TV Cina Votre Mati Tidak Bisa Start

Alhamdulilah, puasa sudah berjalan hampir 2 minggu. Mudah-mudahan tetap semangat dalam menjalaninya. Next posting kali lagi dapat kerjaan tv cina merek Votre dengan problem mati, dan tidak bisa start. Ya kalau tv mati memang gak bisa start mas he..he.. Maksudnya tegangan di tv ada, cuma gak bisa start. Kebanyakan kerusakan tv cina disebabkan karena kerusakan komponen. Kenapa kok tv cina atau mesin tv cina sering rusak? Ya wajar, harga murah, kualitas komponen jangan ditanya, pasti kualitasnya kurang bagus dan gampang sekali rusak. Inilah salah satu faktor kelemahan dari tv cina, kualitas komponen jelek. Komponen apa saja yang sering rusak di tv cina? Simak lebih lanjut.

Jaman sekarang, gak kayak dulu, dalam hal servis tv. Kalau dulu tv rusak, diperbaiki dengan cara mencari kerusakan sampai ketemu. Sampai mentok he..he.. karena jaman dulu belum ada mesin tv baru. Jaman sekarang sudah banyak mesin tv cina baru dengan harga murah yang dijual dipasaran. Kadang membuat tukang servis sering mengambil jalan pintas, dengan cara mengganti mesin ori diganti mesin tv cina. Alasannya biasanya rusak berat, komponen tidak ada, dll. Sebenarnya sah-sah saja mengganti tv dengan mesin cina. Karena menjadi salah satu jalan keluar, jika sudah mentok gak bisa perbaiki tv. Tapi dari segi kemudahan tersebut, terdapat kelemahan di mesin cina, yaitu kualitas komponen yang kurang bagus. Dampaknya tv akan gampang sekali rusak.

Kembali ke kasus tv cina mati tidak bisa start. Pengecekan dimulai dari tegangan b+. Sebelum saya cek tegangan b+, saya pegang elco atau kapasitor b+ yaitu C561, elco 47uf/160v yang kondisinya goyang. Dan ternyata salah satu kakinya copot dari badan elconya he..he.. Akhirnya elco pun saya ganti. Kemudian baru saya cek tegangan b+ nya, terukur 115v normal. Tapi pada saat tombol power atau channel ditekan, tv tetap gak mau start atau nyala. Padahal tegangan b+ normal.

Cek lagi tegangan elco supply ic program yaitu C564 elco 470uf/16v, disini terukur hanya 8 volt saja. Padahal normalnya harusnya diatas 12v. Kemudian saya cek elco C564 ini, ternyata kondisinya kering, nilainya habis he..he..  akhirnya saya coba ganti elco C564 dengan yang baru. Kemudian saya cek lagi tegangan elco ini, alhamdulilah sudah bisa naik jadi 12v keatas. Dan tv pun langsung bisa nyala. Berikut gambar posisi elco C561 dan C564 di pcb tv.



Jadi penyebab kerusakan tv cina mati gak bisa start, karena elco C561 dan C564 dalam kondisi rusak. Setelah dilakukan penggantian elco baru, tv langsung bisa nyala kembali. Selain mengganti kedua elco diatas. Lakukan penyolderan ulang bagian-bagian solderan yang terlihat rapuh atau goyang. Bisa ditambahkan solderannya. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. malam mas bahar! mau nanya? kalau tv sharp 21 inh slim, warnanya dominan ke merah merahan, padahal 3 transistor dan 3 resistor di bagian crt sudah ku ganti tp tetap sama aja, kira2 di bagian manalagi yg harus di cek nh mas?... suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam juga mas. Untuk kasus tabung tv sharp dominan warna merah, ini banyak penyebab. Salah satunya sudah anda lakukan dengan mengganti 3 transistor dan resistor RGB, tapi tetap tidak membuahkan hasil.

      Analisa saya sementara adalah salah satu katoda tabung lemah. Atau istilahnya tabung lemah. Jadi warna gak keluar sempurna. Ini bisa dibuktikan dengan alat cek tabung crt. Untuk melihat kondisi resistansi 3 katoda tabung crt. Lemah atau tidak? Ada short gak dengan G1 atau G2?

      Sebelum melangkah kesana, untuk cek tabung crt. Anda langkah yang bisa Anda coba, siapa tahu bisa berhasil he..he..

      TAPI INGAT, CARA INI SANGAT BERBAHAYA, JIKA TIDAK DILAKUKAN DENGAN HATI-HATI. RESIKO TERKENA TEGANGAN TINGGI.

      1. Pertama cari pelindung tangan, entah kertas, atau kain, terserah. Asal tangan gak bersentuhan langsung dengan pcb RGB.

      2. Matikan tv lewat saklar on-off. Bukan standby ya he..he.. Jadi posisikan tv bisa langsung nyala, pada saat saklar ON. Setelah tv mati, copot pcb RGB yang ke tabung crt. Letakkan pcb dengan aman, agar tidak konslet dengan lainnya.

      3. Setelah pcb RGB lepas. Nyalakan tv lewat saklar on. Biarkan tv menyala sebentar sekitar 10 detik. (Awas ini bahaya, pakai pelindung tangan) ambil pcb RGB, lalu langsung tancapkan ke tabung crt. Awas jangan sampai salah tancap socketnya. Nanti gambar akan keluar perlahan-lahan. Jika berhasil, gambar akan kembali normal. Jika tidak, maka gambar akan tetap merah.

      Maka solusi terakhir adalah di suntik tabungnya. Istilahnya crt restorer. Tapi sebelum itu, kalau mau bisa dilakukan penyetelan warna RGB lewat service mode.

      Delete
  2. servis mode sudah tp tetap sama, solder ulang pun sudah, lanhkah selanjutnya tinggal seperti yang mas bahar sarankan semoga berhasil heheh, oke mas terimakasih atas saran dan masukanya semoga rezeki sampean lancar jaya dan sehat selalu heheh.

    ReplyDelete
  3. sore mas bahar.mau tanya mas masalah tv votre,habis saya ganti C5296 trs saya nyalakan tvnya,tv nyala trs elco 35v470uf,CD110 yg didekat ic vertikal mletus mas,kenapa ya mas
    mohon dibantu mas makasih mas bahar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti dengan elco 470uf/50v mas. Pastikan elco tidak terbalik positif-negatifnya.

      Delete
  4. Ngapunten, mau tanya mas Bahar, Tv sharp. Tegangan input/stlah elko besar yg ke trafo regulatot normal, tpi outputnya trafo smuanya 0 volt. Apakah itu trafo regulatornya yg rusak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk regulator tv termasuk psu smps. Cara cek tegangan output trafo regulator jangan di pin out trafonya, tapi di elco supplynya.

      Jadi pin out trafo regulator melalui diode, kemudian ke elco. Nah di elco supply ini yang di cek tegangannya.

      Kalau di out trafo regulator memang gak bisa. Bukan rusak.

      Delete
  5. Stlah melalui dioda yg ke elko 160volt kah? Klo di situ Tetap gak ada e mas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti masalah di area primer regulatornya mas. Ic regulatornya pakai apa? Coba saja dulu ganti ic regulatornya mas.

      Ganti juga elco-elco di area primer regulator.

      Delete
  6. Ic regulator pakek STR 6754 mas, benar itu kah ic regulatornya, kmarin dah ganti baru mas. Gejala awalnya TV nya MATOT, 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul mas. Kalau ada elco disekitar ic str 6754 coba ganti.

      Jika gak ada elco, ya str 6754 itu coba ganti lagi.

      Jika masih problem saja. Coba ganti pakai Gacun.

      Delete
  7. Vcc ic regulatornya tegangannya goyang goyang e mas

    ReplyDelete
  8. Biang keroknya resistor 100ohm dekat STR, pdhl fisike apik, njerone nggapleki, 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..siip mas. Penampilan fisik kadang menipu he..he.. terlihat bagus diluar, tapi dalamnya rusak he..he..

      Disitulah tantangan terberat teknisi.

      Delete
  9. Mlm , problem tv slim cina tdk ad kluaran dari travo swetching , kira2 apnya ya mas , trima kash mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya berarti regulator belum bekerja. Cek sekering dan cek transistor regulatornya. Cek juga semua output tegangan pada regulator, mungkin ada salah satu yang short.

      Atau mungkin bisa juga dari tr horisontal yang jebol atau konslet. Silahkan dicek dulu.

      Delete
  10. Malem mas, kalau pakai gacun masih membutuhkan resistor 120k apa tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resistor 120K gak perlu dipakai, gak masalah. Dibiarkan juga gak masalah. Karena regulator bagian primer sudah tergantikan oleh Gacun. Jadi dipakai boleh, gak dipakai juga boleh.

      Delete
  11. ngpunten mas mau tanya , kalo tv polytron 21 inch ,keluar percikan api di bagian CRT di dalam kaca nya ,yg di PCB RGB itu kerusakan di mana kah ,mohon solusi mas

    ReplyDelete
  12. tp kalo salah satu,diantara socket yoke/ pcb RGB nya di lepas tidak keluar lg mas percikan api ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan masalah di tabung crtnya mas. Mungkin tabung crt habis kena benturan atau ada salah satu atau beberapa katoda RGB, maupun G1 dan G2 yang setengah short, sehingga menimbulkan percikan api dalam kaca tabung crt. Untuk mengetahui apakah tabung crt benar-benar rusak atau tidak, bisa dengan cara mencoba menggunakan mesin tv lain yang masih normal. Atau menggunakan alat CRT restorer. Fungsinya untuk mengecek fungsi semua katoda RGB apakah short atau tidak. Jika memang short, bisa dicoba dengan di tembak dengan alat tersebut.

      Delete
  13. malam Mas bahar saya baru ganti mesin tv cina cuman baru seminggu sudah mati .dilihat sekilas komponen tidak ada yg rusak.cuman kalo dinyalakan ada suara bergetar .tanpa pikir panjang saya ganti ic vertikal utc 78040 tetep tidak mau nyala mas .Mohon bantuannya Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan tr horisontal atau flyback short mas.

      Delete
  14. Mlm mas bahar saya tv vorte 17" awal,y matot saya ganti komponen yg kira" korosi eh d colok pln dioda pnyerah kebakar ...trus saya saya ganti baru sama elco yg brsar ...terus nyala lampu indikator ...tegangan B+100 lmpu d tabung juga nyala tpi tidak mau star ,kira" yg short mna ya mas ....makasaih ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti semua elco regulator. Dan solder ulang. Mungkin masih ada komponen yang kendor atau elco kering.

      Delete
  15. mau tanya tv fujitec 21' induktor kecil gosong,ukuran berapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau posisi atau fungsinya tidak terlalu penting, bisa diganti dengan R 1 ohm. Untuk ukuran aslinya belum tahu

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led