TV Sukira 21" Gambar Menyempit Bagian Bawah

TV cina merek sukira gambar menyempit bagian bawah. Disebabkan komponen bagian vertikal ada yang rusak terutama ic vertikal yang sering rusak. Bisa juga disebabkan karena elco atau kapasitor kering di bagian vertikal kadang tidak bisa dideteksi dengan avometer.

Lakukan uji coba penggantian kapasitor/elco yang menurut anda mencurigakan di bagian vertikal. Cek semua kapasitor di rangkaian vertikal ok. Hati-hati dalam pengecekan kapasitor kadang hasilnya menipu. Jadi harus lebih anda teliti. Karena kerusakan elco  atau kapasitor kering kadang tidak bisa dideteksi menggunakan avometer. Cek komponen jalur pin out ic vertikal LA7840. Jadi semua komponen yang melalui jalur kaki ic vertikal ini dicek. Berikut data pin outnya :


Pin 1 : GND
Pin 2 : Vertikal output
Pin 3 : Output stage Vcc
Pin 4 : Non inv input
Pin 5 : Inverting input
Pin 6 : VCC
Pin 7 : Pump up out

Cek jalur inverting input di kaki nomer 5 ic vertikal ok (out dari ic chroma LA76818). Saya cek lagi kapasitor di bagian inverting input vertikal, ada kapasitor 2,2uf/50v yang tadinya saya cek dengan avo meter sepertinya masih hidup dan memang ada sentakan jarum avo, menunjukkan kapasitor masih bisa dipakai. Coba lepas kapasitor ini, nyalakan tv, gambar tidak ada perubahan. Kemudian saya pasang kembali elco 2,2uf/50v. Tv saya coba nyalakan lagi juga tidak ada perubahan. 

Timbul pertanyaan. Kenapa dipasang elco dengan tidak dipasang elco hasilnya sama? Kecurigaan muncul disini. Apakah elconya kering? Coba saya ganti kapasitor 2,2uf/50v dengan 4,7uf/50v, nyalakan tv, gambar langsung normal, penuh atas bawah, dan sudah tidak zoom lagi. Ternyata kerusakan disebabkan elco 2,2uf/50v kering di jalur inverting input ic vertikal. Karena tidak membawa cadangan elco 2,2uf/50v. Akhirnya saya ganti pakai elco 4,7uf/50v. Setelah diganti dengan elco 4,7uf/50v gambar normal kembali.

Solusinya adalah kita terapkan prinsip coba dulu, karena kerusakan kadang disebabkan oleh kerusakan komponen yang sepele contohnya elco kering, harus lebih anda teliti karena kerusakan elko/kapasitor bisa menipu, dicek menggunakan avo meter  seperti normal, padahal rusak. Langsung coba ganti saja elco yang menurut anda mencurigakan. 

Comments

  1. jika PCBnya di tekan-tekan kadang normal kembali itu yg bermasalah mananya ya? mohon bantuanya??

    ReplyDelete
  2. Untuk dhais santoso. Jika problem kerusakan seperti itu bisa disebabkan solderan kendor daerah vertikal atau ada jalur pcb yang korosif/putus. Coba anda cek lagi solderan dan jalur pcbnya lebih teliti.

    ReplyDelete
  3. Klu ttp tdk ketemu biasa nya solder ulang aisi program.. Kemaren saya ada mslh sama spt itu... Dicoba saja asal jgn sampai ada yg solderan yg melebar ke antar kaki..

    ReplyDelete
  4. kalau tv nya mati akibat layar mengecil ginama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya berarti ic vertikal sudah short atau konslet. Harus diganti baru ic vertikalnya dan beberapa kapasitor elco bagian power supply.

      Delete
  5. Tolong solusinya mas, mslh gambar vertikal melar bagian atas, semua tegangan normal, cek komponen area vertikal semua normal, maen ganti aja juga gkda hasil, pake sermod bisa linier dan sinkron tp posisi gambar jadi turun ke bawah (layar atas jadi gelap sktr 1cm) kalo nilai posisi d adjust muncul garis putih di bagian atas, ic la780xx. Terimakasih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara diatas sudah benar, main sermod dan gambar bisa bagus, cuma gambar jadi turun ke bawah. Biasa diakali main ganti komponen Resistor di area vertikal agar gambar bisa naik ke atas. Saya lupa posisinya, dan sudah pernah saya bahas juga di blog ini, untuk cara turun dan naikkan gambar vertikal dengan perubahan komponen di area vertikal

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led