. Mudah-mudahan dengan adanya gambar keneksi skema diatas, dapat membantu Anda dalam memasang atau menambahkan potensio volume pada penguat mic roland ini. Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. KOk gambar skemanya kok gak muncul y mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muncul kok mas. Anda pakai browser apa? Usahakan pakai browser Chrome agar blog bisa terbuka normal. Jangan pakai browser UC, apalagi fitur AD Block nya nyala he..he.. Dijamin gak bakalan keluar gambarnya.

      Anda boleh pakai browser UC, tapi jika ingin semua gambar bisa tampil, maka silahkan Non Aktfkan dulu fitur AD Blocknya, agar semua gambar dapat tampil.

      Delete