TV Cina Regulator Bunyi Berderik

Alhamdulilah. Setelah kemarin memperbaiki tv cina channel pindah sendiri. Kali ini tv cina regulator bunyi berderik. Asal bunyi ngerik bisa kemungkinan berasal dari trafo inverter regulator. Sebelum Anda memutuskan mengganti dengan Gacun atau mengganti trafo regulatornya, maka lebih baik lakukan pengecekan komponen terlebih dahulu. Apa penyebab suara ngerik yang muncul di bagian regulator ini? Simak lebih lanjut.

Kemarin giliran dapat kerjaan tv cina dengan problem regulator bunyi ngerik he..he.. Awal masalah adalah karena kebocoran tegangan tinggi pada bodi flyback yang menyambar area regulator. Menyebabkan regulator bermasalah dan bunyi ngerik. Dan jika diteruskan, maka regulator bisa rusak dan tegangan regulator tidak keluar.

Problem regulator bunyi ngerik banyak disebabkan karena ada beban berat pada output regulator. Bisa karena shortnya salah satu diode output regulator, salah satu elco regulator bermasalah. Flyback short, dll. Tapi kalau dilihat dari awal masalah, sebenarnya tv ini masih bisa nyala normal. Cuma hanya body flybacknya bocor, sehingga menyambar area regulator. Akibat sambaran tegangan tinggi dari body flyback tersebut, menyebabkan transistor dan komponen di area regulator rusak. Komponen yang rusak tersebut adalah.

V512 = C2655 setengah short.
V511 = A1015 short kaki B dan E nya
C520 = 561/2KV pecah
C516 = 471/2KV kelihatan pecah
N501 = 817C Optocoupler bocor

Berikut gambar posisi komponen di pcb tv.


Setelah melakukan penggantian semua komponen itu, hanya satu yang tidak saya ganti dengan komponen aslinya. Yaitu tr V512 = C2655. Karena tidak stok, maka coba saya ganti pakai tr C3807 yang biasa dipakai untuk regulator mesin tv cina. Secara fungsi mestinya sama. Tapi ternyata .... Regulator jadi bunyi ngerik he..he.. Padahal pada skema regulator V512 pakai tr C3807, tapi anehnya di pcb pakai tr C2655. Kenapa diganti dengan tr C3807 kok jadi ngerik ya he..he..? Berikut gambar skema regulator tv cina.


Pertama saya gak yakin kalau masalah suara ngerik adalah karena tr C3807 ini. Karena memang secara fungsi sama kedua transistor ini. Harusnya bisa dong dipakai, meskipun beda nomor seri. Anehnya meskipun muncul suara ngerik pada regulator, tapi tegangan tetap keluar normal. Tapi jadi masalah juga kalau regulator bunyi ngerik ini gak bisa hilang. Hampir 3 hari memecahkan suara ngerik tidak ketemu. Akhirnya terpaksa coba pakai tr aslinya C2655, meskipun rasanya gak mungkin, tapi tetap saja saya ganti pakai tr C2655 dan hasilnya regulator bisa normal kembali. Dan bunyi ngerik sudah hilang. Padahal sebelumnya, karena sudah mentok, mau saya coba pakai gacun, tapi gak jadi he..he..

Aneh juga, tr V512 ganti dengan tr aslinya C2655 problem suara ngerik regulator bisa hilang. Usahakan lakukan penggantian keramik tegangan tinggi C520 = 561/2KV dan C516 = 471/2KV. Meskipun kadang tidak terlihat kerusakan, tapi bodinya sudah retak atau pecah. Ini juga bisa menyebabkan regulator bunyi berderik. Dan usahakan juga mengganti komponen tr V512 dengan aslinya yaitu tr C2655. Jangan diganti pakai tr C3807, karena bisa menyebabkan muncul suara ngerik.

Jadi kesimpulan dari kerusakan regulator bunyi ngerik adalah karena pemakaian transistor yang tidak sesuai yaitu tr C2655 diganti pakai tr C3807. Dan kerusakan tambahan keramik tegangan tinggi 561/2kv dan 471/2kv yang bodinya pecah. Dengan mengganti ketiga komponen tersebut dengan komponen aslinya, regulator sudah tidak ngerik lagi. Jika dengan melakukan penggantian komponen diatas, regulator tetap bunyi ngerik, maka percobaan penggantian gacun bisa dilakukan. Tapi jika diganti pakai gacun, masih bunyi ngerik, maka kerusakan ada pada trafo regulatornya. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led