Sunday, May 12, 2019

TV Cina Regulator Tidak Keluar Tegangan

Alhamdulilah. Lanjut artikel berikutnya, masih seputar kerusakan tv cina yang sering saya jumpai di lapangan. Salah satu problem kerusakan tv cina adalah regulator tidak keluar tegangan. Semua tegangan output regulator akan hilang. Anehnya lagi regulator masih bisa ON, tapi tegangan tidak keluar sama sekali he..he.. Padahal pengecekan tr final regulator pun juga hasilnya masih normal. Tidak ada tanda short atau kebocoran pada kaki-kaki transistornya. Tapi kenapa tegangan tidak keluar sama sekali di out regulatornya? Padahal regulator terlihat sudah kerja.

Lanjutan dari kerusakan tv cina kemarin. Kali ini dapat kerjaan tv cina tegangan regulator tidak keluar atau hilang. Kerusakan yang gampang-gampang susah ini kadang membuat pusing. Karena kerusakan komponen hampir tidak bisa terdeteksi, walaupun pakai alat ukur sekalipun. Kerusakan baru bisa terdeteksi, jika sudah dilakukan percobaan penggantian komponen baru. Baru terlihat hasilnya. Padahal jika di test komponen terlihat normal. Hati-hati jika ketemu kerusakan komponen model kayak begini he..he..

Penyebab yang paling sering terjadi pada tv cina, jika regulator tidak keluar tegangan adalah rusaknya resistor start regulator, yaitu R520 dan R521. Biasanya ada resistor dengan nilai 120K yang dihubung seri pada regulator. Biasanya salah satu atau kedua resistor 120K tersebut rusak. Silahkan dicek dulu kedua resistor tersebut. Karena saya pernah mengalami kerusakan regulator tidak keluar tegangan, gara-gara salah satu Resistor 120K putus. Setelah resistor 120K diganti, tegangan regulator sudah keluar dan normal kembali. Tapi pada kasus kali ini lain, karena kedua resistor tersebut dicek normal. Berikut gambar skema regulator tv cina yang banyak digunakan.


Setelah kedua resistor 120K yaitu R520 dan R521 dicek normal, berarti regulator harusnya sudah bisa ON dong? Kenapa masih tidak keluar tegangan? Berarti masih ada kerusakan komponen lainnya. Karena pengecekan tr regulator utama masih normal, maka pengecekan transistor driver dan lainnya perlu dilakukan. Ditemukan beberapa kerusakan komponen diantaranya.

V511 = A1015 short kaki basis dan emitor
V512 = C2655 setengah short
N501 = Optocoupler 817C setengah short
C520 = 561/2KV terlihat pecah
C516 = 471/2KV terlihat pecah

Berikut gambar posisi komponen pada pcb tv.


Setelah melakukan penggantian semua  komponen diatas, maka tegangan sudah bisa keluar dengan normal. Sebelumnya saya coba mengganti hanya transistor V511 dan V512 saja, tapi tegangan regulator masih belum keluar. Akhirnya percobaan penggantian komponen optocoupler 817C, yang pada saat itu saya cek masih normal. Ternyata ada kebocoran di optocoupler tersebut. Sehingga kinerja sensor tegangan regulator tidak bekerja, yang menyebabkan tegangan tidak keluar. Setelah dilakukan penggantian komponen optocoupler 817C yang baru, baru tegangan regulator bisa keluar normal kembali. Jangan lupa lakukan penggantian komponen kapasitor keramik tegangan tinggi yaitu C520 561/2KV dan C516 471/2KV, karena kadang sering rusak dan pecah. Yang dapat menyebabkan masalah pada regulator. Semoga bermanfaat.

10 comments:

  1. mas bahar numpang nanya ya!... tentang resistor yang gosong di tivi 29 Inch Wcom yang di depan ic vertikal,kira kira nilay R nya brapa mas, klw di pcb nya tertulis R 563. trimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas, saya cari di skemanya gak ketemu R563. Saya juga heran, kenapa tidak ada ya di skema? Apa saya yang kelewatan lihat he..he..

      Delete
  2. Mas tv tabung polytron saya tiba-tiba mati, saya coba nyalain lg ga bisa, lampu indikator nya jg mati... Kira-kira apanya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya harus dulihat dalamnya mas. Mungkin ada komponen yang rusak. Yang sering rusak biasanya ic vertikal.

      Tapi jika Anda belum paham masalah tv, mending jangan dibuka dan servis sendiri. Karena sangat berbahaya tegangan tinggi mas. Bisa fatal akibatnya, jika belum paham benar masalah tv. Saya bukan menakuti, tapi memang benar bahaya, jika belum pengalaman. Mending bawa ke tukang servis yang pengalaman.

      Delete
    2. Ic vertikal yg di regulator ya mas?

      Delete
    3. Bukan mas. Ic vertikal berdiri sendiri, bukan bagian regulator.

      Delete
  3. Ia sih tegangannya tinggi, makanya blm saya buka. Sebelum mati gambar membesar dulu lalu mati mas

    ReplyDelete
  4. salam knal mas..oya minta pencerahanx tv wcom slim regulator udah di pakekan gacun awalx tgan b+ normal ketika star tgangan b+ drop cuman 50 vol kira kira apax ya mas,tolong nantuanx trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek elco 160v nya mas. Kemudian cek tr horisontal. Jika normal semua, ketika belum start, coba kasih beban pada tegangan b+ pakai lampu pijar 100w. Cek tegangannya normal gak? Jika tegangan jadi drop, ketika dibeban lampu pijar, maka kerusakan ada rangkaian regulator. Mungkin gacunnya rusak. Jika ternyata tegangan b+ normal, setelah dibeban lampu pijar, maka kerusakan di rangkaian horisontal. Bisa jadi tr horisontal atau flyback short.

      Delete