TV LG Ultra Slim 21SL2RD Mati Total

Alhamdulilah. Lagi dapat kerjaan tv lg ultra slim 21SL2RD mati total. Banyak sekali penyebab kerusakan yang menyebabkan tv menjadi mati total. Mulai dari kerusakan regulator, flyback, kapasitor, dan komponen lainnya yang bermasalah. Bahkan kerusakan ic program dan ic eprom pun bisa menyebabkan tv mati total. Jadi problem tv mati total itu bisa beda-beda penyebabnya. Kasus kali ini yang saya tangani adalah tv lg mati total. Memang dilihat kasat mata orang awam, maka tv ini kelihatan tidak bisa nyala. Ditombol power pun tv akan tetap mati, lampu indikator pun juga tidak menyala. Tapi kalau lebih diteliti lagi, sebenarnya tv ini masih bisa ON, tapi gak mampu untuk mengangkat beban.

Kenapa saya katakan masih bisa On? Padahal sudah tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali di tv ini. Lampu indikator pun mati. Karena pada saat saya ON kan, terdengar regulator bekerja. Ada bunyi cit..cit..cit..cit..terus di area regulator. Kalau regulator masih bunyi cit-cit, berarti regulator masih bisa On, tapi ada beban berat yang membuat regulator tidak bisa mengeluarkan tegangan. Berikut gambar depan tv.


Penyebab regulator tidak bisa mengeluarkan tegangan juga macam-macam. Bisa karena flyback rusak, tr horisontal short, diode damper short, diode regulator short, elco atau kapasitor milar ada yang kering. Baik di bagian regulator atau di bagian horisontal. Berikut gambar belakang tv.


Komponen pertama yang biasa saya cek adalah transistor horisontal. Karena tr horisontal ini sumber penyebab masalah regulator jadi konslet. Saya coba angkat komponen Q402 = C6090. Transistor C6090 adalah jenis transistor horisontal tanpa diode damper didalamnya. Berbeda dengan tr horisontal lainnya misal C2499 yang sudah include dengan diode damper. Setelah saya cek ternyata tr C6090 short kaki basis dan kolektornya. Jika Anda mendapati kerusakan tr horisontal seperti ini, jangan langsung dilakukan penggantian transistor horisontal baru. Kenapa gak boleh mas? Karena jika masih ada komponen lain yang masih bermasalah di area horisontal, misal diode damper dan kapasitor damper rusak. Maka bisa dipastikan jika Anda coba ganti baru tr horisontalnya, maka dalam hitungan detik tr horisontal akan jebol lagi. Banyak kasus seperti itu masalahnya, diganti berulang kali tr horisontal tetap jebol terus. Jadi mubadzir kan he..he.. Terus apa lagi yang harus dicek mas, sebelum dipasang tr horisontal baru? Menurut saya ada 3 komponen penting yang harus dicek, yaitu.

Diode damper -> normal, bocor, putus atau short.

Kapasitor damper 2kv -> normal atau kering, nilainya berkurang gak.

Elco supply Vcc tr driver horisontal.

Ketiga komponen tersebut diatas harus dicek kondisi kesehatannya he..he.. Agar penggantian pemain tidak tumbang lagi he..he.. Setelah pengecekan Q402 = C6090 short, giliran cek komponen kapasitor damper yaitu C414 = 183J/2kv. Kapasitor milar tegangan tinggi 183J/2kv secara fisik tidak nampak kerusakan. Tapi pada saat dicek menggunakan kapasitor tester, kapasitor milar tersebut nilainya berkurang jauh. Atau dalam istilahnya kapasitor kering. Kapasitor milar 183j/2kv itu sama saja dengan milar 18nf, terukur hanya sisa 2nf saja he..he.. Sudah ketemu dua tersangka, lanjut cek komponen lainnya yang masih di area horisontal, yaitu diode damper D406 dan D407. Hasilnya kedua diode damper tersebut masih normal tidak short ataupun bocor. Berikut gambar posisi komponen Q402, C414, D406, D407.


Dari petunjuk 4 pengecekan komponen diatas, maka bisa dipastikan rusaknya tr horisontal disebabkan kapasitor damper yang nilainya berubah atau menurun. Sehingga menyebabkan tr horisontal menjadi over panas dan kemudian short. Berikut pengecekan 4 komponen tersebut. Ditambah pengecekan elco supply vcc driver horisontal, hasilnya elco masih dalam kondisi normal

Q402 = C6090 short kaki basis kolektornya
C414 = 183J/2kv nilainya menurun jauh
D406 = diode damper normal
D407 = diode damper normal
Elco supply Vcc driver horisontal = 10uf/100v normal

Karena penyebab kerusakan sudah ditemukan, beserta komponen pendukung lainnya. Maka kita cukup mengganti dua komponen saja yaitu Q402 = C6090 dan C414 = 183J/2kv. Pengecekan flyback harusnya juga dilakukan, tapi karena ketahuan kapasitor damper kering. Maka penyebab shortnya tr horisontal kemungkinan besar bukan dari flyback, tapi kapasitor damper 183J/2kv yang nilainya berubah atau menurun. Setelah dilakukan penggantian dua komponen tersebut, alhamdulilah tv sudah bisa menyala normal kembali.

Sebagai langkah antisipasi, maka lakukan pengecekan suhu panas dari tr horisontal, normal gak, selama beberapa menit tv menyala? Usahakan mengganti tr horisontal sesuai dengan tr aslinya yaitu C6090. Usahakan cari tr horisontal yang asli, karena banyak tr horisontal C6090 palsu dengan harga murah. Yang kinerjanya jelek, over panas dan short lagi. Tr C6090 asli harganya agak mahal sekitar 15rb-an keatas, tapi dijamin kekuatannya, gak gampang panas. Usahakan jangan mengganti tr horisontal dengan seri lain selain C6090, misal diganti pakai D2499. Memang bisa, tapi biasanya over panas transistornya. Ini menjadi tidak aman dan tr cepat jebol. Jika setelah dilakukan pengamatan suhu panas tr horisontal, setelah dinyalakan beberapa menit, normalnya tr horisontal hanya hangat saja. Itu normal. Jika sangat panas, bisa jadi tr C6090 nya palsu he..he.. Jika diteruskan bisa dipastikan tr horisontal akan jebol lagi. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led