Skema 10 Led VU Display IC LM3915

Alhamdulilah saya masih diberi kesempatan dan waktu untuk membuat postingan lagi. Next posting kali ini adalah skema led vu display LM3915 10 led. Dari pertanyaan yang masuk lewat g+ dan koment blog, untuk membuatkan skema rangkaian ini. Karena terbentur waktu, barulah sekarang bisa membuatkan artikel postingannya. Sebelumnya juga pernah saya posting macam-macam rangkaian led vu display, dari yang mulai pakai transistor, pakai ic LB1403 5 led, bahkan ada juga led vu display tanpa menggunakan tr dan ic he..he.. Nah skema led vu display ic LM3915 dapat menyalakan lampu led sebanyak 10 buah. Led vu display ini banyak di aplikasikan untuk indikator pada mixer audio, bahkan dipasang juga pada power amplifier. Selain sebagai kontrol audio, maka penambahan kit rangkaian ini dapat mempercantik penampilan dari mixer atau power amplifier kita. Sehingga lebih terlihat profesional he..he.. Anda bisa mendapatkan kit rangkaian yang sudah jadi, banyak dijual dipasaran. Atau bisa membuatnya sendiri. Bagaimana skema rangkaiannya? Simak lebih lanjut.

Led vu meter display sangat membantu kita dalam memantau dan memonitor besar kecil level suara yang akan kita umpan ke power amplifier. Sehingga level suara dapat kita kontrol dan kita jaga pada level tertentu untuk mendapatkan kualitas suara yang stabil dan kesamaan level volume yang sama pada setiap suara audio yang kita umpan ke power amplifier. Rangkaian led vu display ini biasanya dipasang pada mixer audio dan bahkan dipasang juga langsung pada power amplifier. Dengan dipasangnya rangkaian ini, maka kita akan tahu batas maksimal suara, sehingga kualitas suara tetap terjaga maksimal, tanpa terjadi over  suara. Rangkaian ini juga bisa dipasang pada power amplifier kita yang dilengkapi dengan tone control. Bisa dipasang pada tone control. Mempunyai range tegangan supply mulai 5v sampali 12v. Sehingga memudahkan kita dalam membuatkan supply tegangannya. Karena supply tegangan dapat kita ikutkan pada supply mixer atau tone control. Berikut adalah gambar skema led vu display LM3915 10 led.


Gambar diatas adalah gambar skema rangkaiannya. Bisa Anda lihat ada dua input yaitu input 1 to preamp dan input 2 to speaker. Maksudnya adalah jika Anda menggunakan input 1 to preamp, maka dapat dikoneksikan pada out mixer, tone control, atau sumber suara lainnya yang masih berupa out pre amp dan belum ada powernya. Jika Anda pakai input 2 to speaker, maka koneksinya dapat kita pasang pada output speaker, misal output speaker pada power amplifier. Jadi gunakan salah satu dari dua input diatas. Mau dipakai untuk out preamp atau out speaker. Jangan dipakai keduanya ya he..he.. Supply tegangan menggunakan supply tunggal dengan range tegangan mulai dari 5v sampai 12v. Jadi rangkaian ini dapat bekerja pada tegangan 5v sampai maks 12v. Berikutnya ada tombol switch untuk pilihan mode BAR atau DOT. Mode DOT adalah mode lampu led nyala satu persatu secara bergantian. Dan mode BAR adalah mode lampu led nyala bersama secara berurutan. Kemudian ada setelan VR pada P1 berfungsi sebagai pengatur besar kecilnya suara yang masuk ke rangkaian led vu display. Untuk mengatur tingkat kepekaan nyala lampu lednya. Bagaimana dengan pcb rangkaiannya. Berikut adalah gambar pcb led vu display yang ada dipasaran.


Terlihat jelas ada dua input yaitu to preamp dan to speaker. Jadi jangan sampai salah pilih input ya he..he.. Kalau salah pilih input, lampu lednya tidak akan nyala ataupun jika bisa nyala, mungkin akan nyala redup dan kurang peka. Jadi pemilihan input sangat penting, jangan sampai keliru. Sudah dilengkapi dengan VR signal in dan pemilihan mode dot dan bar. Supply tegangan DC 12v. Biasanya kalau dulu kita beli pcb, pasti dilengkapi dengan kertas skema rangkaiannya. Meskipun beda merek pcb he..he.. Tapi menurut saya gak masalah, karena gambar rangkaiannya sama persis dengan rangkaian yang ada di pcb. Menurut saya penting untuk disertakan dalam postingan ini sebagai pelengkap dan mengetahui jalur rangkaiannya. Berikut gambar skema rangkaian yang diambil dari kertas skema bawaan pada pcb.


Sudah saya cek jalur dan komponennya, sudah sama dengan komponen yang terpasang pada pcb. Jadi gambar skema diatas sudah benar jalur dan nilai komponennya. Oh ya ada satu lagi yang perlu dibahas mengenai ic utama pada rangkaian led vu display ini. Rangkaian ini menggunakan ic utama dengan nomor seri LM3915, ternyata dapat pula diganti dengan ic yang serupa yaitu dengan nomor seri LM3914. Jadi ic LM3915 dan LM3914 sama-sama bisa digunakan pada rangkaian led vu display ini. Untuk Resistor bisa menggunakan resistor 1/4 watt atau 1/2 watt. Untuk voltase elco bisa pakai elco yang bertegangan 16v, 25v, 35v, atau elco yang 50v. Lampu led menggunakan lampu led berwarna biasa, bukan jenis lampu led super bright atau lampu led dengan voltage diatas 3v, jika dipaksakan nyala led akan redup. Jadi jangan harap bisa pakai lampu led super bright ya he..he. Pakai lampu led berwarna biasa saja, bisa pakai lampu led yang berwarna doff atau lampu led yang berwarna bening cerah. Bagi Anda yang mau membuat sendiri rangkaian ini pasti butuh gambar layout pcbnya. Gambar layout pcbnya mana mas? Berikut gambar layout pcb led vu display LM3915.


Gambar layout pcb diatas bisa Anda gunakan untuk merangkai sendiri rangkaian ini. Jadi lebih mudah bukan? Selain menggunakan desain layout pcb diatas, Anda juga bisa menggunakan pcb lubang-lubang yang bisa Anda kreasikan sendiri jalur rangkaiannya. Untuk supply tegangan, jika Anda ingin menggunakan supply tegangan sendiri pada rangkaian ini, maka bisa menggunakan trafo 500mA atau 1A dengan tegangan 12v. Alhamdulilah lengkap sudah artikel postingan skema led vu display LM3915 saya buat. Mudah-mudahan dapat memberikan pencerahan dan memudahkan Anda jika Ingin merakit sendiri led vu display ini. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Untuk ukuran layout belum saya ukur, jadi disesuaikan saja dulu.

    ReplyDelete
  2. Master minta alamat emailnya.soalnya punya saya gk bisa nyala,padahal saya ngambol layoutnya dari postingan master

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin lampu led kebalik kakinya mas. Atau tegangan supply belum masuk. Untuk email bisa lewat halaman contact diatas mas.

      Delete
  3. Nyala tapi LED gak bisa satu satu hanya yg berderet ajjah mohon pencerahannya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ada 2 pilihan mode nyala lampu led nya mas. Yaitu dot dan bar. Bar itu nyala lampu secara berderet. Sedangkan dot itu nyala lampu satu-satu. Coba setting mode di dot mas, bukan bar.

      Delete
  4. Saya pakai untuk di pasang di out tone control

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak masalah mas. Tinggal setting saja tingkat kepekaannya lewat VR tersebut.

      Delete
  5. Kan aq pake di mixer,tapi kok klo nyala ngaruh ke suara jadi pecah ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya harusnya gak pengaruh mas. Tapi coba saja kasih resistor 10K pada input led vu displaynya. Mungkin saja kena imbas dibagian input led vu display.

      Delete
    2. Gak bisa msih aja, pke infut 1 jg gtu,tak ganti ic sama,
      Kaya suara over gtu,tp klo gak pke vu normal...
      Kan itu mixer 2canel pke travo 1amper,ngaruh d travo gak apa kurang gede....

      Delete
    3. Kalau trafo 1A sudah cukup mas. Sepertinya masalah di vu displaynya. Apakah sudah benar untuk koneksi tegangan supply led vu displaynya? Karena supply vu display pakai tegangan tunggal yaitu gnd dan positif (+). Sedangkan mixer supplynya simetris. Saya kuatir ada kesalahan di sini.

      Jika yakin sudah benar. Coba pada input led vu display dipasang milar 104 mas. Yang tadinya pakai Resistor, sekarang ganti pakai milar 104. Tujuannya sama agar imbas vu display tidak masuk ke mixer.

      Delete
  6. Mohon pencerahan msih d upreq lom ketemu

    ReplyDelete
  7. Mas klo dikasih adaptor 12volt 3ampere berani gk??

    ReplyDelete
  8. Saya jga punya led vu pabrikan scorpion persis udah tk pasang di mixer malah Tr final Psu simetris panas kebakar trs tk ganti jga kebakar lgi led nya pun gk mau nyala gimana bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti ada yang short rangkaianya mas. Kemungkinan ic rusak atau ada kesalahan pemasangan tegangan dan konek inputnya.

      Delete
  9. Fungsi dr R220 untuk apa? Saya ingin jarak nyala lampu agar dedikit lebih lambat....bukan pekanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. R 220 ohm fungsinya untuk menahan sinyal suara saja mas. Untuk mengatur tingkat kepekaannya saja. Bukan untuk melambatkan jarak nyala lampunya. Untuk masalah memperlambat nyala lampunya, kemungkinan tidak bisa mas. Karena pengaturan sudah didalam ic LM3915 tersebut. Jadi memang setingannya sudah bawaan dari ic LM3915 dan tidak bisa dirubah.

      Delete
  10. Malam master.
    Saya ingin membuat spectrum analizer 3ch (bass middle treble)
    Menggunakan lm 3915.
    Rangkaian dasar pemisahnya menggunakan skema apa yg simpel.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih belum mencoba untuk membuat led vu display sesuai dengan frekuensi nada yang diinginkan. Kalau memang ingin memisahnya, mungkin bisa menggunakan rangkaian equalizer, yang diambil out masing-masing frekuensi. Atau membuat rangkaian penguat op amp sesuai dengan tapis frekuensinya. Dan tinggal setel dan atur di frekuensi berapa yang diinginkan.

      Delete
  11. Slmd mlm terr... mau tanya.. sya pasang led pd out spkr led normal, tapi pas sya psang d out TC led g nyala full cuma 4 led ajj yg nyala pdhal VR,y dah sya puter smpe full ttep g ngaruh, R input yg 470ohm jg sya dah ganti ukuran dr yg pling kecil smpe ukuran r1k ttep g ngaruh,, kira2 pa,y lg yg perlu d ubah, pdhal klo pake out spk led nyala smua klo VR,y d putar..
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti resistor input pakai 100 ohm, kemudian ganti VR pakai VR 100K. Jika masih belum juga full nyalanya, maka butuh pendorong atau penguat pre amp sebelum masuk input led vu display

      Delete
  12. Pendorong atau penguat pre amp contoh,y sperti pa ter.??
    Mhon pencerahan...
    Trimakasih sebelum,y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai kit pre amp mic, atau master mixer atau penguat suara lainnya

      Delete
    2. Siap master, trimakasih bnyak bwat masukan,y..
      Smoga sehat n sukses slalu

      Delete
  13. Mas cara perkuat sinyal input pake kit apayah ke input modul tone control pasif soal ny bass agk kurang kerasa sama sinyal kyak lemah, ad yg blang pake pre-amp mic 1tr /master mixer/kit subwoofer giman yg bner?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tujuannya hanya untuk memperkuat sinyal, maka cukup ditambahkan master mixer. Jika sinyal naik, maka otomatis semua nada akan ikut naik juga termasuk bassnya. Menurut saya itu sudah cukup. Kalau pakai kit subwoofer, maka yang dibooster adalah bassnya saja disisipkan nada low, selain nada bass aslinya, jadi terkesan lebih empuk. Tapi kit subwoofer tidak memperkuat sinyal, hanya menambahkan atau menyisipkan nada low dibawah 60Hz, selain nada bass aslinya. Jadi sinyal suara akan tetap lemah, cuma bassnya saja yang nambah

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led