Skema Lampu Peak Mixer per Channel

Berikut adalah skema lampu peak mixer per channel. Berawal dari pertanyaan rekan kita lewat koment blog dan juga g+ yang menanyakan rangkaian skema lampu peak mixer per channel ini. Untuk pembahasan tentang hal ini, akan saya bagi menjadi dua posting yaitu pertama tentang skema rangkaiannya dan yang kedua tentang koneksi pada rangkaian mixernya. Sebenarnya sih bisa dijadikan dalam satu posting, tapi saya berpikir lebih baik dipisah saja, supaya lebih jelas. Bagaimana bentuk skema rangkaian lampu peak mixer ini? Simak lebih lanjut.

Lampu peak adalah lampu indikator untuk mendeteksi over tidaknya sumber suara yang masuk pada rangkaian audio. Lampu peak indikator biasanya dipasang pada power amplifier dan juga dipasang pada mixer. Tujuannya agar diketahui posisi maksimal suara yang dihasilkan. Sehingga hasil output suara akan sempurna dan tidak ada cacat. Keberadaan lampu peak indikator ini sangat penting, karena fungsinya tersebut. Tapi pada power amplifier dan mixer rakitan jarang disertai atau dilengkapi dengan lampu peak indikator. Sehingga kadang hasil suara yang dihasilkan sudah cacat, tapi tidak terdeteksi. Dikira power atau mixernya yang gak enak, padahal penyetelan suaranya sendiri yang sudah over. Nah disinilah fungsi lampu peak indikator diperlukan, untuk mendeteksi over tidaknya suara yang dihasilkan. Sehingga jika lampu peak indikator ini sudah menyala, berarti kondisi atau posisi suara sudah diambang batas maksimal dan sudah mulai muncul cacat suara misal suara serak dan pecah. Maka yang harus kita lakukan jika lampu peak indikator ini sudah menyala adalah dengan menurunkan penguatan suara atau gain, sampai lampu peak indikator ini padam. Sehingga suara akan tetap terjaga di level normal dan bebas cacat.

Pada power amplifier atau mixer rakitan jarang terpasang indikator ini, karena fungsinya yang kadang jarang juga digunakan. Untuk melengkapi dan menambah fitur lampu peak indikator mixer ini, diperlukan sebuah rangkaian penguat untuk menyalakan lampu led indikatornya, sebelum dipasang pada rangkaian mixer. Rangkaian ini sangat sederhana sekali, karena tidak membutuhkan banyak komponen. Hanya menggunakan komponen utama yaitu dua buah transistor dan komponen pendukung lainnya. Sehingga dapat memudahkan Anda dalam membuatnya. Berikut skema rangkaian lampu peak indikator mixer per channel.


Daftar komponen :
R= 47K
R= 220K
R= 5K6
R= 2K2
R= 100 ohm
Milar= 47n
Elco= 1uf/50v
Diode= IN4148
TR= C828 x2
Led= lampu led merah

Anda bisa lihat skema rangkaian diatas, yaitu menggunakan sistem penguatan menggunakan transistor C828. Untuk transistor Anda dapat menggantinya dengan tipe yang lain, misal tr C945, C1815, C458, C536, dll. Semua resistor boleh menggunakan Resistor yang 1/4 watt atau 1/2 watt. Tegangan supply rangkaian adalah tegangan tunggal, boleh menggunakan tegangan mulai 12v sampai 15V. Semua komponen diatas banyak dipasaran dan Anda pun dapat dengan mudah merakitnya. Di posting ini tidak saya sertakan gambar layout pcbnya, karena Anda bisa membuatnya sendiri pakai PCB lubang-lubang atau kalau mau lebih bagus, Anda bisa memakai layout pcb. Untuk cara penyambungannya atau koneksi pada mixer, akan saya bahas di next posting berikutnya. Update untuk diagram koneksi pada mixer bisa Anda baca disini. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Mas itu in yg masuk ke R 47 k itu di ambilkn dr mna..apa dr output ampli mas.. trus itu pake setrum DC 15v mas ya.. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena itu adalah rangkaian lampu peak mixer, maka input silahkan konek ke output masing-masing channel mixer. Karena fungsi aslinya untuk mendeteksi peak mixer per channel, bukan input power.

      Ya betul pakai tegangan DC tunggal 15V. Jika digabungkan dengan tegangan simetris, maka cukup konek +15v ke +15v mixer dan ground. Jangan konek ke negatif supply, tapi ke ground.

      Jadi supply yang dibutuhkan cuma +15v dan ground saja, bukan -15v mixer. Awas salah pasang.

      Delete
  2. Trus saya yg bingung ini mas.. saya mw membangun sound system untuk acra karnaval.. karna sy msh awam.. itu cara menentukan gensetnya harus berapa KVA itu gmn mas..apa d hitung dr output PA atw gmn mas biar ideal gtu nantinya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hitung total Amper trafo powernya. Misal Anda pakai 3 power dengan masing-masing power pakai trafo 15A, maka total Amper trafo adalah 15A x3=45A.

      Untuk mengetahui berapa VA gensetnya, maka Amper trafo dikalikan 220v. Maka hasilnya adalah 45A x220v= 9900VA.

      Jadi genset yang dibutuhkan untuk sound system tersebut adalah 10000VA atau genset 10000watt.

      Delete
  3. Met malam mas bahar salam ketemu lagi..saya mau bertanya...? Saya punya power paten crest audio, kalo di hidupkan trus nyambung ke speaker tapi di speaker ada bunyi gron/nois dan mempengaruhi speaker yang lain yg di dorong oleh power lain..setelah saya matikan power crest audio saya, speaker yg lain yang di dorong dgn power lain tidak ada nois/gron. di power crest audio ada lampu indikato 4 kiri 4 kanan 1. lampu power on 2. lampu signal 3 lampu temperatur dan 4. lampu peak. jadi begini mas permasalahannya, begitu saya on power tersebut lampu temperatur langsung menyala tapi hanya sebelah kanan yg kiri tidak padahal power masih dingin, kemudian karna saya lihat kurang bagus di pandang lampu kira tdk menyala sedangkan kanan menyala saya coba copot lampu temperatur yg menyalah tadi kolo power hidup2 trus saya copot lampu menyala tadi power langsung mati, tetapi bila posisi power of kemudian saya copot lampu temperaturnya sebelum power sy hidupkan reley power tdk jadi sehingga power juga tdk bisa on. Mohon bantuan mas bahar, biar power saya bisa saya pake tanpa ada bunyi gron/nois dan pada saat on relay power bole bekerja dan juga bagus seperti biasa. power crest audio saya masih asli amerika original terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ya ini tantangan juga buat saya. Cuma sayangnya saya kurang begitu mengenal power crest ini. Jadi kurang begitu paham seluk beluk power ini. Jadi mohon maaf belum bisa membantu.

      Delete
  4. Mas bisa buatkan skema rangkaian pembagi frequensi dgn ic lm324 atau 4558 ?? Untuk output range frequensinya bebas mulai dari sktar 20hz-3khz
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari di google skema equalizer ic opamp LM324 atau 4558. Kalau saya belum punya mas.

      Delete
  5. Trimakasih kang bahar untuk lampu peak pada mixser karena sudah lama ingin pasang lampu peak mixser saya

    ReplyDelete
  6. Lampu peak nyala terus mas, meski pot volume blm di puter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lepas input lampu peak, jika masih nyala terus, berarti ada masalah di rangkaiannya mas. Coba cek lagi skemanya.

      Delete
    2. Ok mas,itu kaki tr yg kiri,cap + sama R 220k jd satu ya mas,?? makasih sebelumnya

      Delete
    3. Ya betul mas. Kan sudah ada tanda titiknya, menandakan koneksi dijadikan satu atau konek semua pada titik itu.

      Delete
  7. Makasi mas maaf banyak nanya,maklum aja aq tukang servis kulkas,suka otak atik power punya sendiri klo gak ada kerjaan 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantab mas. Siipp. Buat hiburan dikala senggang he..he..

      Delete
    2. Tanda panah di kaki tr itu B atau C mas?? 😆

      Delete
    3. Udah bisa mas,gara2 kaki tr salah kamar malah led nyala trs 😁😁

      Delete
    4. Oh ya lupa belum saya kasih tanda kaki BCE nya. Tanda panah itu kaki Emitor mas.

      Kaki sebelahnya yang tidak ada tanda panahnya itu Colektor.

      Kaki yang tengah pada gambar adalah Basis.

      Siipp. Manteb👍.

      Delete
  8. fungsi indikator /lampu PEAK pada mixer itu apa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fungsinya untuk mengetahui batas maksimal normal suara tanpa cacat yang dihasilkan. Jika lampu peak sudah menyala, maka tanda suara sudah over dan biasanya suara sudah cacat.

      Maka setelan normal, posisikan lampu peak tidak boleh sampai menyala. Jika menyala, maka harus diturunkan tingkat volumenya atau menurunkan setelan Low, middle atau highnya. Sampai lampu peak tidak menyala lagi.

      Delete
    2. apa dampaknya jika diteruskan mas? dan gimana kalo lampu tersebut hanya sesekali saja nyalanya? apakah masih bisa di teruskan

      Delete
    3. Tidak ada dampak apapun mas. Cuma sebagai indikator saja, bahwa suara sudah dalam batas maksimal, dan dapat menimbulkan cacat suara, misal suara over atau pecah.

      Kalau sesekali nyala, gak masalah. Asal hasil suara masih bisa didengarkan dengan enak dan tidak pecah. Cuma kalau secara teori prakteknya, harusnya lampu peak tidak boleh nyala sama sekali. Jika yang jadi kendala suara kurang keras akibat peak tidak nyala, maka suara bisa diangkat lewat aksesoris lain atau dengan cara mengangkat volume power.

      Bisa diteruskan, asal suara masih bisa didengar normal dan tidak pecah.

      Delete
    4. oke masih bagus hanya kick/jep sesekali over, terimakasih ilmunya mas salam kenal

      Delete
  9. Supaya rangkaian tersebut lebih peka gimana mas? Soalnya led mau nyala saat pot gain pada pisisi sekitar jm 2 an mas .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti nilai R 47K pada jalur input dengan yang lebih kecil. Coba ganti pakai R 22K atau 10K.

      Tapi sebenarnya fungsi lampu peak memang seperti itu, lampu akan menyala disaat suara mendekati over. Dan disaat suara normal memang lampu peak tidak menyala mas.

      Kalau lampu menyala pada saat suara normal, itu namanya lampu signal, bukan lampu peak.

      Jadi fungsi lampu peak diatas seharusnya sudah benar dan normal, jika lampu akan menyala diaat suara mendekati over.

      Delete
    2. Pemasangan yg lebih baik gimana mas?
      1- input led peak ambil output fader.
      2- input led peak ambil ouput pre-amp setelah fader.
      Terima kasih sebelumnya mas..🙏

      Delete
    3. No.2. Ambil out preamp setelah fader. Intinya lampu peak adalah ditaruh di proses terakhir per channel mixer. Sebelum masuk pot volume channel mixer.

      Delete
  10. salam kenal. Bosku lampu peak mixer aq knpa kok menyala trus pdhl gain vol blum d buka..aPanya ya Yg eror .mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada kesalahan pemasangan komponen mas. Coba cek lagi komponen dan jalur skemanya. Cek lagi kaki B C E transistornya dan jalur skemanya.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led