Wednesday, May 1, 2019

TV Toshiba 21CZ3E1 Ada Garis Horisontal Bagian Atas Layar

Lanjutan dari artikel kemarin, yaitu tv toshiba tidak bisa start. Problem kali ini adalah tv toshiba ada garis-garis horisontal pada bagian atas layar. Secara garis besar gak kelihatan, tapi dalam posisi blue back garis-garisnya kelihatan pada bagian atas gambar. Sebenarnya sih jika dibiarkan juga gak masalah. Tapi terasa gak nyaman saja jika melihat gambar tv kok ada garis-garisnya he..he.. Tv ini masuk merek toshiba Bomba ya. Bagaimana solusinya? Simak lebih lanjut.

Problem garis-garis horisontal bagian atas pernah saya temui dan kerjakan dulu masih ngekost disurabaya. Karena kurang pengalaman, akhirnya tv gagal saya perbaiki. Karena belum bisa menemukan titik kerusakannya. Berselang berjalannya waktu, akhirnya ketemu lagi problem yang sama. Tapi kali ini sudah banyak pengalaman yang saya dapat dalam hal perbaikan tv. Akhirnya tv pun bisa diketahui dimana letak titik kerusakannya.

Bila menyangkut problem garis horisontal, baik gambar cuma garis, gambar menyempit atas bawah atau gambar menyempit bagian atas saja dan bawah saja. Letak masalahnya ada di ic vertikalnya. Ic vertikal inilah yang bertugas membuka gambar secara vertikal. Jika ada masalah di ic ini, maka gambar akan menyempit dan ada gangguan gambar lainnya seperti garis-garis pada bagian atas.

Meskipun kerusakan bukan disebabkan dari ic vertikalnya sendiri, tapi bisa juga disebabkan dari komponen pendukung lainnya disekitar ic vertikal. Komponen pendukung yang sering bermasalah adalah elco, diode, resistor. Maka kali ini saya fokuskan pencarian di komponen sekitar ic vertikal. Pengecekan dimulai dari elco sekitar ic vertikal. Ternyata didapatkan elco C308 dengan nilai 100uf/35v kering. Setelah saya copot dan ukur pakai kapasitor tester, hasilnya nilai elco 100uf hanya tinggal 50uf saja he..he.. Ini adalah tanda elco kering dan harus diganti. Karena nilainya sudah menurun jauh dari nilai mikrofarad yang tertulis pada bodi elco. Normalnya jika elco 100uf diukur pakai alat kapasitor tester, hasilnya tidak beda jauh dengan aslinya. Sekitar 97-99uf, itu sudah normal.

Setelah elco saya ganti baru, elco 100uf/35v saya ganti pakai elco 100uf/50v. Hasilnya setelah tv nyala, gambar sudah clear dan bersih. Tidak ada garis-garis horisontalnya lagi. Untuk melihat lebih jelas, gunakan mode blue back agar garis-garis horisontalnya jelas terlihat. Perlu dipahami gejala kerusakan tv Anda mungkin juga sama, tapi penyebabnya bisa berbeda. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment