Cara Pasang TR Final pada Power Amplifier TEF

Next posting berikut adalah cara pasang tr final pada power amplifier TEF. Ini adalah permintaan rekan kita di g+ yang menanyakan bagaimana memasang tr final sanken pada driver powernya, tanpa melepas tr toshiba pada PCB? Nah rekan kita ini sepertinya belum tahu bahwa driver powernya itu termasuk jenis power yang menggunakan sistem TEF (Triple Emitter Follower). Jadi dikiranya tr toshiba yang terpasang pada pcb itu adalah tr final he..he.. Padahal bukan. Tr toshiba yang menempel pada pcb itu adalah transistor driver hasil TEF. Bagaimana cara pasang tr final pada power TEF ini? Simak lebih lanjut.

Perkembangan dunia audio semakin berkembang, dengan adanya bermacam-macam jenis power amplifier yang menggunakan sistem yang berbeda-beda untuk menghasilkan suara yang terbaik dan tentu saja dengan daya watt yang lebih besar. Banyak macam upaya orang untuk meningkatkan daya power amplifier mulai dengan menambah atau memparalel jumlah tr final dan cara yang lainnya. Selama ini mungkin kita berpikir bahwa untuk menambah daya watt power amplifier adalah dengan menambah jumlah tr finalnya saja. Padahal banyak cara lain yang bisa digunakan untuk menambah daya watt power amplifier selain menambah jumlah tr final. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan sistem TEF. Apa itu power amplifier TEF? Adalah sebuah sistem yang dipakai oleh sebuah power amplifier yang menggunakan sistem Triple Emitter Follower yaitu penambahan satu tingkat pendorong driver lagi sebelum diumpan ke tr final. Biasanya pada power umumnya hanya menggunakan satu tingkat tr driver. Nah pada power jenis TEF ini, jumlah tr drivernya ada dua tingkat penguatan. Istilahnya dobel tr driver. Dengan menerapkan sistem TEF ini diharapkan dapat mendongkrak daya power amplifier dengan lebih besar dan dasyat he..he..

Bagaimana cara membedakan jenis power biasa dengan jenis power TEF? Mudah sekali, Anda bisa melihat jumlah tr driver yang terpasang pada PCB. Biasanya tr driver pada power TEF jumlahnya ada 4 buah yaitu 2 pasang tr NPN dan PNP sebelum masuk tr final. Perbedaan yang jelas lagi adalah seperti pada pcb driver power rekan kita di g+ ini, yaitu adanya tr final toshiba yang menempel pada pcb yang dikiranya tr final itu he..he.. Padalah itulah tr driver terakhir yang siap diumpan ke basis tr final. Bagi yang belum paham tentang power TEF mungkin sedikit membingunkan, karena kadang belum bisa membedakan itu tr final atau driver? Karena bentuk transistor driver toshibanya besar, dikiranyalah tr final, padahal bukan. Bagaimana sih bentuknya power amplifier TEF itu? Berikut contoh gambar salah satu jenis power TEF. Yang jelas pastinya banyak sekali jenisnya, kita ambil satu saja sebagai contoh. Gambar ini kiriman dari rekan kita di g+ yang menanyakan hal tersebut.


Nah Anda bisa melihat sekilas tr toshiba diatas pcb itu adalah tr final, padahal itu bukan tr final, melainkan tr driver terakhir. Siapa mengira kalau itu tr driver, karena bentuk transistornya besar dan posisinya pun berada di akhir. Jika kita belum paham mengenal jenis power TEF ini, kemungkinan bakalan akan keliru dalam memasang tr finalnya. Bagaimana tidak keliru, tr driver yang dikiranya tr final itu diparalel dengan tr final he..he.. Jelas tidak akan bunyi powernya. Supaya tidak salah pasang tr final, berikut adalah gambar diagram koneksi tr final pada power amplifier TEF.


Gambar diatas adalah sambungan atau koneksi menggunakan tr final sanken sebanyak 4 set. Sudah dilengkapi dengan jalur pengkabelannya sekalian dan jalur tegangan supplynya. Pemasangan tr final sebenarnya sama saja dengan kita memasang tr final power pada umumnya. Cuma karena jenis driver powernya adalah TEF, jadi agak bingung jalur koneksinya bagiamana? Karena belum bisa membedakan mana tr drivernya dan mana tr finalnya. Semoga dengan adanya gambar koneksi tr final pada power amplifier TEF ini dapat memudahkan Anda dalam memasang tr finalnya. Baik memasang sekaligus menambahkan tr final. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Mas klo tr final cpt panas..trus kiprok jg cpt panas..itu masalahnyaada dmn mas ya.. tolong mas petunjuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil suaranya normal gak? Anda pakai tr final berapa set? Pakai tegangan berapa volt dari trafo?

      Tr final cepat panas, bisa jadi tr finalnya kurang atau tegangan supply kebesaran. Penyebab lainnya bisa dari arus bias power terlalu besar.

      Tr final dan kiprok panas tersebut dalam posisi volume suara maksimal gak? Atau tanpa suara pun sudah panas?

      Delete
    2. Bang boleh dong minta skema pc belakangvuntuk ngambil jalur TEBnya...
      Makulm lagi beljar menTEB nihhhh
      Makasih sebelumnya

      Delete
  2. Dalam volume kecil mas.. saya pake tegangan dr travo yg 25v 25v kyk yg d postingan sampean mas.. tanpa pake ct. Bru di nyalain bentar blm satu lagu sudah puanass mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba turunkan tegangan dari trafo pakai 18v 18v atau pakai 15v 15v dari trafo. Mungkin hasil tegangannya terlalu besar.

      Delete
  3. Trus mas.. klo pake kit power ocl yg 150.capasitor kit drivernya ukuran 22 uf/160v.. itu bisa d supplay tegangan berapa volt mas.. maximalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maks tegangan 45v dari trafo mas. Dalam koneksi power supply simetris Biasa pakai ct.

      Delete
    2. kalau melebihi 45v pa elconya meledak mas..pdhl di elcoy 160v.

      Delete
    3. Ya gak sih mas. Kalau elconya sih gak meledak, tapi tr finalnya yang jebol, kalau pakai TIP atau jengkolan.

      Kalau pakai sanken, mungkin aman.

      Delete
    4. Sedikit masukan om.. jika tegangan elco nya 160volt, tdk akan berpengaruh walaupun disupply tegangan 100volt. Itu cuma ambil inisiatif aja agar elco tdk mudah meletup disaat tegangan dc ditambah, cuma jika ingin menambah tegangan supply, perhatikan tegangan maksimal dri tr bias, buffer, driver, dan power. Jika ingin coba2 modif ocl 150watt, saran aq coba ganti tr A567 menjadi MPSA92, D438 menjadi MJE340, TIP32/D313 menjadi C2073, dan 2N3055 menjadi MJ15003. Sudah pernah aq terapkan dan maksimal tegangan yg bisa didapat maksimal ±70volt dan otomatis daya yg dihasilkan meningkat. Dan resistor pembatas arus 100ohm diganti menjadi 150ohm. Hehehe

      Delete
    5. Mantap mas masukannya. Terima kasih atas saran dan masukannya yang mantap. Modif komponen untuk high voltage. Semoga bermanfaat untuk rekan semuanya.

      Delete
  4. Mksh atas pnjlasan ya mas.. slm sukses

    ReplyDelete
  5. Malam mas baha.... mau tanya nh kalau power ampli 800wat x 2 blazer TR sanken saya kasih tegangan 56 volt dari trafo 20A suaranya dengung semakin lama semakin keras ya? Cuman kalu di kasih tegangan 47 volt dari trafo suaranya normal, hanya berdengung sedikit, apah elco power suplaykurang bagus mas saya pake elco 10 uf 100 vol mas? Mohonpencerahanya mas bahar suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi kualitas elconya kurang bagus. Dan bisa juga ukuran elconya kurang besar mas, masak hanya pakai elco 10000uf/100v saja?

      Coba perbesar ukuran elco supplynya dengan menambah dan mem paralel elco 10000uf/100v. Pakai 4 buah elco atau 8 buah elco.

      Delete
  6. Maff mas salah tulis!... elCo saya pake 8 buah 10.000uf 100vol. Cuman merek nya beda beda, mungkin bisa jadi di salah satu elco ada yg rusak ya mas, mmumet ndas ku mas heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang tr finalnya pakai berapa set mas per channel?

      Bisa jadi salah satu elco ada yang bermasalah. Coba saja lepas elconya sepasang-sepasang mas dan amati apakah ada perubahan suara setelah melepas beberapa elconya? Apakah dengung bisa hilang? Ataukah malah besar dengungnya?

      Sabar mas, ya namanya belajar itu mesti troble dulu, baru bisa. Lah kalau ngrakit langsung enak, kapan belajarnya he..he.. Masalah itulah guru terbaik buat kita.

      Delete
  7. Wah betul kata sampean ternyata salah satu elco power suply nya ada yang rusak mas saya ganti langsung bersih suaranya, terimakasih atas bantuanya mas bahar moga sukses selalu amin

    ReplyDelete
  8. mgk artikely yg bahas TEF ditambhin mas..klau powery masih standart mgk skemay diperjelas lagi..klau TR TEF y sama dengan TR driver seumpama tip 41/42 pa g pa2 atau kurang besar.kalau diTEF pa suara tambah nyaring atau gmn mas..kalau seumpama cm pakai 2 speker 12" pa g pa2 PA diTEF...maaf kalau kepanjangan..hè..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih berencana untuk ngeposting itu, merubah power standart jadi tef.

      Untuk driver tef gak masalah sama dengan driver. Cuma lebih baik yang satu tingkat diatasnya. Misal tr driver pertama pakai TIP31, driver kedua pakai TIP41, driver ketiga pakai TIP3055. Jadi semakin ke akhir, transistor semakin kuat. Baru masuk tr final.

      Untuk masalah itu saya belum bisa jawab, karena belum coba. Makanya artikel saya belum saya posting tentang masalah ini. Akan saya coba dulu, baru nanti akan saya share.

      Kalau menurut saya jika beban speaker cuma 12" x2, maka lebih baik gak perlu di TEF mas. Untuk hasil suara lebih nyaring atau gak, jika di TEF, saya belum coba.

      Delete
  9. Apa tef ini istilah orang orang power kit 2 tingkat dan tiga tingkat ya mas.?
    Untuk rangkaian diatas kira2 biar joss brapa amper trafo mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk power TEF itu adalah Triple Emitter Follower. Itu sama dengan power yang 3 tingkat mas, bukan yang 2 tingkat.

      Kalau power yang 2 tingkat itu power biasa, bukan TEF.

      Untuk hasil maksimal pakai trafo 10A dengan tegangan CT 32v.

      Delete
  10. Mas Bahar, untuk TR driver yang masuk ke TR final itu Emittornya men drive Basis TR final begitu kah mas

    ReplyDelete
  11. Mas bahar, kit mono sanken 400watt itu bisa dipasang tr sampe brpa set? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai berapa pun bisa. Tapi standartnya umumnya pakai 4 set atau 8 set.

      Delete
  12. Replies
    1. sya pnya power amplifier socl 504... di pcb kan ada 3.transistor yg mau sya tanyakan? klo tr-5401 di gnti tr-5551 dan tr-a1839 di gnti tr-15031 dan tr-c4793 di gnti tr-15030 gmna pak???

      Delete
    2. Untuk transistor

      2N5401->PNP ganti 2N5551->NPN (Gak bisa).

      2SA1839->PNP ganti MJE15031->PNP (Bisa).

      C4793->NPN ganti MJE15030->NPN (Bisa).

      Jadi yang gak bisa adalah tr 2N5401 gak bisa diganti pakai 2N5551. Karena beda jenis.

      Delete
  13. ohh... tr yg 2n5401 salah ya pak? trmksg pak...

    klo socl 504, mau di buat tef? dngn tr final c2500 dan pasanganya, lalu tr driver yg di pasang di pcb tipe apa pak

    ReplyDelete
  14. Untuk trafo yg bagus pake biasa, teroid atau smps

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yang murah bisa pakai smps.

      Untuk yang bagus, tapi agak mahal, pakai trafo biasa.

      Yang paling bagus pakai toroid, tapi mahal.

      Delete
  15. Mas bahar.. saya kan punya parametrik..
    Untuk memisah output parametrik itu menjadi 2 enakx d kasih apa mas.???
    Niatnya mau tak buat 1 high mid 1 low sub
    untuk d kamar aja mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 2 cara, pertama yaitu modif parametrik dan kedua yaitu dengan menambah kit rangkaian. Paling mudah, bisa ditambahkan kit filter subwoofer, yang dilengkapi 2 output yaitu output main L R dan output subwoofer.

      Untuk high mid bisa pakai output main L R dan low bisa pakai out subwoofernya.

      Delete
  16. Mas mau tanyak,, klau power PA TEF pemasangan kaki basis TF ke kaki emitor driver Y mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanya mas, kemarin saya beli pcb SOCL 506 TEF dan tampilannya seperti ini http://prntscr.com/paxo0f
      apakah ini benar pemasangan TF dengan TR drivernya? kok ini sepertinya basis ketemu basis ya? saya mau pakai 5200 dan pasangannya di TF nya. mohon pencerahannya terima kasih

      Delete
    2. Ya salah itu mas. Harusnya basis TF konek ke Emitor tr driver.

      Mungkin salah gambar layout saja mas.

      Delete
  17. Kang bahar, saya baru beli driver socl 500w merk tunersys, driver tampa final jalur dari resistor 330 ohm/2watt, trus vcc+ B+ Sp B- Vee- ,untuk mengkonek kaki Tr tef npn dan pnp bagai mna kang baru ke Tr final, mhon coret2 nya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambar diatas kan sudah ada mas. Cuma beda istilah saja pin koneksinya. Tinggal samakan saja.

      VCC+ = +60v
      B+ = B+ (sama)
      VEE- = -60v
      B- = B- (sama)
      Sp = spk

      Koneksi sama dengan diatas. Silahkan lihat lagi gambar diatas.

      Delete
  18. Nanya lagi kang, spek tuk driver ;
    Max 4set final ,output power mono 500w Rms 4ohm saya paham, yg gak pahamnya input sensitifitas: 1,2v Rms/4ohm maksudnya gmna tu kang????
    Pake satu trimpot uda q seting ampe 0,07volt, pabriknya aq lupa kang,masih tes uji coba semalam, instalasinya trafo 10a besar banci ,elko 4biji 10.000 Uf/100v , final pake 2set c5200, speakernya 15"/350w , pake 2tweeter diserikan dngan 1 elko 4,7Uf/400v, trebel jernih enak didengar kang, tpi pas putar lgu dangdut suara melengking kaya seruling diujung sentakan terakhir ada seraknya pas saya cek asalnya cuman dari satu tweternya aja, gmna tu kira kang????? Maaf kepanjangan kang kurang pande mempertanyakannya, mklum pemla

    ReplyDelete
    Replies
    1. Input sensitifitas itu adalah tingkat kepekaan inputnya. Gak ada patokan untuk itu, cuma bedanya inputnya peka dan tidak saja.

      Coba ditukar posisi tweaternya, apakah seraknya pindah atau tetap? Saya kuatir dari tweaternya yang bermasalah.

      Delete
    2. Tweter di pasangin elco nonpolar 4.7 uf

      Delete
  19. Permisi mas bahar, kalau misal di tef untuk resistor kapur yg di kit pcb drivernya di buang apa harus diganti dg yg gelang mas?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. R kapur diganti dengan R yang gelang. Ganti Pakai R 100 ohm/ 2 watt.

      Delete
  20. Minta masukan om,,
    Sya masih agak bingung dengan siStem TEF,
    Sya ada rencana mau beli Kit Power Ampli Merk Yiroshi yg sdh ada TR finalnya antara seri x6 dn x10..di mana keduanya menggunakan sistem TEF,,naah untuk kit sprt itu apakah ada yg di SETEL sedemikian rupa di kit tersebut,,seperti DCO atau apalah istilah2 yg blm sya mengerti..??atau langsung aja Di suplay ke power Suply dn di sanbung ke TC atau Mikser..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kita beli kit powwr jadi, biasanya dari sana sudah disetel mas dan kita tinggal pakai. Memang biasanya ada setelan dco dan bias. Tapi menurut saya gak perlu dirubah dulu. Langsung saja disupply ke power supply.

      Cuma saran saya, untuk tahap awal power jangan di supply dengan tegangan tinggi dulu. Coba pakai tegangan rendah dulu, misal pakai tegangan ct 25v dulu dari trafo. Amati kinerja power, normal gak? Jika normal, baru tegangan supply bisa dinaikkan. Untuk menghindari kerusakan power karena tegangan tinggi.

      Delete
    2. Ok..makasih banyak bantuannya om..sukses sellu..

      Delete
  21. Mas saya mau nanya cara tef socl kalau Mas bahar skema tef kaki2 BCE transistor pinal ga di paralel sama kaki transistor tef saya lihat di blog sebelah kaki2 BCE transistor pinal ko di paralel dengan kaki BCE transistor tef yang ada di lobang transistor pinal yang di pcb yang di pasang transistor tef

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memag ada 2 jenis pcb power tef mas. Yaitu pcb power dengan koneksi tr final di luar pcb dan pcb power yang sudah disediakan tempat untuk tr final, bisa dipasang langsung pada pcb.

      Untuk jenis pcb kedua, yaitu pcb power yang sudah include dengan tr final, maka cara paralel tr finalnya pada lubang tr final di pcb.

      Delete
  22. Mas bahar!.. Bagusan mana Tr toshiba C5198/1941 & Tr toshiba 5200/1943? Jika mau dibuat untuk ngeteff, Rencana final ahirnya pkai Sanken seri 3858 & pasanganya.

    ReplyDelete
  23. Trims atas berbagi ilmumya mas Bahar...
    Jadi paham saya trntang sambung menyambung sistem TEF ini...
    Lebih nendang mana sistem TEF vs BTL ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalah tendangan masik kuat btl, tapi power btl sangat berbahaya jika tidak diimbangi beban speaker yang memadai. Rawan bikin spul speaker jebol.

      Kalau sistem TEF menurut saya sih hampir sama, yaitu memperkuat dorongan ke tr final, sehingga power lebih full ke speaker. Tapi kadang sering bikin tr final jebol, karena efek dobel driver tersebut.

      Jadi menurut saya sistem btl lebih cocok untuk beban speaker besar dengan watt besar dan sistem TEF lebih cenderung ke power biasa dengan daya dorong lebih kuat dari power biasa yang bukan TEF.

      Delete
  24. Mas bahar mantaap!!!! Toptoptop.... markotop.... sukses sllu.... bwt ms bahar........😊

    ReplyDelete
  25. Mas kalo nurunin bias gimana,terlalu gede biasnya 0,96mv tr final panas sampai jebol 2set mjl

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai power apa mas? Pakai supply tegangan berapa volt?

      Kalau ada setelan trimpot BIASnya, maka bisa disetel lewat trimpot bias mas.

      Delete
  26. Halo,,, mau tanya. Kelebihan sdh dijelaskan tadi, namun kekurangan siatem tef blm.dijelaskan dg rinci,, mohon dijelaskan.juga ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kekurangan sistem tef menurut saya adalah tr final lebih panas dan kadang lebih gampang jebol, karena efek dobel penguatan tr driver.

      Delete
  27. mas kit magic pro 500watt setreo supaya bisa disupply 70v dc komponen seri apa saja yg diganti mas..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resistor 100 ohm ganti dengan yang 2 watt. Tr driver ganti dengan MJE340/350. Semua elco ganti dengan elco yang 100v.

      Delete
  28. mas bahar ..elco,resitor,tr driver .sudah saya ganti ..tr final sanken 1494 dan pasanganya jebol /mati yang kurang apanya mas.. Aku pakai trafo 20 amper 48ct48 mas makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tegangan trafo terlalu besar mas. Coba dulu pakai tegangan ct 25v dari trafo.

      Delete
  29. mas bahar, adahkah cara nurunin tegangan 70v dc ke60v dc kalau bisa apa saja komponen nya.. Mas , soalnya trafo ku hanya satu 20amper 48ct48 mas makasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengurangi jumlah gulungan lilitan sekundernya. Cuma masalahnya kita harus bongkar trafonya.

      Sebenarnya trafo 20A dengan tegangan 48ct48 itu ideal untuk power. Tapi dengan syarat powernya harus benar-benar normal. Karena jika powernya sedikit masalah, maka akan tegangan sebesar itu bisa sangat fatal akibatnya. Tapi jika powernya kondisi normal, maka tegangan sebesar itu bisa jadi sangat ideal dan full power mas he..he..

      Solusinya ada 2 yang bisa dicoba, tanpa harus bongkar trafo yaitu:

      1. Beli atau kalau ada trafo yang agak kecil 5A yang ada tegangan 25ct25 dan 32ct32 untuk dibuat testing power. Usahakan selama ujicoba power pakai trafo kecil, tidak ada kendala pada powernya, misal terjadi overheating pada komponennya.

      2. Untuk menurunkan tegangan output sekunder trafo 48ct48, maka bisa coba kita ubah koneksi primernya. Misal biasanya primer kita konek ke 0 dan 220v, maka kali ini kita coba konek primer pakai 0 dan 240v. Cara ini bisa menurunkan sedikit tegangan dari sekunder trafo. Tidak banyak sih, cuma bisa dipastikan bisa turun tegangannya, jika kita pakai primer 0 dan 240v.

      Delete
  30. mas punya nomer wa?
    biar bisa minta petunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf. Untuk tanya jawab silahkan lewat koment blog atau fb mas.

      Delete
  31. mas masih penasaran aku rakit lagi magic pro power sound 500wt streo suppy 70v dc tr driver 1dan2 tip31/32 semua aku ganti mje340dan pasanganya elco 100v rstor 2wat tolong dicek mas tr driver akhir sebelum tr final seri berapa makasih..

    ReplyDelete
  32. mungkin mas bahar punya link/perna share untuk modif socl 504 standart jadi TEF +jalur pemasangan ke tr final

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum mas. Masuk daftar dulu, nanti kalau ada waktu akan saya coba buatkan postingnya.

      Delete
  33. mas maaf skema penyambungan diatas itu basis TR final masuk ke Emitor TR driver apa basis TR driver?...soalnya diatas basis TR final Masuk B+..suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Basis tr final masuk emitor tr driver mas.

      Gambar diatas basis tr final masuk B+, itu tanda B+ di pcb mas. Maksudnya B+ dipcb itu adalah jalur yang mengarah ke Basis tr final+. Tapi jalur B+ dipcb sudah benar, itu adalah dari Emitor tr driver. Bukan dari Basis tr driver he..he.. semoga paham.

      Jadi B+ itu tanda di pcb, bukan Basis tr diver, tapi memang sudah benar jalur dari Emitor tr driver.

      Delete
  34. Enter your comment...maaf..maaf..mas bahar dc ku bukan 70vdc saya cek lagi 65vdc aku modif driver amplifier simetris. magic pro 500wat streo power sound komponen seri apa saja yang diganti supaya bisa supply 65v dc makasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap seperti diatas mas. Tr driver pakai MJE340/350. Tr driver terakhir sebelum ke tr final pakai C5200/A1943. Untuk elco ganti yang 100v.

      Delete
  35. jenis driver apa saja yang bisa di TEF?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya semua driver bisa di TEF.

      Kecuali Driver yang sudah TEF, gak bisa di TEF lagi. Percuma.

      Delete
  36. Bang... tolong pencerahanya yaa
    Aku ngerakit socl 504 tr final pake c5200 dengan pasanganya R kapur pada driver diganti 56 0hm 2 watt dioda ditambah satu diseri...
    R pada tr final 10 ohm 2watt r kapur 0.5 ohm. Saya mau tanya tr driver akhir sebelum ke tr final tipe berapa yaa??
    Dan saya pake travo 5A Berapa tegangan outnya yaa?? Terima kasih ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai tr C5198 dan A1941. Tergantung tr berapa set tr finalnya. Kalau pakai 2 set tr final, maka pakai tegangan ct 32v. Kalau pakai 4 set tr final, maka pakai tegangan ct 42v.

      Delete
    2. Itu pakek 6 set tr final bang

      Delete
    3. Ya gak apa-apa mas. Pakai tegangan ct 45v kalau ada. Kalau gak ada pakai tegangan ct 42v saja mas.

      Delete
  37. Kiranya kuat buat ngangkat berapa speaker bang??

    ReplyDelete
  38. Kalo buat ngangkat 18 inc bisa bang???

    ReplyDelete
  39. Assalamu alaikum mas bahar, setelah sy baca pertanyaan demi pertanyaan kami dpt kesimpun tentang pemasangan tr final yang sudah di paralel ternyata kaki basis di tempatkan di emitor kit driver tersebut dan emitor npn dan pnp di gabung bersama kit driver output speker, jadi sama penyambungan tanpa di TEF perbedaan kaki basis tr final parale di tempatkan di kaki emitor kit driverny, mudah mudahan sya tidak salah

    ReplyDelete
  40. Asalam alaikum mas saya pemula tentang elektronika gini mas saya merangkai PCB bom tef tapi setelah di uji coba resistor 56ohm tahanan jalur vdc+ hangus sama MJE 350 jebol klau di lepas MJE resistor yg 56ohm aman tapi merambat di transistor jalur basis- dan output panas kira kira apa yg sala yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas, belum bisa bantu. Karena belum coba power bom tef. Jadi belum mempelajari jalur rangkaiannya.

      Delete
  41. Maaf mas saya pakai driver 506 tr final 11 set sanken ..baru saya nyalain 15 menit tr final cepet pasas apa penyebab nya mas ..suara sih ok .gak masalah ..tapi panas takut gak awet ..pakai teg 52 voll ct trims pencarahan nya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba set bias diturunkan mas. Atau tegangan diturunkan pakai ct 42v dari trafo.

      Delete
  42. Mohon penjelasanya...
    Saya baru merakit power..
    Setelah dicoba hasinya bagus
    Dan setelah dipasang memakai speaker protektor kok malah dengung yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada kesalahan pemasangan mas. Coba cek jalur tegangan protektornya. Kalau bisa protektor pakai supply sendiri, jangan digabung dengan supply utama power.

      Bisa pakai trafo sendiri atau pakai tegangan extra trafo.

      Delete
  43. MAS KALO RANGKAIAN 4 TINGGAT APA MASIH BISA DITAMBAH TEF TRIMS

    ReplyDelete
  44. maaf 3 tingkat mas bahar keliru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya sepertinya gak bisa mas. Jikalau bisa, maka tr final akan jadi lebih panas. Karena dorongan driver yang lebih besar.

      Delete
  45. maaf mas saya mau tanya, saya punya power 3 tingkat, tr driver aslinya 2955 dan pasangannya, untuk yang bagus tr tef nya diganti toshiba a1941 atau yang seri a1943 yang bagus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk final saya pakai 45dc dan final sanken 5 set

      Delete
    2. Untuk tr tef pakai tr yang A1941 dan C5198.

      Yang tr A1943 dan C5200 itu untuk tr final mas.

      Delete
  46. Apakah model Tef dengan paralel transistor itu berbeda istilah?
    Atau sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mas. Tef itu adalah penambahan satu tingkat penguatan lagi di bagian driver, sebelum di umpan ke tr final. Sedangkan paralel transistor adalah mendobel atau memparalel transistor dengan tujuan untuk menambah daya watt power amplifier.

      Keduanya sama tujuannya untuk memperkuat atau menambah daya watt power, tapi beda beda cara pemasangannya.

      Delete
  47. Efek ke suara nya gmn mas antara yg di tef dan tidak.. Lebih bagus mana mas? Mohon masukan nya mas

    ReplyDelete
  48. SALAM KENAL MAS BAHAR
    MAU TANYA TEF 504 TR TEF YANG BAGUS APA YA ?....RENCANA MAU PAKEK PSU SMPS 65VOLT 30A PLUS ELCO 100VOLT 10.000MF 4 BIJI, TR FINAL SANKEN 6 SET....KIRA2 GIMANA YA MAS BAHAR TLG PENCERAHANNYA MASIH PEMULA BANGET SOALNYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tr finalnya pakai sanken, maka tr tef bisa pakai toshiba C5200 dan A1943.

      Kalau tr final pakai toshiba C5200 dan C1943, maka tr tef bisa pakai tr toshiba C5198 dan A1941.

      Delete
  49. Assalamualaikum mas Bahar
    Apakah tr final c5198+a1941 bsa diganti dgn c5200+a1943
    Klo bsa...trus komponen lain ikut diganti jg gak
    Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Bisa mas, gak masalah. Komponen lain gak perlu diganti.

      Delete
  50. Tanya mas...sy ada socl 504 mono belum tef, tr final 2 set 2sc2922, sy udah terlanjur beli speaker 12" woofer 500w dan 12" subwoofer dobel coil 200/400w, saat ini baru saya pakai 1 speaker woofer saja, tanya
    1. Gmn carany speaker dobel coil bisa d pakai, apa perlu di paralel atau nambah kit mono 1 lg utk subw
    2. Krn sudah ada speaker subw, gmn speaker yg woofer bisa jd karakter midle/medium
    3.jk tanya 1 dan 2 sdh jelas arahnya, skalian trafo teroid brp A dan brp volt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Tergantung kebutuhannya. Jika hanya sekedar hanya ingin digabung saja dengam speaker woofer, maka tinggal diparalel saja. Tapi jika ingin memisah karakter dari speaker subwoofer menjadi sub low, maka perlu menambah kit mono satu lagi dengan tambahan filter subwoofer.

      2. Ya harus dipisah, pakai power sendiri-sendiri.

      3. Pakai trafo 10A tegangan ct 32v.

      Delete
  51. Bang klau cuma 2set pinal,ap itu g usah di tef ya bang?

    ReplyDelete
  52. penjelasanya mantap detail.sukses slalu mas bahar .salam kenal gunadi

    ReplyDelete
  53. mas bahar komponen apa saja untuk modif socl 504 untuk karakter sub low

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih belum pernah oprek untuk power socl 504 mas. Untuk merubah karakter dari setiap power, maka harus ada perubahan di bagian feedback dan Gainnya. Ada juga yang ditambah boostrap, agar bisa menambah atau mengurangi frekuensi tertentu. Sehingga didapat suara yang diharapkan. Untuk detailnya gak bisa disampaikan disini mas.

      Kalau saya bisanya untuk merubah menjadi sub low, cukup ditambahkan kit filter subwoofer pada jalur input power socl 504. Tanpa harus merubah komponen pada powernya.

      Delete
  54. Salam Kenal,

    Saya punya Ampli Harman Kardon AVI 200 II, posisi standby ok, ketika di tekan ON hanya akan nyala sekitar 3 detik, terus mati. TR Final sudah diukur ok semua, Power Supply juga Ok, Arus ke Power Ampli dicabut tetap belum nyala. Kira2 bagian protect nya yg mana yg harus dicek?
    Apa perlu TR pendorong Final dicek juga?

    Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lepas semua tr finalnya, kemudian nyalakan power tanpa tr final. Apakah masih protek? Harusnya dalam kondisi seperti ini tidak protek.

      Delete
  55. driver ini kalau di tef seperti digambar kuat tegangan sampai berapa volt ?

    ReplyDelete
  56. Sebenarnya kalo hanya melihat gambar diatas bagi pemula susah mas. Soalnya B+ dan B- gak jelas jalurnya. Dan gak semua kit Socl buat kode B+ dan B- di kit drivernya. Beda dengan kit² merk Yir*shi, rata² kitmya membubuhkan kode di pcb-nya. Tinggal ikut jalur saja masss...
    Alangkah baiknya dibuat skema langsung mass...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik mas. Terima kasih atas masukannya. Nanti akan saya coba update untuk skema rangkaiannya. Biar lebih jelas.

      Delete
  57. Mantap kang bahar... Artikelnya semakin banyak dan semoga bermanfaat bagi teman2 penghobby elektronik..
    Salam sukses selalu...

    ReplyDelete
  58. Kang kalo nyambung tr final basis ngambilnya dari emitor apa dari basis tr tef ?

    ReplyDelete
  59. Maaf mas,standar nya arus bias pada tr final yg sudah di tef berapa ya mas?power saya coba di tef arus bias final 0,25 kalau ga di tef arus bias final 0,43.dan dri hasil suara nya enakan yf ga di tef..pertanyaan nya apakah arus bias yg di tef terlalu kecil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya terlalu kecil mas. Untuk tef butuh bias yang lebih besar lagi. Karena harus dorong tr lagi.

      Delete
  60. Siang Kang Bahar , kalau boleh tanya , trafo toroid 5 Ampere ct 45 & Trafo big murni 10 Ampere ct 45 , kira2 bagus yang mana Bang ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya boleh milih, maka akan saya pilih trafo toroid 5A mas. Trafo toroid lebih bagus dalam hal efisiensi dayanya dan rendah radiasi elektromagnet. Jadi dayanya lebih full dan minim radiasi. Tapi kalau benar trafo kotak 10A murni, maka pilih trafo kotak 10A. Karena trafo 10A ada yang banci yang dayanya tidak full 10A

      Delete
  61. B'arti bagus yg trafo toroid 5 Ampere ya Mas Bahar, makasih. Dan kalau boleh tanya lagi, kemarin saya servise kit socl mas,yg tr driver,nya kebakar & sudah saya ganti baru, akan tetapi setelah saya kasi tegangan, belum ada input suara, sudah dengung pelan, kira2 yg rusak apa,nya mas ?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin masih ada problem powernya mas. Ada komponen lain yang masih rusak. Coba cek lagi resistornya.

      Delete
  62. Kira2 resistor bagian mana yaa mas bahar, yg harus dicek terlebih dahulu, dan agar bisa main di 2ohm / 4 speaker per mono, kira2 butuh tr final berapa set & suply berapa vdc yaa ??? Makasihh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pengecekan lebih detail, belum bisa mas. Karena saya belum tahu juga detail rangkaiannya. Semua power rakitan bisa bermain di 2 ohm dan 4 ohm. Tanpa perlu merubah komponen

      Delete
  63. Mas numpang tanya saya beli Kit suramadu jadi.. untuk gitar...
    tinggal tambah satu set trfinal sanken... trafo pake Bell 5A murni..
    saya pakek speaker acr 500watt...
    .. saya main gitar baru 15 menit volume dijam 9... trfinal langsung jebol ... kira2 apa salahnya ... terimakasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  64. Bang rangkaian di atas apakah bisa di terapkan pada driver safari 400watt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk paralel tr finalnya bisa diterakan mas. Tapi awas rangkaian diatas untuk driver power tef ya. Sedangkan driver safari 400w tidak tef. Jadi awas keliru pasang tr finalnya.

      Tapi kalau power safari dbuat tef, ini saya belum coba he..he..

      Delete
  65. Nggak jadi tanya kang bahar, udah ada jawabanya dari temen temen di atas, makasih kang moga sukses slalu

    ReplyDelete
  66. malem mas saya mu nanyanih.saya pakek final sanken 10 set per mono power saya btl dengan trafo 40a pakek vol 47, angkat spiker 18 x4 main 4 ohm yang saya tanyakan sbaiknya bias di seting ke berapa mm v ,dan satu lagi masalahnya ko spiker saya panas itu aja trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk setingan bias tidak ada patokan khusus harus berapa volt. Setingan bias disesuaikan dengan kemampuan tr final dan kemampuan trafonya. Kalau trafo sudah mampu, maka bias bisa dinaikkan sampai batas maksimum tr final. Karena semakin besar bias, maka tr final akan semakin panas. Maka harus disesuaikan besar tegangan bias, agar tr final tidak terlalu panas.

      Masalah speaker panas itu wajar, karena spul bekerja. Yang gak wajar jika sampai spul terbakar. Apalagi powernya BTL, maka kinerja speaker akan semakin keras.

      Delete
  67. Ijin tanya mas kalau seumpama tr tef pakai sanken 3858 dan pasangannya, dan tr final pakai toshiba 5200 dan pasanganya apakah aman mas? 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak apa2 sih. Cuma idealnya TEF itu transistornya bertingkat dari mulai transistor yang rendah dulu, lalu naik ke tr yang lebih tinggi. Justru yang benar dari tr 5200 ke sanken 3858. Bukan sebaliknya he..he.. karena tr sanken 3858 tingkat kemampuannya diatas tr toshiba 5200.

      Delete
  68. Sore,
    Standart resistor untuk tef yang tertulis di pcb socl 504,100ohm 2wat
    Jika di ganti menjadi 330ohm 2wat pengaruhnya apa ,apakah lebih adem atau lebih panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengaruhnya nanti mungkin ke bias. Sama saja, rangenya antara 100-330 ohm. Jadi jika dilakukan perubahan R tef, maka perlu dicek kembali bias dan dco nya. Kalau adem panasnya mungkin sama saja, tapi bias dan dco bisa beda.

      Delete
  69. Klau pkai 5a 50vac kira" pake berapa set final kang?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led