TV Toshiba Bomba 21CZ3E1 Suara Pelan

Alhamdulilah. Lanjutan artikel pada waktu yang lalu, tentang tv toshiba gak bisa start dan muncul garis horisontal bagian atas. Kali ini problem utama dari tv toshiba bomba ini adalah suara terdengar pelan. Meskipun Volume sudah dinaikkan sampai diatas 50%, tapi suara masih terdengar sangat pelan. Padahal normalnya volume diatas 15% saja harusnya sudah terdengar keras. Bahkan coba buka volume sampai 100, juga masih pelan he..he.. Apa penyebab suara menjadi pelan ini? Simak lebih lanjut.

Problem suara pada tv ini mengingatkan kasus tv LG Flatron dan tv lainnya yang menggunakan ic processor audio LV1116N. Problem pada ic tersebut dapat menyebabkan gangguan suara pada tv tersebut. Tapi tidak semua merek tv menggunakan ic LV1116N ini, tapi sudah di kontrol langsung dari ic utama dari masing-masing tv. Jadi problem bisa dari ic utama micom atau ic power audionya. Bisa juga dari koneksi atau ada komponen di jalur out audio ic utama yang menuju input power audio bermasalah. Karena ada tv yang dilengkapi sistem Mute pada rangkaian power audionya.

Sempat bingung juga, karena sudah diubek-ubek semua komponen bagian audio ini, tidak ditemukan kerusakan. Akhirnya coba cari-cari informasi di google, ada yang menyarankan untuk mencabut tr Mutenya. Kebetulan problemnya sama pada toshiba, tapi beda tipe dan no. Serinya. Contoh yang ada adalah tv toshiba tipe 20N3XM, yang transistornya pakai tr biasa, bukan jenis SMD. Posisinya disini.


Transistor Mute ada di posisi komponen Q611. Tapi di seri tv toshiba Bomba 21CZ3E1 menggunakan transistor jenis SMD atau Tr tempel. Posisi komponennya juga berbeda. Akhirnya coba saya cari komponen tr Mute Q611 ini ada gak di tv toshiba seri 21CZ3E1? Posisinya ada disini, dibawah pcb. Pakai transistor jenis smd.


Alhamdulilah akhirnya ketemu juga posisi Q611 ini, tapi saya sedikit kurang yakin, apakah benar ini adalah Tr Mute yang dimaksud. Karena jenis transistornya SMD, maka gak begitu kelihatan no. Seri dari tr tersebut. Karena terlalu kecil komponennya. Dengan resiko komponen rusak, terpaksa saya coba congkel pakai solderan tr SMD Q611 ini. Setelah tr SMD Q611 terlepas, coba nyalakan tv. Alhamdulilah suara sudah bisa normal dan keras kembali. Saya sendiri belum tahu apa hubungan suara dengan Tr Q611 ini? Tapi yang terpenting suara bisa normal kembali, maka gak masalah tr Q611 dilepas.

Percobaan pencopotan tr Mute Q611 bisa dilakukan, bila menemukan problem kerusakan suara pelan yang sama. Tapi tidak menutup kemungkinan juga suara akan tetap pelan. Tergantung jenis kerusakan tv Anda bisa saja berbeda. Dan disebabkan oleh kerusakan komponen lainnya. Pencopotan tr Q611 akan mematikan fungsi Mute pada tv Anda. Tapi menurut saya gak masalah. Karena fitur Mute juga jarang digunakan. Yang penting suara bisa keluar normal kembali. Untuk gambar posisi tr Q611 akan saya update lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Dear Mas Bahar.
    Salam kenal.
    Sungguh menarik baca2 artikel Njenengan.
    Permisi tanya;
    Sorry agak melenceng dari tema.
    Saya punya TV LED, suaranya agak cempreng (sorry, istilah bahasa di kampung saya), minim sekali bass-nya.
    Rencana mau saya perkuat di speaker aktif yang saya punya (Power Stereo 60W, TIP41/42).
    Tapi, output audionya hanya ada port jack 3.5mm buat headset, gak ada port RCA.
    Pernah nekat saya langsung hubungkan ke input speaker tsb...tapi suaranya kecil banget, langsung saya putus, takut bahaya.
    Apakah memang seperti itu? Solusinya apa ya?
    Ada sarankah?
    Terima kasih banyak sebelumnya.
    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang harus lewat port 3,5mm tersebut mas. Harusnya suara bisa normal dan keras, jika pasangnya benar. Kemungkinan ada kesalahan koneksi di jack 3,5mm nya. Port tersebut harus menggunakan jack 3,5mm yang stereo, bukan yang mono. Pemasangannya juga harus benar. Jika Anda kesulitan untuk membuat jack 3,5mm, Anda bisa beli jadi saja jack 3,5mm to RCA. Ada banyak di toko elektronik.

      Delete
    2. OK Mas, terima kasih banyak atas jawabannya.
      BTW, saya pernah baca ada artikel yg mengatakan bahwa output port 3.5mm itu yg buat headset memang tidak bisa langsung diumpankan ke port input speaker aktif, katanya impedansinya beda. Hanya aja, begitu hal itu saya tanyakan di forum itu, pertanyaan saya tidak dijawab,..he..he..
      Makanya begitu saya coba dan hasilnya gak bagus, saya jadi sperti percaya dgn teori tsb.
      Baik, nanti saya crosscheck sekali lagi, dan hasilnya akan saya report di sini.
      Salam,

      Delete
    3. Kalau menurut saya gak pengaruh mas. Out dari port 3,5mm yang untuk headshet itu sama saja sudah ada power kecilnya untuk menggerakkan headsheet. Otomatis harusnya jika diumpan ke power amplifier juga bisa dan harusnya malah lebih keras karena sudah didorong oleh power headsheet. Dan bukan preamp lagi outputnya, melainkan out power untuk headsheet.

      Delete
  2. Ma'af bang..saya ada kendala tv toshiba 21 inch dg ic audio TA8211AH..suara hilang dan ic panas..
    Saya lepas tr QS11 tetep gk ada suara..teg power pin 9 ic terukur 18-20 volt..normal gk bang teg segitu..

    ReplyDelete
  3. Maaf guru saya mempunya tv toshiba kasus sama.. tr mute SMD udah di cabut tapi suara masih tetap kecil.. apa yg harus di cek...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin salah ambil transistornya mas. Bisa juga kerusakan komponen dibagian ic suara. Elco atau ada solderan kendor atau jalur putus.

      Delete
  4. Mas minta no seri di plyback nya dong.. Kode seri plyback di tv sya.. Udh tak jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kemarin gak sempat catat nomor flaybacknya mas.

      Delete
  5. Untuk thosiba Bomba model 21SV2E Kode FBT NYA TFB4125JH
    BW03031
    XG02L

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led