Cara Membuat Tegangan Extra dari Supply Utama Power Amplifier

Next posting berikut adalah cara membuat tegangan extra dari supply utama power amplifier. Beberapa waktu yang lalu ada yang bertanya lewat g+, menanyakan bagaimana membuat tegangan extra untuk tone control atau mixer dalam satu box, tapi tegangan extra trafo pada trafo besar tidak ada. Tips ini juga pernah saya buat postingannya, yaitu membuat tegangan supply dari tegangan extra trafo. Nah bagaimana solusinya jika pada sekunder trafo besar tidak ada atau tidak dilengkapi dengan tegangan extra trafo? Otomatis kita tidak bisa membuat tegangan rendah simetris 15v untuk tone control atau lainnya. Pada waktu itu belum sempat saya beri solusi alternatif ini, hanya saya beri solusi paling mudah yaitu dengan cara menambahkan satu trafo lagi, tapi yang kecil cukup 1A untuk mensupply tegangan tone controlnya. Bagaimana solusi alternatifnya? Simak lebih lanjut ya.

Cara ini sering saya praktekkan dalam pembuatan power amplifier yang sudah dilengkapi dengan tone control atau mixer dalam satu box amplifier. Cara ini tidak membutuhkan trafo tambahan untuk membuat tegangan extra trafo ini. Terus pakai apa mas? Yaitu dengan menggunakan tegangan supply utama power amplifier. Loh kok bisa mas? Output tegangannya kan besar? Bagaimana bisa untuk mensupply tegangan rendah tone control yang biasanya cuma 15 volt simetris? Jawabnya, bisa. Bagaimana caranya? Lanjut.

Yaitu dengan cara menstep down tegangan utama supply power amplifier menggunakan ic regulator penurun tegangan yang umum dipakai yaitu ic 7815 dan 7915. Apakah kuat ic regulator ini untuk menurunkan tegangan tinggi power amplifier? Jawab, kuat. Yaitu dengan cara penambahan Resistor penahan tegangan yang dipasang pada input ic regulator 7815 dan 7915. Sehingga tegangan sebelum masuk input ic regulator akan ditahan dulu dengan Resistor sehingga tegangan akan drop lebih rendah. Maka tegangan yang akan masuk input ic regulator akan sedikit lebih rendah dari tegangan utama power amplifier. Jadi ic regulator 7815 dan 7915 akan aman. 

Selain antisipasi dengan Resistor penahan tegangan, ic regulator wajib diberi pendingin atau heatsink. Karena nantinya juga akan panas atau hangat pada saat bekerja menurunkan tegangan. Tapi ini normal, tidak menyebabkan kerusakan ic regulator jika sudah dipasang pendingin atau heatsink pada bodi ic regulator 7815 dan 7915. Tips untuk pemberian pendingin pada ic regulator ini, gunakan isolator mika dulu sebelum dibaut dengan pendingin. Usahakan bodi ic regulator ic 7815 dan 7915 tidak konek ke pendingin. Jika ini terjadi bisa menyebabkan konslet pada tegangan utama power amplifier. Jadi harus hati-hati ya.

Lanjut bagaimana gambar koneksi cara membuat tegangan extra dari supply tegangan utama power amplifier ini? Berikut gambarnya, silahkan dilihat.


Karena banyak sekali permintaan gambar bagaimana solusi membuat tegangan extra yang mudah tanpa perlu menambah trafo lagi. Menurut saya sangat perlu untuk diangkat kepermukaan melalui media blog ini, agar bisa membatu rekan-rekan yang lain untuk bisa membuatnya. Akhirnya bisa juga membuat postingan tentang hal ini. Rangkaian diatas dapat anda lihat ada dua tegangan output supply simetrisnya. Yaitu tegangan tinggi simetris untuk power amplifier dan tegangan rendah simetris untuk keperluan supply tone control, mixer, dll. Jadi lebih simple dan mudah bukan he..he.. Proses step down tegangan utama menggunakan ic regulator 7815 dan 7915 untuk menghasilkan tegangan rendah simetris 15v-ct-15v.

Alhamdulilah. Terima kasih banyak atas masukan dari rekan-rekan lewat koment blog dan g+ yang menginspirasi untuk membuat rangkaian yang lebih bermanfaat lagi. Berkat masukan dan support ide dari rekan-rekan yang lain saya ucapkan terima kasih. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Maaf Mau nanya bnyak nih Kang, klo mau ubah tgangan skunder trafo misalnya dr non ct k ct brrti yg d ubah hnya glungan skunder atau apa? trus yg mmpengaruhi daya, arus dan tegangan trafo itu apa sja.. mhon pnjelasannya kang klo bsa skalian prbadaan glungan skunder trafo ct dan non ct itu d mna..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Ya betul mas. Yang diubah gulungan sekundernya saja mas.

      2. Yang mempengaruhi besar kecilnya arus, daya , atau AMPER adalah besar kecilnya diameter kawat.

      Yang mempengaruhi besar kecilnya TEGANGAN adalah jumlah gulungan kawatnya.

      3. Perbedan pada pola gulungannya mas. Kalau sekunder trafo ct itu lilitannya dobel untuk menghasilkan tegangan simetris volt-CT-volt.

      Kalau sekunder trafo non ct atau engkel. Pola gulungannya tunggal satu arah. Untuk menghasilkan tegangan (0-volt).

      Delete
    2. Blog yg sngat brmanfaat pmbhasan bgitu jelas dan detail, yg pnya blog jga tdak pelit ilmu. Sblumnya trima kasih bnyak kang sdah brbagi ilmu..

      Itu Lilitannya dobel mksudnya 2 kwat tmbaga yg d glung brsamaan?

      Pnya rumus prhtungannya kang yg mngkin bsa lbih d mngerti orang awam?

      Delete
    3. 1. Ya sama-sama mas.

      2. Betul mas. Bisa dengan cara itu, menggulung 2 kawat secara bersamaan, kemudian salah satu dari kedua ujung digabung untuk jadi CT. Terus kedua ujung yang lain jadi VOlT dan VOLT.

      3. Untuk rumus saya belum punya. Agak mumet saya mas kalau pakai rumus. Biasanya Langsung bongkar dan uji gulungan per lilitan. Untuk rumus saya belum bisa bantu, mungkin rekan yang lain bisa menambahi he..he..

      Delete
  2. Hrapannya sih gitu mngkin ada rekan
    Yg pham tntang trafo bisa share ilmunya d sini.. tp Blehlah kang skali2 bwat postingan khsus tntang trafo yaa sjauh yg akang tau yg pnting bsa jdi tmbahan ilmu buat kita2 yg brilmu d blog ini,, soalnya mau beli trafo d sini d papua agak mhal klo bli d luar ongkirnya bsar..
    mkanya mau coba blajar buat trafo sndiri, htung2 buat tmbahan ilmu klo bsok2 ada ksus trafo rusak bsa prbaiki sndiri heheee..

    Sukses trus kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik mas. Terima kasih atas saran dan idenya. Kalau ada waktu akan saya posting.

      Delete
  3. Kalau artikel sih belum buat mas. Cuma saya pernah merakitnya pesenan teman teknisi hp. Bukan buat loh ya, tapi merakit. Jadi semua komponen beli jadi, saya tinggal rakit.

    Ada sih mas skema rangkaiannya, cuma terlalu sulit jika dibuatnya. Jadi bisa mengatur volt dan ampernya.

    Kalau gak salah namanya itu BUCK REGULATOR. Itu bahasa kerennya teknisi hp he..he..

    ReplyDelete
  4. Selamat malam mas? saya mau tanya mas kalau output power ampli yang ke speaker nyetrum apanya ya mas? Apalagi kalau volume PA di besarkan pasti terasa kali nyetrum nya? Suwun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyetrum pada out speaker itu normal, apalagi trafo supplynya besar, akan semakin terasa setrumnya.

      Jadi ya jangan disentuh mas. Asalkan suara yang dihasilkan normal, menurut saya gak masalah mas. Atau juga bisa diground ketanah bodi box power amplifiernya. Mungkin ada arus liar/bocor pada trafo. Biasanya akan hilang jika di ground ke tanah. Tapi tanpa di ground pun gak masalah.

      Delete
  5. Owh gitu ya mas, trimakasih mas bahar.

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum Mas Bahar ngapunten tanya,bagaimana misalnya ngambil tegangan 45 Volt dari travo utama PA. R 220 Ohm 2 Watt ukuranya tetap atau diganti mas. Matursuwun. Wassallamualaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Boleh saja pak, tapi lebih beresiko pak. Untuk komponen tetap saja semuanya. Siapa tahu bisa menghilangkan riplenya he..he.. Mohon maaf respon lambat he..he..

      Delete
  7. he he he...nggih mas Bahar matursuwun bimbingannya ngapunten

    ReplyDelete
  8. mau tanya nh mas, begini mas saya ada 2 PA mono 1000 watt blazerr dengan di suplay trafo 30 amper, yang bikin saya bingung di kit PA nya masing2 ada tulisan 70vcc , jadi harus dikasih brapa volt. Dari trafo nh mas, kira kira kalaw di kasih 56volt dari trafo aman ga transistornya mas bahar,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai tegangan 56volt dari trafo, maka nanti jadi DC nya akan naik menjadi 79,18VDC.

      Tegangan aman maksimal adalah pakai tegangan 45-48volt dari trafo mas.

      Delete
  9. Kalau bukan langsung dari trafo bisa Pak? Tapi dari output akhir. Kayak contoh diatas, misalnya langsung dari tegangan 35VDC.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke pak. Nanti saya coba, soalnya saya pakai tegangan 45VDC. Saya baca datasheet untuk IC 7815/7915 maksimal inputnya adalah 35V. Takutnya overload Pak. Hehehe

      Delete
    2. Gak masalah mas. Itukan sudah Resistor penahannya sebelum masuk input ic 7815/7915. Jadi minimal dengan adanya R tersebut bisa menstepdown tegangan sebelum masuk input ic 7815/7915.

      Delete
    3. Buat tegangan simetris 45VDC per kutub Pak. Oke nanti saya coba. Saya berubah pikiran pakai modul LM2596 aja Pak. Gk perlu merakit hehehe

      Delete
    4. Ya memang bisa pakai kit tersebut step down tegangan, lebih praktis.

      Cuma kit tersebut out tegangannya engkel atau tunggal loh mas (- +). Bukan simetris (- ct +).

      Delete
    5. Pak, resistor 220 ohm nya kebakar. Saya pake LM2596 disambung resistor 220 ohm pada kutub positif dan negatif. Mohon bimbingannya Pak. Hehehe

      Delete
    6. Kan sudah saya bilang. Kit LM2596 itu out tegangannya engkel atau tunggal (- +), bukan simetris (- ct +). Jadi ya gak bisa di pasang di tegangan CT atau simetris.

      Delete
    7. Ada tutorial mengubah tegangan simetris menjadi tunggal gak Pak?

      Delete
    8. Kenapa harus dirubah? Jika ingin menggunakan untuk tegangan tunggal, tinggal konek saja CT dengan (+). Untuk tegangan (-) biarin.

      Delete
    9. Oke Pak. Sudah berhasil. Tapi apakah dengan tegangan tunggal output power ke amplinya gak akan pincang Pak? maksudnya bebannya lebih berat ke (+), sedangkan negatifnya standar

      Delete
    10. Kalau bebannya ringan sih gak mas. Masih aman. Misal untuk beban Tone control, echo, dll. Gak masalah.

      Delete
    11. Terima kasih banyak mas. Semoga ilmunya bermanfaat sampai akhirat kelak. Aamiin

      Delete
  10. Mas kalau input (~2v5)+(~2v5) + G.pada equlizer.itu dari sumber tsb.travo lama rusak.mau ganti yg umum cuma 18 v ct.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu maksudnya apa ya (~2v5)?

      Kalau pakai sumber tegangan dari trafo 18vct, menurut saya gak masalah, asalkan pada pcb equalizer sudah ada ic 7815/7915 atau ic 7812/7912 nya.

      Delete
  11. Mas bagaimana cara memodifikasi kit power 400 watt tiga tingkat agar suara makin nendang.. apa saja yg di ganti trus ukurane pinten mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau terlalu nendang nanti suaranya jadi over mas he..he.. Nah sekarang Anda pakai trafo berapa amper? Pakai tegangan berapa volt? Pakai tr final apa? Berapa set?

      Untuk modif komponen pada bagian driver, menurut saya gak perlu. Karena akan menyebabkan suara jadi terlalu kenceng dan over. Akhirnya suara jadi terasa kasar.

      Delete
  12. Mksh mas atas pnjelasannya.. sukses selalu

    ReplyDelete
  13. Salam kenal mas ..mau nanya mas saya bru beli ampli dms7000 jengkol ..saya rakit hidup dn mantap tapi bagian resistor dekat input saya pegang bunyi kresek2 dan panas ..saya lepas speaker sya hidupkan lgi saya pegang resistor itu lgi mash juga panas ..mhn pencerhnya mas ..tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah lihat power dms7000 nya. Dan posisi Resistor yang Anda maksud itu adalah Resistor penahan tegangan TC. Dan itu wajar panas normal. Gak masalah mas biarin saja.

      Atau kalau mau supaya agak dingin, bisa coba diganti pakai R yang 1 watt. Nilai R nya sama, cuma pakai R yang 1 watt atau 2 watt. Tapi tidak diganti pun gak masalah.

      Delete
  14. Mas saya mau tanya..saya pakai tone control bell bsx a3.tegangan ct 12volt.dari gambar tengangan diambil dari power supply power ampli dikasih R 680 ohm 1 watt.saya prakrekan.R panas sama ic regulatornya putus..mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Power supply ampli nya pakai tegangan berapa volt?

      Itu ic regulatornya harus dikasih pendingin mas, karena panas. Jika tidak dikasih pendingin, bisa rusak.

      Coba pakai nilai R yang lebih besar. Misal 1K atau 2K2.

      Jangan dikonek ke TC dulu, test dulu tegangan output ic regulator sudah normal belum? Takutnya salah pasang ic regulatornya.

      Delete
  15. Assalamualaikum sehat slalu mas, mo tanya menurunkan volt inverter dc to dc 55volt ke42volt 15ampere caranya bagaimana trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam. Untuk merubah tegangan inverter mungkin bisa dengan cara merubah menambah atau mengurangi jumlah lilitan pada cincin trafonya. Tapi saya belum pernah coba cara tersebut. Jadi saya belum tahu hasilnya mas.

      Delete
  16. Assalamualaikum, selamat pagi mas salam sejahtera buat keluarga, maaf mas nymbung pertanyaan kemarin apakah bisa dibuat semacam teganggan ekstra sehingga voltnya turun terikasih sukses slalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Mestinya bisa, cuma caranya saya belum tahu.

      Beda kalau pakai trafo biasa, kalau mau tegangan extra, tinggal buatkan lilitan sekunder tambahan. Jadi deh tegangan extranya.

      Delete
  17. Terimakasih mas atas share ilmunya

    ReplyDelete
  18. maaf mas ijin ikut nanya...itu tegangan elco 2200uf nya rate voltage minimal 50V ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung tegangan inputnya. Cuma lebih baik pakai elco yang 50v saja, biar aman dan gak jebol.

      Delete
  19. Mas mau nanya tone control BSX-A3 bisa nda menggunakan tegangan 15+ ct -15 mohon bimbingannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tone control bsx-a3 itu sudah menggunakan rangkaian power supply di pcbnya. Jadi sudah dilengkapi rangkaian diode dan elco, sekaligus ic 7812 dan 7912. Maka tone control ini hanya butuh sebuah trafo saja, tanpa perlu ada rangkaian power supply lagi, setelah trafo. Karena yang dibutuhkan hanya tegangan ct AC 12v dari trafo. Bukan tegangan DC 12v.

      Jika yang dimaksud adalah merubah tegangan trafo dari ct 12, menjadi menggunakan tegangan ct 15v, maka sebenarnya gak masalah. Tapi ada perlu penggantian komponen, yaitu 2 elco supply setelah rangkaian diode. Kedua elco supply tersebut harus diganti dulu menggunakan elco yang 35v atau 50v. Untuk ukuran mikrofaradnya, bisa menggunakan elco 2200uf/35v atau 2200uf/50v. Setelah diganti kedua elco supply tersebut, maka tone control bsx-a3 sudah bisa disupply tegangan ac ct 15v dari trafo. Perubahan ini aman, karena setelah rangkaian power supply, sudah ada ic 7812/7912. Jadi tegangan yang menuju rangkaian tone control akan tetap menjadi 12v, meskipun tegangan input menggunakan 15v.

      Tapi jika yang dimaksud adalah merubah menggunakan tegangan DC 15v+ ct -15v, maka untuk koneksinya tidak lagi lewat rangkaian diode di pcb tone control. Tapi tegangan 15v+ ct -15v langsung konek ke kedua elco supply dipcb. Tapi tetap lakukan penggantian elco supply menjadi elco 50v. Sebelum disupply tegangan dc 15v tersebut. Ingat jika menggunakan tegangan dc, maka tidak bisa lewat sebelum rangkaian diode, harus lewat sesudah diode atau konek ke elco supply.

      Delete
  20. Mas itu gambar ega jelas, boleh minta daftar komponen utk tegangan extra ct 15volt, rncana buat supplai tone cntrol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas kok mas gambarnya. Silahkan di download lagi gambarnya lewat chrome.

      Delete
  21. Tanya lagi mas, itu trafo saya 5a 32vac(45vdc klo ga salah) buat supply ampli, ttep spt itu apa ada yg d rubah mas? Jk suatu saat nnti saya pakai tegangan 63vdc apa jg tetap sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resistor penahan tegangan 220 ohm ganti dengan R 470 ohm. Ada 2 Resistor 220 ohm, ganti keduanya pakai R 470 ohm.

      Delete
  22. Mau nanya nih mas...
    Misal ada 1 trafo yang mempunyai pin tegangan (30 25 ct 25 30)
    Kalau kita mau menambahkan tegangan extra... bisakah kita memotong kawat email kedua pin 25 yang menuju pin 30 dan menyambungnya ke CT...??
    dan berapakah volt yg dihasilkan...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Kalau dilihat tegangan 25v ke 30v, maka ada kenaikan tegangan 5v. Jadi jika kedua pin 25v kita potong dan disambungkan ke ct, maka akan menjadi tegangan extra 5v ct 5v.

      Karena lilitan 25v ke 30v cuma menghasilkan tegangan 5v, jadi jumlah gulungannya pun juga akan menghasilkan tegangan 5v juga.

      Delete
  23. Siang Mas...
    Mau Nanya Lagi ... Misal Dalam Satu Power Amplifier memerlukan beberapa tegangan output ( Multi ) Mulai dari primer tegangan untuk power ( +32 0 -32 )...sysmetrical untuk tc ( +15 0 -15 ) dan dc ( +12 -12 ) untuk fan serta dc mp3 player (+5 -5). Apakah punya layout nya ya mas ? Mohon Pencerahannya terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ada mas. Secara kesimpulan untuk semua komponen tersebut bisa dijadikan satu trafo. Cuma untuk fan dan mp3 player yang ada bluetoot nya, lebih baik dipisah. Karena fan atau bluetooth kadang menyebabkan gangguan suara dan menyebabkan suara tidak bisa bersih.

      Delete
  24. Mas klo pkai tegangan 32vac (45vdc) apakah aman rangkaian d atas? Atau adakah yg perlu d ubah? Makasih.

    ReplyDelete
  25. Mas mau nanya ...
    Saya punya power amplie dms 7000 ..
    Speaker canon 10"x2,, saya pake tegangan 25ct25 trafo 5a banci .. Kira" kurang ngga mas ..??

    ReplyDelete
  26. Saya mengikuti skema diatas mula2 sy pakai teganan input 18vac smua normal tpi saat sy kasih input 25/32 vac output regulator simetris tidak imbang.terhitung sy ukur pada tegangan +15 dan tegangan -20/21 volt.apakah ad ygsalh atau ic79xx tidak ori

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ic 7915 yang bermasalah. Coba ganti dulu ic 7915 nya. Atau bisa juga salah pasang kaki ic 7915 nya? Karena posisi kaki 7815 dan 7915 beda fungsinya.

      7815
      1. Kaki 1 = input
      2. Kaki 2 = gnd
      3. Kaki 3 = output

      7915
      1. Kaki 1 = gnd
      2. Kaki 2 = input
      3. Kaki 3 = output

      Cek lagi, mungkin kebalik di kaki no 1 dan no 2 ic 7915 nya.

      Delete
  27. Master itu c1-c4
    fungsinya buat apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menghilangkan arus liar yang kadang lolos dari diode. Fungsinya untuk lebih membersihkan tegangan dari radiasi elektromagnet atau frekuensi radio dan juga menghilangkan riak tegangan AC yang mungkin lolos lewat diode. Jadi hasil tegangan akan lebih bersih dari gangguan-ganggugan radiasi yang kadang masuk ke tegangan.

      Delete
  28. Mas may tanya karena saya pemula dalam rakit powe, itu di skema 100n , apabya . Capacitor miar 100n kah ? Yg warnanya hijau ? 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul, kapasitor milar 100n atau 104 warna hijau mas.

      Delete
  29. Mau tanya mas bahar
    Sy punya kit DMS7000 tegangan maksimal nya 24vac
    Tapi mau naikan jd 32vac apakah tone control nya kuat pke voltase segitu
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kit DMS 7000 nya pakai tr final, gak kuat mas pakai tegangan 32vac. Kalau pakai sanken masih kuat. Untuk tone control masih kuat, asal jangan pakai tegangan diatas 32vac.

      Delete
  30. Dan komponen apa saja yg perlu di ganti
    Selain tr finalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tr final ganti pakai sanken atau toshiba. Amati juga resistor stepdown tegangan TC panas gak. Jika panas bisa diganti dengan resistor watt lebih besar.

      Delete
  31. Maaf sy masih awam
    Resistor step down posisinya yg mana ya
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resistor dijalur tegangan positif dan negatif elco, yang menuju ke supply TC. Nilainya biasanya sekitar 220-330 ohm. Kalau belum tahu, caranya gampang, diraba saja, nanti akan ada resistor yang agak panas, ya itu resistor stepdown.

      Delete
  32. Oh ok...akan sy coba pelajari
    Terimakasih ilmunya mas bahar

    ReplyDelete
  33. Mau tanya lagi mas
    Apakah kit DMS7000 ini bagus buat speaker targa 450

    ReplyDelete
  34. Maksudnya speaker pasif targa M450 satu set

    ReplyDelete
  35. Maaf mas bahar mau tanya lagi nih
    Klo kit DMS7000 MAU rubah karakter jadi mid yg baik di modif apanya ya
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya karakter buat pidato

      Delete
    2. Ya gak perlu dimodif mas, kan sudah tone controlnya. Tinggal mainin pot middlenya diangkat agar suara vokal naik, bass turunin, treble naikin sedikit sesuai selera. Untuk vokal setelan bass jangan terlalu banyak, tapi main di middel dan treblennya.

      Delete
  36. Sy pke speaker targa m450 kok suaranya kurang lantang
    Apakah perlu di gedein voltase ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gedein voltase itu nambah watt, tapi dilihat dulu kemampuan powernya, bisa gak digedein lagi voltasenya. Kalau gak mampu ya jangan dipaksain dibesarin voltase, bisa rusak powernya.

      Saran saya sih jika hanya ingin gangkat suara vokal, bisa dipasang pre amp sebelum masuk ke in mic dms7000. Misal pakai soundcard live V8 atau lainnnya. Yang dipasang sebelum masuk in mic dms7000. Jadi caranya adalah micropon masuk ke soundcard live V8, kemudian out dari soundcard live V8 masuk ke in mic dms7000.

      Soundcard live V8 juga sudah dilengkapi efek reverb, dan pot volume mic dan musik untuk ngangkat suara mic dan musik secara bersamaan.

      Delete
  37. Ok akan sy coba
    Terimakasih ilmunya mas bahar

    ReplyDelete
  38. Maaf mas bahar mau tanya lagi
    Kit dms7000 sy kok bassnya tdk berfungsi sebelah ya padahal sdh sy solder ulang
    Apakah salah satu ada ic nya yg rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan potensionya jg sdh sy ganti

      Delete
    2. Coba cek jalur pcb nya mas, mungkin ada yang putus atau konslet antar timah. Jika semua ok, terakhir coba ganti icnya.

      Delete
    3. Alhamdulillah sdh ketemu masalahnya mas
      Ternyata ic 4558 mati 1 dan sekarang sdh ok normal
      Terimakasih mas ilmunya

      Delete
  39. Maaf mas bahar mau tanya lagi tapi menyimpang dari pokok pembahasan
    Arus PLN 180V buat suplay trafo 5a output trafo 32vac tapi kok sy tes pke tester cuman 20vac dan sy tes DCnya posisi elco cuman 29vdc
    Apa krna pengaruh PLN yg seharusnya 220v jadi 180v
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas, itu karena tegangan PLN drop 180V. Maka otomatis tegangan out trafo juga akan mengalami drop. Tegangan out trafo 32vac drop jadi 20vac, maka jadi DC nya 29VDC itu sudah benar mas. Jadi trafo dan tegangan trafo tersebut sebenarnya normal dan gak masalah. Cuma masalahnya di tegangan PLN yang drop 180V tersebut. Jika tegangan PLN normal 220V, maka tegangan out trafo juga akan kembali normal

      Delete
  40. Mau tanya lg mas bahar
    Berhubungan listrik PLN cuman 180v Sy beli stabilizer ukuran 500w
    Kira2 bisa ngangkat trafo berapa ampere ya
    Terimakasih

    ReplyDelete
  41. Tanya lg mas bahar
    Sy punya kit subwoofer sonic mega bom tr final 2set Toshiba
    Tapi bass nya terlalu over dan pertanyaannya R gain yg di filter subwoofer yg mana ya
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba urut di jalur potensio subwoofer, nanti akan ketemu pada ic op amp. Nah di ic op amp tersebut akan ada beberapa resistor, mungkin nilainya sekitar ratusan kilo, antara 470K - 1M. Bisa dikecilkan nilai resistor tersebut. Semakin kecil nilai resistor, maka semakin kecil penguatan bassnya.

      Delete
  42. Ok akan sy coba
    Terimakasih mas bahar

    ReplyDelete
  43. Mau tanya kualitas mixer mas
    Sy kepengen beli mixer yg Chanel microphonenya ada 4 Ashley/yamaha menurut mas bahar tipe mana ya yg suaranya lumayan jernih
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih belum pernah coba yang asley atau yamaha, jadi belum tahu karakternya. Yang pernah saya coba itu mixer Behringer. Kalau dari masukan rekan-rekan yang sudah pernah pakai asley, hasil suara sama bagusnya dengan yamaha. Dalam hal ini masalah selera saja mas. Kedua merek mixer tersebut sudah oke kualitas suaranya. Tinggal yang nyeting saja. Sesuaikan budget saja mas. Jika dana bisa buat beli yamaha, maka pilih yamaha. Jika dana minim bisa pilih asley

      Delete
  44. Mau tanya mas
    Sy mau coba power class D 400watt buat dorong sp subwoofer 10" daya sp 200watt
    Biar suara optimal berapa ampere trafonya dan berapa voltasenya agar mencapai sekitar 300watt rms
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mendapatkan daya sekitar 300 watt, maka dibutuhkan trafo sekitar 10A dengan tegangan CT 32V. Akan mampu mensupply power dengan daya sekitar 320 watt.

      Delete
    2. Oh.....berarti sama dong dg class AB
      Terus class D dimana hemat arusnya

      Delete
  45. Mas bahar sy mau ganti power subwoofer di rumah Menurut mas bahar bagusan SOCL 506 apa yg class D 500watt buat angkat speaker subwoofer 200watt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya untuk subwoofer lebih mantap pakai class D mas. Tenaganya lebih mantap. Tapi jika keperluannya hanya untuk ruangan kecil, maka gak masalah pakai socl 506

      Delete
    2. Ok terimakasih mas ilmunya semoga bermanfaat juga buat pembaca yg lain

      Delete
  46. Mau tanya lagi mas bahar
    Sy dah punya power class D 900 subwoofer
    Arus sy suplay pakai trafo 5A murni 32vac kira2 suara maksimal gk ya
    Maklum nih baru coba driver class D

    ReplyDelete
  47. Tanya lagi mas
    Klo menaikan voltase aki biar 20v pakai inverter buat amplifier tpa3116 apakah bikin boros aki ?
    Dan inverter yg baik yg kyk apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih gak mas. Pakai inverter biasa 12v to 20V. Kalau gak ada bisa pakai inverter 12v to 18V

      Delete
  48. Mas bahar sy balik lagi nih
    Mau tanya sy sdng benerin speaker portabel crimson di hidupkan suara dengung terus dan Sy curiga ke tr finalnya
    Klo tr final B817 di ganti dg Toshiba c5200 bisa gk ya ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tr finalnya apakah pakai tr B817 semua atau sepasang B817 dan D1047. Kalau sepasang maka B817 bisa diganti tr Toshiba A1943. Dan D1047 bisa diganti pakai C5200.
      B817 = A1943
      D1047 = C5200

      Delete
  49. Mau tanya lg mas bahar
    Sy sudah bikin box subwoofer tapi kurang rapi
    Klo sy pakai box speaker huper buat subwoofer 10" maksimal gk ya
    Dan klo seandainya boxnya tipis bisa gk di kasih peredam busa
    Terimakasih 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sebenarnya bukan ahlinya mas, kalau bahas masalah box speaker, jadi mohon maaf gak bisa memberikan jawaban yang tepat untuk masalah ini.

      Delete
    2. Ok terimakasih mas jawabannya

      Delete
  50. Mau tanya mas
    Warna Kapasitor bombardir kan macam2 buat membedakan apanya ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf untuk elco bombardir belum pernah coba, jadi belum tahu perbedaannya

      Delete
  51. Maaf banyak nanya mas
    Maklumlah Suka coba2 alat elektronik nih
    Subwoofer class D sy sepertinya suara gk bisa horeg asrus 45 vac 5 ampere murni
    Apakah biar bass bisa horeg harus menaikan tegangan lg
    🙏🙏🙏 Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horeg tidaknya ada banyak faktor, yang paling utama adalah speaker dan box speaker yang mendukung. Percuma jika dinaikkan tegangan, tapi speaker dan boxnya memang gak bisa horeg he..he... ya tetap gak horeg. Jadi kuncinya ada di speaker dan boxnya, didukung power yang kuat juga. Jadi jangan harap bisa horeg, jika pakai speaker dan box biasa.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Apakah box tertutup / sealed + speaker bagus bisa horeg mas
      🙏🙏🙏

      Delete
    4. Kalau menurut saya, penggunan box tertutup/sealed bagus digunakan untuk dalam ruangan/indoor. Umumnya box untuk lapangan atau outdoor menggunakan box terbuka atau ada lubang anginnya. Malah lubang anginnya itu untuk mengeluarkan suara gleerrnya, contoh box CBS, miniscoope, dyna, atau lainnya, lupa harus sebut satu-satu. Yang posisi speaker malah menghadap kebelakang he..he.. contoh silahkan lihat box yg digunakan oleh Brewog audio. Untuk model box speaker dan kelebihannya, silahkan tanya ke ahlinya box. Kalau saya bukan ahlinya he..he..

      Delete
  52. Assalamualaikum mas
    Mau tanya lg nih
    Sy punya smps buat charger sepeda listrik 12,5 a / 47v (bawaan)
    Kalau buat suplay power 150w aman gak ya ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Aman saja , tapi pakai tr final sanken atau toshiba, jangan TIP3055 TIP2955. Kalau chargermya tegangan tunggal, hanya ada plus dan minus saja, gak bisa buat supply ocl 150 yang tegangannya ct simetris

      Delete
  53. Maaf tanya terus mas bahar
    Sy baru beli kit subwoofer DMS 009
    Biar suaranya lebih empuk mau ganti elco resonasinya
    posisi elco resonan sebelah mana ya perasaan beda dg power lainnya
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf saya kurang paham untuk kit DMS 009 ini mas

      Delete
  54. Assalamualaikum mas bahar
    Hehehehe.....
    Mau tanya lgi nih
    Power subwoofer dg tr Toshiba 2set arus 32vac 5a murni
    Elco 15000/80v 1 set
    Speaker 200w 1 buah
    Impedens speaker yg baik berapa ohm ya?
    🙏🙏🙏
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa main di 4 ohm ya pakai impedansi 4 ohm. Jika kurang nendang bisa main di 2 ohm, tapi harus hati2 speaker mudah jebol.

      Delete
    2. Ok terimakasih ilmunya mas bahar

      Delete
  55. Mau tanya lagi mas bahar
    Klo speaker outdoor
    Bagusan full range 15" X 4 kanan kiri
    Apa mid range 15" X 4 kanan kiri + subwoofer
    Dengan power 1000 w + 1000w
    Terimakasih 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ourdoor speaker 15" bisa diarahkan 2 macam. Mau diarahkan ke vokal (full range) atau ke bass (mid low). Untuk outdoor kebanyakan speaker 15" diarahkan untuk bass (mid low) rentang frekuensi 100hz keatas. Kemudian ditambahkan speaker subwoofer untuk low rentang frekuensi 60hz kebawah. Jadi untuk speaker 15" pilih yang mid range atau woofer respon frekuensi 60hz keatas, ditambah speaker subwoofer.

      Untuk speaker 15" full range cocok sebagai sepaker monitor panggung, atau indoor untuk vokal. Tapi bukan berarti tidak bisa buat bass, tetap bisa buat bass, tapi tidak sebagus speaker mid range atau woofer untuk respon frekuensi 60hz-100hz nya. Jadi untuk hal ini lebih baik Anda melhat datasheet speakernya. Untuk melihat rentang respon frekuensinya

      Delete
    2. Ok terimakasih ilmunya yg sangat membantu mas bahar

      Delete
    3. Yg cocok perspeakernya berapa Watt mas ya ..?

      Delete
    4. Kalau powernya 1000 watt, maka untuk speaker usahakan maksimal sama dengan watt power atau dibawah 1000 watt. Bisa pakai speaker antara 500 watt sampai 1000 watt.

      Delete
  56. Mau tanya lagi mas bahar
    Masalah speaker outdoor line array itu fungsinya buat suara yg spt apa ya.....
    Dan apakah line array powernya di satukan dg speaker utama
    Maaf masih sangat awam dg sound lapangan nih 🤭🤭🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Line Array adalah sebuah system yang diterapkan dalam penyusunan speaker dalam satu garis agar menghasilkan suara yang merata dan lebih baik. Kelebihan lain dari Speaker Line Array adalah suara yang dihasilkan bisa menjangkau lebih luas pada pemakaian di luar ruangan. Terdiri dari speaker High, mid, low, sub. Yang terpasang dalam satu garis lurus. Untuk powernya dibagi menurut jenis suara yang dihaslikan high, mid, low, sub. Dan biasanya speaker line array ditempatkan dengan cara digantung

      Delete
    2. Berarti jenis speakernya sama dg speaker utama dan cuman penempatannya aj yg beda ya

      Delete
    3. Ya beda penempatanya saja. Untuk speaker sebenarnya sama saja, tapi biasanya untuk line array spek speakernya lebih bagus mahal dan bermagnet besar. Makanya gak heran suara yang dihasilkan juga mantap dan jauh. Karena prosesnya diperhitungkan dan diukur respon suaranya.

      Delete
  57. Ok terima kasih mas ilmunya
    Semoga blog ini semakin jaya
    dan mas bahar bersama keluarga selalu di beri kesehatan dan rezeki yg barokah
    Amin.......

    ReplyDelete
  58. untuk yg tegangan extra itu ampere nya sama apa turun jg mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak sama. Umtuk tegangan extra itu ampernya sudah diturunkan lewat dua R shunt 220 ohm 2 watt. Agar arus amper yang masuk ke ic regulator 7815 dan 7915 sesuai. Jika amper tidak diturunkan, maka ic regulator bisa rusak. Karena hanya menggunakan ic regulator 7815 dan 7915 maka output tegangan extra hanya CT 15V 1A.

      Delete
    2. ok makasih mas. O ya tanya lg, klo menggunakan kit psu simetris yg sdh jd di pasaran, yg kebanyakan menggunakan zener sbg penurun tegangan, apakah sama saja (bisa) mas? dg menambahkan R shunt td di kedua inputnya? pemasangan r shunt sebaikya setelah diode bridge (diode dilompati) atau sebelumnya (lgs di pin input) ?

      Delete
    3. Kit psu simetris dipasaran yang pakai zener biasanya menggunakan transistor, bukan 7815 & 7915. Fungsinya sama saja untuk menurunkan tegangan sesuai kebutuhan. Biasanya sudah dilengkapi dengan diode bridge, ini digunakan jika dipakai langsung ke out trafo, biasanya untuk tegangan extra trafo. Tapi jika dipakai untuk skema diatas, langsung disambungkan ke out psu utama, maka dioda bridge tidak digunakan lagi, cukup menggunakan R shunt yang disambung langsung ke elco kit psu atau setelah diode bridge (diode bridge dilompati). Sesuaikan juga voltage elco kit psu simetris dengan tegangan utama out psu

      Delete
    4. ok mas, maturnuwun sanget atas jawabannya

      Delete
  59. Assalamualaikum mas bahar
    Mau tanya lg nih
    Sy belum paham dg amplifier toa buat masjid
    Apakah sama dg amplifier biasa dan apakah bisa buat speaker karaoke
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Mohon maaf baru jawab. Untuk ampli TOA itu menggunakan trafo OT, memang didesain untuk high impedansi, agar suara yang dihasilkan lantang dan keras. Tidak sama dengan amplifier biasa. Amplifier biasa ber impedansi rendah 8 ohm, sedangkan ampli ToA impedansi outputnya bisa sampai 1000 ohm. Apakah bisa ampli Toa buat spesker biasa. Jawabnya bisa, tapi biasanya suara dominan mid high lantang. Kalau ampli TOa versi baru ada pilihan impedansi outputnya, mau pakai yang high impedansi atau low impedansi. Untuk speaker biasa 8 ohm pakai yang output low impedansi

      Delete
    2. Sy ada rencana pembelian amplifier toa buat musola
      Tapi sy tertarik dg mixer yg sdh ada amplifiernya
      Kira2 suaranya bisa lantang kyk amplifier khusus toa gak ya....

      Delete
    3. bisa. Jika menggunakan ampli biasa (bukan ampli Toa), maka speaker atau corong toa yang digunakan juga harus disesuaikan impedansinya. Maka gunakan speaker corong (horn) yang impedansi 8 ohm. Jadi corong ada 2 macam, high impedansi dan low impedansi. Pilih corong yang low impedansi 8 ohm, jika ingin pakai ampli biasa. Bagaimana jika terlanjur pakai corong yang high impedansi, maka harus pakai ampli Toa yang ada trafo OT nya, gak bisa diganti pakai ampli biasa.

      Delete
  60. Maaf tanya lagi mas
    Speaker toa masjid yg spesifikasi 50 Watt hig impedence
    Yang lumayan merk apa ya...?
    Yg pas buat mixer Ashley M4160+
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saat ini corong yang banyak tersedia dan bagus banyak digunakan merek TOA. Pengeras suara horn speaker atau corong high impedansi TOA tipe ZH-5025BM CE. Karena spek output high dari power mixer Ashley M4160+ adalah 70V-100V 80Mono + 80mono. Maka bisa menggunakan corong TOA high impedansi sebanyak 3-4corong per channel. Karena ada 2 buah channel output, maka bisa dikalikan 2 jumlah corongnya. 1 channel 4 buah corong, dan 1 channel lagi untuk 4 buah corong

      Delete
    2. Berarti klo pakai ZH-5025BM 2 unit masih ok ya mas ?

      Delete
  61. Ok
    Sangat terima kasih sekali mas bahar yg selalu menuntunku di bidang elektronik




    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led