Wednesday, May 1, 2019

TV Toshiba 21CZ3E1 Tidak Bisa Start

Alhamdulilah. Tidak terasa kita sudah masuk bulan mei 2019, dan kurang lebih seminggu lagi juga kita akan masuk bulan Ramadhan. Next posting kali ini adalah cara memperbaiki kasus tv toshiba 21" tipe 21CZ3E1 tidak bisa start. Masuk jenis tv toshiba Bomba. Kebetulan tidak ada kerjaan, jadi tv langsung saya kerjakan di lokasi. Setelah sampai di lokasi, saya lihat tvnya sudah disiapkan di ruang depan, karena sebelumnya sudah janjian he..he.. Kemudian saya tanya perihal kerusakan tvnya seperti apa? Semakin banyak informasi yang kita dapat, maka semakin memperjelas kita untuk menemukan titik kerusakan.

Menurut informasi yang punya tv, problem tidak bisa start adalah tv tidak bisa di start atau dinyalakan lewat tombol power di remote, jika tv dalam kondisi dingin atau lama tidak digunakan. Atau bisa dikatakan lama start. Tapi jika tv dalam kondisi panas, maka tv mudah untuk start dan gak masalah. Pada saat datang, tv coba saya nyalakan tidak bisa, baik lewat tombol power di remote atau manual. Padahal saklar power sudah ON dan tegangan sudah masuk ke regulator, tapi tidak bisa start. Dan lampu indikator pun tidak menyala.

Penyebab tidak bisa start pada tv disebabkan ada gangguan pada str biasanya pada jalur pin no.4. Yaitu jalur Vcc str yang tegangan Vcc nya ngedrop. Normalnya tegangan Vcc di pin 4 ini adalah 14-16v. Jika tegangan kurang dari itu, berarti ada komponen elco filter yang kering, yang menyebabkan tegangan Vcc str jadi tidak bisa maksimal. Dan Str tidak bisa bekerja dan tidak bisa start.

Gejala kerusakan susah start pada tv sering dijumpai pada regulator yang menggunakan STR kaki 5. Kebetulan tv toshiba ini menggunakan regulator STR-G8656 kaki lima. Yang paling sering bermasalah adalah pada elco filternya yang berukuran 100uf/35v. Setelah saya cari dan ketemu elco posisinya di C821 dengan nilai 100uf/35v. Saya coba copot elco tersebut dan ukur pakai kapasitor tester, ternyata hasilnya nilai mikrofaradnya sudah turun menjadi cuma 54uf saja he..he.. Kemungkinan besar elco ini bermasalah.

Akhirnya saya coba untuk mengganti elco 100uf/35v dengan elco 100uf/50v. Setelah elco saya pasang, coba tekan saklar power ON dan alhamdulilah tv langsung bisa nyala, ditandai lampu indikator nyala merah, kemudian tv start. Gambar mulai muncul. Perlu dipahami bahwa tidak semua regulator str ada elco filternya. Jadi jika sudah melakukan penggantian elco filter dan hasilnya tv masih tidak bisa start, maka kerusakan bisa disebabkan dari str nya sendiri. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment