Cara Pasang Led VU Display pada Mixer Rakitan

Next posting berikutnya adalah cara pasang lampu led vu display pada mixer rakitan. Artikel ini juga merupakan janji saya pada rekan-rekan yang bertanya lewat g+ dan koment blog, untuk membuatkan diagram koneksi cara pasang led vu display ini. Rangkaian led vu display adalah komponen yang wajib ada pada mixer audio kita. Fungsi dari led vu display ini adalah untuk memonitor level volume atau suara hasil olahan dari mixer, agar semua sumber suara apapun yang keluar dari output mixer mempunyai level suara atau volume yang sama. Jadi terdengar imbang satu lagu dengan lagu lainnya atau sumber suara lainnya misal mic dan perangkat audio lainnya misal sumber suara dari Handphone kita. Dapat kita atur level suara dan disamakan level volumenya pakai parameter dari nyala lampu led vu display ini, bukan main feeling dari pendengaran telinga kita saja. Ya bisa sih ngandalkan telinga kita sebagai parameter level suara, tapi menurut saya akan lebih akurat jika dilengkapi dengan parameter dari nyala lampu led vu display ini. Karena kita akan tahu berapa level atau tingkat suara yang dikeluarkan mixer ini, cukup melihat dari seberapa tinggi nyala dari lampu vu display ini. Mungkin bagi yang sudah pengalaman mudah bagi mereka untuk memasang alat ini pada mixer, tapi bagi rekan-rekan yang belum paham mengenai jalur pada mixer akan sedikit kebingungan cara pasangnya bagaimana? Bagaimana cara pasang led vu display ini? Simak lebih lanjut.

Led vu display banyak sekali macamnya, cuma yang banyak ada dipasaran ada dua macam yaitu led vu display ic LB1403 yang mampu menyalakan lampu sebanyak 5 led dan led vu display ic LM3915 yang dapat menyalakan lampu sebanyak 10 led. Tinggal Anda pilih salah satu. Menurut saya pribadi lebih bagus pakai led vu display yang menggunakan ic LM3915 10 led. Karena punya banyak lampu, jadi tingkat akurasinya lebih tinggi. Untuk mixer lebih baik pakai led vu display lm3915 ini. Contoh aplikasinya bisa dipasang pada out mixer atau pada power amplifier yang bisa dipasang pada jalur input power atau jalur output speaker power. Tinggal sesuaikan saja dengan input yang tersedia pada kit pcb led vu display lm3915 ini. Ada dua macam input pada pcb rangkaian ini yaitu input 1 to speaker dan input 2 to preamp. Jika dipasang pada output mixer, maka pakai input 2 to preamp. Untuk supply tegangan bisa diikutkan atau digabung pada supply mixer, meskipun mixer bertegangan 15v, menurut saya masih aman jika dipasang pada led vu display ini yang bertegangan cuma 12v. Atau biar tegangan yang masuk ke led vu display bisa turun bisa pakai ic regulator 7812 sebelum masuk supply led vu display. Bisa juga pakai Resistor atau diode sebagai penahan tegangannya, Untuk Resistor, bisa pakai R 10 ohm atau 100 ohm 2 watt yang dipasang pada jalur tegangan positif  sebelum masuk led vu display. Untuk koneksi input led vu display dipasang pada output main master L dan R mixer. Bagaimana bentuk dan posisi pemasangan led vu display ini pada mixer rakitan kita. Berikut gambar mixer rakitan yang sudah dipasang led vu display stereo L R.


Bisa Anda lihat posisi pemasangan led  vu display pada mixer di atas. Dipasang pada sebelah kanan bagian atas. Karena output mixernya stereo, maka diperlukan dua kit led vu display untuk jalur output master L dan R. Untuk kit rangkaian led vu display dapat Anda dapatkan dan beli ditoko elektronik. Kemungkinan besar kit pcb rangkaian ini ada di semua toko elektronik. Mungkin harganya sekitar 20 ribuan per pcb. Jika dipakai pada mixer mono, maka cukup pakai satu kit pcb rangkaian led vu display saja. Kemudian untuk jalur koneksi pada mixernya bagaimana mas? Berikut gambar cara pasang atau koneksi led vu display pada mixer.


Anda bisa lihat jalur koneksi diatas. Karena output mixernya stereo, maka menggunakan dua buah kit pcb rangkaian led vu display. Untuk input led vu display bisa dikonek pada jalur output utama master L R. Dan untuk tegangan supply rangkaian ini bisa digabung pada tegangan supply mixer. Karena tegangan supply dari kit pcb led vu display ini menggunakan tegangan tunggal dan bukan ct, sedangakan mixer kita tegangannya ct. Maka untuk koneksi tegangan supply hanya konek pakai ground dan tegangan positif (+) saja. Bukan pakai tegangan negatif (-) dan postif (+) pada mixer, tapi konek pakai ground/ct dan tegangan postif (+) saja pada mixer. Awas jangan sampai keliru ya he..he.. Setelah dipasang dan lampu led vu display berfungsi normal, tinggal setting VR signal in, untuk mengatur dan menyeimbangkan nyala lampu antara channel L  R dan tingkat kepekaan nyala lampu lednya. Sehingga didapat level suara yang pas dan titik maksimal suara pada titik lampu paling atas led vu display. Untuk led vu display bisa pakai yang pakai ic LM3915 untuk 10 led atau ic LB1403 untuk 5 led.

Selesai sudah artikel posting cara pasang led vu display pada mixer rakitan ini. Mudah-mudahan dengan diagram koneksi diatas dapat memudahkan Anda untuk memasang sendiri lampu led vu display pada mixer Anda, tanpa bingung lagi he..he.. Rangkaian led vu display ini, selain dapat dipasang pada mixer, juga bisa dipasang pada tone control atau aksesoris audio lainnya. Bahkan dapat dipasang juga pada box power amplifier. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Assalamualaikum mas bahar,mau tanya ada tuturial pasang input balance pakai kit DMS-49....tolong inputnya mksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencana mau dipasang dimana mas? Dipasang di input mixer atau power?

      Delete
  2. kalau perchanel vu display di tambahi led sendiri bisa gak bos (misal yg asli 10 buah led saya tambahi 10 led dg di sambung seri)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Cuma mungkin nanti nyala lampunya agak redup, karena dibagi 2 lampu.

      Delete
    2. terang mana di sambung seri sama paralel mas

      Delete
  3. bos punyaku viu led nya kok gk bisa kedip2 ke atas ya..tp kok nyala merah biasa aja kayak indikator,aku pakai di mixer bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda pakai led vu display yang pakai ic LM3915 atau BA1403? Mungkin jalur input belum terpasang pada out mixer.

      Kalau pakai LM3915, maka ada 2 input yaitu out spk dan out pre amp. Pilihlah pada out pre amp. Karena digunakan untuk out mixer. Kemudian setel VR nya untuk mengatur tingkat kepekaan nyala lampu lednya.

      Kalau pakai ic BA1403, kebanyakan tidak ada masalah. Karena input hanya satu. Bisa dipakai untuk out spk atau out pre amp.

      Delete
  4. mantap mass akhirnya bisa dipasang juga led vu di mixer ku....

    ReplyDelete
  5. kalok led nya yg stereo gmana sih sistemnya kok punya saya cma nyla satu aj yg paling bawahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau led vu display nya stereo, maka butuh 2 kit led vu display. Dipasang di jalur output L dan R mixer. Jika hanya menyala satu lampu saja bawah, maka mungkin setelan VR led vu display nya kurang buka. Coba setel dan buka lagi VR led vu displaynya.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led