Cara Menambah Potensio Volume pada Penguat Mic Roland

Next posting berikut adalah cara menambah potensio volume pada penguat mic roland. Banyak sekali komentar yang masuk dari rekan-rekan lewat koment blog dan g+ yang menanyakan mengenai hal tersebut. Karena keterbatasan waktu, alhamduliah akhirnya posting tentang hal ini selesai. Sebagai janji saya kepada rekan yang lain yang ingin memodifikasi atau menambah fitur potensio volume pada penguat mic atau mixer roland, maka nanti akan saya berikan skema lengkap dengan fitur potensio volume akhir. Bagaimana caranya? Simak lebih lanjut.

Fitur dan kegunaan potensio volume per channel pada mixer adalah untuk mengatur besar dan kecilnya suara per channel, setelah melalui proses penguatan dan pengaturan suara oleh mixer. Baik penguatan suara gain dan juga proses pengaturan atau penyetelan bass, midle, treble nya. Fungsi potensio volume mixer ini berbeda dengan gain. Jadi jangan salah kaprah memahami fungsi gain dan potensio volume mixer ini adalah sama. Yang benar adalah fungsi Gain dan pot volume ini berbeda, walaupun memang terlihat sama dalam prosesnya yaitu memperbesar dan memperkecil suara. 

Terus apa perbedaan fungsi potensio gain dan potensio volume ini pada mixer? Fungsi pot gain adalah untuk mengatur tingkat kepekaan pada input mixer. Disini terjadi proses penguatan suara oleh ic op amp. Posisinya biasanya berada diatas atau sebagai proses pertama sumber suara. Sedangkan pot volume fungsinya adalah sebagai pengatur besar kecilnya suara hasil proses mixer atau sebagai portal terakhir. Disini tidak terjadi penguatan seperti halnya terjadi pada pot gain. Tapi hanya proses pengaturan besar kecilnya suara saja pada potensio dan posisinya berada dibawah atau sebagai proses terakhir sumber suara. 

Pada umumnya sebenarnya keberadaan potensio volume ini wajib ada pada setiap mixer. Tapi sebagian kit penguat mic atau mixer tidak disediakan potensio volume ini. Salah satu contohnya adalah penguat mic roland. Pada kit pcb penguat mic roland ini tidak disediakan potensio volume, yang ada hanya potensio gain. Kebanyakan orang juga bingung, bagaimana menambahkan atau memasang potensio volume pada penguat mic roland ini. Sehingga menyulitkan bagi yang mau merakit mixer tersebut. Sebenarnya tanpa penambahan pot volume tersebut tidak jadi masalah, karena penguat mic roland ini masih dapat bekerja normal. 

Terus kenapa kok ditambahkan pot volume? kan sudah ada pot gain. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa penguat mic roland ini tidak ada portal terakhinya atau potensio volume pada proses akhirnya. Sehingga terlihat output pada penguat mic roland ini dibiarkan loss, yang dapat menyebabkan timbulnya noise atau desah berlebihan pada penguat mic ini. Jika penggunaan channel penguat micnya tidak banyak sih tidak masalah, misal cuma pakai 2 channel atau 4 channel, maka noise atau desah yang ditimbulkan pun tidak begitu besar. Tapi jika penggunaan channel penguat micnya banyak lebih dari 4 channel, maka noise atau desah yang ditimbulkannya pun juga tambah besar. Maka dari itu penambahan potensio volume sebagai portal terakhir setiap channel mixer atau penguat mic perlu ditambahkan, agar dapat menutup output secara total setiap channel penguat mic yang ada. Sehingga noise atau desah dapat ditekan.

Selain untuk fungsi diatas, keberadaan potensio volume dapat membantu dan memudahkan Anda dalam mengatur suara, layaknya mixer profesional he..he.. Dimana sih letak keberadaan potensio volume per channel pada mixer tersebut? Berikut gambarnya. Potensio volume menggunakan potensio geser.


Nah Anda bisa lihat kan potensio volume mixer itu bagaimana bentuknya dan posisinya dimana. Penggunaan pot volume dapat menggunakan jenis potensio geser ataupun juga bisa menggunakan jenis potensio biasa. Untuk pemasangan atau koneksi pakai pot geser nanti akan saya update lebih lanjut. Yang penting Anda tahu dulu jalur penyambungan atau koneksi potensio volume pada penguat mic roland ini bagaimana. Untuk koneksi atau penyambungan pada potensio tinggal lihat jalurnya saja. Untuk melakukan penambahan potensio volume ini, mungkin ada beberapa jalur yang harus dipotong, agar jalur pot volume ini dapat dipasang. Karena jalur output aslinya itu kan loos, maka harus dipotong dulu. Berikut gambar diagram koneksi penambahan potensio volume pada penguat mic roland.


Bisa Anda lihat jalur diatas. Jalur yang diputus adalah jalur output utama ic op amp yaitu setelah melewati elco C9. Setelah jalur diputus, barulah output masuk pot volume dulu agar bisa diatur outputnya. Kemudian output dari potensio volume di distribusikan lagi ke effect dan Main output L R. Untuk jalur Monitor out memang tidak perlu di ikutkan pot volume, karena fungsi dari pot monitor ini adalah berdiri sendiri tanpa terpengaruh oleh pot volume. Jadi meskipun pot volume dalam posisi tertutup, maka output Monitor akan tetap bunyi. Dan memang seperti itulah fungsi sebenarnya. Mudah-mudahan dengan adanya gambar keneksi skema diatas, dapat membantu Anda dalam memasang atau menambahkan potensio volume pada penguat mic roland ini. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. KOk gambar skemanya kok gak muncul y mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muncul kok mas. Anda pakai browser apa? Usahakan pakai browser Chrome agar blog bisa terbuka normal. Jangan pakai browser UC, apalagi fitur AD Block nya nyala he..he.. Dijamin gak bakalan keluar gambarnya.

      Anda boleh pakai browser UC, tapi jika ingin semua gambar bisa tampil, maka silahkan Non Aktfkan dulu fitur AD Blocknya, agar semua gambar dapat tampil.

      Delete
  2. Mas saya pake master mixer pada power saya.. tp malah yg keluar suara dengung keras gtu mas. Itu apanya yg salah mas. Kemaren saya beli lagi master mixer baru tp hasilnya jg sama mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk power sebenarnya tidak disarankan menggunakan master mixer sebagai volume. Karena akan terjadi over gain, menyebabkan suara desah atau noise keras.

      Untuk power cukup pakai potensio biasa saja mas untuk volume power. Atau jika terpaksa pakai master sebagai penguat, maka output master harus ditahan pakai Resistor dulu sebelum masuk input power. Untuk menahan output master yang sangat keras. Resistor bisa coba pakai R 100K sebelum masuk input power.

      Untuk penyebab dengung, bisa dari kesalahan supply tegangan master, over voltage atau ada kesalahan tegangan pada supply master.

      Delete
  3. kalo buat kit gm sama kh mas cara bikin voleme nx.. trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama caranya mas. Khusus untuk penguat mic atau mixer yang tidak ada volumenya.

      Delete
  4. tanya suhu, untuk level master mixer roland 3 potensio diambil jalur yang mana?
    maaf masih pemula, terimkasih atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ambil dari output L R master roland 3 pot itu mas. Masuk input master 1 pot untuk kontrol level masternya mas.

      Delete
  5. Alhamdulillah.. sangat bermanfaat sekali mas..
    Smoga Mas Bahar slalu di berikan kesehatan.. agar bisa slalu bagi ilmunya..

    ReplyDelete
  6. Mas kalau nerakit mixer 4 chanel pake trafo 1 amper kuat g? Trs sedangkan kit mixer butuh tagangan 15 volt trs master mixer nya 12 volt.. apa kalau di masukin sama-sama arus 15 volt master mixernya kuat menahan arusnya mas??? Mohon bantuanya mas... malum pemula.. mksh slm knal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuat mas. Gak apa-apa master disupply 15v dengan mixer. Masih kuat kok he..he.. Aman.

      Delete
  7. Pd mixer roland 7 pot jalur input mic jika digunakan untuk input musik di kasih R brp ohm agar suara tdk over (galak) mas...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai R 100K mas. Jika terlalu pelan, bisa coba dikecilkan pakai R 33K.

      Delete
  8. Mas sekema nya itu berlalu semua jenis roland ap bede" mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dipakai di semua mixer yang tidak ada pot volumenya.

      Delete
  9. Kalo mixer 15 vol di suplai 12 vol gmn suaranya mas..... Aku kebingungan soalnya kit effecknya 12 vol di suplai 15 gak kuat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kit mixer 15v disupply pakai tegangan 12v, gak masalah mas. Masih bisa bekerja normal. Hasil suara tetap.

      Jadi gak masalah mixer pakai tegangan 12v.

      Delete
  10. mas bahar reques cara merubah pot putar jadi pot geser pda mixer rakita. matur swon mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus tahu dulu fungsi kaki potensio gesernya.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led